by

7 Kekurangan Yamaha Nmax Terbaru, Cek Sebelum Beli

Kekurangan Yamaha Nmax Terbaru – Akhir 2019, pabrikan garputala resmi meluncurkan Yamaha Nmax generasi terbaru. Motor matik ini diklaim lebih baik dari sebelumnya.

Sejumlah revisi juga hadir. Mulai dari tampilan yang semakin agresif, hingga performa mesin jadi meningkat. Sekilas Nmax terbaru seperti punya berbagai kelebihan.

Memang benar, kelebihannya banyak. Ada fitur traction control system (TCS) untuk mencegah roda selip saat berakselerasi di jalan licin. Nmax terbaru pun memiliki anti-lock braking system (ABS) dual channel. Tersedia pula panel instrumen digital, sistem pencahayaan full LED, dan lain-lain.

Belum lagi kelebihan khas dari motor Maxi adalah posisi berkendara yang nyaman. Dimensi bodi yang bongsor, menjadikan ruang kaki luas. Alhasil pengendara bisa meregangkan kaki, sehingga berkendara dengan Nmax jadi semakin rileks.

Hanya saja Maxi Yamaha ini tetap tidak sempurna. Ada pula kekurangan dan kelemahannya. Apalagi dibanding Honda PCX selaku kompetitor.

Ingin tahu apa saja kekurangan Motor Yamaha Nmax 155? Untuk jawabannya, cek bahasan di bawah ini:

1. Ground Clearance Rendah Merupakan Kekurangan Yamaha Nmax Terbaru

kekurangan yamaha nmax terbaru
Pendeknya ground clearance di Nmax 155 generasi terbaru berpotensi gasruk dengan aspal saat berboncengan dan melewati jalan bergelombang

Bila melihat ground clearance nmax baru, ternyata cuma 124 mm. Ini lebih pendek dari generasi sebelumnya yang mencapai 135 mm. Entah apa alasan Yamaha menguranginya. 

Celakanya lagi, ground clearance tersebut juga jauh lebih rendah dari punya Honda PCX selaku kompetitor. Jarak terendah ke tanah notor matik pabrikan berlogo sayap tersebut mencapai 137 mm.

Baca juga  Honda PCX Kamu Ingin Tampil Gaya? Gunakan Aksesori Ini

Dengan ground clearance rendah, bodi bawah Nmax berpotensi bersinggungan dengan aspal. Apalagi saat berboncengan melewati undakan atau jalan tidak rata. Tentulah ini jadi salah satu kekurangan Yamaha Nmax terbaru.

2. Tidak Semua Varian Pakai Keyless

kekurangan yamaha nmax terbaru
Cuma Varian tertinggi atau Nmax ABS/Connected yang dapat keyless

Kekurangan Yamaha Nmax 155 terbaru, tidak semua varian dilengkapi keyless. Hanya di varian tertinggi atau Nmax ABS/Connected. Sementara Nmax Standard masih pakai anak kunci konvensional.

Ini disebut sebagai kekurangan Nmax, lantaran Honda PCX 150 selaku kompetitor telah mengaplikasikan fitur ini sebagai standar. Keyless hadir di motor Honda sejak varian paling rendah alias PCX CBS.

Padahal kehadiran keyless cukup penting di motor, terutama untuk mencegah maling. Fitur keyless terintegrasi immobilizer yang membuat mesin tidak bakal aktif tanpa remote bawaan. Tentunya hal ini menyulitkan tangan-tangan jahil yang mau menggondol motor kamu.

Baca juga:

3. Torsi Lebih Kecil Dibanding Nmax Lama

pjimage 9 768x427 1
Mesin lebih bertenaga, namun torsinya lebih kecil dibanding Nmax lama

Kekurangan Yamaha Nmax 155 terbaru selanjutnya adalah torsi lebih kecil. Tidak percaya? Bandingkan saja torsi Nmax lama dan baru.

Mesin Nmax lama mampu menghasilkan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm. Sementara Nmax baru, torsinya cuma 13,9 Nm. Ada penurunan sekitar 0,5 Nm.

Ternyata usut punya usut, Yamaha melakukan penyesuaian torsi tersebut, agar Nmax terbaru tidak terlalu mengentak saat berakselerasi. Dengan penurunan torsi, akselerasinya diklaim lebih nyaman.

Baca juga  Pemotor Wajib Pakai Helm SNI, Ini Dendanya Jika Melanggar

Meski demikian, tetap saja ini penurunan performa. Terlebih untuk tarikan awal. Ditambah lagi, bobot Nmax terbaru lebih berat sekitar 5 kg.

4. Bagasi Tidak Seluas Milik Honda PCX

bagasi nmax
Bagasinya cuma 24 liter

Kekurangan Yamaha Nmax terbaru selanjutnya ada di bagasi. Memang sanggup memuat helm full face dan kapasitasnya besar. Hanya saja dibanding Honda PCX 150, masih kalah besar.

Bagasi Nmax cuma punya kapasitas 24 liter, sementara Honda PCX 150 28,8 liter. Selain itu cara meletakkan helm di bagasi Nmax juga harus dibalik. Tentu kurang nyaman, lantaran punggung helm akan bersinggungan dengan lantau bagasi dan berpotensi lecet. Beda halnya di PCX yang peletakkannya normal, helm tidak perlu dibalik

5. Belum ada Fitur Alarm Jadi Kekurangan Yamaha Nmax

alarm pcx
PCX sudah dilengkapi alarm, sementara Nmax belum

Yamaha Nmax juga tidak memiliki fitur alarm di varian mana pun. Ini pastinya sebuah kekurangan, lantaran Honda PCX sudah punya.

Padahal di zaman sekarang, alarm tentu punya peran penting. Terutama dalam hal membuat pemilik motor merasa lebih aman. Alarm berguna mencegah maling.

Di Honda PCX 150, fitur ini bekerja dengan cara mengeluarkan suara saat ada potensi maling. Sensornya mendeteksi sentuhan serta getaran yang tidak wajar, sehingga alarm bakal berbunyi saat motor digoyangkan atau berpindah posisi.

6. Tangki Bensin Lebih Kecil dari PCX

Yamaha Nmax 155 2020
Nmax 155 tangki bensinnya cuma mampu muat 7,1 liter bahan bakar, kalah besar dari PCX

Kekurangan Yamaha Nmax terbaru selanjutnya ada di tangki bensin. Ukurannya memang lebih besar dari Nmax lama. Berubah dari hanya 6,6 liter jadi 7,1 liter.

Baca juga  Spesifikasi Yamaha Fascino 125, Skutik Retro Rp13 Jutaan

Meski demikian, saat dibandingkan dengan PCX, tangki tersebut lebih kecil. Motor matik Honda mampu menampung bensin hingga 8 liter.

Tentu ini berakibat ke kenyamanan berkendara. Motor dengan tangki bensin lebih besar bakal lebih jarang mengisi bensin di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

7. Banyak Fitur yang Hilang di Varian Standard Merupakan Kekurangan Yamaha Nmax

Harga All New Yamaha NMax Connected/ABS Diumumkan
Jangan terlalu berharap banyak fitur modern di Yamaha Nmax varian Standard

Salah satu kelebihan Yamaha Nmax 155 adalah punya banyak fitur modern. Mulai dari konektivitas smartphone, answerback system, traction control system (TCS), Anti-lock braking system (ABS), hingga suspensi belakang dengan tingkat pengaturan kekerasan. Hanya saja semua itu cuma ada di varian tertinggi atau Nmax ABS/Connected.

Varian Nmax Standard tidak memilikinya. Gap yang besar antara dua varian Nmax inilah yang disebut sebagai kekurangan. Jadi, kalau kamu membeli Nmax Standard, jangan berharap banyak ya!

Beda dengan Honda PCX 150 yang antara versi standar dan ABS, tidak berbeda banyak. Masing-masing varian sudah dilengkapi keyless, alarm, answerback system, sisem pencahayaan LED, dan power charger. Perbedaan kedua varian PCX sesungguhnya cuma ABS untuk keselamatan, serta harga.

Itulah tadi penjelasan lengkap soal kekurangan Yamaha Nmax terbaru. Apakah kamu masih tertarik untuk punya? Atau jangan-jangan, kamu lebih suka meminang Honda PCX selaku kompetitor?

Untuk informasi seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru