by

10 Rekomendasi Mobil Diesel Paling Irit di Indonesia

Mobil bermesin diesel masih cukup banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Pilihan mobil diesel paling irit di Tanah Air pun cukup beragam.

Alasan kebanyakan orang memilih mobil bermesin diesel lantaran memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan mobil bermesin bensin. Mobil diesel dikenal punya mesin yang tangguh, bandel, dengan performa yang ciamik.

Maka tak heran, jika terkadang harga mobil bermesin diesel cenderung lebih mahal dibandingkan mobil bermesin bensin. Mobil diesel bekas pun kini menjadi pilihan bagi sebagian orang.

Meski sebagian mobil diesel sudah cenderung tua, namun ada yang masih cukup tinggi permintaannya. Hal ini lantaran menyandang imej sebagai mobil diesel paling irit. Sebagian juga dikenal punya mesin yang tangguh dan bertenaga.

Tanpa berpanjang lebar, berikut ini Moladin akan memberikan referensi mobil diesel paling irit yang bisa jadi pilihan kalian:

1. Toyota Kijang Kapsul Diesel, Mobil Diesel Paling Irit yang Bisa Jadi Pilihan

Toyota Kijang LGX, mobil diesel paling irit
Toyota Kijang Kapsul, masuk dalam daftar mobil diesel paling irit di Indonesia

Toyota Kijang Kapsul menjadi salah satu mobil diesel paling irit yang pernah dijajakan di Indonesia. Sejak diluncurkan pada tahun 1997, banyak pengguna mengklaim bahwa alasan kuat membeli mobil ini karena memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien dan juga mampu menampung banyak penumpang.

Kijang Kapsul sendiri ditawarkan dalam dua jenis mesin, yakni mesin bensin berkode 7K-4 karburator dengan empat silinder berkapasitas 1.800cc. Kedua adalah mesin diesel 4 silinder 2L berkapasitas 2.400cc dengan sistem direct injection.

Mesin diesel Toyota Kijang Kapsul LGX mampu menghasilkan tenaga sebesar 82 Hp dengan torsi sebesar 162 Nm. Mobil ini dijual dalam 7 varian, yaitu pikap sasis panjang, minibus sasis pendek (SSX dan SSX UP), serta minibus sasis panjang (LX, LX UP, LSX, dan LSX UP).

2. Isuzu Panther, Punya Mesin Irit dan Bandel

Isuzu Panther
Isuzu Panther rekomendasi mobil diesel paling irit yang ada di Tanah Air

Nama besar Isuzu Panther di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Mobil ini dikenal juga sebagai salah satu mobil diesel paling irit yang pernah ada di pasar domestik.

Isuzu Panther pertama kali dijual di Indonesia pada tahun 1991. Mobil ini sudah empat generasi menemani masyarakat.

Generasi pertama diluncurkan tahun 1991-1996, generasi kedua pada tahun 1996-2000, generasi ketiga pada tahun 2000-2005, dan yang terakhir adalah generasi keempat yang meluncur pada tahun 2005.

Urusan konsumsi bahan bakar, Isuzu Panther tak perlu diragukan lagi. Kaum milenial yang tumbuh kembang di era 1990-an pastinya ingat sama iklan Isuzu Panther: “Hanya empat-puluh-empat-ribu-rupiah dari Jakarta sampai Bali…cring-cring-cring”.

Isuzu Panther dibekali mesin diesel berkapasitas 2.238 cc empat silinder. Generasi pertama Panther kotak pre-facelift (1991-1996) menggunakan mesin 4 silinder 2.238cc dengan varian karoseri Bravo, Miyabi, Sparta dan Golden.

Kemudian, tahun 1993 Panther mengeluarkan varian Hi Grade, Grand Deluxe, Deluxe, dan Standard buatan karoseri PT Pulogadung Pawitra Laksana (anak perusahaan Astra).

Baca juga  Bocoran SUV Subaru yang Masuk Indonesia Juli 2021

Panther yang dijual saat ini merupakan versi facelift ketiga. Evolusi desain Panther dari tahun ke tahun memang tak seradikal MPV medium lainnya. Tersedia tipe Grand Touring, LS Turbo, LV Turbo, dan Smart Turbo.

Imej yang cukup melekat pada Isuzu Panther adalah memiliki mesin yang irit dan bandel. Jadi jangan heran dalam kondisi bekas mobil ini punya banderol yang tinggi.

3. Duo Pikap Diesel Tata Motors

Tata EX2 700cc
Tata Motors menawarkan dua pikap diesel yang efisien untuk pasar Indonesia

Pabrikan asal India, Tata Motors menawarkan mobil diesel paling irit untuk pasar Indonesia, yakni Tata Ace EX2 700 cc diesel dan Tata Super Ace 1.400 cc.

Berdasarkan hasil pengujian, saat touring roadshow sosialisasi dan pengujian solar baru Biodiesel 20% atau B20 yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM sejauh 2.750 km.

Kedua produk Tata Motors tersebut menorehkan konsumsi BBM yang sangat efisien. Tercatat Tata Ace EX2 700 cc konsumsi BBM sebesar 18 km/liter dan Tata Super Ace 1400 cc 14 km/liter.

4. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

kelebihan dan kekurangan mobil diesel
Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, masuk dalam daftar mobil diesel paling irit

Berbeda dari sejumlah produk di atas, referensi mobil diesel paling irit yang satu ini belum berumur terlalu tua. Ya, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid bisa jadi pilihan untuk kalian yang sedang mencari mobil diesel yang efisien.

Ertiga diesel juga menjadi salah satu mobil diesel paling murah di Indonesia. Mobil diesel ini memang sudah tak lagi dijual Suzuki di Indonesia. Dalam kondisi bekas, mobil ini kerap dicari masyarakat.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid pertama kali meluncur di tahun 2017 lalu dengan banderol Rp 219,5 juta. Mobil ini didukung mesin diesel D13A dengan kapasitas 1.3 liter DOHC berteknologi Diesel Direct Injection System.

Mesin itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm. Sistem hybrid terbaru juga dihadirkan agar penggunaan bahan bakar efisien.

Konsumsi BBM pun semakin irit dibanding mesin konvensional. Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Diesel Hybrid mencapai 22,6 km/liter saat dilakukan tes di BT2MP-BPPT di 2017 lalu.

5. Chevrolet Spin Diesel

mobil diesel irit
Jika kamu tertarik dengan Chevrolet Spin Diesel bisa beli dalam kondisi bekas.

Segmen Low MPV memang jarang memiliki mesin diesel. Walau demikian, setidaknya Chevrolet telah mencoba dengan meluncurkan Spin Diesel pada tahun 2013. Walau demikian usianya tidak lama, pada medio 2015, mobil ini disuntik mati.

Meski tidak lama, usaha Chevrolet untuk memasarkan Spin Diesel patut diapresiasi. Hal ini persis dengan yang dilakukan oleh Suzuki ketika mengeluarkan Ertiga Diesel. 

Para pemilik Spin Diesel juga mengaku puas dengan kendaraannya tersebut. Selain mesinnya bandel. Chevrolet Spin Diesel juga dikenal irit. MPV ini menggendong mesin 1.248 cc dengan teknologi commonrail direct injection dan turbocharger. 

Soal performa, mesin bisa memuntahkan torsi 190 Nm pada 1.750 rpm dan tenaga maksimal 73 HP pada 4.000 rpm. Bicara konsumsi BBM Chevrolet Spin Diesel, angkanya kisaran 20 Km / Liter.

Baca juga  Bocor Tampang Avanza Baru, Jadi Ganteng?

6. Toyota Hilux

Toyota Hilux
Hilux, dikenal sebagai mobil diesel paling irit yang bisa diandalkan

Selanjutnya membahas mobil diesel paling irit, pilihannya ada Toyota Hilux. Mobil pikap ini didukung mesin dengan tenaga yang besar dan mampu melahap segala medan yang dilaluinya.

Toyota Hilux mengandalkan mesin GD-series tipe 2GD-FTV berkapasitas 2.4 liter baik untuk varian 4X4 maupun 4×2. Pembeda antar variannya terletak pada torsi yang ditawarkan.

Untuk Hilux Single Cabin Diesel 4×4 mampu menghasilkan tenaga 149,6 PS dengan torsi maksimum 40,8 kgm. Sedangkan pada varian 4×2 menghasilkan tenaga 149,6 PS dengan torsi maksimum 35 kgm. Kedua mesin itu sama-sama efisien.

Dari hasil pengujian yang pernah dilakukan Moladin, konsumsi BBM Toyota Hilux menembus 21,1 km/l pada saat berjalan konstan di kecepatan 80 kpj.

Maka tak heran, jika Toyota Hilux menjadi salah satu mobil diesel yang cukup diandalkan untuk kebutuhan pertambangan, perkebunan, dan lainnya. Selain itu, mobil ini juga didukung dengan fitur modern seperti airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist Control (HAC), dan sistem pengereman ABS + EBD.

7.  Toyota Fortuner Diesel

Toyota fortuner bekas 2013
Mesin diesel Toyota Fortuner dikenal efisien dan bertenaga

Mengacu pada mobil diesel paling irit selanjutnya, mungkin kalian bisa memilih Toyota Fortuner. Pengguna Toyota Fortuner bermesin diesel cukup tinggi di Indonesia.

Selain didukung dengan mesin yang bertenaga dan efisien. Mobil ini laris lantaran punya desain yang gagah dan mewah.

Dari segi mesin, Toyota Fortuner menggunakan mesin diesel bertipe 2GD FTV, 4 Cylinders In-Line, 4 Valve, DOHC, VNT Intercooler dengan kapasitas 2.393 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 149 ps pada 3.400 rpm dan torsi 40.8 kgm pada 1.600 sampai 2.00 rpm.

Serupa dengan mesin yang diusung oleh Toyota Hilux, untuk konsumsi BBM Toyota Fortuner berada di kisaran 20 km/l ketika melaju dijalur bebas hambatan.

Untuk urusan fitur keamanan dan kenyamanan, mobil ini tentunya tak perlu diragukan lagi. Mulai dari airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist Control (HAC), dan sistem pengereman ABS + EBD, dan masih banyak lagi.

8. Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport masuk dalam jajaran mobil diesel paling irit di Indonesia

Sport utility vehicle (SUV) di Indonesia begitu banyak saat ini. Namun kalau kalian mencari mobil diesel paling irit, Mitsubishi Pajero Sport rasanya bisa jadi pertimbangan.

Meskipun banderolnya lumayan tinggi, namun tidak mengurangi minat konsumen membeli SUV yang satu ini. Karena Pajero Sport sudah dibekali dengan mesin diesel bertenaga besar dan beragam fitur canggih.

Terkait harga Mitsubishi Pajero Sport bermesin bensin cenderung lebih murah, ketimbang varian diesel. Selain itu, Pajero Sport juga tersedia dalam dua varian sistem penggerak, yakni 4×2 dan 4×4.

Di atas kertas, Mitsubishi Pajero Sport diesel mengandalkan mesin 4D56 2.5L DI Commonrail Turbocharged and Intercooled DOHC. Mesin ini sangat cocok untuk melewati medan-medan yang sulit dan terjal.

Baca juga  Prediksi Mitsubishi Xpander Bermesin 1.300cc, Mungkinkah?

Dengan mesin tersebut mampu menghasilkan konsumsi BBM sebesar 12,3 km/liter di jalur perkotaan yang cukup padat.

9. Toyota Kijang Innova, MPV Diesel yang Laris di Indonesia

Toyota Kijang Innova Reborn
Kijang Innova diesel punya mesin bertenaga dan efisien

Bicara mengenai mobil diesel paling irit, rasanya kurang pas jika tidak mencantumkan Toyota Kijang Innova. Nama besar Kijang Innova tentunya sudah tak asing bagi masyarakat di Indonesia.

Mobil ini masuk dalam daftar mobil diesel paling irit lantaran didukung mesin 2GD FTV 4 Silinder VNT Intercooler berkapasitas 2.393 cc. tenaga yang dapat dihasilkan mobil ini bisa mencapai 149 ps ketika berputar pada kecepatan 3.400 rpm.

Menurut hasil penelusuran kami, konsumsi BBM Kijang Innova diesel menorehkan konsumsi bahan bakar 12,5 km/liter ketika digunakan di dalam kota dengan kondisi jalan macet.

Sedangkan saat pengujian di jalan tol, konsumsi BBM Innova diesel bisa jauh lebih irit sekira 17,8 km/liter dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam.

Performanya pun cukup mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan. Meski dalam keadaan penumpang terisi penuh. Untuk urusan efisien bahan bakar, mobil ini juga hemat.

Maka tak heran, jika dalam kondisi bekas pun Toyota Kijang Innova diesel memiliki harga yang cenderung tinggi dipasaran.

10. DFSK Super Cab

dfsk supercab
Salah satu yang menarik dari DFSK Supercab, harganya paling terjangkau dibanding kompetitor.

PT Sokonindo Automobile menawarkan salah satu produk bermesin diesel yang efisien, yakni DFSK Super Cab yang masuk dalam daftar mobil diesel paling irit.

Menariknya konsumsi BBM DFSK Super Cab 1.5 Gasoline berhasil menembus 13.59 km/liter dan DFSK Super Cab 1.3 Diesel Turbo mencatat efisiensi bahan bakar 16.19 km/liter yang menjadi salah satu terbaik di kelasnya.

Torehan konsumsi BBM tersebut merupakan hasil pengujian yang dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Sedikit mengulas mengenai produknya, mobil ini mampu menampung banyak muatan.

Hal tersebut lantara didukung dengan dimensi yang besar dengan panjang 4.280 mm, lebar 1.810 mm dan tinggi 1.890 mm, serta wheelbase 2.750 mm. Ukuran bak 2.460 mm x 1.670 mm x 340 mm (PxLxT) yang menjadi salah satu terbesar di kelasnya.

Bak berukuran lega yang ditawarkan DFSK Super Cab sanggup mengangkat beban hingga 1,2 ton untuk varian mesin bensin dan 1,4 ton untuk varian mesin diesel, menjadikan DFSK Super Cab sangat cocok bagi konsumen yang membutuhkan muatan banyak di bak belakang.

Gimana sekarang sudah tahukan daftar mobil diesel paling irit yang tersedia di Indonesia? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru