by

Cara Menghilangkan Goresan di Mobil Tanpa ke Bengkel

Bagaimana cara menghilangkan baret mobil? Langkah paling mudah adalah membawa kendaraan Anda ke bengkel untuk dipercantik kembali. Hanya saja biayanya dipastikan tidak murah. 

Jika Anda ingin berhemat, lakukan sendiri perbaikan sendiri di rumah. Tidak sulit, Anda hanya perlu mempersiapkan peralatannya. Kemudian ikuti cara menghilangkan goresan di mobil, berikut ini:

Periksa Kedalaman Baret atau Goresan

cara menghilangkan goresan di mobil
Paling mudah menghilangkan baret ringan dan sedang. Sementara baret dalam, harus ada perlakukan khusus

Sebelum mengetahui cara menghilangkan goresan di mobil keluarga kesayangan, Anda perlu periksa bodi mobil terlebih dulu untuk cek kedalaman. Tidak sulit, cukup raba permukaannya.

Secara garis besar, kedalaman baret mobil ditentukan dalam tiga tingkat: ringan, sedang, dan dalam. Khusus baret ringan dan sedang, cat yang terkelupas tidak sampai bagian dasar.

Goresan ringan serta sedang di bodi mobil ini biasa terjadi saat bersenggolan dengan kendaraan lain. Bisa juga terkena ranting pohon, tercakar kucing, dan lain-lain. Bila hal ini yang terjadi, maka cara menghilangkangkan goresan di mobil masih bisa dilakukan di rumah. 

Kalau goresan dalam, ciri-cirinya bukan cuma cat permukaan yang terkelupas. Cat dasar, bahkan lempengan bodi juga ikut terluka. Tentunya reparasi berbeda perlu dilakukan.

Bukan berarti tidak bisa dibetulkan di rumah, hanya saja ada langkah yang lebih rumit. Anda perlu menambahkan proses mengamplas dan mengecat bodi mobil.

Baca juga:

Perlatan untuk Menghilangkan Baret Mobil

cara menghilangkan goresan pada mobil 006
Di pasaran banyak dijual merek-merek kompon untuk poles mobil

Setelah memastikan baret bodi ada di kedalaman ringan dan sedang, Anda bisa bersiap melakukan perbaikan. Cara menghilangkan goresan di mobil yang pertama, kumpulkan alat-alat yang dibutuhkan.

Peralatan ini tidak sulit ditemukan, beberapa bahkan ada di rumah. Kalau tidak ada, Anda pun dapat membelinya secara online. Apa saja peralatan untuk menghilangkan baret mobil? Berikut daftarnya:

  • air besih
  • kompon
  • kain kering 
  • sponge pad
  • kanebo

Cara menghilangkan goresan di Mobil

cara menghilangkan goresan di mobil
Goresan sedang seperti ini bisa hilang dengan mudah, kalau goresan dalam harus ke bengkel

Kalau semua peralatan sudah siap, mulailah perbaikan. Ingat, Anda harus yakin bisa melakukannya mandiri. Kemudian perlu juga untuk tidak terburu-buru. Perlahan tapi pasti akan lebih baik!

Berikut tahapan lengkap tentang cara menghilangkan goresan di mobil:

1. Siram bagian yang tergores dengan air bersih

menghilangkan goresan di mobil
Mencuci mobil diutamakan, supaya bagian yang baret di bodi mobil terlihat jelas

Anda wajib membersihkan dulu bagian yang tergores dari kotoran. Lebih baik cuci mobil sekalian. Tujuannya tampilan baret bodi bisa benar-benar terlihat. Dengan demikian, Anda jadi tahu titik-titik mana saja yang harus dipoles pakai kompon.

Baca juga  8 Cara Mengganti Oli Mobil yang Mudah dan Cepat

Cara membersihkan bodi tergores, cukup siram dengan air bersih. Kalau mau paripurna, dapat pula lakukan pakai sabun seperti mencuci mobil. Setelah itu keringkan, sampai tidak ada lagi air dan busa yang tersisa.

2. Oleskan kompon sebagai cara menghilangkan goresan di mobil

menghilangkan baret mobil
Letakkan kompon ke sponge pad, kemudian oles ke bagian bodi mobil yang baret

Salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk menyempurnakan tampilan bodi mobil adalah kompon. Ini adalah sejenis bahan yang digunakan untuk menghaluskan lapisan cat setelah kendaraan melalui proses pengecatan.

Kegunaan lain dari kompon, menghilangkan atau menyamarkan goresan atau lecet pada kendaraan. Sifat kompon adalah mengikis lapisan cat. Alhasil bagian yang mengalami lecet bisa hilang atau tersamar.

Langkah pertama, taruh kompon ke sponge pad. Kemudian oleskan secara merata pada permukaan kendaraan yang tergores. Lakukan gerakan memutar. Kalau sudah rata, tunggu selama 5 menit supaya kompon bekerja dengan baik.

Penting juga diingat, Anda harus mengoleskan kompon dengan sedikit tekanan. Tujuannya cat permukaan bisa memudar dan menghilangkan lecet.

3. Lap dengan kain bersih

cara menghilangkan goresan di mobil
Lap sampai bersih kompon yang telah dioleskan

Siapkan kain bersih yang akan digunakan untuk menggosok permukaan mobil yang tergores. Anda bisa pakai kain katun dari pakaian bekas. Kain apa saja sebenarnya dapat digunakan, selama bersih dan lembut. Jangan pakai kain kasar karena bisa menyebabkan goresan lain dibodi mobil.

Cara menggosoknya sama ketika membersihkan karat pada kendaraan, yaitu dengan gerakan memutar. Sambil menggosok, berikan sedikit tekanan. 

4. Ulangi cara menghilangkan goresan di mobil tersebut satu kali lagi

cara menghilangkan goresan di mobil
Kamu bisa menghilangkan goresan di mobil secara mandiri dengan mudah, hanya perlu telaten

Bila goresan masih terlihat, Anda dapat mengulangi cara yang sama satu kali lagi. Dimulai dari membersihkan bodi mobil pakai air. Lalu oleskan kompon, sampai dengan mengelap pakai kain kering.

Kalau cara menghilangkan goresan di mobil tersebut diterapkan secara benar, dijamin kendaraan Anda tampak kinclong lagi. Tampilannya juga menawan seperti baru lagi.

Tips Alternatif Menghilangkan Baret Mobil

Gunakan Kompon Putih Dengan Tidak Berlebihan Untuk Menghilangkan Baret Halus
Gunakan Kompon dengan tidak berlebihan, tipis-tipis saja

Menghilangkan baret mobil bisa juga dilakukan dengan bahan-bahan alternatif. Tidak harus menggunakan kompon, hanya saja perlu diingat ini hanya untuk kondisi darurat. Pasalnya, soal hasil pasti lebih baik pakai kompon. Meski demikian, tips ini patut dicoba dalam kondisi mendesak.

Baca juga  Dilema Isi Ban Dengan Angin Biasa atau Nitrogen, Mana Lebih Baik?

Apa yang dimaksud kondisi darurat? Banyak hal, salah satunya saat Anda sewa mobil. Kemudian diperjalanan tidak sengaja menyenggol tembok atau kendaraan lain. Biasanya kalau mobil sewaan baret saat dipulangkan, Anda bakal kena tambahan biaya.

Tentu hal tersebut tidak diinginkan, bukan? Oleh karenanya, Anda dapat mengganti kompon dengan berbagai zat alternatif yang bisa ditemukan denga mudah untuk menghilangkan baret mobil. Apa saja alternatifnya?

1. Pakai pasta gigi untuk Menghilangkan baret mobil

cara menghilangkan goresan di mobil
Pasta gigi merupakan alternatif untuk menghilangkan baret mobil

Apakah cara ini terdengar aneh? Pasta gigi pada umumnya digunakan saat membersihkan bagian gigi setelah makan. Di dalamnya terkandung berbagai bahan aktif yang sebenarnya ditujukan untuk kesehatan gigi.

Meski demikian, ternyata bahan ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan goresan di mobil, bahkan membersihkan lampu kendaraan. Merek pasta giginya bisa apa saja, mau itu pepsodent, cipadent, dan lain sebagainya.

Untuk itu, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Pertama, persiapkan alat-alat dan bahan seperti ketika melakukannya dengan kompon.

Cara menghilangkan baret mobil dengan pasta gigi juga tidak sulit. Kamu hanya perlu bersihkan kotoran dan debu yang menempel terlebih dulu. Oleskan pasta gigi ke sponge pad. Selanjutnya, gosokkan pada bodi mobil yang memiliki goresan.

Gosok secara melingkar sampai goresan atau baret mulai memudar. Lakukan beberapa kali hingga goresan tidak terlihat lagi. Diamkan sekitar lima menit.

Terakhir, lap bodi mobil dengan kain yang bersih. Perlu diperhatikan, cara menghilangkan baret mobil ini hanya efektif jika goresan belum menembus logam bodi. Ingat, ini cuma untuk goresan ringan dan sedang.

2. Menghilangkan Baret Mobil dengan Autan atau Soffell

menghilangkan baret mobil dengan autan
Autan bisa dipakai untuk menghilangkan goresan di mobil, cuma modal Rp 2 ribu

Di samping pasta gigi, Anda pun dapat memanfaatkan lotion anti nyamuk sebagai cara menghilangkan goresan di mobil. Merek apa saja, mau itu soffell atau autan tidak masalah. Lakukan hal serupa seperti Anda menghilangkan goresan di mobil dengan kompon dan pasta gigi.

Mulai dari letakkan autan atau soffell di sponge pad. Kemudian usap dengan cara memutar sampai berkali-kali. Kemudian lap dengan kain kering. Maka dijamin baret mobil kamu bakal menghilang.

Salah satu kelebihan pakai lotion anti nyamuk adalah harganya murah. Cukup keluarkan uang Rp 2 ribu, bodi mobil bakal mengilap lagi.

Baca juga  Ketahui Besaran Pajak Plat Nomor Cantik dan Cara Membuatnya!

Kamu juga bisa gunakan bahan lain untuk menghilangkan baret mobil seperti minyak kayu putih. Tidak percaya, lotion anti nyamuk dan minyak kayu putih bisa berguna? Coba saja sendiri!

3. Gunakan minyak rem

menghilangkan baret mobil
Minyak rem bisa jadi alternatif untuk menghilangkan baret mobil

Cara menghilangkan goresan di mobil lainnya adalah mneggunakan minyak rem. Bahan ini juga terdapat pada bagian mobil itu sendiri. Jadi, Anda bisa mengambil sedikit untuk digunakan sebagai olesan di bagian mobil yang mengalami lecet.

Pemakaian minyak rem harus dalam jangka waktu cepat. Setelah dioleskan, segera bilas menggunakan air bersih. Kemudian, lap dengan menggunakan kain yang kering.

Minyak rem mengandung bahan-bahan yang bersifat keras. Jika tetesan minyak rem terkena pada bagian mobil yang lain, bisa jadi catnya pun akan ikut terkelupas. Kondisi ini dapat membuat penampilan kendaraan menjadi kurang cantik.

Itulah tadi, sejumlah cara menghilangkan baret mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Bahan-bahannya juga tidak sulit. Semua ada disekitar kita. Namun, saat mengaplikasikannya, Anda perlu berhati-hati supaya tidak merusak bagian lain yang sebenarnya masih bagus. Selamat mencoba!

Biaya Menghilangkan Baret Mobil

menghilangkan baret mobil
Kalau kamu biaya murah, bisa pilih hilangkan baret mobil di bengkel pinggir jalan

Kalau Anda akhirnya memutuskan untuk ke bengkel untuk menghilangkan baret mobil, siap-siap dengan bujet yang harus dikeluarkan. Pastinya harganya tidak murah, tergantung dari lokasi bengkel dan kedalaman goresan di bodi mobil.

Ambil contoh untuk bengkel pinggir jalan di daerah Kramat Raya, Senen Jakarta. Biaya menghilangkan baret mobil di sana mulai dari Rp 150 ribu. Harga ini tentu untuk goresan ringan.

Kalau perbaikan per panel, biayanya mulai Rp 250 ribu hingga jutaan. Intinya semakin dalam dan luas baret, maka semakin sulit perbaikannya. Banderolnya pun lebih mahal lagi. 

Biaya menghilangkan baret mobil di bengkel resmi, bahkan lebih mahal lagi. Misalnya untuk Mitsubishi Xpander, tarif pengecatan per panel mulai Rp 650 ribu.

Lalu jika ingin mengecat Xpander keseluruhan habis biaya sampai Rp 18 juta. Hal ini dikarenakan bengkel resmi menggunakan peralatan modern seperti spray gun, mixing cat, sampai dengan proses pengeringan dengan oven. Dengan begitu soal kualitas pasti lebih bisa dipertanggungjawabkan.

Sekarang tinggal kamu memilih, mau menghilangkan goresan mobil secara mandiri, di bengkel resmi atau pinggir jalan?

Comment

Leave a Reply

Terbaru