by

3 Langkah Mudah Merawat Jaket Motor Berbahan Kulit

-Apparel-44 views

Moladiners yang kece tahu tidak bahwa jaket kulit itu punya persamaan dengan minuman anggur. Kalau minuman anggur kan rasanya lebih enak setelah disimpan dalam waktu lama, nah, sama dengan jaket kulit. Semakin lama umurnya, maka jaket kulit akan semakin nyaman dipakai.

Buat kalian penggemar jaket motor dari bahan kulit, Moladin akan bagi-bagi tips cara merawat jaket kulit agar tidak mudah rusak. Yuk disimak!

Avorio Naiade 4244 47399 large
Avorio Naiade Retro

BELI JAKET MOTOR  TERBAIK DARI MOLADIN DI SINI YUK!

3 Langkah Mudah Membersihkan Jaket Motor Berbahan Kulit

Ada tiga tahapan yang harus kalian lakukan untuk menerapkan cara merawat jaket kulit kesayangan . Tips yang pertama adalah membersihkan bagian dalam jaket, yang ke dua adalah membersihkan bagian luar jaket, dan yang terakhir adalah memberikan perawatan ekstra untuk melembabkan dan menjaga kondisi material kulit jaket kalian.

A. Langkah Pertama: Bersihkan Bagian Dalam Jaket

Bersihkan bagian dalam jaket
Jaket kulit adalah material yang dapat menyerap keringat dengan cukup baik. Keringat sendiri terdiri dari minyak dan garam tubuh yang berpotensi menurunkan keawetan jaket kulit. Oleh karena itu, kalian perlu membersihkan bagian dalam jaket motor dengan melepaskannya dari bagian luar. Biasanya jaket motor kulit terdiri dari dua lapisan, kalian hanya perlu melepas bagian dalam dan mencucinya. Kalian bisa mencucinya di mesin cuci atau manual dengan menggunakan tangan.

Baca juga  [InfoGrafik] Fakta Tentang Cara Kredit Motor Saat Ini

Kalau lapisan dalamnya tidak bisa dicopot kalian bisa mengangin-anginkan jaket kulit di luar ruangan sambil disemprot dengan cairan penghilang bau dan bakteri.

B. Langkah ke Dua: Bersihkan Bagian Luar Jaket Motor

Bersihkan bagian luara jaket
Jaket kulit masa kini biasanya memiliki material kulit yang anti noda. Ini tentu lebih memudahkan dalam proses pembersihan. Bagi kalian yang memiliki jaket kulit vintage tak perlu risau karena dengan langkah pembersihan yang tepat, jaket motor kulit vintage kalian akan terlihat lebih baru.

Pertama-tama kalian membutuhkan pembersih jaket kulit yang bagus. Jaket kulit yang bagus biasanya tidak mengandung silikon dan wax atau lilin, karena bahan-bahan ini berpotensi membuat kering jaket kulit kalian. Kalian juga tidak boleh menggunakan produk yang berbahan dasar hewani seperti minyak mink, karena akan menyebabkan perubahan warna pada jaket kulit kalian. Tidak lucu kan kalau bikers jaket kulitnya belang-belang tidak rata begitu, bisa-bisa disangka zebra cross.

Gunakan aplikator yang lembut untuk membersihkan jaket kulit kalian. Kalian bisa menggunakan kain katun berbahan babyterry. Gunakan cairan pembersih seperlunya saja untuk menghindari terserap secara berlebihan oleh material kulit. Kalian tuangkan cairan pembersih ke kain katun kemudian usapkan secara perlahan dengan gerakan melingkar di permukaan jaket kulit tersebut.

Baca juga  Bingung? Ini Lho Pengertian dan Tempat Perpanjangan SIM C

Selow saja mengusapnya, tidak usah keras-keras seperti mencuci baju, bro dan sist! Hal ini dikarenakan cairan pembersih ini cukup efektif mengangkat noda dan debu dari jaket kalian. Bersihkan bagian depan terlebih dahulu, kemudian bagian lengan, dan yang terakhir bagian belakang. Kemudian biarkan jaket kalian kering dengan cara diangin-angin.

ZS811 3070 55068 large
ZEUS FULL FACE - KUNING

C. Langkah ke Tiga: Perawatan Ekstra untuk Jaket Kulit Kalian

cara merawat jaket kulit

Seperti halnya kulit manusia, jaket kulit kalian juga bisa kering karena terus-terusan terpapar angin berkecepatan tinggi selama berjam-jam. Jaket kulit kalian juga membutuhkan pelembab untuk mengembalikan kesegarannya. Caranya adalah dengan menambahkan minyak essential ke permukaan jaket kulit kalian.

Kalian bisa membeli conditioner untuk jaket kulit kalian di pasaran. Merk apapun sebenarnya bagus-bagus saja. Kalian juga bisa membuat sendiri campuran pelembab jaket kulit dengan menggabungkan cuka dan minyak zaitun. Gunakan kain yang lembap atau spons untuk mengoleskan cairan pelembab tersebut. Biarkan jaket kalian kering dengan cara diangin-anginkan. Selesai deh!

Baca juga  Tipe Motor yang Umum Dikendarai, Sudah Tahu?

Oya, kalian harus ingat bahwa kalian tidak perlu melakukan ritual bersih-bersih terlalu sering. Cukup dua kali dalam setahun. Alasannya karena terlalu banyak menggunakan minyak juga dapat mengakibatkan jaket kulit kalian berubah warna. Selamat mencoba!

Sekian tips cara merawat jaket kulit kali ini. Untuk mengetahui informasi dan tips lainnya seputar motor, jangan lupa untuk terus mengikuti blog Moladin ya, sobat Moladiners. Kalian bisa berlangganan informasi terkini dari Moladin dengan menekan tombol berlangganan di blog Moladin.

Ingat motor, ingat Moladin!

DAPATKAN DISKON JAKET MOTOR ALPINESTAR DI SINI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru