by

3 Cara untuk Hasilkan Pernis Cat Motor yang Bagus

Ketika warna motor sudah terlihat kusam, kebanyakan bikers melakukan repainting alias pengecatan ulang. Hasil yang baik dipengaruhi juga oleh pernis cat motor yang bagus.

Dalam proses pengecatan ulang motor, butuh proses yang tak cepat. Hal ini untuk memaksimalkan hasil pengecatan agar tampilan motor kembali menarik lagi.

Untuk proses akhir, agar hasil pengecatan semakin terlihat bagus kamu perlu melapisinya dengan pernis.

Pernis merupakan lapisan akhir dari proses pengecatan. Sebagai pelapis, pernis tidak memiliki warna alias bening.

Manfaat dari pernis adalah mengeluarkan warna asli cat jadi lebih mengilap dan melindungi warna cat motor. Hal ini bukan berarti pernis merupakan pelapis anti gores, yang dimaksudkan adalah pelapis ini akan melindungi warna cat agar lebih mengkilap dan tidak mudah pudar.

Dengan dilapisi pernis yang bagus, maka tampilan motor juga akan seperti terlihat basah atau wet look meski berada di bawah terik matahari.

Sebagaimana disampaikan oleh Wawan, painter dari TCM Motor yang mengatakan, untuk hasil akhir yang maksimal itu, dalam proses finishing dengan pernis yang perlu diperhatikan adalah jenis atau merek pernis yang digunakan juga teknik penyemprotan pelapisan pernis itu sendiri.

“Jadi hasil akhir itu bergantung dari merek pernis yang digunakan juga teknik penyemprotannya. Kalau pakai merek yang enggak jelas ditambah tekniknya salah, hasilnya berantakan,” ujar Wawan.

Baca juga  Gadai Motor di Pegadaian? Ini Cara dan Syaratnya

Kemudian yang tidak kalah penting adalah perawatan setelah pengecatan. Oleh karenanya, berikut kami beberkan tiga cara untuk menghasilkan pernis cat motor yang bagus:

1. Pilih Merek Pernis Cat yang Ternama

Pernis cat motor yang bagus
Merek Clear Coat Sikkens dipercaya lebih bagus

Untuk pernis cat motor yang bagus, menurut Wawan ada beberapa merek yang bisa dibeli di pasaran. Hanya saja, Wawan lebih menyukai merek pernis Clear Coat Sikkens.

Menurutnya, merek ini termasuk memiliki harga yang terjangkau dan hasilnya pun cukup bagus. Maka Sikkens bisa jadi pilihan tepat.

“Sebenarnya kalau untuk cat motor banyak merk pernis yang bisa dipakai seperti Pilox, Samurai, Nippon dan banyak lainnya. cuma saja saya biasa pakai merk Clear Coat Sikkens karena harganya terjangkau dan hasilnya juga cukup bagus,” tutur Wawan.

2. Teknik Pengecatan Harus Benar

Pernis cat motor yang bagus
Perlu teknik khusus dalam pengecatan dan pelapisan pernis bodi motor

Sementara, untuk hasil akhir yang bagus penyemprotan cat dan lapisan pernis tidak bisa sembarangan.

Perlu teknik khusus, agar hasil dari pengecatan dan pelapisan pernis itu bisa maksimal dan sesuai dengan keinginan.

“Enggak bisa asal semprot buat ngecat dan ngelapisin saja, ada tekniknya. Biar hasilnya juga enggak belepotan atau menggelembung,” papar Wawan.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Bore Up Motor, Pikir Lagi

Poin utama dari proses pengecatan dan pelapisan pernis cat motor yang bagus adalah thinner atau pengencer cat.

Gunakan pengencer cat atau thinner tipe B. Wawan mewanti-wanti jangan sampai salah, sebab jika menggunakan yang tipe lain hasilnya pasti tidak bagus.

Untuk pengecatan hingga pelapisan pernis cat motor yang bagus perhatikan tahapannya berikut:

  • Amplas bagian motor yang akan di cat, amplas sampai bersih
  • Dasari bagian yang akan di cat dengan epoxy. Usahakan jangan terlalu tipis dan juga jangan terlalu tebal
  • Amplas lagi lapisan epoxy yang telah kering dengan amplas yang lebih halus hingga bagian yang akan di cat rata
  • Semprotkaan warna dasar. Untuk warna dasar bisa gunakan warna putih atau warna silver
  • Jemur atau keringkan dengan cara diangin-anginkan
  • Setelah warna dasar kering, lakukan penyemprotan cat dengan warna sesuai keinginan
  • Pastikan cat telah kering dan hindari menjemurnya di alam terbuka untuk menghindari dari debu atau kotoran yang menempel. Karena bisa merusak hasil proses pengecatan
  • Periksa kembali, apakah cat sudah benar-benar rata dan hasilnya sudah sesuai dengan keinginan
  • Setelah itu, lapisi hasil pengecatan dengan lapisan pernis.
  • Keringkan kembali dengan cara diangin-anginkan saja

3. Perawatan Bodi Motor Setelah Pengecatan Wajib Dilakukan

Pernis cat motor yang bagus
Rajin mencuci motor bisa bikin cat motor lebih awet

Agar kondisi warna bodi motor tetap awet, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan. Berikut adalah cara perawatannya:

  • Rutin mencuci motor, dengan mencuci motor setidaknya seminggu sekali, debu dan kotoran bisa lebih mudah dihilangkan. Jika motor sangat jarang dicuci, ada kemungkinan partikel debu dan kotoran melekat pada cat dan susah untuk dihilangkan.
  • Parkir di tempat teduh, cat motor yang kena panas matahari langsung dalam waktu lama akan cepat pudar atau kusam, carilah tempat parker yang terdapat atapnya.
  • Pakai pengkilap khusus cat motor, cara lain untuk membuat awet cat motor adalah menggunakan pengkilap khusus untuk body motor yang direkomendasikan. Jika digunakan secara wajar, pengkilap motor ini berfungsi seperti pelembab pada tubuh manusia. Karena kerap terpapar udara yang panas, cat motor juga tentunya membutuhkan “vitamin” agar selalu tampak segar dan cerah.
  • Hindari penggunaan zat kimia berbahaya, Zat kimia yang mengandung senyawa asam atau zat pewarna sebaiknya jangan dioleskan pada cat dan body motor. Pada beberapa kasus, cukup banyak pemilik motor yang mengoleskan zat kimia dengan tujuan tertentu yang tanpa sadar malah merusak cat motor.
Baca juga  Tempat Perpanjang SIM dan Besaran Biayanya

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru