by

Cara Merawat Cat Body Motor Agar Tetap Kinclong Seperti Baru!

-Tips & Trik-657 views

Bagian dari motor yang menjadi bagian penting dalam hal visual atau penampilan adalah cat body. Kalau bagian bodi ini mengalami kerusakan seperti terkena gesekan yang kuat sampai terjatuh, kemungkinan besar akan menurunkan estetikanya. Apalagi motor yang kamu miliki edisi khusus yang sulit didapatkan.

Kalau kamu tidak mau mengalami masalah dengan cat body motor ada baiknya untuk melakukan perawatan secara rutin. Perawatan rutin harus dilakukan dengan baik agar motor tetap dalam kondisi terbaiknya. Kalau motor terjaga dengan baik kalau kamu akan menjualnya harga tetap akan tinggi. Berikut beberapa cara merawat cat body motor.

 

Mencuci Secara Rutin

Merawat Cat Body Motor, Sering Di Bersihkan

Lakukan pencucian motor secara rutin minimal seminggu sekali. Motor yang digunakan secara rutin setiap harinya kemungkinan besar akan memiliki debu yang sangat tebal. Kalau sebu ini sampai terkena air atau minyak, kemungkinan besar akan menempel dan akhirnya menjadi kerak yang sulit sekali dibersihkan.

Selanjutnya saat musim hujan tiba dan kamu sering menggunakan motor, lebih baik dibersihkan secara rutin setiap harinya. Kalau kamu merasa malas atau lelah, cukup siram di bagian yang banyak memiliki noda atau lumpur. Baru saat akhir pekan dan memiliki waktu banyak bisa dibersihkan secara merata.

Saat melakukan pencucian motor, ada baiknya menggunakan sabun atau sampo khusus kendaraan. Tidak semua bahan untuk mencuci cocok untuk bodi motormu. Kalau kamu salah menggunakan cairan sampo, kemungkinan besar bisa memicu pengelupasan atau pemudaran warna dari cat.

Baca juga  Honda Rilis Warna Baru BeAT Street eSP, Tampil Ekspresif Kekinian

 

[product product=”Kawasaki W 175″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/kawasaki/Kawasaki_W_175_14190_85499_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/kawasaki/kawasaki-w-175″ price=”Rp. 1.335.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Parkir Kendaraan di Tempat yang Teduh

Parkiran Teduh

Salah satu kesalahan terbesar yang sering sekali kita lakukan saat sedang memarkir motor adalah banyaknya paparan sinar matahari yang mengenai bodi. Cahaya matahari yang terik dan panas akan menyebabkan bodi dari motor menjadi sangat kusam dan warna memudar dengan sendirinya perlahan-lahan.

Kalau kamu memarkir kendaraan di sekitar halaman rumah, ada baiknya memilih bawah pohon yang rindang. Selain itu masukkan saja ke dalam ruangan agar aman dan tidak mengalami paparan sinar matahari secara langsung.

Apabila kamu berada di parkiran umum seperti di mal, sekolah, atau kantor, ada baiknya membawa semacam kain untuk menutup kendaraan. Menggunakan kertas atau karton untuk menutup bodi dari sinar matahari juga sangat disarankan.

 

Gunakan Pelapis Khusus Cat

Ultra Coating

Gunakan pelapis khusus untuk cat body motor. Dengan menggunakan pelapis khusus ini kemungkinan besar cahaya matahari atau mungkin debu tidak akan merusak warna dan membuatnya jadi kusam. Oleh karena itu aplikasikan pelapis ini minimal seminggu sekali.

Lapisi bagian yang paling sering terkena paparan debu dan sinar matahari. Selanjutnya, ulangi pelapisan berkali-kali kalau tampilan kilapnya sudah mulai turun perlahan-lahan.

Baca juga  Ducati Berbenah Jelang GP Assen, Tingkatkan Kemampuan Menikung

 

Hindari Paparan Zat Kimia Secara Langsung

Hondari Bahan Kimia Langsung

Selain sinar matahari dan juga kotoran yang menjadi kerak, biang kerok yang menyebabkan cat body dari motor tampak kusam adalah paparan zat kimia. Kalau zat kimia yang berbahaya dan memiliki efek mengelupaskan cat, kemungkinan besar akan membuat permukaan dari bodi terlihat hancur.

Kalau motor mendadak terkena cipratan zat kimia berbahaya, segera bilas dengan air sampai bersih. Jangan biarkan cairan itu menempel di sana karena cat akan rusak dan kamu harus melakukan pengecatan ulang.

Pilih jalan yang aman dari paparan zat kimia atau parkir di tempat yang aman. Kalau sampai cat body kendaraan rusak, biaya untuk memperbaikinya akan jauh lebih besar ketimbang perawatannya.

 

Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Stiker

Stiker Terlalu Banyak

Stiker memang akan memberikan penampilan yang indah pada bodi kendaraan. Namun, kalau stiker yang dipasang berlebihan justru bisa merusak cat dari bodi. Apalagi kalau kamu tidak suka dengan stiker itu dan berharap untuk melepasnya. Cat bisa rusak kalau pelepasannya dilakukan sembarangan.

Umumnya pelepasan menggunakan WD-40 lalu dilanjutkan dengan pemanasan agar mengelupas dengan sendirinya. Kalau kamu tidak mau mengalami kerusakan pada body motor hindari pemasangan stiker yang berlebihan.

Baca juga  Sebelum Beli Kendaraan, Kenali Pajak Kendaraan Bermotor

 

[product product=”Kawasaki W 250″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/kawasaki/Kawasaki_W_250_9541_63738_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/kawasaki/kawasaki-estrella-250se-sports-pendingin-udara-4-tak-tunggal-250cc” price=”Rp. 2.985.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Lap Kendaraan dengan Kanebo

Ngelap Motor dengan Kanebo

Cara merawat cat body motor yang terakhir adalah dengan melakukan pengelapan dengan benar. Masalah pengelapan ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya cat dari kendaraan bisa saja rusak atau mengelupas.

Kalau kamu ingin mengelap secara rutin setiap harinya gunakan kanebo yang sangat halus atau kain lainnya. Dengan kain ini bodi tidak akan mengalami baret atau sampai mengelupas.

Inilah beberapa cara merawat cat body motor dengan baik dan benar. Meski motor sudah digunakan selama bertahun-tahun, kemungkinan besar akan tetap terlihat kinclong seperti baru. Apalagi kalau mesin motor juga dirawat dengan sempurna, motor akan memiliki harga tinggi sangat dijual.

Semoga ulasan di atas bisa kamu gunakan sebagai rujukan untuk merawat cat pada motor. Kalau kamu bisa merawat sendiri, tidak perlu sampai ke bengkel dan mengeluarkan banyak uang.

Ingat Motor, Ingat Moladin!

 

Baca Juga :

Terbaru