9 Cara Membersihkan Kaca Helm yang Buram dan Lecet, Gampang!

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengendara motor yang menggunakan helm adalah kotornya kata depan atau visor. Kotornya kaca ini bisa terjadi karena sering digunakan pada cuaca yang berdebu, hujan, sampai disimpan di tempat yang memiliki banyak sekali debu.

Selanjutnya kaca helm juga sering sekali mengalami baret sehingga mengganggu penglihatan. Dua hal ini membuat Anda tidak bisa menutupkan kaca visor dan melindungi bagian wajah. Nah, kalau Moladiners ingin menghindari masalah seperti ini simak cara membersihkan kaca helm di bawah ini.

 

Siapkan Semua Alat dan Bahan

Cara Membersihkan Kaca Helm

Sebelum memulai membersihkan kaca helm yang kotor dan buram ada baiknya Anda menyiapkan dahulu beberapa alat dan bahannya. Pertama Anda harus menyiapkan kain untuk mencuci dan juga mengeringkan. Selanjutnya wadah yang cukup besar, air, cairan pembersih, dan obeng.

 

Lepaskan Kaca secara Perlahan-lahan

Cara Membersihkan Kaca Helm, Lepas Kaca Helm

Setelah menyiapkan semua alat dan bahan, tahap pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan kaca helm secara perlahan-lahan. Anda bisa menggunakan obeng untuk melepas baut yang digunakan. Selanjutnya simpan di wadah agar tidak tercecer dan akhirnya lepas.

Kaca yang sudah dilepas, letakkan di atas kain terlebih dahulu. Jangan meletakkannya di atas lantai karena bisa saja tergesek. Begitu semua persiapan selesai baru proses kaca helm ke dalam air bersih.

 

Rendam Kaca di Dalam Air

Rendam di air

Rendam terlebih dahulu kaca helm ke dalam air. Anda tidak perlu menggunakan sabun atau bahan pencuci lainnya. Setelah kaca helm terendam dan bagian yang buram agak lunak, Anda bisa menambahkan sabun dan biarkan selama beberapa saat sebelum diproses.

Perendaman dengan air dan juga sabung dilakukan untuk memudahkan pembersihkan. Tanpa perendaman proses pembersihan akan berjalan lambat. Bahkan, kemungkinan besar merusak bagian kaca lain kalau dipaksakan.

 

Suzuki GSX R 150

*DP mulai dari

 

Lap dengan Kain yang Halus

Lap Menggunakan Kain Halus

 

Setelah semua noda yang ada di kaca mulai lunak, tahap selanjutnya adalah melakukan pengelapan secara perlahan. Angkat ke atas lalu lap secara perlahan-lahan dan hilangkan noda yang menempel. Noda yang menempel akan lepas dengan sendirinya.

Rendam lagi ke dalam air lain yang lebih bersih dan ulangi sampai beberapa kali. Kalau sudah terlihat lebih bersih, Anda barus bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Kalau masih terlihat buram, ulangi sampai beberapa kali sampai Anda merasa cukup.

 

Gunakan Cairan Pembersih

Semprot Dengan Cairan Pembersih

Setelah dirasa cukup perendamannya, Anda bisa segera menggunakan cairan pembersih. Cairan ini bisa diaplikasikan langsung ke kaca helm lalu diratakan ke semua permukaan. Anda bisa menggunakan kain yang lembut untuk meratakannya sembari digosok perlahan-lahan.

 

Lap dan Ulangi Sampai Bersih

lap dan ulangi sampai bersih

Setelah terlihat tembus pandang dan mengkilap, tahap selanjutnya adalah keringkan dengan menggunakan lap. Cek bagian kaca helm apakah masih ada noda atau tidak. Kalau tidak ada noda bisa langsung dikeringkan dan digunakan lagi. Sampai pada tahap ini prosesnya selesai kecuali kalau ada baret di kaca helmnya.

 

Menghilangkan Baret yang Muncul

Baret di helm

 

Kalau kaca helm memiliki baret karena sering sekali terjatuh dan tergesek, ada baiknya untuk disamarkan terlebih dahulu. Kalau baret yang terjadi tidak terlalu besar dan dalam, Anda bisa melakukan pengamplasan. rendam dalam air dan amplas secara perlahan-lahan sampai tersamarkan baretnya.

Saat melakukan pengamplasan, ada baiknya untuk hati-hati. Kalau Anda tidak bisa melakukannya secara hati-hati, kemungkinan besar akan merusak bagian kaca yang lain dan memicu kerusakan yang lebih parah.

 

Menggunakan Compound

Cairan Compound

Tahap selanjutnya untuk menghilangkan baret adalah menggunakan cairan compound. Cairan ini bisa langsung digunakan untuk menyamarkan gesekan yang tidak terlalu besar. Oleskan pada bagian yang tergesek lalu rasakan dengan kain halus dan gosok selama beberapa saat.

Kalau kaca helm sudah terlihat mengkilap dan tidak ada bekas baret, hentikan proses ini. Kalau baret masih terlihat sangat tampak, amplas lagi dan ulangi selama beberapa kali sampai tidak terlihat mengkilap.

 

Yamaha YZF-R15

*DP mulai dari

 

Pasang Kembali dengan Hati-Hati

Pasang Lagi Kaca Helm

Cara membersihkan kaca helm yang terakhir adalah dengan memasangkan kembali kaca yang tidak kotor dan baretnya tersamarkan. Saat melakukan ini ada baiknya perlahan-lahan saja. Kalau melakukan perlahan-lahan, kemungkinan terjadi salah pasang, tergores, atau mungkin patah akan rendah.

Inilah beberapa cara membersihkan kaca helm yang benar dan mudah. Dengan melakukan beberapa cara di atas, Anda bisa mengurangi noda atau debu yang membuat kaca visor jadi sangat buram. Selain itu baret juga bisa diminimalkan.

Menghindari kaca yang buram dan juga baret, ada baiknya melakukan perawatan helm secara rutin. Anda bisa mencucinya sebulan sekali atau selalu bersihkan bagian kaca setiap hari. Kalau helm tidak dipakai dalam jangka waktu lama, lebih baik dimasukkan ke wadah untuk menghindari debu menempel.

 

Baca Juga : 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *