5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Helm Motor Baru

Berkendara dengan motor memberikan pengalaman yang beda kalau dibandingkan dengan naik mobil. Saat naik motor, moladiners bisa merasakan embusan angin secara langsung. Adrenalin juga akan meningkat seiring dengan kecepatan yang bertambah. Tidak heran kalau aktivitas naik motor merupakan aktivitas yang adiktif.

Namun, hobi berkendara dengan motor juga tetap harus diperhatikan secara seksama. Moladiners perlu mempertimbangkan faktor keamanan saat berkendara. Salah satu perlengkapan wajib yang harus dikenakan selama naik motor adalah helm. Moladiners bisa memilih helm full face murah yang keren, open face yang modis, half face yang mudah dipakai, dan lain-lain.

Hanya saja, moladiners jangan terlalu terburu-buru dalam memilih helm. Pastikan bahwa helm yang dibeli, merupakan jenis helm yang tepat sesuai kebutuhan. Terkait hal ini, ada 5 pertimbangan penting yang wajib moladiners perhatikan, yaitu:

Jenis Helm

Helm Full Face Murah, Jenis Helm

Saat membeli helm baru, moladiners perlu memilih jenis helm yang tepat. Pemilihan jenis helm ini dapat disesuaikan dengan motor yang digunakan, pola berkendara, tingkat kebutuhan, dan lain-lain. Sebagai contoh, helm full face murah menjadi opsi yang tepat kalau digunakan pemilik motor sport atau bagi moladiners yang sering melakukan touring. Sementara itu, helm half face memberi rasa nyaman untuk pemakaian sehari-hari.

Standar Keamanan

Helm Full Face Murah, Standar Keamanan

Fungsi utama dari sebuah helm adalah sebagai sarana keamanan, bukan untuk menghindari tilang polisi. Oleh karena itu, pastikan bahwa moladiners memilih jenis helm yang mampu memberikan keamanan dalam berkendara. Caranya adalah dengan memilih helm yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Cara untuk mengetahui helm yang memenuhi SNI sangat mudah. Moladiners akan bisa menjumpai stiker atau emblem bertuliskan SNI pada bagian belakang. Sebagai alternatif lain, moladiners juga dapat mempertimbangkan membeli helm bertuliskan DOT (Department of Transportation), yang merupakan standar keamanan yang ditetapkan Amerika Serikat.

Setiap helm yang memenuhi standar keamanan juga bakal disertai dengan strap yang kuat, tak mudah putus, serta bisa diatur sehingga tidak terasa mencekik. Tidak lupa, moladiners dapat menemukan berbagai jenis strap pada helm, seperti model quick buckle atau yang kerap disebut model klik, micrometric buckle, serta double-D.

 

Honda Beat Street

*Angsuran mulai dari

 

Ukuran Helm

Ukuran Helm

Faktor yang tak kalah penting dalam pemilihan helm baru adalah terkait ukuran. Moladiners wajib memastikan bahwa helm yang digunakan tidak terlalu longgar ataupun terlalu sempit. Solusinya adalah dengan terlebih dahulu mengukur kepala atau mencoba secara langsung helm yang akan dibeli.

Helm yang terlalu sempit memberi rasa tidak nyaman saat digunakan. Ketika mengenakan helm yang kekecilan, moladiners bakal merasakan kepala seperti ditekan dari segala arah. Selain itu, daun telinga yang tertekan menjadi problem yang sering menganggu.

Lain halnya kalau moladiners memakai helm yang terlalu besar. Helm seperti ini, bakal membuat moladiners rentan mengalami kecelakaan. Alasan utamanya adalah, helm dapat menutup sudut pandang pengendara. Contohnya, ketika kepala bergerak ke kiri, helm juga harus bergerak ke arah yang sama. Kalau helm dalam posisi lurus, pandangan bakal tertutupi.

Fitur Ekstra

Visor Helm Yang Dapat Dipasang Pinlock

Pemilihan helm juga harus moladiners lakukan dengan mencermati fitur tambahan yang dimiliki. Fitur tambahan ini bisa beragam, disesuaikan dengan jenis helm. Misalnya, ketika moladiners membeli helm full face murah, dapat memperhatikan bagian visor. Pastikan bahwa visor tersebut mudah digerakkan  atau tidak.

Selain itu, pada produk helm tertentu, moladiners akan bisa menemukan helm yang sengaja didesain tahan terhadap air. Helm dengan fitur tambahan seperti ini, biasanya disertai dengan seal yang terletak pada bagian visor. Fitur tambahan seperti ini akan sangat membantu bagi moladiners yang sering melintasi jalur basah atau dalam kondisi musim hujan.

Tidak ketinggalan, fitur ekstra ini juga bisa moladiners lihat pada bagian interior helm. Untuk helm yang ditujukan untuk penggunaan sehari-hari, pilih helm dengan bagian dalam yang bisa dilepas. Fitur ini sangat bermanfaat untuk memberi kemudahan dalam proses pembersihan helm.

Perhatikan Harga Pasaran Helm

Harga Pasaran Helm

 

Faktor yang tak kalah penting ketika moladiners ingin membeli helm baru adalah harga. Harga yang mahal memang kerap memberi keuntungan berupa kualitas yang lebih baik. Tetapi tidak semua helm dengan harga yang mahal memiliki kualitas yang baik. Baiknya bandingkan harga helm dari beberapa toko online maupun offline untuk mendapatkan harga terbaik. Seperti di Moladin.com yang selalu ada promo terbaik dari cashback hingga gratis ongkir. Cek Moladin.com sekarang yuk!

Itulah 5 faktor penting yang perlu moladiners perhatikan kalau ingin membeli helm baru. Namun, moladiners tetap harus memperhatikan cara berkendara yang aman biar selamat saat berada di jalan. Helm dengan kualitas sebaik apapun, tidak akan mampu menjamin keselamatan pengendara kalau disertai dengan cara berkendara yang buruk.

 

Yamaha Mio M3

*DP mulai dari

 

So, kapanpun dan di mana pun moladiners berkendara, selalu patuhi aturan lalu lintas dan stay safe, ya!

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *