Cara Membersihkan Rantai Motor yang Mudah dan Efisien

Setiap komponen sepeda motor memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Artinya, semua komponen itu penting meskipun hanya Bagian kecil dari motor. Motor kamu tidak akan bisa bekerja dengan maksimal jika semua komponennya tidak berada dalam kondisi terbaik. 

Rantai pada sepeda motor memiliki fungsi untuk menyalurkan tenaga dan putaran yang dihasilkan oleh mesin ke ban motor. Karenanya, rantai memiliki peran vital untuk membuat motor bisa bergerak. Rantai hanya dipakai di motor dengan perseneling manual, sementara motor matic menggunakan v-belt untuk mentransfer energi dari mesin ke roda. 

Sayangnya, banyak dari kita yang masih meremehkan perawatan terhadap rantai motor. Kita baru terpikir tentang komponen ini ketika mendapati masalah. Berikut adalah beberapa masalah yang mungkin dialami rantai motor kamu. 

  • Rantai longgar. Masalah ini biasanya terjadi akibat perubahan setelan yang kamu lakukan, baik setelan gear mesin maupun jarak roda. 
  • Rantai mengeluarkan bunyi. Jika rantai kamu berbunyi, biasanya itu menandakan kondisinya yang terlalu kering atau kurangnya pelumas. 
  • Rantai kotor. Ini adalah masalah yang paling umum ditemui karena rantai memang terpapar ke banyak elemen yang bisa mengotorinya. 
  • Rantai lepas. Masalah ini cukup jarang ditemui tapi bisa terjadi ketika rantai keluar dari gear-nya. 
  • Rantai macet. Ada berbagai alasan yang bisa menyebabkan rantai menjadi macet, dari kurangnya pelumas hingga gear alias sproket yang sudah aus.

Rantai motor memiliki potensi untuk cepat kotor karena terpapar oli mesin (dari gear depan), debu, dan air di jalanan. Salah satu ciri rantai kotor yang paling mudah dilihat adalah perubahan warnanya. Rantai yang pada awalnya berwarna silver berubah menjadi hitam karena banyaknya kotoran yang terakumulasi. 

Alat Membersihkan Rantai Motor

Cara membersihkan rantai motor juga tidak bisa sembarangan dan membutuhkan keterampilan dan ketelitian serta alat-alat yang memadai. Berikut adalah beberapa alat yang mungkin kamu butuhkan ketika akan membersihkan rantai motor. 

  • Sarung tangan. Ini berguna Jika kamu tidak mau tanganmu kotor karena terkena oli ketika membersihkan rantai. 
  • Kain lap kering. Tidak harus menggunakan kain lap khusus, kamu bisa menggunakan baju bekas yang sudah tidak terpakai sebagai lap. Fungsinya adalah untuk mengeringkan dan membersihkan rantai. 
  • Semprotan (spray) pengangkat kotoran rantai. Semprotan ini berguna untuk menghilangkan noda membandel di rantai. 
  • Sikat gigi bekas. Sikat gigi memiliki bulu halus tapi cukup kuat untuk merontokkan kotoran-kotoran bandel yang melekat di rantai. Bentuknya yang kecil juga membuatnya mudah dioperasikan di posisi sempit. 
  • Sabun pembersih. Sesuai namanya, sabun berfungsi untuk membersihkan rantai yang nodanya sudah terangkat. 
  • Cairan pelindung rantai. Cairan ini berfungsi untuk merawat rantai agar tetap berada dalam kondisi terbaik setelah dibersihkan. 
  • Kardus untuk mengisolasi rantai dan melindungi bagian lain ketika rantai dibersihkan. 

Membersihkan Rantai

Setelah semua peralatan dipersiapkan, kita akan mulai membahas cara membersihkan rantai motor. Ada beberapa tips tentang cara membersihkan rantai motor yang perlu kamu tahu. Berikut adalah cara paling efektif untuk membersihkan rantai motor kamu yang kotor. 

  • Pemanasan. Mungkin terdengar aneh, tapi rantai motormu butuh dipanaskan sebelum dibersihkan. Kamu bisa melakukannya dengan mengendarainya keliling kompleks. Kalau kamu lagi malas keluar, kamu cukup posisikan motor dengan standar tengah, nyalakan, masukkan perseneling, dan gas seperlunya sampai roda belakang berputar selama beberapa menit. Rantai yang sudah ‘dipanaskan’ seperti ini akan lebih mudah dibersihkan. 
  • Telanjangi rantai. Maksudnya, jika motor memiliki penutup rantai atau memiliki aksesoris apapun yang menutup rantai, sebaiknya dicopot dulu saja semua sebelum dibersihkan. 
  • Pasang kardus di sekitar rantai. Kardus ini berfungsi untuk melindungi komponen lain agar tidak terkena semprotan atau kotoran dari rantai. 
  • Pakai sarung tangan dan mulai semprotkan air secara merata dari semua angle. Ini berfungsi untuk merontokkan kotoran-kotoran besar seperti tanah atau bahkan kerikil kecil. 
  • Diamkan sebentar dan kemudian mulai bersihkan bagian yang masih sangat kotor menggunakan sikat gigi bekas. Pastikan semua kotoran terangkat dalam proses ini. Kamu mungkin harus menyikat dari berbagai sisi agar benar-benar bersih. 
  • Setelah kamu yakin rantaimu telah  bersih dari semua kotoran, basuh menggunakan cairan pembersih atau sabun. Di proses ini, rantaimu harusnya sudah terlihat bersih dan kembali ke warna aslinya. 
  • Keringkan rantai dengan kain lap. Harusnya sudah tidak banyak kotoran yang tersisa ketika rantai kamu keringkan. 
  • Semprotkan cairan pelindung rantai secara merata ke semua bagian. Ini adalah langkah terakhir. Setelah cairan pelindung disemprotkan, kamu bisa pasang kembali penutup rantai dan aksesoris lainnya.
Yamaha YZF-R25

*DP mulai dari

Itulah cara membersihkan rantai motor yang efektif. Pastikan kamu telaten membersihkan hingga bagian yang tersembunyi agar rantai benar-benar bersih dan bisa bekerja secara optimal. Kalau kamu ingin rantai motormu awet bersihnya, maka kamu wajib untuk teliti ketika membersihkannya.

Ketika membersihkan rantai, ada baiknya kamu juga turut membersihkan gear, baik gear depan maupun belakang. Pasalnya, rantai selalu terkoneksi dengan dua gear itu, jadi jika gear-nya kotor, otomatis rantainya juga akan ikut kotor.

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *