Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Cara Membersihkan Rantai Motor di Rumah Saja

by Aryo Yudo Purwanto
cara membersihkan rantai motor

Percayalah bahwa cara membersihkan rantai motor tidak sulit. Kamu hanya perlu tahu ilmunya, kemudian lakukanlah sendiri di rumah.

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kamu tahu dulu fungsi dari rantai motor. Rantai pada sepeda motor berguna menyalurkan tenaga dan putaran yang dihasilkan oleh mesin ke roda atau ban motor belakang.

Oleh karena itulah, rantai memiliki peran vital untuk membuat motor bisa bergerak. Sebagai informasi, rantai saat ini kebanyakan digunakan oleh motor bebek dan motor sport atau yang bertransmisi manual. Sementara motor matic menggunakan v-belt alias CVT untuk mentransfer energi dari mesin ke roda. 

Sayangnya, banyak dari kita yang masih meremehkan perawatan terhadap rantai motor. Kebanyakan bikers, baru terpikir tentang komponen ini ketika mendapati masalah. Padahal ratai motor harus selalu dirawat supaya kondisinya selalu prima.

Berbagai Persoalan Rantai Motor

Raintai kotor, kendor, dan berkarat

Rantai motor, kotor, kendor, dan berkarat menjadi masalah yang sering terjadi

Jika kamu tidak tahu cara membersihkan rantai motor, maka komponen tersebut bakal tidak terawat. Pasalnya membersihkan rantai merupakan cara termudah dalam merawatnya.

Kalau tidak dirawat, rantai bakal mengalami beberapa masalah seperti di bawah ini:

  • Rantai kendur. Masalah ini biasanya terjadi akibat perubahan setelan yang kamu lakukan, baik setelan gear mesin maupun jarak roda. 
  • Rantai mengeluarkan bunyi. Jika rantai kamu berbunyi, biasanya itu menandakan kondisinya yang terlalu kering atau kurangnya pelumas. 
  • Rantai kotor. Ini adalah masalah yang paling umum ditemui karena rantai memang terpapar ke banyak elemen yang bisa mengotorinya. Lebih parahnya lagi rantai bisa berkarat kalau jarang dibersihkan. 
  • Rantai lepas. Masalah ini cukup jarang ditemui tapi bisa terjadi ketika rantai keluar dari gear-nya. 
  • Rantai macet. Ada berbagai alasan yang bisa menyebabkan rantai menjadi macet, dari kurangnya pelumas hingga gear alias sproket yang sudah aus.

Alat yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Rantai Motor 

cara membersihkan rantai motor

Rantai harus disemprot pembersih dengan cairan khusus atau degreaser, kalau kondisinya sudah kotor dan berkarat

Rantai motor memiliki potensi untuk cepat kotor karena terpapar oli mesin (dari gear depan), debu, dan air di jalanan. Salah satu ciri rantai kotor yang paling mudah dilihat adalah perubahan warnanya. Rantai yang pada awalnya berwarna silver berubah menjadi hitam karena banyaknya kotoran yang terakumulasi. 

Baca juga  Ini Akibat Motor Kehabisan Oli Mesin, Jangan Anggap Enteng!

Setiap komponen sepeda motor memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Artinya, semua komponen itu penting meskipun hanya Bagian kecil dari motor. Motor kamu tidak akan bisa bekerja dengan maksimal jika semua komponennya tidak berada dalam kondisi terbaik. 

Cara membersihkan rantai motor juga tidak bisa sembarangan dan membutuhkan keterampilan dan ketelitian serta alat-alat yang memadai. Berikut adalah beberapa alat yang mungkin kamu butuhkan ketika akan membersihkan rantai motor. 

  • Sarung tangan. Ini berguna Jika kamu tidak mau tanganmu kotor karena terkena oli ketika membersihkan rantai. 
  • Kain lap kering. Tidak harus menggunakan kain lap khusus, kamu bisa menggunakan baju bekas yang sudah tidak terpakai sebagai lap. Fungsinya adalah untuk mengeringkan dan membersihkan rantai. 
  • Semprotan (spray) pengangkat kotoran rantai. Semprotan ini berguna untuk menghilangkan noda membandel di rantai. 
  • Sikat gigi bekas. Sikat gigi memiliki bulu halus tapi cukup kuat untuk merontokkan kotoran-kotoran bandel yang melekat di rantai. Bentuknya yang kecil juga membuatnya mudah dioperasikan di posisi sempit. 
  • Sabun pembersih. Sesuai namanya, sabun berfungsi untuk membersihkan rantai yang nodanya sudah terangkat. 
  • Cairan pelindung rantai. Cairan ini berfungsi untuk merawat rantai agar tetap berada dalam kondisi terbaik setelah dibersihkan. 
  • Kardus untuk mengisolasi rantai dan melindungi bagian lain ketika rantai dibersihkan. 

Inilah Cara Merawat Rantai Motor yang Mudah

Membersihkan Rantai

Setelah semua peralatan dipersiapkan, kita akan mulai membahas cara membersihkan rantai motor. Tidak sulit, hanya saja memang perlu ketelitian tersendiri.

Baca juga  5 Tips Belajar Motor untuk Wanita yang Mudah dan Aman

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memanaskan rantai. Mungkin terdengar aneh, tapi rantai motor kamu butuh dipanaskan sebelum dibersihkan. Kamu bisa melakukannya dengan mengendarainya keliling kompleks.

Kalau kamu lagi malas keluar, kamu cukup posisikan motor dengan standar tengah, nyalakan, masukkan perseneling, dan gas seperlunya sampai roda belakang berputar selama beberapa menit. Rantai yang sudah dipanaskan seperti ini akan lebih mudah dibersihkan. 

Lalu cara membersihkan rantai motor selanjutnya, telanjangi rantai. Maksudnya, jika motor memiliki penutup rantai atau memiliki aksesoris apapun yang menutup rantai, sebaiknya dicopot dulu saja semua sebelum dibersihkan. 

Kemudian pasang kardus di sekitar rantai. Kardus ini berfungsi untuk melindungi komponen lain agar tidak terkena semprotan atau kotoran dari rantai. 

Pakai sarung tangan dan mulai semprotkan air secara merata dari semua sisi. Ini berfungsi untuk merontokkan kotoran-kotoran besar seperti tanah atau bahkan kerikil kecil.

Diamkan sebentar dan kemudian mulai bersihkan bagian yang masih sangat kotor menggunakan sikat gigi bekas dan cairan pembersih rantai motor. Pastikan semua kotoran terangkat dalam proses ini. Kamu mungkin harus menyikat dari berbagai sisi agar benar-benar bersih. 

Setelah kamu yakin rantaimu telah  bersih dari semua kotoran, basuh menggunakan air dan lap. Di proses ini, rantai motor kamu harusnya sudah terlihat bersih dan kembali ke warna aslinya. 

Belum selesai di sana, kamu selanjutnya harus kasih chain lube atau pelumas rantai.  Semprotkan cairan tersebut secara merata hingga semua bagian terlindungi. Terakhir, kamu bisa pasang kembali penutup rantai dan aksesoris lainnya.

Rekomendasi Merek Cairan Pembersih Rantai motor

cara membersihkan rantai motor (WD-40)

Fungsi WD-40, salah satunya untuk membersihkan rantai motor. Cari varian khusus degreaser agar hasilnya lebih memuaskan.

Umumnya cara membersihkan rantai motor dilakukan dengan sikat gigi dan air sabun. Hanya saja cara tersebut kurang tepat, ada baiknya kamu menggunakan cairan pembersih khusus untuk rantai motor yang bisa diperoleh di pasaran.

Baca juga  Inilah Posisi Berkendara di Honda PCX 160 yang Benar

Dijamin dengan degreaser rantai ini, bukan cuma kotoran yang hilang tapi juga karat. Cairan pembersih khusus tersebut juga aman untuk rantai jenis 0-ring yang memiliki komponen karet.

Ambil contoh merek Rexco 70 yang dijual cuma Rp 40 ribuan. Kemudian ada pula Motul Chain Clean dan Chain Lube, satu paket harganya cuma Rp 100 ribuan. Merek WD-40 dan Liqui Moly pun cukup oke kualitasnya.

Semuanya bisa kamu pilih sesuai bujet dan kebutuhan. Cara membersihkan rantai motor yang paling penting adalah gunakan dulu chain degreaser, kemudian lumasi dengan chain lube. Dua kombinasi itu penting supaya rantai motor kamu selalu dalam kondisi prima.

Berikut rekomendasi merek pembersih rantai motor yang ada di pasaran:

  • Rexco 70 Rp 40 ribuan
  • WD-40 Degreaser Rp 70 ribuan
  • Liqui Moly Motorbike Chain and Brake Cleaner Rp 100 ribuan
  • Motul Chain Clean + Chain Lube Rp 100 ribuan

Itulah cara membersihkan rantai motor yang efektif. Pastikan kamu telaten membersihkan hingga bagian yang tersembunyi agar rantai benar-benar bersih dan bisa bekerja secara optimal. Kalau kamu ingin rantai motor kamu mu awet bersihnya, maka kamu wajib untuk teliti ketika membersihkannya.

Ketika membersihkan rantai, ada baiknya kamu juga turut membersihkan gear, baik gear depan maupun belakang. Pasalnya, rantai selalu terkoneksi dengan dua gear itu, jadi jika gear-nya kotor, otomatis rantainya juga akan ikut kotor.

Tidak ketinggalan, cek pula kekencangan rantai. Jika menemukan rantai kendor, sebaiknya segera kencangkan agar distribusi tenaga ke roda belakang bisa berjalan mulus. Motor pun bakal bergerak dengan baik. 

Baca Juga :

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika