by

12 Merek Ban Motor Terbaik, Anti Licin Buat Harian

Merek Ban Motor – Buat kamu yang ingin mengganti ban sepeda motor kesayangmu. Kini beragam merek tersedia di Indonesia, Sob! Kamu tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet.

Biasanya pemilik kendaraan melakukan penggantian ban, setelah digunakan selama bertahun-tahun. Dampaknya membuat kondisi ban menipis, dan perlu diganti.

Bagi kamu yang ingin ganti ban, sebaiknya memilih ban motor yang tidak licin saat hujan. Di sisi lain, kamu juga wajib tahu sejumlah merk ban motor yang bagus untuk harian.

Tujuannya dengan memastikan ban yang tepat, kamu benar-benar memilih ban yang cocok untuk pemakaian harian dan nyaman untuk melintasi segala medan jalan.

Produk ban dari berbagai merek bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah di pasaran. Pertanyaannya, apakah semua merek ban itu termasuk dalam ban motor untuk segala musim?

Biar kamu tidak salah pilih, sebaiknya bisa mempertimbangkan sejumlah poin penting dalam memilih ban motor yang bagus, khususnya tidak licin saat hujan.

Cara Memilih Ban Motor yang Tidak Licin Saat Hujan

Cara memilih ban yang tidak licin saat hujan
Cara memilih ban yang tidak licin saat hujan

Memilih ban yang tidak licin saat hujan, bisa dibilang perkara mudah. Salah satunya dengan mengetahui merek ban motor yang tepat. Lalu ketika menghadapi musim hujan, sebaiknya kamu memilih ban yang memiliki alur pembuangan air.

Jangan memakai ban dengan jenis kembangan untuk jalan kering, seperti kembangan yang minimalis atau bahkan slick (ban balap). Baik itu model tube type (dengan ban dalam) atau tubeless (tanpa ban dalam.

Kamu juga wajib memperhatikan bagian permukaan ban. Biasanya di setiap ban ditulis peruntukkannya, seperti wet (basah), dry (kering), atau wet & dry (basah dan kering).

Saat menghadapi musim hujan, kamu bisa menggunakan ban tipe wet. Dapat pula, jika tidak ingin gonta-ganti ban dalam waktu yang lama, gunakanlah ban motor untuk segala musim atau tipe ban wet & dry.

Meski sudah menggunakan ban yang mendukung. Alangkah baiknya untuk tetap waspada ketika berkendara di musim hujan. Berkendaralah perlahan, bahkan kalau memang hujan terlalu deras, sebaiknya berteduh.

Rekomendasi Merek Ban Motor yang Bagus Untuk Harian

Merek ban motor yang pas untuk harian
Daftar merek ban motor yang pas untuk harian

Gimana sekarang sudah ada gambaran bukan, untuk memilih ban motor yang sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, Moladin juga akan memberikan rekomendasi ban motor yang mungkin bisa jadi pilihan.

Mengingat saat ini ada beragam merek ban motor yang dijajakan di Indonesia. Masing-masing produk ban memiliki kekurangan dan kelebihan.

Daripada berpanjang lebar, berikut daftar merk ban motor terbaik yang bisa jadi pilihan kamu:

1. Ban IRC (Inoue Rubber Company)

Merek ban motor terbaik IRC jadi alternatif yang tepat
Memilih merek ban motor terbaik, IRC bisa jadi pilihan

Salah satu merek ban motor terbaik yang bisa jadi pilihan adalah IRC. Ban merek ini menjadi produk yang cukup familiar di kalangan pengguna motor Indonesia.

Baca juga  Motor Masih Kredit Hilang? Begini Cara Mengurusnya

IRC merupakan perusahaan yang berasal dari Jepang yang menyediakan berbagai tipe ban motor yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari Yamaha R15, Honda CBR150R, sampai dengan Yamaha MT-15 mereka punya pilihan karet bundarnya.

Di samping itu, IRC juga dikenal menghasilkan ban motor yang bagus untuk matic. Terlebih kualitas produk yang ditawarkan cukup terjamin.

Harga ban IRC juga relative terjangkau, biasanya ban-ban merek IRC ditawarkan dengan rentang harga mulai dari Rp 135 ribu hingga Rp 500 ribuan. Tipe Enviro NR91 memberi keunggulan pada kestabilan, dan menjadi produk favorit dari IRC.

2. Ban Michelin

Merek ban motor Michelin
Michelin dikenal sebagai merek ban motor yang kerap jadi pilihan masyarakat

Rekomendasi merek ban motor yang bisa jadi pilihan berikutnya adalah Michelin. Kualitas yang ditawarkan produk Michelin sendiri sudah cukup teruji di Indonesia.

Pun begitu, harga untuk Michelin cenderung sedikit lebih mahal dibandingkan kompetitor seperti IRC. Tapi banderol yang ditawarkan tersebut cenderung terbayarkan, mengingat kualitas ban Michelin dikenal memang tangguh untuk menghadapi segala musim.

Ambil contoh ban Michelin Pilot Street untuk Nmax. Tersedia ukuran 120/70-13 inci dan 140/70-13 inci. Karet bundar ini didesain untuk penggunaan harian serta nyaman di berbagai kondisi jalan. Harganya Rp 500 ribuan.

Michelin sendiri dikenal cukup diminati para pengguna motor matik di Indonesia. Mengingat banyak yang merekomendasikan Michelin sebagai ban motor yang bagus untuk matic. Terlebih Michelin merupakan produsen ban legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1907.

3. Ban Dunlop

Merek Ban Motor Dunlop D115
Ban Dunlop merupakan merek ban motor yang sudah malang melintang di Indonesia

Produk ban dari Dunlop bisa menjadi pertimbangan selanjutnya, buat kamu yang ingin mencari ban motor baru yang berkualitas. Dunlop sendiri merupakan merek ban motor yang sudah cukup lama berkiprah di Indonesia.

Perusahaan ini memiliki sejarah panjang, di mana Dunlop telah berdiri sejak tahun 1889 di kota Birmingham, Inggris. Produk ban dari Dunlop pernah menjadi pilihan ban yang digunakan untuk mobil Formula 1 pada rentang antara 1958 hingga 1970.

Tidak sampai di situ saja, mereka juga dikenal sebagai salah satu produsen ban terbesar dunia.

4. Ban Pirelli

Merek ban motor Pirelli Diablo Rosso
Pirelli Diablo Rosso kini jadi merek ban motor yang banyak digunakan untuk Yamaha NMax

Pertimbangan memilih merek ban motor yang bisa digunakan untuk harian, kamu bisa memilih varian produk ban Pirelli. Produk asal Italia ini merupakan salah satu produk premium yang kerap menjadi pemasok ban kendaraan mewah.

Belakangan ban Pirelli pun kerap jadi pilihan bagi para pengguna motor skuter matik (skutik) di Indonesia. Banyak para pengguna motor matic menganggap Pirelli merupakan ban motor yang bagus untuk matic.

Tidak hanya itu saja, buat kamu yang menggunakan motor matic seperti Honda Vario dan Yamaha NMax. Pirelli dirasa menjadi merek ban tubeless terbaik untuk motor matic.

Baca juga  Ban Motor Matic Bergelombang? Ini Sebab dan Cara Mengantisipasinya

Khusus buat kamu yang cari ban Nmax, ada pilihan Pirelli Evo dengan ukuran lebih besar dari versi standar. Ban depan 120/70-13 dan belakang 140/60-13 inci. Soal harga, Pirelli Evo untuk Nmax ini sekitar Rp 500 ribuan. Jika mencari yang aman untuk jalanan basah, ada Pirelli Angel Scooter. Pilihan ukurannya pun sangat beragam, mulai 110/70 sampai 150/70. 

Pirelli juga menjadi merk ban motor yang dipakai pada ajang balap motor bergengsi dunia, yakni Superbike dan MotoGP.

5. Ban Aspira 

Merek Ban motor Aspira SPR 39
Aspira SPR 39 merupakan merek ban motor skutik yang banyak digunakan masyarakat

Merek ban motor Aspira sudah cukup dikenal di Indonesia. Produk ban Aspira sendiri kini cukup beragam di pasar Nasional.

Aspira menyediakan deretan ban yang bisa dipilih untuk melintasi berbagai jenis medan. Selain itu, ban Aspira juga punya keunggulan pada durabilitas serta daya jelajah yang jauh.

Bagi kamu yang berminat, bisa memilih yang sesuai untuk sepeda motor kesayanganmu. Harga ban Aspira sendiri cenderung terjangkau, Sob!

Sebagai contoh untuk ban jenis matic merek Aspira, biasanya ditawarkan dengan banderol mulai Rp 159 ribu tergantung dari ukuran dan jenis ban.

6. Ban Bridgestone Battlax

Bridgestone Battlax BT-014
Bridgestone Battlax BT-014 punya kualitas yang mumpuni

Battlax merupakan produk ban varian yang dimiliki oleh pabrikan Jepang, Bridgestone. Battlax Bridgestone dikenal sebagai salah satu merek ban motor premium di Indonesia.

Kualitas yang ditawarkan Battlax sendiri tentunya sudah teruji, tahan untuk menghadapi segala medan jalan. Maka tak heran, jika harga yang ditawarkan untuk Battlax cenderung tinggi.

Biasanya harga untuk ban Battlax sekitar Rp 600 ribuan hingga Rp 1,3 jutaan. Tertarik untuk menggunakan ban yang satu ini?

7. Ban Corsa

Merek ban motor Corsa Platinum Cross
Corsa Platinum Cross merupakan merek ban motor yang mampu melahap segala medan jalan

Merek ban motor Corsa bisa jadi pertimbangan berikutnya yang bisa kamu gunakan. Produk ini merupakan bagian dari PT Multistrada Arah Sarana yang juga dikenal memproduksi merek ban mobil Achilles.

Untuk kualitas, ban Corsa lumayan dikenal memiliki kualitas yang baik. Corsa memiliki kemampuan mencengkeram jalan dengan dengan baik pada kondisi jalan basah ataupun kering.

Bisa dibilang ban motor untuk segala musim. Selain itu, produk ini juga dikenal punya tingkat ketahanan tinggi.

8. Ban FDR

FDR Genzi Cruiser
FDR Genzi Cruiser, merek ban motor yang bisa jadi alternatif kamu, Sob!

Selanjutnya, merek ban motor yang bisa jadi pilihan adalah FDR. Produk ban motor dalam negeri ini menawarkan kualitas yang cukup baik.

Produk ban FDR dilengkapi dengan compound technology yang memberi jaminan daya cengkeram tinggi serta memberikan kestabilan dalam berkendara.

FDR juga turut disematkan teknologi aquo driven yang punya kemampuan memberi rasa nyaman berkendara di jalanan basah, karena mampu membelah genangan air dengan mudah.

9. Ban Swallow

Swallow Samurai BM, merek ban motor yang cukup familiar
Swallow Samurai BM

Sedikit berbeda dengan merek ban motor lainnya, ban Swallow memiliki desain alur yang unik, tetapi terbukti efektif memiliki grip yang baik. Ban Swallow tak hanya cocok dipakai pada kondisi cuaca terik, tetapi juga pada musim hujan.

Baca juga  6 Penyebab Turun Mesin Motor dan Ciri-Cirinya

Apalagi alur khas pada ban Swallow terbukti mampu membelah genangan air dengan baik. Swallow masuk dalam ban motor untuk segala musim yang bisa jadi pilihan kamu.

10. Ban Metzeler

Metzeler, merek ban motor yang sudah teruji secara global
Metzeler, merek ban motor yang sudah teruji secara global

Metzeler merupakan ban yang sudah cukup dikenal di seluruh dunia. Merek ban motor ini telah beroperasi sejak tahun 1892, dan diketahui menawarkan produk ban berkualitas terbaik.

Produk Metzeler sendiri terus berinovasi, terlebih untuk performa yang ditawarkan. Sebagai buktinya, Metzeler menerapkan teknologi multi zone tension serta multiple radius contour yang menjadi ciri khas produk ban asal Jerman tersebut.

11. Ban Zeneos

Zeneos Turino
Zeneos Turino, ban motor dengan harga lumayan terjangkau

Zeneos menjadi deretan merek ban motor produksi dalam negeri yang bisa jadi pilihan kamu. Produk ini merupakan produksi PT Gajah Tunggal.

Harganya murah dan menawarkan kenyamanan dalam berkendara berkat kombinasi teknologi advanced grip design (AGD) serta compound high speed grip (HSG) yang mereka terapkan.

Ingin mencari ban motor dengan harga terjangkau, kamu bisa memilih produk-produk merek Zeneos, Sob! Contohnya untuk model Zeneo Milano Yamaha Nmax, dijual mulai Rp 250 ribuan. Murah bukan?

12. Ban Maxxis

Merek ban motor, Maxxis M6167H
Maxxis M6167H

Ban Maxxis bisa menjadi alternatif selanjutnya buat kamu yang ingin mencari ban baru. Ban Maxxis memiliki desain dan tampilan yang modis, serta punya daya tahan yang baik.

Tentunya merek ban motor ini cocok untuk digunakan untuk menghadapi segala medan jalan di Indonesia. Belakangan, Maxxis banyak digunakan untuk motor-motor jenis skutik di Indonesia.

Buat kamu yang ingin cari merek ban tubeless terbaik untuk motor matic. Pilihannya kamu bisa memilih ban Maxxis, Sob!

Nah, sekarang sudah tahukan merek ban motor terbaik yang mungkin bisa jadi pilihan kamu? Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya buat kamu yang sedang mencari ban baru.

Baca Juga :

Summary
12 Merek Ban Motor Terbaik, Anti Licin Buat Harian
Article Name
12 Merek Ban Motor Terbaik, Anti Licin Buat Harian
Description
Buat kamu yang ingin mengganti karet bundar untuk kuda besi kesayang, kini beragam merek ban motor tersedia di Indonesia. Kamu tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet.
Author
Publisher Name
Moladin.com
Publisher Logo

Comment

Leave a Reply

1 comment

  1. Pingback: Google

Terbaru