by

Rekomendasi Ban Nmax Terbaik Buat Harian

Ban Nmax Terbaik – Siapa tidak kenal Yamaha Nmax, motor matik dari Yamaha yang begitu populer di Indonesia. Desainnya bongsor, teknologinya mantap, nyaman ditunggangi, dan harga cukup terjangkau.

Oleh karenanya, Nmax begitu diminati oleh masyarakat Tanah Air. Penggunaannya bukan cuma untuk pribadi, tapi juga ojek online.

Kalau kamu punya Yamaha Nmax, tentu ada waktunya perbaikan. Salah satu komponen yang perlu rutin diganti adalah ban. Rentang usia ban kurang lebih 1 tahun, bahkan bisa lebih cepat dari itu. Semua tergantung pemakaian.

Penggantian ban Yamaha Nmax juga tidak boleh asal, kamu perlu memilih karet bundar sesuai kebutuhan. Tidak melulu harus pakai ban pabrikan. Paling penting adalah sesuaikan bujet dan pilih produk ban yang berkualitas.

Di pasaran, banyak sekali produk ban aftermarket untuk motor Maxi tersebut. Agar tidak bingung dan salah pilih, ketahui rekomendasi ban Nmax terbaik sekaligus ukuran dan harganya, sebagai berikut:

Ukuran Ban Yamaha Nmax yang Cocok dan Terbaik

ban nmax terbaik
Nmax pakai ban berukuran 13 inci, beda dari motor matik lain

Sebelum melihat rekomendasi ban Nmax versi aftermarket terbaik, ada baiknya ketahui versi pabrikan terlebih dulu. Ciri khasnya pakai pelek 13 inci. Ukuran ini agak unik, karena kebanyak motor matik pakai 14 inci.

Contoh motor matik dengan ban 14 inci, mulai dari Honda PCX 150, Honda Beat, Suzuki Address FI, sampai dengan Yamaha Aerox 155 VVA. Sementara pengguna pelek 13 inci sepertinya cuma Nmax. Kalau ada, itu bukanlah motor populer seperti Piaggio MP3.

Pengunaan pelek 13 inci tersebut dikarenakan geng garpu tala ingin bobotnya lebih ringan. Meski demikian, secara handling kemampuannya tidak terlalu jauh dibanding 14 inci.

Sesuai standar, ban Yamaha Nmax versi pabrikan adalah merek IRC. Ukurannya 110/70-13 inci di depan dan 130/70-13 inci di belakang. Ukuran ini berlaku di Yamaha Nmax terbaru maupun versi lama.

Baca Juga: Komparasi All New Yamaha Nmax 2020 vs Nmax Versi Lama.

Selain itu, ban Nmax standar telah mengadopsi teknologi tubeless. Kelebihan tubeless, ban tidak langsung kehilangan tekanan angin berlebihan saat tertusuk paku.

Dengan begitu, setidaknya kamu masih punya kesempatan untuk mencari tukang tambal ban terdekat. Proses tambal ban tubeless pun cepat dan mudah. Kamu tidak perlu melepas ban yang bocor. Cukup dengan menutup lubang tersebut dengan zat khusus. Hal ini tentu sangat menghemat waktu.

Oleh karena ukurannya yang spesial yaitu 13 inci, pemilik Nmax tidak terlalu mudah dalam menemukan merek ban pengganti. Maka perlu benar-benar teliti sebelum melakukan pembelian. Salah-salah, rasa berkendara yang jadi imbasnya. Naik Nmax jadi tidak nyaman, seperti sebelumnya.

Baca juga:

Baca juga  10 Motor Terbaru 2020 yang Menarik Dibeli!

10 Rekomendasi Ban Nmax Terbaik Versi Aftermarket

ban nmax terbaik
Ban Zeneos Milano merupakan salah satu alternatif untuk Yamaha Nmax

Rekomendasi ban Yamaha Nmax terbaik ini bisa kamu pilih untuk sekadar pemakaian sehari-hari. Bisa juga dipakai khusus modifikasi.

Salah satu trik paling mudah dalam mengganti ban dengan versi aftermarket, jangan memperbesar ukuran terlalu banyak. Misal dengan ukuran standar 130, maksimal penggantian adalah 150. 

Jika diganti dengan ukuran yang lebih lebar, maka konsekuensinya bakal semakin banyak. Misal harus mengganti sepatbor atau mencopot komponen tertentu. Di samping itu, karakter berkendara juga bakal berbeda.

Kamu juga tidak boleh terlalu tergiur dengan harga murah dalam membeli ban Yamaha Nmax versi aftermarket. Ingat, kualitaslah yang paling utama.

Dengan memilih ban motor berkualitas, kamu bakal selamat di jalan. Tidak hanya itu, proses keausan karet bundar juga bisa jadi lebih lama. Alhasil kamu tidak perlu sering mengganti ban.

Baca Juga: 12 Merk Ban Motor Terbaik.

Supaya kamu tidak salah pilih, berikut rekomendasi ban Nmax terbaik versi aftermarket:

1. Corsa Platinum M5, Ban Yamaha Nmax Terbaik Produksi Lokal

ban yamaha nmax terbaik corsa platinum
Harga murah dan penggunaan kompon medium-soft jadi kelebihan Corsa Platinum untuk Nmax

Ban Nmax terbaik pertama yang bisa kamu pilih adalah Corsa Platinum M5. Keunggulannya adalah dijual dengan harga terjangkau dan tersedia dalam berbagai rentang ukuran.

Harga Corsa Platinum M5 mulai Rp250 ribuan. Sementara soal ukuran mulai dari 110/70-13 sampai dengan 150/60-13 inci. Kelebihan lain dari Corsa Platinum, merupakan produk dalam negeri.

Performanya juga cukup oke, terutama karena penggunaan kompon medium-soft. Terutama dalam hal cengkeraman ban ke aspal saat menikung tajam.

Di sisi lain, karakter Corsa Platinum M5 sebagai ban Nmax terbaik memiliki kompon medium-soft adalah lebih cepat aus. Jadi, jangan kaget kalau usia pakai ban dengan Corsa Platinum bakal tidak terlalu lama.

2. Zeneos Milano

ban yamaha nmax terbaik zeneos milano
Buat kamu yang suka tapak unik untuk ban Yamaha Nmax, bisa pilih Zeneos Milano

Pola tapak yang unik jadi ciri khas Zeneos Milano sebagai ban nmax terbaik. Desainnya kotak-kotak dengan banyak rongga. Hal tersebut diklaim mampu meningkatkan cengkeraman saat melewati jalan basah. Lantaran tapaknya itu pula, melibas jalan mulus kadang terasa kurang nyaman.

Harga ban Nmax Zeneos Milano dijual mulai Rp250 ribuan. Seperti Corsa Platinum M5, ban ini juga produk lokal. Produsennya adalah PT Gajah Tunggal.

Baca Juga: Review Ban Zeneous Untuk Nmax, Bagaimana Feelnya?

Dengan harga murah, beberapa konsumen kerap mengeluhkan ada suara berisik ketika menggunakan ban Zeneos Milano di Nmax 155 VVA. Tidak terlalu menggangu, tapi terasa. Maklumlah, harganya terjangkau. Ada rupa, ada harga!

3. Pirelli Evo

ban yamaha nmax terbaik pirelli evo
Merek Italia, Pirelli tentu sudah tidak perlu diragukan lagi soal kualitas ban

Ban Nmax terbaik yang satu ini cukup menarik, lantaran memiliki tapak berbeda antara depan dan belakang. Pola ban depannya ada garis lurus di tengah, berguna membuang air saat motor melewati jalan basah. Dengan demikian, cengkeraman Pirelli Evo bisa diandalkan di berbagai kondisi cuaca.

Soal ukuran, Pirelli Evo tersedia dalam pilihan 120/70-13 untuk depan. Lalu ban belakangnya 140/60-13 inci. Dengan kata lain, ban tersebut lebih besar satu tingkat dari standar Nmax. Banderolnya Rp500 ribuan.

Baca juga  Cukup Duit 300 Ribu, Kamu Bisa Bawa Pulang Motor Ini!

Kalau kamu ingin kenyamanan dan keselamatan berkendara ekstra, tentu pilihan ban Pirelli Evo sangat tepat untuk Nmax. Hanya saja memang soal harga, cukup tinggi. Siap-siap rogoh kocek dari kantong dalam-dalam.

Baca juga:

4. Metzeler Me7 Teen

ban yamaha nmax terbaik metzeler me7 teen
Ini merupakan ban dengan kualitas oke buat Nmax, sekaligus harga yang tidak terlalu mahal

Rekomendasi ban nmax terbaik selanjutnya adalah Metzeler Me7 Teen. Kelebihannya adalah didatangkan ke Indonesia secara impor dan punya harga terjangkau.

Kamu bisa beli ban ini sepasang dengan harga Rp750 ribu. Soal ukurannya 120/70-13 inci di depan dan belakang 140/60-13 inci. Dengan harga terjangkau, tentu Metzeler Me7 Teen dapat jadi pilihan ban Nmax yang oke. Win-win solution.

5. Aspira Premio Sportivo

ban nmax terbaik aspira premio sportivo
Merek lokal, Aspira membuat ban Yamaha Nmax ini dengan lisensi dari Pirelli

Keunggulan ban Nmax terbaik selanjutnya, Aspira Premio Sportivo merupakan produk lokal hasil kerja bareng Pirelli. Di dalamnya ada teknologi duo massimo yang membedakan polat tapak ban depan dengan belakang.

Seperti Pirelli Evo, ban depannya bisa dipakai membelah air. Kemudian ban belakang hadir untuk mengoptimalkan cengkereaman saat menikung tajam.

Terkait ukuran, ban Aspira Premio dijual dalam rentang 120/70-13 inci sampai dengan 150/70-13 inci. Harganya mulai Rp260 ribuan.

6. Battlax SC, Ban Yamaha Nmax Terbaik Siap Balap

ban yamaha nmax terbaik battlax sc
Kalau kamu mencari ban soft compound yang mampu mencengkeram dengan baik, Battlax SC pilihan tepat untuk Nmax

Ban Yamaha Nmax terbaik selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah Battlax SC. Sesuai namanya, SC berarti soft compound. Alhasil cengkeramannya tidak perlu diragukan lagi, super lengket di jalan aspal.

Khusus NMAX, pilihan ukurannya mulai 120/70, 130/170, 140/70 dan paling lebar 150/70-13 inci. Dengan kualitas yang istimewa itu, ban Battlax SC untuk Nmax dijual mulai Rp670 ribuan. Karet bundar ini bahkan diklaim siap melahap sirkuit.

7. Michelin Pilot Street

ban nmax terbaik michelin pilot street
Pilih ban Michelin yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya buat Nmax. Ada harga tentu ada rupa

Tidak banyak ukuran yang dibuat ban Michelin Pilot Street khusus Yamaha Nmax. Cuma ada sepasang 120/70-13 inci dan 140/70-13 inci. Ban ini didesain untuk penggunaan harian serta nyaman di berbagai kondisi jalan.

Merek Michelin tentunya tidak perlu diragukan lagi soal performa. Kalau kamu tertarik dengan ban tersebut, harganya mulai Rp500 ribuan.

8. Metzeler Feelfree

ban nmax terbaik metzeler feelfree
Ban merek metzeler Feelfree cocok sekali buat kamu yang menginginkan tapak tidak terlalu mencolok

Ban Nmax Metzeler Feelfree sangat istimewa. Banderolnya juga tidak bisa dikatakan murah, mulai Rp1 jutaan. Kenapa?

Dari sisi kemampuan, karet bundar ini sangat nyaman baik di cuaca panas atau hujan. Selain itu cengkeramannya ke aspal juga baik. Pola tapak depan dan belakang juga berbeda.

Terkait ukuran, ban Yamaha Nmax ini dijual dalam empat ukuran. Untuk ban depan 110/70 dan 110/90. Sementara ban belakang 130/70 dan 150/70.

9. Pirelli Angel Scooter

ban nmax terbaik pirelli angel scooter
Pilihan Pirelli untuk Nmax selanjutnya adalah Angel Scooter, cocok untuk penggunaan dalam kota

Kalau cari ban Yamaha Nmax yang nyaman untuk jalan basah, kamu bisa pilih Pirelli Angel Scooter. Ban nmax ini istimewa untuk melewati cuaca hujan. Ciri khasnya punya banyak rongga di tapak.

Baca juga  Motor Honda Scoopy Kamu Ingin Tampil Beda? Intip Modifikasi Ini

Diajak menikung ban Pirelli Angel Scooter juga nyaman. Pilihan ukurannya sangat beragam, mulai 110/70 sampai 150/70. Dengan ban merek Italia ini, pastinya kamu lebih percaya diri menunggangi Yamaha Nmax kesayangan.

10. Corsa Platinum Cross S

ban yamaha nmax terbaik Corsa Platinum Cross
Tampilan ban Nmax Corsa Platnium Cross S beda sendiri dengan aura dual purpose yang kental.

Ban Yamaha Nmax terbaik yang terakhir adalah Corsa Platinum Cross S. Punya desain sangat unik dengan pola tapak dual purpose. Alhasil karet bundar ini bukan cuma bisa diajak berkendara di jalan mulus, tapi juga bergelombang.

Pun pas sekali buat kamu yang ingin modifikasi tampilan Nmax lebih adventure look. Jika kamu tertarik dengan ban gaya semi offroad ini, bisa pilih ukuran 110/70-13 inci hingga 140/70-13 inci. Banderolnya mulai Rp200 ribuan.

Lihat Juga: Sosok Yamaha Nmax Adventure Thailand.

Setelah mengetahui sepuluh ban nmax terbaik versi aftermarket, produk apa yang tertarik kamu beli? Pilihan apa saja, sesuaikan dengan bujet dan kebutuhan ya.

Kemudian kamu wajib menyesuaikan ukurannya. Bila pakai ban yang terlalu lebar, tentu konsekuensinya akselerasi jadi lebih berat, namun kestabilan berkendara lebih baik saat melewati jalan bergelombang.

Jika menggunakan ban ramping untuk modifikasi Nmax, maka efeknya kebalikan. Akselerasi jadi lebih ringan, namun kepercayaan diri bakal berkurang ketika diajak menikung cepat. Sekarang pilihan ada di tangan kamu.

Tips Merawat Ban Yamaha Nmax

ban nmax terbaik
Ban motor juga perlu dirawat agar usianya panjang.

Usai membeli ban Nmax terbaik versi aftermarket, kamu perlu melakukan perawatan yang tepat supaya tidak cepat aus dan rusak. Usia ban awet, tentu membuat kamu tidak sering melakukan pengeluaran bujet untuk membeli karet bundar.

Cara merawat ban motor Yamaha Nmax juga tidak sulit. Kamu hanya perlu melakukan pengisian tekanan angin secara berkala dan tepat. Jangan sampai terlalu tinggi tekanannya, tidak pula terlalu kempis.  Anjuran tekanan angin ban Nmax dengan ukuran standar adalah 22 psi untuk roda depan dan 36 psi khusus roda belakang.

Lalu untuk pengisian angin, sebaiknya pakai nitrogen. Gas jenis ini memiliki tingkat kerapatan yang lebih baik, sehingga tidak mudah keluar melalui celah-celah kecil. Selain itu angin nitrogen pun lebih stabil saat terkena perbedaan cuaca.

Baca Juga: Mana Lebih Baik, Isi Ban Dengan Angin Biasa atau Dengan Nitrogen?

Kemudian yang tidak kalah penting dalam merawan ban Nmax terbaik, melakukan pembersihan secara rutin. Tidak perlu pakai sabun, karena bisa merusak kelembaban karet bundar. Efeknya bisa-bisa ban jadi keras dan cepat aus. Jika kotor, bisa bersihkan pakai air bertekanan tinggi serta sikat.

Itu dia Rekomendasi Merk Ban Nmax untuk penggunaan harian. Semoga membantu kalian para pengguna Motor Yamaha Nmax harian. Bagaimana dengan pendapat kamu? Apakah kamu punya Rekomendasi Merk Ban Favorit untuk Motor kalian?

Comment

Leave a Reply

Terbaru