Tips Ganti Ukuran Ban Motor Bebek, Biar Pas Pakai 110/80

Moladin – Pasang ban belakang dengan ukuran lebar pada motor bebek, ternyata masih ngetrend sampai sekarang. Terutama kalau kaki-kaki tunggangan sudah dimodif. Tak ayal sebagai pengimbang tampilan, wajar kalau butuh ban ukuran seperti itu.

Meski semua pemilik motor bebek mengaplikasi ban lebar, kenyataannya ada saja pemilik motor ingin tampilan rodanya lebar bak moge. Padahal menerapkan ban tersebut pada bebek punya batasan ruang di sekitar lengan ayun.

 

Jangan Sampai Mentok Lengan Ayun

ban jangan sampai menyentuh lengan ayunLebar ban jangan sampai menyentuh lengan ayun | Foto: Contributor Moladin

Agar Moladiners tidak salah pilih atau beli. Idealnya pakai ban ukuran berapa sih biar tapak ban nggak mentok kanan-kiri dan depan?

“Untuk motor bebek, ban yang bisa masuk di lengan ayun rata-rata lebarnya hanya sampai ukuran 120. Dan biar tidak mentok ke lengan ayun depan, tinggi ban harus turun sampai 80. Tapi kebanyakan sih pakai ban ukuran 110/80-17,” buka Didi PA., mekanik Winajaya Motor di Jl. Pahlawan, No. 2B, Rempoa, Jakarta Selatan.

Batas akhir ukuran ban seperti saran Didi, lantaran tapak ban rawan bergesek dengan cover rantai atau batang besi penghubung tuas rem belakang. Sedang bila ketinggian, tapak ban bisa menyentuh besi penghubung lengan ayun. Atau dengan sepatbor belakang saat sok kompresi terutama bila jaraknya pendek macam punya Honda Supra-X atau Grand.

 

Yamaha MT 15

*Angsuran mulai dari

 

Akan tetapi, batas ukuran tersebut tidak berlaku bagi pemilik motor Jupiter MX atau Satria F150. Bebek spesial ini mengandopsi lengan ayun tunggal, sehingga masih bisa pakai ban sampai ukuran 130/90. Meskipun konsekuensinya roda jadi berat dan yang pasti boros bensin.

Nah, untuk cari merek ban ukuran tersebut silahkan baca tabel yang tertera buat motor sport. Sebab pemakai ban lebar di motor sport rata-rata pakai ban motor bebek.

 

Baiknya Pakai Ukuran yang Sesuai Pelek

Pakai Ban Sesuai ukuran pelekSebaiknya pakai ukuran ban yang sesuai dengan pelek | Foto: Contributor Moladin

Kalau mau mengganti ke ukuran yang lebih besar, sah-sah saja. Tapi Moladiners ada baiknya menggunakan ban yang sesuai dengan ukuran pelek, dipastikan lebih nyaman dan aman berkendara.

Sebab jika kombinasi antara pelek dengan ban yang terlalu kecil, salah-salah bisa berakibat ban yang membulat/donat atau justru permukaannya menjadi kotak. Sementara jika menggunakan ban lebar melebihi rekomendasi pelek, bisa bikin ban membulat dan lancip.

 

Yamaha MT 25

*Angsuran mulai dari

 

Tentu efek yang ditimbulkan tidak sembarangan, nantinya permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal kurang baik saat berada di jalanan lurus juga tikungan. Motor jadi gampang oleng, pengendara pun rawan terpleset.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *