Dilarang Melanggar 10 Aturan Lalu Lintas ini, Atau Kamu Ditilang

Moladin – Halo! Moladiners mau mengingatkan kamu lagi nih, tentang aturan-aturan yang berlaku di jalan raya. Mungkin kamu lalai atau malah menyepelekan? Jangan sampai, ya.

Sebab, peraturan ada untuk ditaati. Demi keselamatanmu sendiri, kok! Berikut kami rangkum sepuluh dari sekian banyak peraturan di jalan yang semoga bermanfaat dan bisa menyentil kembali, betapa penting mengutamakan keselamatan.

 

1. Zebra Cross

Peraturan Lalu Lintas Berhenti Di Zebra CrossZebra cross hanya untuk pejalan kaki

Jalan raya tidak cuma dilewati oleh mereka yang berkendara, namun juga mereka yang berjalan kaki. Hormati pejalan kaki dengan mendahulukan mereka menyeberang di Zebra Cross. Jangan buru-buru, sabar, bukan cuma kamu yang punya kepentingan. Pasal yang mengikat aturan ini adalah pasal 287 ayat 1 jo psl 106 ayat 4a dan 4b dengan denda 500 ribu rupiah.

 

2. Melawan Arus

Melawan ArusMelawan arus jelas melanggar aturan lalu lintas

Apa pun alasannya, melawan arus tidak dibenarkan. Berjalanlah di jalur yang benar dan jangan melawan arus. Sebab, selain membahayakan keselamatan, melawan arus juga akan dikenakan tilang dengan denda sebesar 500 ribu rupiah. Peraturan ini tertulis dalam pasal 287 Ayat 1 jo pasal 106 ayat 4 huruf (a b dan c).

 

3.  Melanggar Rambu, Marka dan Apil

Melanggar Rambu & Marka JalanPatuhi rambu lalu lintas yang berlaku di jalan raya

Berhentilah saat lampu merah, jangan parkir di sembarang tempat dan berbelok di tempat yang telah disediakan. Setidaknya, itu adalah tiga dari sekian banyak rambu, marka dan apil yang mesti kamu patuhi. Jika melanggar rambu-rambu, marka dan apil, dendanya 500 ribu rupiah sesuai pasal 287 1 jo pasal 106 ayat 4 (huruf a, b dan c).

 

4. Kapasitas Penumpang

Kapasitas BerlebihMaksimal dua orang untuk menaiki sepeda motor

Kapasitas wajar sepeda motor adalah dua orang, satu orang pengendara dan satu orang penumpang. Jika penumpang lebih dari satu, meskipun anak-anak, jangan kaget bila kena tilang oleh polantas. Kalau Moladiners nekat melanggar, ada denda sebesar 250 ribu rupiah yang menanti sesuai pasal 292 jo ayat 9.

 

5. Tidak Memakai Helm

Peraturan Lalu Lintas Tidak Memakai HelmSaat berkendara motor wajib menggunakan helm

Kadang, karena perginya dekat, helm jadi tidak digunakan. Padahal, ancaman keselamatan bisa terjadi di mana saja terutama di jalan raya. Pastikan tetap menggunakan helm berstandar nasional yang masih layak pakai, dengan tali pengait yang berfungsi demi keselamatan. Jika berkendara tanpa helm, pemotor bisa diberhentikan polisi dan dikenai tilang dengan denda sebesar 250 ribu rupiah.

 

6. Pastikan Motor Layak Jalan

Setiap kendaraan memiliki fitur keselamatan yang harus diperhatikan. Mulai dari lampu rem, lampu sein, lampu utama, ban, spion hingga knalpot, pastikan semuanya masih layak jalan dan berfungsi dengan benar. Jika satu saja dilanggar, bersiaplah dikenakan denda sebesar 250 ribu rupiah yang tertulis dalam pasal  285 ayat 1 jo pasal 106, pasal 48 ayat 2 dan 3. Cek motor sebelum jalan ya!

 

Viar Vintech 200

*Angsuran mulai dari

 

7. Dilarang Balapan!

Jalan raya adalah milik bersama. Keselamatanmu, juga keselamatan bagi pengendara lain. Jangan ngebut apalagi sampai balapan. Dipastikan polisi akan mengejarmu dan hukuman yang menanti tidak main-main. Kamu bisa dipidana selama maksimal satu tahun atau dikenakan denda sebesar 3 juta rupiah. Nah, lho!

 

8. Anjuran untuk Mengemudi Sewajarnya

Duduk tenang dan jangan aneh-aneh, Moladiners. Sebab jika kamu berkendara dengan tidak wajar di jalan raya seperti jumping, berdiri, atau yang paling sepele, mengemudi dengan satu tangan, kamu akan membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Selain itu, peraturan yang berlaku di pasal 118 b pun akan siap menilang kamu.

 

9. Motor dengan Bawaan Berlebih

Ada beberapa aturan tentang membawa barang di sepeda motor, yaitu, lebar barang dilarang melebihi stang motor, tingginya tidak lebih dari 900 mm dari atas jok dan harus ditempatkan di jok penumpang, bukan di depan apalagi sampai menghalangi pandangan.

Jika sampai membahayakan orang lain, kamu akan dikenakan pasal 311 ayat (1) UU 22/2009. Dengan ancaman pidana satu tahun dan denda sebesar 3 juta rupiah. Perlu diperhatikan nih!

 

10. Usia Pengendara

Berapa usia minimal yang diperbolehkan agar bisa mengendarai motor? 17 tahun, tentu saja. Ketika kamu telah memiliki Surat Izin Mengemudi maka dianggap  telah cukup umur barulah boleh berkendara.

Perlu diperhatikan ya, para orang tua yang membiarkan anak-anaknya membawa motor ke sekolah. Itu bisa membahayakan mereka sekaligus akan dikenakan tilang. Pasal yang berlaku adalah pasal tidak memiliki SIM, didenda sebesar 1 juta rupiah sesuai pasal 281 jo pasal 77 ayat 1 .

 

Kawasaki W 250

*Angsuran mulai dari

 

Itu dia sepuluh aturan di jalan raya yang mesti ditaati. Bukan masalah uang ya, Moladiners, Yang diutamakan dari adanya peraturan-peraturan di atas tentunya adalah keselamatanmu. Jangan sepelekan, jangan coba-coba melanggar. Seperti slogan khas yang bertebaran di jalan raya, utamakan keselamatan, keluarga menunggu di rumah. Hati-hati, happy safety riding!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *