Tips Atasi Lampu Rem Honda Vario Techno yang Mati Sebelah

 Moladin – Tampilan lampu rem belakang Honda Vario Techno 125 PGM-Fi memang oke. Apalagi bentuknya sangat agresif dan tajam bersiku. Makanya jumlah bohlam jadi lebih banyak, terutama bagian lampu rem belakang yang posisi pasangnya terpisah juga dengan lampu belakang.

Cuma karena penempatan dua bohlam lampu rem terpisah. Begitu ada salah satu bohlam putus, bentuk sinar lampu bagian belakang motor jadi miring dan terlihat aneh. Sebab hanya salah satu bohlam rem dan lampu belakang yang nyala.

Nah, biar bagian belakang Honda Vario Techno 125 nggak terlihat aneh lagi, yuk diperbaiki. Berikut ini caranya.

 

Bohlam Rem Putus Harus Diganti Ukurannya 12V/10W

Bohlam rem kecil ukuran 12V - 10WBohlam rem kecil ukuran 12V – 10W | Foto: Contributor Moladin

Kalau Cuma salah satu bohlam yang putus, memang jadi terlihat aneh. Tapi bahaya lagi kalau putus dua-duanya. “Bisa ditabrak kendaraan di belakang,” ujar Gunandri salah satu pemilik motor matic pabrikan Honda yang kebetulan alami hal tersebut.

 

Honda Vario 150 eSP

*Angsuran mulai dari

 

Tak ingin ditabrak dari belakang, warga Ciganjur, Jakarta Selatan itu segera memperbaikinya. Langkah pertama adalah mengecek kondisi bohlam lampu belakang berikut rem. Jika salah satu bohlam putus, baiknya segera diganti dengan melepas cover dudukan lampu pelat nomor lebih dulu.

Bohlam rem putus yang harus diganti ukurannya 12V/10W dan dapat dibeli di bengkel resmi Honda atau toko onderdil motor. Ganti bohlam putus tinggal cabut dan tancap bohlam baru ke fiting bermaterial karet.

Soket bohlam model tancapSoket bohlam model tancap | Foto: Contributor Moladin

Nah, kalau fiting lampu posisinya sudah terpisah dari lubang dudukannya, selanjutnya tinggal ganti bohlam yang putus tadi. Caranya gampang kok Moladiners.

Cukup cabut dan tancap bohlam baru ke fiting karet tanpa harus diputar, apalagi sampai dikunci. Jika bohlam kondisinya sudah terpasang, yang berikutnya harus dilakukan adalah memasang fiting bohlam ke rumah mika lampu. Lalu masukan terus posisinya tinggal diputar supaya dapat posisi kunci yang pas.

“Dan untuk bongkar-pasang fiting ke rumahnya tinggal diputar buat dapat posisi kunci yang pas,” wanti Nandri sapaan karibnya. Gampangkan.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *