Tata Tertib Lalu Lintas Dasar yang Wajib Kamu Tahu!

Tata Tertib Lalu Lintas – Pengguna jalan raya wajib patuh terhadap tata tertib lalu lintas. Aneka pengaman juga wajib dipakai oleh pengguna jalan raya supaya keselamatan selalu terjaga. Contohnya, Moladiners sebagai pengendara motor wajib memakai pengaman berupa helm saat menunggang si kuda besi.

Hal ini dikarenakan angka kecelakaan di Indonesia masih tinggi. Oleh karena itu, peraturan lalu lintas wajib dipatuhi. Berikut adalah tata tertib lalu lintas yang harus kamu ketahui sebelum menjalankan roda besi di atas aspal.

1. Pengendara Wajib Punya SIM

Tata Tertib Lalu Lintas SIM C Terbaru

Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah syarat mutlak untuk dapat mengendarai motor kesayangan di jalanan. Bukan hanya pengendara roda dua, SIM juga harus dimiliki oleh pengendara roda empat. Apabila kamu belum memiliki SIM, segera buat di kantor Polres terdekat.

Kamu yang tidak memiliki SIM namun nekat mengendarai si kuda besi bisa dikenakan hukuman, lho. Hukuman yang bisa kamu terima adalah kurungan penjara atau denda berupa uang. Denda yang bisa kamu terima maksimal 1 juta rupiah.

2. Bawalah Selalu STNK

Tata Tertib Lalu Lintas Kelengkapan STNK

Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK adalah bukti sah kepemilikan terhadap kendaraan yang kamu miliki, sob. Apalagi jika kamu mau parkir kendaraan di mall atau tempat parkir resmi. Setiap akan keluar dari parkiran, petugas pasti meminta kamu untuk mengeluarkan STNk untuk diperiksa

Bisa dipastikan kalau kamu lupa bawa STNK maka kendaraan yang kamu parkir tidak bisa keluar dari parkiran resmi. Kamu bahkan bisa dikira pencuri yang mau membawa kabur kendaraan. Wah, runyam juga kalau sampai lupa bawa STNK ya, sob.

Terlebih saat ada razia kendaraan bermotor, Polisi berhak untuk menjatuhkan tilang kepada kamu yang tidak membawa kelengkapan surat-surat kendaraan. Kamu bisa dikenakan denda tilang sebesar Rp 200 ribu atau bahkan kurungan penjara hingga dua bulan.

3. Patuh Terhadap rambu-rambu Lalu Lintas

Patuh terhadap rambu lalu lintas

Semua orang pasti ingin cepat sampai di tempat tujuan, tapi bukan berarti kamu bisa melanggar peraturan lalu lintas ya, sob. Apalagi rambu-rambu lalu lintas memang difungsikan untuk memandu pengguna jalan raya supaya tetap aman dan selamat sampai tujuan.

Kamu yang melanggar rambu-rambu lalu lintas pastinya bisa dikenakan sanksi. Ada pidana kurungan maksimal dua bulan penjara atau denda maksimum Rp 500 ribu yang sudah menunggu pelanggar tata tertib lalu lintas.

Baca Juga :

 

4. Patuhi Batas Kecepatan Maksimum

Batas Kecepatan Maksimum

Setiap daerah dan negara mempunyai batas kecepatan masing-masing, sob. Makanya sebelum pergi ke luar kota atau ke luar negeri dengan menggunakan kuda besi kesayangan, kamu wajib mencari tahu informasi mengenai tata tertib lalu lintas yang berlaku termasuk batas kecepatan yang diperbolehkan di masing-masing daerah. Beda banget pastinya batas kecepatan saat berkendara di dalam kota dan saat berada di jalan tol.

Berdasarkan Undang-undang yang berlaku di Indonesia, apabila Moladiners melanggar batas kecepatan maksimal bisa dikenakan sanksi. Sanksinya mulai dari kurungan dua bulan penjara sampai dengan denda tilang maksimal Rp 500 ribu.

5. Gunakan Helm

Pergunakan Helm

Pengendara kendaraan bermotor wajib menggunakan pengaman saat berkendara di jalan raya. Moladiners yang menggunakan motor pastinya wajib mengenakan helm. Sedangkan pengemudi kendaraan roda empat ke atas wajib menggunakan sabuk pengaman.

Helm sendiri fungsinya melindungi kepala kamu apabila terjadi kecelakaan, sob. Jangan sampai nggak pakai!

Siapapun yang melanggar peraturan ini pastinya akan dikenakan sanksi. Moladiners yang kedapatan tidak menggunakan helm bisa didenda maksimal Rp 500 ribu dan pidana kurungan maksimal dua bulan penjara.

6. Kelengkapan Motor

Kelengkapan Kendaraan

Bagi pengemudi roda dua, pastikan bahwa motor kesayanganmu dipersenjatai dengan kelengkapan berkendara yang wajib. Kelengkapan berkendara dari sisi teknik ini adalah lampu utama, lampu rem, klakson, knalpot standar, kaca spion, dan alat pengukur kecepatan.

Seperti hal-nya pelanggaran dari beberapa ketentuan di atas, apabila Moladiners tidak memenuhi persyaratan teknik tersebut, maka akan dikenakan sanksi. Kamu bisa diganjar dengan denda berupa uang maksimum Rp250 ribu atau hukuman penjara, maksimal dua bulan.

7. Jangan Lewat Trotoar

tidak lewat trotoar

Trotoar adalah fasilitas yang diperuntukkan bagi pejalan kaki. Hak mereka ini sudah diatur dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Adapun dalam pasal 106 ayat 2 juga disebutkan bahwa pengendara kendaraan bermotor harus mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda. Pengendara kendaraan bermotor yang tidak menghiraukan peraturan ini tentunya akan diganjar dengan sanksi, yakni denda berupa uang sebesar Rp 500 ribu dan pidana kurungan maksimal dua bulan.

Kini kamu sudah tahu tata tertib lalu lintas di jalan raya yang wajib dipatuhi, sob. Pelanggaran terhadap peraturan ini bisa berakibat fatal apabila kamu langgar, terutama dari sisi keselematan.

Selalu utamakan keselamatan dan kenyamanan saat mengendarai kendaraan di jalan raya. Toh, peraturan ini dibuat untuk keselamatan diri kamu sendiri kan, sob. Selamat berkendara dengan tertib!

Buat kamu yang tertarik membeli motor baru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *