by

Daihatsu Terios Facelift Meluncur Tahun 2020? Ini Jawabannya

Daihatsu Terios Facelift – Persaingan di segmen sport utility vehicle (SUV) di Indonesia semakin ketat. Terlebih saat ini banyak merek baru berdatangan ke Indonesia.

Kehadiran produk-produk anyar tersebut tentunya mempengaruhi penjualan petahana di kelas low sport utility vehicle (LSUV). Raja di kelas ini siapa lagi kalau bukan si kembar: Daihatsu Terios dan Toyota Rush.

Kompetitor-kompetitor yang cukup mencuri perhatian masyarakat di segmen LSUV belakang ini antara lain, Suzuki XL7. Produk baru pabrikan berlogo S itu ternyata mampu menarik animo masyarakat pecinta SUV harga murah.

Selain itu, pabrikan mobil Tiongkok mulai menjajaki pasar SUV di Indonesia, mulai dari DFSK Glory 560 yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Ada juga Wuling Almaz yang menyajikan sejumlah fitur modern.

Nah, yang terbaru Morris Garage (MG) yang nampaknya juga akan serius menggarap segmen SUV di Indonesia. Pertanyaannya mengingat persaingan itu, apakah Daihatsu dan Toyota lantas diam saja?

Berdasarkan pantauan Moladin, beberapa hari terakhir jagat dunia maya cukup dihebohkan dengan munculnya sosok yang diklaim sebagai Daihatsu Terios facelift.

Dalam foto yang bersumber dari akun Instagram @indra_fathan terungkap bahwa sosok tersebut kemungkinan Daihatsu Terios facelift. “Mobil ini lagi jalan-jalan bareng Daihatsu Thor warna hijau yang cukup sering kejepret kamera itu, di jalan Johar Karawang,” bunyi teksnya.

Menariknya, dari sosok tampak belakang yang kemungkinan Daihatsu Terios facelift tersebut menggunakan aksesori yang persis dengan Perdua Aruz, yang merupakan Daihatsu Terios versi Malaysia.

Dari gambar tersebut tentunya membuat banyak orang penasaran. Menanggapi hal tersebut, pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pun akhirnya angkat bicara.

Perbedaan Daihatsu Terios dan Perodua Aruz

perodua aruz merupakan saudara kembar daihatsu terios
Perodua Aruz merupakan saudara kembar Daihatsu Terios yang dijual di Malaysia

Kalau benar Daihatsu Terios facelift jadi mirip dengan Perodua Aruz, maka bakal ada perbedaan besar dari sisi tampilan dan fitur. Di paras misalnya, grille ganti dengan kombinasi garis besar serta kecil.

Baca juga  9 Perbedaan Toyota Avanza Vs Xenia, Mana Lebih Baik?

Rumah lampu kabut juga dibuat lebih vertikal di Perodua Aruz. Sementara Terios yang dijual sekarang punya desain horizontal. Perbedaan paling menonjol adalah pelek. Aruz pakai gaya 10 palang yang dinamis.

Kemudian di sektor buritan, Perodua Aruz menerapkan desain lebih bersih. Minim penggunaan aksen hitam. Lalu desain mata kucing di bemper bawah layaknya huruf r kecil.

Dari fitur, Perodua Aruz memiliki advanced safety assist (A.S.A) yang bisa mencegah potensi tabrakan dengan mobil di depan. Fitur tersebut bakal mengintervensi rem secara otomatis, bila peringatan awal ke pengendara diabaikan.

Fitur yang dipunya oleh Aruz dan tidak ada di Terios adalah integrated driving video recorder (DVR). Gunanya untuk merekam perjalanan yang kemudian bisa dijadikan bukti hukum bila terjadi kecelakaan.

Benarkah Sosok Tersebut Daihatsu Terios Facelift?

Daihatsu Terios facelift
Sosok yang digadang-gadang sebagai Daihatsu Terios facelift muncul di jalanan Indonesia (Instagram @indra_fathan)

Jika mengacu dengan tradisi pabrikan otomotif asal Jepang di Indonesia. Biasanya akan melakukan penyegaran ataupun major change setiap kurun waktu antara tiga sampai lima tahun setelah diluncurkan.

Sedikit menilik kebelakang, Daihatsu Terios yang dipasarkan saat ini merupakan produk sejak 2017 silam. Ketika itu Terios memang mengalami ubahan yang cukup besar, dibandingkan model sebelumnya. Bahasa marketingnya adalah All New Terios.

Tiga tahun berselang setelah peluncuran, Daihatsu Terios seharusnya mendapatkan sentuhan baru. Informasi ini kami dapatkan dari pihak Daihatsu pada awal tahun 2020.

“Belum ada rencana facelift untuk Terios, tapi nanti di GIIAS (2020). Kita punya yang namanya special edition untuk Terios,” ungkap Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra ketika itu.

Terkait dengan Daihatsu Terios terbaru,  Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) menjelaskan lebih detail. Edisi spesial Terios yang akan diluncurkan pada GIIAS 2020 bukan produk yang terbatas, tetapi varian baru dari Terios.

Baca juga  7 Kekurangan Daihatsu Xenia Dibanding Kompetitor

“Kalau yang dijual di GIIAS saja, itu namanya limited edition. Sedangkan yang dijual lagi setelah GIIAS, dinamakan special edition,” ujar Hendrayadi.

Hanya saja, lagi-lagi itu merupakan jawaban sebelum pandemi Virus Korona menerpa Indonesia. Pertanyaannya adalah dengan kondisi Indonesia sekarang, apakah Terios Special Edition tetap mengaspal tepat waktu.

Apalagi sejumlah pameran otomotif ada yang harus ditiadakan. Ada pula yang harus diundur, seperti GIIAS. Jadwal baru GIIAS 2020 adalah Oktober mendatang.

Harapannya tentu penyelenggaraan GIIAS 2020 dan peluncuran Terios Special Edition akan tetap terlaksana. Tujuan dari hal ini, tidak lain agar dapat menumbuhkan kembali industri otomotif di Indonesia.

Tapi lagi-lagi harapan belum tentu kenyataan. Amelia saat dikonfirmasi oleh Moladin pada Senin (15/6), tampak pesimis. Dia cuma menjelaskan kalau Daihatsu kemungkinan besar tidak bakal memiliki produk baru pada tahun ini.

“Belum ada rencana launching produk baru tahun ini,” ujar Amelia ketika dihubungi Moladin via gawai, Senin (15/6/2020).

Jika tidak ada perubahan, maka Daihatsu Terios Facelift atau Special Edition bakal tertunda untuk lahir. Buat kamu yang menanti kemunculannya, tentu harus bersabar.

Spesifikasi Singkat Daihatsu Terios yang Sekarang Dijual di Indonesia

Daihatsu Terios 2020 Mobil SUV murah terbaik
Daihatsu Terios merupakan salah satu pilihan mobil SUV murah terbaik yang ada di Indonesia

Sekadar informasi, Daihatsu Terios saat ini tersedia dalam empat varian yakni All New Daihatsu Terios X, All New Daihatsu Terios X Deluxe, All New Daihatsu Terios R, dan All New Daihatsu Terios R Deluxe. Dengan dua pilihan transmisi 4-percepatan otomatis atau 5-percepatan manual.

Secara tampilan mobil ini kini tampil lebih ‘kekinian’ dan berbekal sejumlah fitur modern yang telah disematkan. Selain itu, All New Daihatsu Terios pun telah mengusung baru yakni mesin 2NR-VE, 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i yang juga digunakan oleh Toyota Veloz.

Baca juga  Bocoran Spesifikasi MG ZS, SUV Inggris Rasa Tiongkok!

Beragam fitur sudah tersedia seperti lampu LED String Taillight, Moulding LED string taillight dan side body yang menunjang tampilan menarik. Sejumlah fitur itu sebagian besar tersedia di varian teratas atau R Deluxe.

Terios menawarkan ground clearance sebesar 220 mm. Mobil ini diklaim mampu menghadapi segala medan jalan di Indonesia.

Untuk menunjang kenyamanan, kabin sudah dilengkapi di dengan beragam fitur baru mulai dari pengontrol AC digital, head unit dengan layar sentuh 7 inci dengan fungsi Bluetooth, iPod support, USB dan kamera 360 derajat.

Guna menunjang kenyamanan ketika berkendara, mobil ini telah dilengkapi dengan tombol pengaturan audio di lingkar kemudi. Serta kini telah didukung dengan fitur Tilt Steering, namun belum dilengkapi fitur teleskopik.

Ada pula fitur start/stop engine button yang tentunya membuat mobil ini semakin terasa istimewa. Dalam menunjang keselamatan, Terios disematkan ABS, EBD, VSC, Hill-Start Assist, serta hadirnya keyless entry, Auto On Headlight yang menjadi daya tarik untuk memikat konsumen.

Pada Terios tipe R Deluxe telah disematkan rear-view camera dan front-view camera. Fitur ini sangat membantu pengemudi saat parkir mundur dan maju, karena kondisi bagian belakang dan depan mobil divisualkan pada layar sentuh dasbor secara real-time.

Soal harga, Terios dijual mulai Rp211,8 juta (OTR Jakarta). Banderol yang sangat menarik untuk sebuah SUV 7-seater bermesin 1.500 cc.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

63 comments

  1. When I initially commented I clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and now each time a remark is added I get 4 emails with the same comment. Is there any manner you can remove me from that service? Thanks!

  2. Oh my goodness! a tremendous article dude. Thank you Nevertheless I’m experiencing problem with ur rss . Don抰 know why Unable to subscribe to it. Is there anybody getting an identical rss problem? Anyone who is aware of kindly respond. Thnkx

  3. Babbling brooks and white water rapids show motion on the surface of the water because there are rocks just beneath the surface. In contrast, a deep river will appear to have a more still surface. Similarly, people who appear very calm on the outside may have strong passions beneath the surface.
    Those who disrespect others disrespect themselves.This is another way of saying that something is too little, too late.
    카지노사이트

  4. Good morning everyone I want to tell you my knowledge of a site that will give you a good life and certainly will not regret it because it can help you greatly
    When I’m listening to the music I’m losing my stresses and even though I’m in the air and I can think of good things in life oh work
    바카라

  5. I抦 impressed, I must say. Really not often do I encounter a weblog that抯 both educative and entertaining, and let me inform you, you will have hit the nail on the head. Your thought is excellent; the problem is something that not sufficient individuals are talking intelligently about. I’m very glad that I stumbled throughout this in my search for something regarding this.

Terbaru