by

13 Mobil SUV Murah dan Terbaik 2021

Mobil SUV Murah – Segmen Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia mengalami pertumbuhan positif setiap tahunnya. Alhasil segmen SUV kini mempertontonkan perang harga dan juga fitur. Tujuannya tentu untuk menggaet lebih banyak konsumen.

Dari sejumlah SUV baru yang dipasarkan di Tanah Air, ternyata banyak yang dijual dengan harga murah. Walau terjangkau, kualitasnya tetap terjamin.

Pilihan mobil SUV murah terbaik 2021 di Indonesia datang dari berbagai macam merek. Jepang, Eropa, hingga Cina bermain di sini. Produknya mulai dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, hingga DFSK Glory 560 serta Wuling Almaz.

Buat kamu yang tertarik memilih SUV dengan harga terjangkau. Kali ini, Moladin bakal membahas 13 rekomendasinya:

1. Toyota Raize

mobil suv murah - toyota raize
Raize dijual murah, salah satunya karena terkena diskon PPnBM dari pemerintah

Mobil SUV murah terbaik 2021 yang pertama adalah Toyota Raize. Produk berdimensi ringkas yang muat 5-orang ini dijual dengan harga mulai Rp 202,7 juta hinga Rp 265,9 juta (OTR Jakarta).

Walau terjangkau, tapi Raize punya banyak keunggulan. Salah satunya desain yang stylish dan khas anak muda. Tersedia dua pilihan mesin 1.0-liter turbo dan 1.2-liter.

Jika kamu cari banderol yang paling murah, bisa pilih mesin 1.2-liter. Sementara bila menginginkan performa mantap, maka jantung mekanis 1.0-liter turbo adalah pilihan tepat.

Keistimewaan lain dari Toyota Raize, varian tertingginya atau Raize GR Sport dilengkapi banyak fitur. Sebut saja lampu LED, head unit layar sentuh 9 inci, engine start stop button, paddle shift, dan panel instrumen TFT.

Tidak ketinggalan untuk fitur keselamatan, tersemat pula Toyota Safety Sense (TSS). Umumnya teknologi ini ada di mobil premium milik pabrikan berlogo T.

2. Daihatsu Rocky

daihatsu rocky ads vs asa
Daihatsu Rocky tersedia dalam dua pilihan mesin: 1.0-liter turbo dan 1.2-liter

Selanjutnya mobil SUV murah yang dipasarkan di Indonesia adalah Daihatsu Rocky. Produk ini merupakan kembaran dari Toyota Raize.

Kelebihannya adalah banderolnya lebih terjangkau mulai Rp 178,9 juta (OTR Jakarta). Sementara Rocky termahal dijual Rp 236,1 juta (OTR Jakarta).

Terkait pilihan mesin, Daihatsu Rocky ada tidak beda dengan Raize. Hanya saja yang menarik di varian tertinggi mobil pabrikan berlogo D punya fitur unik. Salah satunya kemunculan active subwoofer yang memanjakan telinga pengemudi dan penumpang ketika mendengar musik.

3. DFSK Glory 560

DFSK Glory 560, mobil SUV murah dengan kualitas terbaik
DFSK Glory 560 merupakan produk low SUV yang dipasarkan di Indonesia

Pabrikan Tiongkok Dongfeng Sokon menggebrak pasar Indonesia dengan menghadirkan low SUV (LSUV) untuk pasar domestik, Glory 560. Mobil ini hadir dengan fitur yang lumayan lengkap, dengan harga yang terjangkau.

DFSK Glory 560 mampu menampung 7-orang penumpang. Mobil ini ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp 202,5 juta hingga Rp 252,5 juta (OTR Jakarta).

Meski memiliki banderol terjangkau, namun fitur yang ditawarkan Glory 560 tak kalah dengan produk sejenis yang dipasarkan di Bumi Pertiwi. Di mana mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur Electric Parking Brake (EPB), ABS, EBD, Hill Hold Control (HHC), ESP, Traction Control System (TCS) dan dual airbag.

Selain itu, DFSK Glory 560 juga ditawarkan dalam pilihan mesin 1.5 liter yang didukung oleh turbocharger. Mesin berkode SFG15T sanggup menghasilkan tenaga 148 hp dengan torsi 230 Nm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan melalui transmisi CVT.

Baca juga  Nissan X-Trail Terbaru, Gagah dan Bertenaga!

4. Daihatsu Terios

Daihatsu Terios 2020 Mobil SUV murah terbaik
Daihatsu Terios 2020 jadi salah satu pilihan mobil SUV murah terbaik

Pilihan SUV kedua jatuh kepada Daihatsu Terios, mobil ini juga tak kalah diminati di segmen LSUV. Untuk urusan fitur pun kini sudah semakin lengkap, secara tampilan juga lebih segar.

Daihatsu Terios ditawarkan dengan rentang harga mulai Rp 200 juta hingga Rp 251,8 juta (OTR Jakarta)

Untuk urusan durabilitas, tentunya Daihatsu Terios tak perlu diragukan lagi. Mobil ini menjadi salah satu pilihan masyarakat yang mendambakan sebuah SUV dengan harga terjangkau.

Fitur pun kini lebih lengkap, karena telah disematkan ABS, EBD, dual airbag, immobilizer, dan lainnya.

Selain itu, Daihatsu Terios dipersenjatai mesin 2NR VE-DOHC Dual VVTi berkapasitas 1.5 liter. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 104 ps dengan torsi sebesar 136 Nm. Daihatsu Terios ditawarkan dalam dua pilihan mesin 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis.

5. Toyota Rush

mobil suv murah - toyota rush
Toyota Rush GR Sport merupakan varian tertingginya

SUV ketiga yang punya banderol terjangkau adalah Toyota Rush. Bersama kembarannya Daihatsu Terios, mobil ini memang hingga saat ini masih menjadi pilihan banyak masyarakat di Indonesia.

Toyota Rush dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 245,5 juta hingga Rp 266,2 juta (OTR Jakarta).

Mobil ini dilengkapi mesin berkode 2NR VE-DOHC Dual VVTi berkapasitas 1.496 cc. Mesin tersebut disalurkan melalui transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis.

Pada varian tertingginya atau Toyota Rush GR Sport, sudah disematkan fitur-fitur modern seperti AC digital, teknologi HSA (Hill Start Assist), ABS, EBD, dual airbag, dan lainnya. Bahkan pabrikan berlogo T juga meberi auto retractable mirror untuk memudahkan proses pelipatan spion ketika parkir.

Tidak ketinggalan ada idling stop system untuk menambah efisiensi konsumsi bahan bakar. Fitur-fitur yang disebutkan di atas, di Rush TRD Sportivo tidak dipunya.

6. Honda BR-V

mobil suv murah - Honda BR-V Prestige
Honda BR-V rencananya akan mendapatkan penyegaran pada akhir 2021

Bagi kamu yang ingin membeli sebuah SUV dengan harga terjangkau, Honda BR-V rasanya bisa jadi pilihan. Pasalnya mobil ini memiliki tampilan tangguh dan sporty, serta sudah dilengkapi dengan konfigurasi 7-penumpang.

Honda BR-V ditawarkan dengan banderol mulai Rp248,9 juta hingga Rp291,3 juta on the road Jakarta.

Mobil ini dibekali mesin i-VTEC 1.5L 4-silinder yang menghasilkan tenaga 120 Ps pada 6.600 rpm dan torsinya 145 Nm pada 4.600 rpm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi 5-percepatan manual dan CVT.

Untuk fitur tak kalah menariknya, Honda BR-V dilengkapi dengan fitur modern seperti dual airbag, ABS dan EBD, vehicle stability assist serta hill start assist. Honda BR-V juga sudah dilengkapi dengan teknologi Immobilizer Key.

7. Nissan Magnite

mobil suv murah - nissan magnite
Harga Nissan Magnite mulai Rp 214,8 juta

Rekomendasi mobil SUV murah selanjutnya adalah Nissan Magnite. Produk satu ini memang merek Jepang, tapi produksinya dari India. 

Kelebihan Magnite, pakai mesin 1.0-liter turbo yang bertenaga. Performanya bahkan melebihi jantung mekanis kompetitor seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Soal fitur, Nissan Magnite pun cukup lengkap. Ada head unit layar sentuh, lampu LED, hingga cruise control. Tidak ketinggalan, desain bodinya tersedia dalam opsi warna two tone.

Baca juga  Waktu Peluncuran Toyota Harrier Terbaru Terungkap

Tertarik punya? Banderol Magnite mulai dari Rp 214,8 juta hingga Rp 244,8 juta (OTR Jakarta).

8. Renault Kiger

mobil suv murah - renault kiger
Renault Kiger merupakan merek mobil asal Perancis, namun produksinya ada di India

Mungkin nama mobil ini masih awam di telinga, maklum Renault Kiger memang baru dipasarkan di Indonesia mulai Agustus 2021. Sebenarnya Kiger adalah kembaran dari Magnite, hanya saja merek asal Perancis memberinya fitur yang lebih istimewa.

Renault Kiger memperoleh sistem AC yang dilengkapi filter udara PM2.5. Ada pula sound system dari ARKAMYS 3D Auditorium yang mengombinasikan 4 speaker dengan 4 tweeter. 

Dengan berbagai keunggulan tersebut harga mobil SUV murah dari Renault ini Rp 278 juta (OTR Jakarta). Kalau kamu melakukan pembelian hingga September 2021, maka ada potongan harga.

9. Suzuki XL7

mobil SUV murah - Suzuki XL7
XL7 merupakan kembaran Ertiga

Pendatang baru di segmen LSUV ini patut jadi pertimbangan untuk jadi kendaraan Anda. Karena dari sisi desain Suzuki XL7 punya tampilan yang cukup gagah, layaknya sebuah SUV.

Harga yang ditawarkan pun cukup menarik, Suzuki XL7 dipasarkan dengan rentang mulai Rp 224,05 juta hingga Rp 259,2 juta (OTR Jakarta). Inilah yang membuatnya pantas direkomendasikan sebagai mobil SUV murah di Indonesia.

Sejumlah fitur juga sudah tersedia di Suzuki XL7, seperti ABS, EBD, dual SRS airbags, ISOFIX, immobilizer, sensor parkir, dan fitur e-mirror yang menjadi keunggulannya.

Suzuki XL7 dilengkapi mesin K15B berkubikasi 1.462cc yang menghasilkan tenaga 105 ps dengan torsi 138 Nm, yang disalurkan melalui transmisi 4-percepatan otomatis dan 5-percepatan manual.

10. Honda HR-V 1.5-Liter S M/T

mobil suv murah - honda hr-v
Honda HR-V S M/T merupakan varian termurah

Ingin SUV berukuran kompak, mungkin Honda HR-V bisa menjadi pilihan kamu. Pasalnya SUV ini punya paras yang modern dan sporty, dengan harga yang masih terjangkau. Untuk urusan fitur pun Honda HR-V sudah cukup lengkap.

Honda HR-V dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 291,2 juta untuk varian S M/T atau yang termurah. Selebihnya, varian lain dari produk ini sudah di atas Rp 300 juta. Oleh karenanya yang masuk rekomendasi sebagai mobil SUV murah adalah HR-V S M/T saja.

Untuk mesin 1.5 liter memiliki tenaga 118 hp dengan torsi 145 Nm dan mesin 1.8 liter memiliki tenaga 137 hp dengan torsi sebesar 169 Nm. Honda HR-V S M/T memakai transmisi 6-percepatan manual.

Ciri khas Honda HR-V varian terendah masih pakai lampu halogen proyektor. Walau demikian fitur keselamatannya cukup istimewa, dengan juga dibekali dengan beragam fitur canggih, seperti 4 airbags, Vehicle Stability Assist, Emergency Stop Signal, dan juga Hill Start Assist.

11. MG ZS 

MG ZS
MG merupakan mobil merek Inggris

MG ZS, pendatang baru di segmen SUV yang sepatutnya jadi pilihan masyarakat. Karena mobil ini punya fitur yang cukup menarik dan tak kalah dengan produk sejenis yang dijual di Indonesia.

SUV blasteran Inggris-Tiongkok itu punya sejumlah fitur yang bisa menjadi pertimbangan kamu untuk membelinya, seperti ABS EBD dan EBA, lalu Stability Control System (SCS), Curve Brake Control (CBC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist System (HAS), Emergency Stop Signal (ESS), immobilizer dan sensor parkir. Pada varian termahalnya sudah dilengkapi Tire Pressure Monitor System (TPMS), 6 airbags, dan juga kamera belakang.

Baca juga  Bocoran Honda HR-V Terbaru, Berubah Total

Mesin kode 15S4C DOHC 4-silinder, 1.498 cc, dengan teknologi katup variabel VTi-TECH tersemat di kap mesin MG ZS. Output yang dihasilkan 114 PS/6.000 rpm dan momen puntir 150 Nm/4.500 rpm. Mesin itu disalurkan melalui tranmisi otomatis 4-percepatan.

MG ZS ditawarkan dalam dua varian, yakni Ignite yang dijual dengan harga Rp 261,8 juta dan Excite Rp 295,8 juta. Tentunya produk ini bisa menjadi piihan untuk kamu yang cari mobil SUV murah di Indonesia.

12. Wuling Almaz Smart Enjoy

mobil suv murah - wuling almaz smart enjoy
Walau murah, tapi tetap dilengkapi fitur WIND

Rekomendasi mobil SUV murah selanjutnya adalah Wuling Almaz Smart Enjoy (SE). Produk ini walau merupakan varian paling rendah, tapi punya fitur istimewa. Salah satu yang menarika dalah WIND (Wuling Indonesian Command).

Fitur voice command sejatinya bukan barang baru di industri otomotif Tanah Air. Namun umumnya terkendala di bahasa yang umumnya bahasa Inggris. Namun untuk fitur WIND pada Almaz, mampu menggunakan bahasa Indonesia.

Fitur Wind ini bisa memberikan akses ke berbagai fitur lainnya, seperti hiburan, interaksi, aplikasi, vehicle control, dan telepon. Wuling Almaz juga dilengkapi dengan sejumlah fitur modern lainnya seperti panoramic sunroof, kamera 360, serta dilengkapi dengan fitur keselamatan modern.

Wuling Almaz dipersenjatai mesin berkapasitas 1.451 cc dengan tenaga sebesar 140 Hp dan torsi 250 Nm. Transmisi ditawarkan dalam dua pilihan, manual 6-percepatan dan otomatis CVT.

Khusus Almaz varian Smart Enjoy memang tidak semahal varian lain yang harganya di atas Rp 300 juta. Ciri khasnya tampak dari penggunaan lampu depan halogen, tanpa sunroof, dan pakai pelek silver alias bukan two tone. Walau demikian kabin tetap mampu menampung 7-orang dengan nyaman.

Untuk harganya, Wuling Almaz smart enjoy atau SE di banderol mulai dari Rp 257,3 juta hingga Rp 272,8 juta (OTR Jakarta).

Baca juga:

13. Mitsubishi Xpander Cross

mobil suv murah Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 004
Xpander Cross – Mobil SUV murah

Jika kamu masih belum menemukan mobil SUV murah idaman. Coba lirik Xpander Cross. Produk pabrikan tiga berlian ini dijual mulai Rp 276,5 juta hingga Rp 299,5 juta (OTR Jakarta).

Salah satu penyebab harganya terjangkau adalah kena diskon PPnBM dari pemerintah. Wajar, karena memang Xpander Cross memiliki kandungan lokal yang cukup banyak.

Kelebihan Xpander Cross ada di ground clearance tertinggi di kelasnya yang mencapai 225 mm. Alhasil ketika berkendara melewati berbagai medan, kemungkinan minimal bodi bawah bisa bersinggungan dengan jalan.

Lalu kaki-kakinya juga sangat stabil, jadi ketika diajak bermanuver terasa tidak limbung berlebihan. Ada pula fitur cruise control, power charger di tiap baris bangku, serta penggunaan jok kulit two tone untuk varian tertinggi.

Sekarang sudah tahukan, sejumlah mobil SUV murah terbaik yang dijual di Indonesia? Sekarang pilihannya tetap kepada kamu, dan semoga informasi ini dapat menjadi rekomendasi untuk kamu!

Terbaru