by

5 Perbedaan Honda CR-V dan HR-V, Jangan Salah!

Meski punya nama yang mirip dan sama-sama SUV, namun perbedaan Honda CR-V dan HR-V sungguh nyata. Oleh karena itu, keduanya tidak bisa dibandingkan. Sederhananya beda kelas.

HR-V merupakan adik dari CR-V. Dalam hal kenyamanan, performa mesin, fitur, hingga harga, tentunya ada di bawah sang kakak. Walau demikian, bukan berarti mobil dengan nama panjang Hi-Rider Revolutionary Vehicle (HR-V) ini tidak punya kelebihan.

Ambil contoh dimensinya yang lebih ringkas, otomatis menjadikannya lebih menyenangkan untuk diajak selap-selip di kepadatan jalan. Lalu penggunaan mesin berkubikasi lebih kecil juga membuat konsumsi BBM HR-V lebih irit.

Jadi, mana dari keduanya yang sebaiknya dibeli? Supaya kamu tidak salah pilih, ada baiknya kenal lebih dekat mereka dulu dengan menyimak bahasan 5 perbedaan Honda CR-V dan HR-V di bawah ini:

1. Dimensi HR-V Lebih Ringkas

perbedaan honda cr-v dan hr-v
Kepanjangan HR-V adalah hi-ride revolutionary vehicle

Perbedaaan Honda CR-V dan HR-V yang pertama dapat dilihat dari dimensinya. Secara kasat mata, kamu bisa mengetahui kalau CR-V lebih bongsor. Di atas kertas panjangnya 4.584 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.679 mm.

Kemudian aura elegan juga terpancar lebih kuat dengan penyematan berbagai aksen chrome di sekujur tubuh. Masuk ke dalam kabin, khusus varian CR-V 1.5L Turbo, pakai konfigurasi tiga baris bangku. Alhasil 7-orang bisa tertampung di sana.

Baca juga  5 Kelebihan Wuling Almaz, Yakin Tidak Mau Beli?

Sementara HR-V punya dimensi yang lebih ringkas dengan spesifikasi panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, dan tinggi 1.580 mm. Auranya juga menonjolkan mobil sproty dengan atap pendek serta garis tubuh lebih tajam. Di dalam kabin, HR-V cuma bisa memuat 5-orang dengan dua baris bangku.

2. Performa Mesin jadi Perbedaan Honda CR-V dan HR-V

Honda HR-V 1.5L
sosok Honda HR-V

Bodi yang bongsor, otomatis membuat mobil Honda CR-V harus memiliki performa yang lebih mantap. Mobil ini punya dua pilihan mesin: 2.0 liter dan 1.5 liter turbo.

Jantung mekanis CR-V 2.0L bisa melontarkan torsi puncak 189 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 154 PS pada 6.500 rpm. Lalu untuk CR-V 1.5L Turbo, walau kapasitasnya lebih kecil, tapi performanya lebih baik. Di atas kertas bisa mengeluarkan torsi 240 Nm pada 2.000 – 5.000 rpm dan tenaga 190 PS pada 5.600 rpm.

Sementara Honda HR-V cuma punya pilihan mesin: 1.5 liter dan 1.8 liter. Tidak ada yang pakai turbo. Mesin HR-V 1.5L bisa mengeluarkan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm dan tenaga maksimal 120 PS pada 6.600 rpm. Kemudian untuk HR-V 1.8L, kompetensi torsinya 169 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga 139 PS pada 6.500 rpm.

Jelas bukan, perbedaan Honda CR-V dan HR-V dari sisi performa. Walau demikian tidak selamanya HR-V kalah. Mobil dengan kubikasi jantung mekanis lebih kecil, tentu unggul dalam hal irit BBM.

Baca juga  Daftar Harga Fortuner Bekas, Mulai Rp 120 Jutaan

Catatan konsumsi BBM HR-V 1.5L mencapai 11,5 Km/liter. Bandingkan dengan konsumsi BBM CR-V 1.5L Turbo yang cuma 9,8 Km/liter.

3. Fitur-Fitur CR-V Lebih Memanjakan

perbedan honda cr-v dan hr-v
Sosok Honda CR-V

Di varian tertinggi, kedua mobil SUV ini sesungguhnya punya banyak fitur modern. Ambil contoh sudah sama-sama dibekali start/stop engine button, paddle shift, cruise control, dan sunroof.

Hanya saja perbedaan Honda CR-V dan HR-V dari sisi fitur kenyamanan sungguh nyata. Sebut saja CR-V telah dilengkapi pengaturan jok elektrik, serta head unit layar sentuh dengan ukuran lebih besar. Jadi wajar kalau Honda memberi nama comfortable runabout vehicle (CR-V).

Kemudian dari sisi kemewahan kabin, CR-V ditunjang aksen panel kayu di beberapa bagian. Hal ini juga tidak dipunya oleh HR-V.

4. Nanoe Technology Cuma Ada di CR-V

interior honda cr-v
Kabin CR-V jauh lebih mewah dan nyaman dibanding HR-V

Perbedaan Honda CR-V dan HR-V juga dapat diketahui dari kepemilikan Nanoe Techonolgy. Fitur yang mampu menjaga kualitas udara di dalam kabin ini cuma tersedia di CR-V. Sementara Honda HR-V belum punya.

Nanoe Technology sejatinya memiliki tiga fungsi: clean, delicious, dan beuty. Clean dalam artian bisa membersihkan udara dengan menonaktifkan bakteri serta menghilangkan bau tidak sedap di dalam kabin. Kemudian delicious bermakna, dapat menjaga kesegaran makanan di dalam kabin dalam waktu yang lebih lama.

Baca juga  Inilah Sosok Honda Civic Hatchback 2022, Meluncur Juni

Terkahir fungis beauty, Nanoe technology diklaim sanggup melembabkan kulit dan merawat rambut orang yang berada di dalam kabin agar tetap sehat. Istimewa bukan teknologi ini?

5. Harga Honda HR-V Lebih Murah

perbedaan honda cr-v dan hr-v
HR-V cocok buat kamu yang berjiwa muda dan suka aura sporty

Terkahir yang jadi perbedaan Honda CR-V dan HR-V adalah harga. Ya, banderol CR-V sudah pasti lebih tinggi. Hal tersebut disebabkan berbagai keunggulannya seperti Nanoe Technology, mesin berperforma lebih baik, kabin muat 7-orang, dan kesan mewah.

Bila kamu tertarik, Honda CR-V dijual mulai Rp 470 juta (OTR Jakarta) untuk varian 2.0L. Lalu untuk CR-V 1.5L Turbo mulai Rp 504,5 juta (OTR Jakarta).

Sementara harga Honda HR-V cuma mulai Rp 313,5 juta OTR Jakarta) khusus varian 1.5L. Kemudian versi HR-V 1.8L Rp 424 juta (OTR Jakarta). Pilihlah HR-V kalau kamu menginginkan kendaraan yang ringkas untuk selap-selip di kemacetan jalan, irit BBM, serta tampilan lebih sportif. 

Itulah tadi bahasan perbedaan Honda CR-V dan HR-V, mobil SUV keluaran pabrikan berlogo H. Dari keduanya, kira-kira mana yang lebih tertarik untuk kamu punya?

Untuk informasi terbaru seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru