oleh

Biaya Servis Berkala Daihatsu Rocky, Semurah Apa?

Menyandang mobil yang mengusung turbo pada mesinnya banyak yang beranggapan biaya servis berkalanya akan mahal. Padahal biaya servis berkala Daihatsu Rocky tidak sampai satu juta.

Siapa yang tak kenal Daihatsu Rocky. City car yang kemunculannya berbarengan dengan Toyota Raize pada bulan April 2021 lalu itu, merupakan sebuah terobosan mobil mungil yang sudah mengusung teknologi turbo. 

“Biaya servis berkala Daihatsu Rocky yaitu setiap 10 ribu km estimasi biaya kurang lebih Rp 500 ribuan. Adapun cakupan servisnya adalah semua komponen masuk dalam pemeriksaan, yaitu electrical, engine dan rem,” ungkap Aris Triyono selaku Service Advisor Daihatsu, saat kami hubungi via pesan singkat (13/8/2021).

Jadi, walau notabene hadir sebagai mobil turbo yang canggih. Ternyata biaya servis berkala Daihatsu Rocky tidaklah mahal. 

Bisa dikatakan, ongkos perawatannya masih sepadan dengan harga jualnya. Di Indonesia, Daihatsu Rocky dibanderol mulai Rp 214,2 juta (OTR Jakarta) sampai Rp 236,1 juta (OTR Jakarta).

“Biaya servis tersebut sudah termasuk pengecekan komponen turbo. Untuk komponen turbo, hal yang sangat diperhatikan saat servis berkala yaitu pada diagnostic electrical (sensornya) dan tentunya pelumas turbonya juga. Harga tersebut juga sudah termasuk oli mesin namun diluar biaya jasa servis,” imbuh Aris sapaan akrabnya.

Baca juga  Land Rover Defender 7-Seater, Pas Untuk Indonesia

Sekilas mengenai Daihatsu Rocky

biaya servis berkala daihatsu rocky
Daihatsu Rocky memiliki harga yang lebih murah dibanding Toyota Raize

Daihatsu Rocky pertama kali mengaspal di Indonesia pada bulan April 2021. Dibangun di atas platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Teknologi tersebut merupakan yang pertama untuk produk Daihatsu di Indonesia.

Keunggulan teknologi DNGA adalah dibuat dengan platform khusus dengan konsep (1-1-1-1) yang memiliki filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik.

Daihatsu Rocky hadir perdana dengan mesin 1KR-VET 1.000 cc, 3 silinder, dengan mengadopsi teknologi Turbocharger yang dikawinkan dengan teknologi transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) terbaru Daihatsu, yaitu Dual Mode CVT, yang diklaim lebih halus, responsif, serta konsumsi bahan bakar yang efisien.

Untuk dimensinya, Daihatsu Rocky mempunyai panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm serta tinggi 1.635 mm. Sementara itu untuk ground clearance diangka 200 mm dengan radius putar 5,1 meter.

Daihatsu Rocky sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang mumpuni di kelasnya, adalah Daihatsu A.S.A (Advanced Safety Assist).

Fitur A.S.A ini memiliki 6 fungsi masing-masing, yaitu Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Baca juga  Bocoran Teknologi Dual Mode CVT di Daihatsu Rocky

Tak hanya itu saja, Daihatsu Rocky juga sudah mengusung fitur canggih seperti rear parking camera serta back sonar yang berfungsi untuk membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur.

Sementara itu untuk fitur keamanan, Daihatsu Rocky sudah dilengkapi dengan SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), VSC (Vehicle Stability Control) serta HSA (Hill Start Assist).

“Biaya servis berkala Daihatsu Rocky masih tergolong terjangkau oleh pemiliknya, tentunya jika pemilik rutin melakukan servis berkala ke bengkel resmi untuk menghindari masalah pada komponen-komponen yang ada,” tutup Aris.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya servis berkala Daihatsu Rocky serta sekilas mengenai teknologi dan fiturnya. Untuk informasi seputar otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru