by

Spesifikasi Daihatsu Rocky, Adik Terios yang Canggih

Spesifikasi Daihatsu Rocky – Mungkin ada yang belum kenal dengan SUV ini. Wajar, karena memang masih dipasarkan di Jepang. Meski demikian, Daihatsu Rocky disinyalir tidak lama lagi bakal masuk Indonesia.

Kabar tersebut datang langsung dari siaran pers PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang Moladin terima. Tiba-tiba ADM membeberkan informasi, bahwa Rocky sukses mengantongi bintang 5 dalam uji keselamatan kendaraan versi JNCAP (Japan New Car Assesment Program).

Bintang lima merupakan torehan rating tertinggi pada sebuah tes keselamatan mobil di Negeri Sakura. Hasil dari tes JNCAP itu, dirilis oleh Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA (National Agency for Automotive Safety & Victims’ Aid).

“Sejalan dengan slogan global Daihatsu, yakni Light you up, Daihatsu akan terus memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan beragam kemudahan dan kenyamanan demi memenuhi kebutuhan pelanggan melalui kendaraan kompak,” tulis ADM dalam keterangan resminya.

Berangkat dari pencapaian itu, tentunya membuat Daihatsu Indonesia bangga atas torehan tersebut. Sehingga dianggap perlu untuk dipublikasikan ke masyarakat luas, khususnya untuk pecinta otomotif Tanah Air.

Hal ini juga bisa jadi sinyal kuat, bahwa adik Daihtasu Terios siap masuk Indonesia. Mengingat segmen SUV yang dituju Daihatsu Rocky terus mengalami pertumbuhan yang cukup baik setiap tahunnya.

Kapan kira-kira mobil ini dijual? Berapa kemungkinan harganya? Seperti apa spesifikasi Daihatsu Rocky? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya simak bahasan di bawah ini:

Mengenal Spesifikasi Daihatsu Rocky

spesifikasi daihatsu Rocky
Daihatsu Rocky sukses meraih 5 bintang JNCAP

Bisa dikatakan, spesifikasi Daihatsu Rocky terbaru sangatlah istimewa. Jangan bandingkan dengan Rocky jadul yang beratap tinggi. Ini benar-benar versi yang beda. Tampilan Rocky anyar lebih khas perkotaan, meski tetap memiliki aura SUV kental.

Secara desain, Daihatsu Rocky punya bentuk yang mungil. Dimensinnya lebih kecil dari Terios, namun dari sisi teknologi jauh lebih canggih.

Ciri khasnya ada di gril depan heksagonal berukuran besar. Gril itu tampak sportif dengan kelir hitam glossy. Pada bagian tengah dihiasi logo Daihatsu. Kemudian garis-garis tubuhnya tajam dan gagah. Ada pula skirt berkelir hitam di sekeliling bodi yang membuat tampilan semakin gagah.

Baca juga  7 Kekurangan Daihatsu Xenia Dibanding Kompetitor

Lampu sudah dilengkapi dengan LED dan Daytime Running Light (DRL). Kaki-kaki Rocky ditopang pelek berukuran 17 inci dengan ban 195/60.

Pada bagian belakang, terlihat desain lampu bergaya menyipit dengan garnish melebar ke bagian tengah. Jika dilihat sedikit mirip dengan sang kakak, Daihatsu Terios. Sebagai pembeda buritan, terlihat pada penempatan plat nomor yang berada di bumper. Kalau Terios, plat nomor ada di pintu belakang. 

Secara dimensi, Rocky memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm dengan wheelbase 2.525 mm. Banyak publik Jepang mengkaitkan soal ukuran dan desain Rocky sebagai versi ‘Mini Rav-4’.

Hal menarik lain, DNGA (Daihatsu New Generation Architecture) merupakan basis rangka Daihatsu Rocky. Hal ini berdampak pada bobot yang ringan hanya 980 kilogram. Selain itu, DNGA juga dikenal memiliki struktur kokoh dan menyenangkan untuk diajak berkendara.

Kabin Daihatsu Rocky Suguhkan Desain Menarik

spesifikasi daihatsu Rocky
Interior Daihatsu Rocky yang futuristik, cuma muat 5-orang

Ukuran yang mungil, ternyata tak membuat spesifikasi Daihatsu Rocky untuk kabin terasa sempit. Layout interiornya bergaya futuristik dengan head unit floating pada bagian tengah. Di dalamnya muat 5-orang saja.

Interior SUV ini cukup unik, pasalnya posisi tuas transmisi dirancang sedikit ke atas. Masih berada di tengah, namun sedikit lebih naik dan maju mendekati konsul tengah.

Tombol untuk pengaturan audio, cruise control, dan penyetelan lainnya tersedia pada lingkar kemudi. Interiornya sederhana dalam balutan kelir abu-abu dengan material pembungkus jok berbahan fabric.

Bagasi belakang lumayan luas, karena tidak adanya ban serep baik di bagian kolong atau tergantung di pintu. Secara dimensi, bagian belakang bisa dibuat lebih panjang untuk bagasi.

Baca juga  BMW X3 M dan X4 M Competition Pakai Mesin Terbuas

Kapasitas bagasi pun semakin dimaksimalkan, karena absennya ban serep yang mengganggu ruang bagasi. Alhasil ruang yang ditawarkan semakin lega.

Pun begitu, ketiadaan ban serep untuk konsumen di Indonesia. Bakal membawa masalah tersendiri dan tidak sesuai dengan regulasi dan kebijakan yang ada.

Soal fitur keselamatan, tidak perlu ragu. Daihatsu Rocky punya segudang teknologi modern. Di Jepang, mobil ini ditawarkan dengan blind spot monitoring, adaptive cruise control, rear cross traffic alert, dan masih banyak lagi.

Mesin Berkubikasi Kecil untuk Daihatsu Rocky

spesifikasi daihatsu rocky
Dilihat dari spesifikasi Daihatsu Rocky untuk mesin, bakal ada opsi turbo

Spesifikasi Daihatsu Rocky pun istimewa sampai ke mesin. Dapur pacu yang ditawarkan berkubikasi 1.000 cc turbo atau 1.200 cc naturally aspirated. Mesin mungil ini sebenarnya ditujukan untuk penggunaan mayoritas di perkotaan. 

Mesin 1.0 liter berkonfigurasi tiga silinder segaris DOHC, intercooler turbo. Tenaga yang dihasilkan sebesar 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.000 rpm. Sementara itu, spesifikasi mesin 1.2 liter naturally aspirated yang kemungkinan memiliki tenaga 88 PS dan torsi 107,8 Nm.

Setidaknya itulah yang ditawarkan oleh Daihatsu Jepang. Lalu kira-kira saat dijual di Indonesia bakal pakai mesin apa? ADM sejauh ini telah memiliki jantung mekanis 1.200 cc yang digunakan oleh Sigra. Jadi, harusnya tidak masalah.

Bagaimana dengan kemungkinan mesin 1.0 liter turbo? Dari informasi yang kami dapat, ADM beberapa kali kedapatan menguji mesin tersebut di Indonesia. Hal ini tampak dari Daihatsu Thor yang kerap tertangkap kamera berkeliling Jakarta.

Apa hubungannya dengan Thor? Mobil tersebut juga pakai mesin 1.0 liter turbo. Lalu tidak dijual di Indonesia. Pertanyaannya buat apa diuji jalan? Pihak ADM sendiri mengatakan tidak bakal memasarkannya. Maka yang paling mungkin adalah, Daihatsu sedang menguji mesinnya saja!

Baca juga  5 Fakta MG HS, SUV Tiongkok Terbaru untuk Pasar Indonesia

Baca juga:

Kapan Rocky Bakal Dijual di Tanah Air?

Spesifikasi Daihatsu Rocky
Spesifikasi Daihatsu Rocky untuk mesin cukup istimewa, ditawarkan dalam dua pilihan: 1.0 liter turbo dan 1.2 liter NA

Mengacu dari spesifikasi Daihatsu Rocky tersebut, tentunya SUV ini sangat cocok untuk pasar Indonesia. Pertanyaannya kapan? Petinggi Daihatsu Indonesia beberapa waktu lalu sejatinya sempat mengeluarkan statment mengenai Daihatsu Rocky. 

“Nanti jika waktunya sudah dirasa tepat akan kami pertimbangkan. Pada waktunya saya info ya,” ungkap Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran PT ADM ketika berbincang dengan Moladin beberapa waktu lalu.

Menariknya lagi, Daihatsu Indonesia dikabarkan siap untuk memproduksinya secara lokal. Mengingat sejumlah produk kembar lain seperti Xenia-Avanza, Ayla-Agya, dan Terios-Rush juga diproduksi di dalam Negeri. Rocky sendiri adalah kembaran dari Toyota Raize.

Bocoran yang kami dapat, kemungkinan Rocky bakal masuk Indonesia pada tahun ini. Hanya saja, gara-gara Virus Korona, Daihatsu pastinya bakal menghitung ulang kemungkinannya.

Apalagi saat meluncurkan SUV tersebut, Daihatsu tidak sendirian. Bakal ada campur tangan Toyota, lantaran memang Rocky adalah kembaran dari Toyota Raize. 

Kuat dugaan sementara, Daihatsu Rocky akan dirilis pada bulan Oktober mendatang bersamaan dengan digelarnya Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020.

Berapa harga Daihtasu Rocky? Dengan spesifikasi canggih, kemungkinan banderolnya bakal ada di atas Terios. Kalau melihat kompetitor, maka bukan tidak mungkin harga Daihtasu Rocky bakal mepet dengan para kompetitor seperti Honda HR-V 1.5, MG ZS, KIA Seltos, dan lain-lain.

Tebakan harga Daihatsu Rocky ada dikisaran Rp200-300 jutaan. Semua tergantung dari fitur dan mesin yang bakal disematkan. Kalau minimalis, maka bukan tidak mungkin banderolnya di bawah Terios, cuma Rp200 jutaan.

Tertarik punya? Mari kita tunggu saja sama-sama peluncurannya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

Terbaru