by

Jangan Beli Yamaha Vixion Bekas, Sebelum Baca Ini!

Tips Beli Yamaha Vixion Bekas – Yamaha Vixion merupakan salah satu jenis naked bike populer di Tanah Air. Bagi para penyuka motor sport, Vixion menawarkan banyak hal. Mulai dari kenyamanan, performa, hingga konsumsi bahan bakar irit.

Bukan cuma yang baru, Yamaha Vixion bekas pun masih mendapat tempat di hati para penggemarnya. Terlebih karena harga Vixion bekas yang tentu lebih murah.

Membeli motor bekas tidak salah, asalkan Anda dapat memilih dengan tepat. Masalahnya, tidak semua penjual motor bekas jujur mengakui apa saja yang pernah dialami oleh motor. Bisa jadi motor yang Anda pilih itu bekas kecelakaan atau banjir.

Padahal rekam jejak tersebut sangat penting untuk menentukan kondisi motor yang sebenarnya. Jika tidak, Anda akan kesulitan untuk menentukan harga yang pantas.

Supaya tidak tertipu, ketahui terlebih dahulu tips membeli Yamaha Vixion bekas berikut ini:

1. Kenali generasi Yamaha Vixion Bekas yang akan dibeli

tips beli yamaha vixion bekas
Yamaha Vixion generasi pertama

Tahukah Anda bahwa Yamaha Vixion telah memiliki 5 generasi sejak pertama kali diluncurkan? Tiap generasi punya ciri khas masing-masing.

Harga Vixion bekas juga ditentukan dari tahun produksinya. Semakin baru motor, maka semakin mahal harganya.

Kami menyarankan, belilah yang usianya di bawah 5 tahun kalau penggunaannya untuk harian. Bila menginginkan motor bahan buat dimodifikasi atau custom, sebaiknya cari Vixion tahun lama yang lebih murah.

Baca juga  Yamaha FreeGo 2021 Meluncur Saat PPKM Darurat!

Oleh karena berbagai pertimbangan itu, tips pertama beli Yamaha Vixion bekas adalah ketahui generasinya:

  • Yamaha Vixion Genersi Pertama (2007 – 2010)

Ciri khasnya adalah lampu depan yang berbentuk bulat dan kerangka delta box yang berwarna silver. Generasi pertama telah dilengkapi pendingin radiator dan mesin injeksi.

  • Yamaha Vixion Generasi Kedua (2010 – 2012)

Generasi kedua merupakan facelift dari generasi pertama. Perubahan yang terlihat pada motor adalah lampu depan yang berbentuk lebih runcing. Selain itu delta box dan tabung suspensi yang ada pada bagian depan didesain berwarna hitam.

  • Yamaha Vixion Generasi Ketiga (2012 – 2015)

Banyak sekali perubahan di generasi ini. Mulai dari bodi semakin bongsor, desain pelek ramping, sampai ukuran roda yang lebih lebar. Namanya pun berubah menjadi New Vixion Lighting.

Mesin juga baru dengan performa yang lebih mantap. Terkait fitur, Yamaha Vixion generasi ketiga ini punya panel instrumen kombinasi analog dan digital

  • Yamaha Vixion Generasi Keempat (2015 – 2017)

Di generasi keempat ini, namanya berubah jadi Vixion Advance. Perubahannya minor, mulai dari panel instrumen yang lebih mudah dibaca, sampai dengan kelistrikan jadi DC.

  • Yamaha Vixion Generasi Kelima (2017 – Sekarang)

Desainnya berubah total jadi lebih elegan. Kemudian panel instrumen sudah full digital. Tersedia dua pilihan varian: Yamaha Vixion standar dan R.

Baca juga  Pakai Mesin Nmax, Motor Matik Yamaha Terbaru Diuji Jalan!

Perbedaan di Vixion R, punya mesin berkapasitas mesin 155 cc dengan teknologi katup variabel (VVA). Kemudian fiturnya juga ditambah, assist & slipper clutch. Tidak ketinggalan sistem transmisi sudah 6-percepatan manual.

Baca juga:

2. Perhatikan kondisi mesin dan starter

tips beli yamaha vixion bekas
Yamaha Vixion R terbaru

Selanjutnya, tips beli Yamaha Vixion bekas yang tidak kalah penting adalah perhatikan kondisi mesin. Walau bodinya terlihat masih kinclong, jika performa mesin tidak mumpuni, motor tersebut hanya akan merepotkan Anda.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan dengan seksama kondisi mesin motor tersebut. Waspadalah jika terdengar suara mesin yang kasar saat gas digeber secara full. Hati-hati pula bila motor langsung mati ketika selongsong gas dilepas.

Bukan hanya mesin, Anda juga perlu memeriksa starter elektrik, lampu, rantai, speedometer, dan sebagainya. Pastikan semua fungsinya berjalan dengan normal.

3. Sesuaikan harga yang ditawarkan

tips beli yamaha vixion bekas
Yamaha Vixion generasi kedua

Sebelum memutuskan untuk beli, pastikan harga Yamaha Vixion bekas yang ditawarkan sudah sesuai dengan pasaran dan kondisi motor. Anda bisa mencari informasi ini dari situs otomotif atau situs jual beli di internet.

Proses membandingkan harga sangat penting. Dengan mempertimbangkan berbagai aspek dari banyak sumber, Anda dapat menentukan harga yang sepadan untuk Vixion bekas tersebut.

Baca juga  Cukup Duit 300 Ribu, Kamu Bisa Bawa Pulang Motor Ini!

Daftar Harga Yamaha Vixion Bekas

Generasi Tahun Produksi Kisaran Harga
Yamaha Vixion Generasi Pertama 2007 – 2010 Rp 8 Jutaan
Yamaha Vixion Generasi Kedua 2010 – 2012 Rp 10 Jutaan
Yamaha Vixion Lighting 2012 – 2015 Rp 12 Jutaan
Yamaha Vixion Advance 2015 – 2017 Rp 14 Jutaan
Yamaha Vixion Generasi Kelima 2017 – Sekarang Rp18 Jutaan

4. Belilah Yamaha Vixion Bekas dari pihak tepercaya

lampu-hazard-penting-buat-motor
Vixion R sudah dilengkapi dengan lampu LED

Tips beli Yamaha Vixon bekas yang terakhir, belilah dari pihak terpercaya. Hal ini merupakan ketentuan yang seharusnya telah dipahami oleh semua orang. Jangan tergiur dengan iming-iming harga murah.

Lokasi terpercaya tersebut adalah showroom atau situs yang khusus memperjualbelikan kendaraan bekas. Anda pun bisa langsung bertemu penjual dan memeriksa kondisi motor.

Perhatikan pula surat-surat kendaraan. Wajib membeli motor bekas dengan surat-surat lengkap dan hidup. Kalau sampai suratnya mati, kamu sendiri yang bakal kerepotan mengurusnya!

Inilah sejumlah tips membeli Yamaha Vixion bekas. Dengan mengikuti panduan tersebut, risiko tertipu dengan motor yang bermasalah akan dapat dikurangi.

Setelah membeli motor bekas, Anda juga bisa melakukan modifikasi pada Vixion sehingga motor terlihat lebih unik. Selamat mencoba!

Untuk kamu yang ingin mencari Motor lainnya kamu bisa mendapatkan Motor Merk Terbaik seperti Motor Yamaha dengan Dp Rendah dan Cicilan Murah hanya di Tokopedia.

Terbaru