by

Cara Membuat Charger Hp di Motor, Mudah Banget!

Cara membuat charger hp di motor sejatinya tidak sesulit seperti apa yang kalian bayangkan. Meski memang secara kasat mata terasa susah, dan membutuhkan keahlian khusus.

Namun jika dipelajari secara seksama, cara membuat charger hp di motor bisa kamu lakukan secara mandiri. Mungkin ketika waktu senggang di rumah, sambil mengisi waktu di akhir pekan.

Terpenting saat ini kalian mengetahui dulu cara membuat charger hp di motor dengan tepat. Mengingat saat ini gawai menjadi perangkat yang sangat penting menunjang aktivitas sehari-hari.

Seperti diketahui, kebanyakan masyarakat saat ini pastinya membawa handphone ketika bepergian. Nah, kelemahan smartphone saat ini, jika digunakan secara terus menerus membuat baterai jadi cenderung cepat habis.

Untuk itu dibutuhkan mobile charger dalam menunjang kebutuhan. Mulai dari power bank, hingga saat ini para pengguna motor kerap memasang charger khusus di sepeda motor.

Belakangan para pabrikan motor di Indonesia, juga menawarkan motor terbaru yang sudah dilengkapi dengan perangkat ini. Di mana biasanya motor baru sudah disematkan fitur mobile charger.

Fitur ini tentunya belum ditemui pada motor-motor keluaran lama. Jika kalian ingin memasang charger motor, sebaiknya kamu mengetahui cara membuat charger hp di motor dengan benar.

Ingin tahu seperti apa cara membuat charger hp di motor? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Pelajari Cara Membuat Charger Hp di Motor

cara membuat charger hp di motor
Pelajari cara membuat charger hp di motor

Sebelum jauh membahas cara membuat charger hp di motor. Sebaiknya kalian juga perlu mengetahui bahwa setiap sepeda motor juga ditunjang dengan energi listrik.

Dari energi listrik tersebut bisa kita manfaatkan untuk keperluan pengisian daya ponsel. Caranya tentu dengan membuat rangkaian charger khusus di sepeda motor.

Bila kamu tertarik membuat charger di motor, sebaiknya kamu pelajari output range yang tepat untuk sebuah ponsel. Mengingat setiap gadget punya daya yang berbeda-beda.

Baca juga  Ini Akibat Motor Kehabisan Oli Mesin, Jangan Anggap Enteng!

Selain itu, kamu pun perlu mempelajari dan menyiapkan sejumlah komponen yang dibutuhkan dalam membuat charger di sepeda motor.

Fungsi utama sebuah charger adalah mengalirkan arus listrik ke baterai yang tersemat di smartphone. Karena sifat baterai ponsel yang chargable, maka arus tersebut akan disimpan di dalam baterai untuk kemudian digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Setiap handphone punya kapasitas baterai yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dalam sebuah charger dilengkapi dengan komponen pengubah tegangan dan komponen penyearah.

Sebagai gambaran untuk kalian, gambaran sederhana sebuah charger gawai terdiri dari Dioda Bridge, merupakan rangkaian dioda untuk mengubah arus AC ke DC. Lalu IC regulator, untuk mengubah tegangan input menjadi lebih rendah.

Serta Capasitor/Elco, untuk menstabilkan kapasitas muatan elektron yang akan masuk ke baterai. Seluruh komponen itu dirangkai menjadi satu kesatuan yang menghasilkan output berupa listrik DC yang umumbya bertegangan 5 Volt dengan arus 1-3 Ampere.

Proses Membuat Charger Motor Secara Sederhana

rangkaian charger hp di motor
Rangkaian charger hp di motor

Lebih dalam membahas mengenai cara membuat charger hp di motor. Kamu perlu menyiapkan komponen penting dalam membuat charger darurat untuk sepeda motor.

Mengapa dikatakan sebagai charger darurat? Karena jika kamu menggunakan charger motor secara terus menerus, dapat mengakibatkan aki jadi cepat soak.

Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan charger motor hanya saat kepentingan mendesak saja, Sob!

Adapun sejumlah komponen yang dibutuhkan untuk membuat charger hp di motor antara lain:

  • IC Regulator 7805
  • 2 Buah Dioda 5 Amp
  • Konektor IC.
  • Kabel USB
  • Siapkan Solder + Timah
  • Isolasi

Seluruh kebutuhan di atas wajib untuk kamu siapkan. Komponen-komponen itu bisa kamu dapatkan dengan muda di toko elektronik terdekat di rumah kalian.

Khusus untuk IC sebaiknya menggunakan seri 7805, karena tegangan output yang dipakai sekitar 5 volt saja. Dalam menentukan IC, kalian bisa melihat dua digit angka terakhir yang menunjukkan besar volt yang dihasilkan.

Baca juga  Perbedaan Motor Injeksi dan Karburator, Kelebihan & Kekurangan

Skema Dalam Membuat Charger Hp di Motor

Skema rangkaian charger hp di motor
Skema rangkaian charger hp di motor

Faktor penting yang perlu kalian ingat ketika mempelajari cara membuat charger hp di motor adalah memahami skema kelistrikan dalam membuat cassan motor. Khusus untuk charger sedehana yang kali ini diulas, kamu tidak membutuhkan PCB, karena kita akan membuat rangkaian terbuka.

Skemanya membuat charger hp di motor ini tidaklah terlalu rumit. Listrik dari baterai disambungkan ke dioda sebelum masuk ke terminal input IC, untuk kemudian output dari IC juga tersambung ke dioda sebelum langsung ke konektor.

IC regulator memiliki tiga kaki, yakni input, output dan masa. Sebelum kamu mengeksekusinya temukan dan pastikan dulu kalian telah memahami mana kaki-kaki IC.

Komponen dioda pun perlu kalian perhatikan dengan jelas. Meski hanya memiliki dua kaki, pemasangan dioda tidak boleh terbalik. Alasanya posisi dioda yang terbalik justru akan memblokir arus listrik.

Kabel USB bisa menggunakan kabel bekas ataupun baru, yang terpenting masih bisa berfungsi.

Tips Merangkai Komponen Charger Hp

Merangkai komponen charger hp di motor
Merangkai komponen charger hp di motor

Membahas cara membuat charger hp di motor lebih jauh, kalian bisa mulai merangkai seluruh komponen yang sudah dipersiapkan di atas. Dengan merangkai komponen IC ke konektor.

Sebelum itu, kalian perlu mengenali terminal inout, output dan mana massa secara tepat. Selanjutnya, pisahkan kabel konektor IC yang memiliki tiga buah kabel itu untuk kemudian kita kupas kulitnya.

Jika sudah, selanjutnya kamu bisa pasang diode pertama pada kabel input IC. Pastikan arahnya menuju IC atau terminat negatif yang kamu sambungkan ke kabel konektor.

Berlanjut, kalian bisa pasang dioda kedua pada kabel output IC. Namun dengan posisi terbalik, atau mengarah keluar dari posisi terminal positif dioda yang kamu sambungkan dengan kabel.

Bila rangkaian sudah tersambung, kamu bisa sambungkan kabel USB pada output IC dan kabel massa. Untuk kabel masa bisa kalian sambungkan ke terminal masa IC atau ke bodi motor nantinya.

Baca juga  7 Rekomendasi Shockbreaker Motor Terbaik, Pilih Mana?

Dari situ, biasanya akan tersisa satu terminal, yakni input yang bisa kalian sambungkan dengan baterai atau ke kunci kontak. Bila kabel disambungkan ke baterai atau kunci kontak, maka charger bisa mengisi ketika posisi kontak ignition ON.

Namun bila kamu ingin menghubungkan ke sirkuit yang lebih aman. Bisa menambahkan fuse maksimal 5 ampere, supaya tidak terjadi lonjakan arus berlebih ke handphone.

Langkah terakhir, kamu perlu menyambungkan massa bodi ke massa IC. Jika IC yang anda beli memiliki lubang baut, cukup tempelkan lubang tersebut ke bodi motor yang berbahan logam menggunakan baut.

Tapi jika IC standar tanpa lubang baut, kamu bisa menghubungkan massa body motor dengan terminal massa IC. Sehingga ada dua sambungan yang mengarah ke bodi dan ke USB.

Pastikan seluruh rangkaian sudah tepat, lalu kamu bisa mencoba dengan mencolok ujung USB ke port charger hp. Secara otomatis arus 12 Volt akan turun menyesuaikan daya pengisian battery ponsel yang hanya sekitar 5 Volt.

Sebagai gambaran, proses pembuatan charger hp di motor ini bisa dilakukan pada seluruh jenis kendaraan roda dua. Ketika melakukan proses pengecasan, dalam kondisi normal sistem kelistrikan motor tidak mengalami masalah (starter lancar, klakson tidak sember, lampu terang).

Apabila kondisi aki kurang baik, maka akan berdampak pada sistem kelistrikan motor seperti sistem penerangan dan pengapian. Dampaknya juga akan mempengaruhi performa mesin.

Well.. sekarang sudah tahukan cara membuat charger hp di motor? Semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru