by

Mengenal Kelebihan Busi Iridium dan Cara Merawatnya

Mau pakai busi iridium? Sepatutnya kalian mengetahui secara detail mengenai kelebihan busi iridium terlebih dahulu.

Tujuannya agar busi yang kamu gunakan bisa bekerja secara maksimal pada kendaraan yang kamu pakai. Mengingat sejatinya busi iridium bisa saja tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan yang kamu punya.

Tidak selamanya busi iridium mampu menghasilkan sistem pengapian yang prima. Tak jarang jika menggunakan busi iridium bisa menyebabkan kendaraan kerap mati mendadak.

Hal ini biasanya terjadi karena busi iridium yang kamu pakai tidak sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan. Setidaknya ada 3 hal penting yang perlu kamu ingat ketika memutuskan untuk menggunakan busi iridium.

Ingin tahu apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pakai Busi Iridium

Mengecek busi mobil
Mengecek busi mobil, membutuhkan peralatan yang lebih banyak

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kelebihan busi iridium. Alangkah baiknya kamu mengetahui penggunaan yang tepat pada jenis busi yang satu ini.

Mengingat jika tidak sesuai dengan kendaraan, justru busi iridium dapat membuat kalian repot. Contohnya kendaraan jadi sering mati, dan banyak yang mengklaim juga bahwa busi iridium tidak cocok untuk penggunaan harian.

Adapun tiga hal yang harus diperhatikan ketika memutuskan untuk pakai busi iridium antara lain pemilik kendaraan wajib mengecek kode busi yang cocok untuk digunakan pada kendaraan.

Sebagai contoh busi merek Denso, menggunakan kode U20 EPR9U yang menandakan diameter ulir busi. Angka 20 tersebut menandakan tingkat panas busi. Panjang ulir dinyatakan dengan kode E atau F,

Contoh di merek Denso, misalnya berkode U20 EPR9U itu menandakan diameter ulir busi.

Sementara angka 20 menunjukkan tingkat panas busi. Panjang ulir dinyatakan dengan kode E atau F. Tiga hal ini patut untuk kalian perhatikan.

Baca juga  7 Penyebab Temperatur Mobil Naik, Awas Overheat!

Selain U, ada kode lain dalam diameter ulir busi yakni W dan X. Cek busi standar kalian, jika awalnya U20, maka sebaiknya kalian menggunakan busi iridium dengan kode IU20.

Apabila di kode busi standar tertulis X20, maka pilihlah busi Iridium dengan kode IX20. Untuk busi standar yang panjang ulirnya dengan kode F, maka pilihan businya harus ada tambahan F.

Semisal busi yang dipakai oleh motor bebek Yamaha yang pakai kode U22 FFSU. Sebaiknya jika ingin pakai busi iridium, kamu memakai busi dengan kode tambahan yakni IUF22.

Bila kamu menggunakan busi yang salah, bisa dipastikan kelebihan busi iridium tidak akan bisa kamu nikmati. Mengingat sejatinya banyak kelebihan busi iridium yang bisa menunjang kenyamanan berkendara.

Catatan penting yang patut diingat, spesifikasi busi iridium sudah selarasnya dengan busi standar. Oleh karena itu, busi iridium dipastikan aman dan awet ketika dipakai untuk penggunaan harian.

Cek Tingkat Panas Busi Kendaraan Kalian

Cek kondisi busi, dan kenali kelebihan busi iridium
Cek kondisi busi, dan kenali kelebihan busi iridium

Satu hal yang perlu kalian ingat, selain harus mengetahui kelebihan busi iridium adalah memperhatikan tingkat panas busi yang kalian gunakan. Sebaiknya hindari penggunaan busi dingin di motor.

Biasanya hal ini disebabkan penggunaa rpm rendah ketika berkendara. Dampaknya ternyata bisa membuat masa usia busi jadi lebih pendek.

Pada busi merek Denso, biasanya semaki tinggi angka, artinya busi itu memiliki tingkat dingin yang semakin baik. Begitu pula dengan merek busi lainnya seperti NGK.

Ketika pakai busi dingin, hanya bertahan 6 bulan. Namun saat pakai busi dengan tingkat panas sama dengan standar bawaan motor. Usia pakainya bisa mencapai 2 tahun, hanya saja kinerjanya yang mengalami penurunan.

Ketahui Sejumlah Kelebihan Busi Iridium

Kelebihan busi iridium
Pelajari sejumlah kelebihan busi iridium pada mesin kendaraan kamu

Selain dikenal memiliki sejumlah kelebihan, busi iridium juga dikenal punya banderol lebih mahal dipasaran. Bila dibandingkan dengan busi standar.

Baca juga  7 Rekomendasi Shockbreaker Motor Terbaik, Pilih Mana?

Kelebihan busi iridium yang paling banyak dirasakan pengguna adalah usia pakai yang lebih panjang. Sedikit mengulas lebih dalam, busi iridium merupakan busi dengan ujung inti elektroda (bagian yang memercik api) berbahan iridium alloy.

Busi jenis ini sudah digunakan pada akhir abad ke-20 dalam bentuk alloy (metal campuran) sebagai bagian dari konstruksi busi. Kombinasi iridium alloy menghasilkan konduksi lebih baik dan materialnya tahan dalam kondisi ekstrem dengan titik meleleh hingga 2.500°C.

Alasan ini yang membuat ujung inti elektroda dapat dibuat sangat kecil, jika dibandingkan dengan ukuran busi standar. Ukuran busi iridium bahkan bisa mencapai 0,4 mm yang dianggap terkecil di dunia.

Bentuk ujung inti elektroda yang memiliki desain runcing, diklaim mampu menghasilkan percikan api fokus pada satu titik dan stabil serta mengurangi tegangan listrik (voltage) yang dibutuhkan untuk mencapai jarak percikan.

Tentunya hal ini menjadi poin penting dan jadi salah satu kelebihan busi iridium yang tidak didapatkan pada busi standar. Mengacu pada kelebihan busi iridium lainnya, busi jenis ini mampu mengurangi beban sistem nyala mesin, karena tegangan listriknya kecil.

Alhasil percikan api yang fokus menghasilkan posisi bakar yang pas, serta tepat waktu untuk proses pembakaran di dalam mesin.

Kelebihan busi iridium selanjutnya yakni mampu meningkatkan respons pedal gas, meninggikan tingkat efisiensi bahan bakar, lebih awet sampai 10 kali lipat dari busi konvensional, mengangkat tenaga mesin 1 – 3 persen, dan mengurangi emisi.

Merawat Busi Iridium Dengan Tepat

Busi Bermasalah
Ciri-ciri busi motor sudah rusak, di bagian kepalanya berwarna hitam pekat

Setelah mengetahui mengenai kelebihan busi iridium, alangkah baiknya juga kalian mengetahui cara merawat busi iridium, Sob! Seperti membersihkan busi dengan cara yang tepat.

Baca juga  [InfoGrafik] Fakta Tentang Cara Kredit Motor Saat Ini

Adapun cara merawat busi iridium antara lain kamu bisa lakukan pengecekan ketebalan kerak pada kepala busi.

Biasanya busi yang sudah lama digunakan akan timbul kerak hitam yang menebal pada kepala busi, yang menandakan adanya kerusakan pada kendaraan, untuk itu perlu dilakukan pembersihan.

Sebaiknya kamu jangan bersihkan kerak dengan menggunakan amplas atau sikat kawat. Karena dapat mengakibatkan abrasive dan busi bisa terkikis.

Oleh karena itu bersihkan dengan sikat gigi atau semprotan angin. Kemudian lap kering untuk menghindari busi yang dapat mengalami korosi. Perlakuan ini juga berlaku pada mobil dan motor baru maupun lawas.

Dilanjutkan kamu bisa melakukan pengecekan pada kerapatan kepala busi pada saat mengganti oli sesuai dengan rekomendasi servis.

Bila tertarik ingin menggunakan busi iridium, kalian bisa menemui busi jenis ini dipasaran. Karena busi iridium kini sudah banyak dijajakan di bengkel-bengkel terdekat dari rumah kamu.

Busi iridium tersedia untuk kendaraan roda dua dan empat. Biasanya penggunaan busi iridium mampu menunjang sistem pengapian pada kendaraan jadi lebih baik.

Penggunaan busi iridium juga bisa meningkatkan performa jadi lebih maksimal, lho! Pun begitu, kalian perlu mengetahui busi yang sesuai dan tepat untuk mesin kendaraan.

Supaya seluruh kelebihan busi iridium dapat kalian manfaatkan. Semoga informasi mengenai kelebihan busi iridium ini dapat bermanfaat buat kalian.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan pada sistem pembakaran kendaraan, agar kalian selalu aman dan nyaman ketika berkendara.

Baca juga:

Terbaru