Bolehkah Naik Motor Saat Wabah Virus Korona?

Tips Naik Motor Saat Korona – Di dalam rumah, memang membosankan. Walau demikian, itulah cara termudah yang bisa kita lakukan untuk menghentikan penyebaran virus korona.

Hanya saja terkait kebutuhan, kadang bermotor harus dilakukan. Entah itu tujuannya untuk membeli kebutuhan sehari-hari, bisa juga menuju lokasi kerja.

Apa boleh naik motor saat wabah virus korona seperti saat ini? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

Peraturan Naik Motor Saat Wabah Virus Korona di Negara Tetangga

tips naik motor saat korona
Peraturan di Filipina, tidak boleh naik motor berboncengan untuk saat ini

Indonesia memang belum punya peraturan yang spesifik soal naik motor saat wabah seperti ini. Walau demikian, kita sebenarnya bisa belajar dari negara lain.

Sebut saja Filipina, pemerintahan di sana melarang naik motor sambil berboncengan selama kondisi luar biasa ini. Mereka bahkan sudah menghentikan penggunaan ojek motor sebagai alat transportasi.

“Orang yang berboncengan terlalu dekat secara fisik. Kemungkinan ada penyebaran virus lebih tinggi,” kata Pejabat Kementerian Transportasi Filipina, Artemio Tuazon, seperti dikutip dari laman ABS-CBN News.

Baca juga:

Tips Naik Motor Saat Wabah Virus Korona

tips naik motor saat korona
Jangan biarkan mulut tidak tertutup masker saat berkendara naik motor

1. Lebih Baik di Rumah

Tips naik motor saat virus korona yang pertama, lebih baik di rumah. Meski di Indonesia belum ada larangan, namun tetap lebih baik di rumah. Usahakan untuk tidak keluar kecuali mendesak.

Bila memang harus keluar rumah sambil berkendara, maka jangan berboncengan. Coba terapkan peraturan yang sudah dibuat oleh Filipina. Setidaknya mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Ya kan?

2. Gunakan Masker dan Sarung Tangan

Ketika berada di luar sambil bermotor, selalu pakai peralatan keselamatan yang terbaik. Helm, celana panjang, jaket diperlukan.

Selain itu, tidak lupa kenakan masker dan sarung tangan. Masker diperlukan supaya meminimalkan terkena sebaran virus lewat udara. Sarung tangan juga menjaga virus menempel di tangan kamu.

3. Jangan Pegang Wajah

Hal penting lain yang perlu dilakukan adalah jangan pegang wajah. Terutama di bagian mata, hidung, dan mulut. Sebisa mungkin jaga tangan kalian.

Kenapa? Mata, hidung, dan mulut berpotensi sebagai tempat masuk virus korona ke tubuh kamu. Jadi tutup segala kemungkinan tersebut.

4. Bawa Hand Sanitizer

Kamu juga wajib membawa hand sanitizer selama berkendara. Gunanya untuk membersihkan tangan sebelum dan sesudah berkendara. Menjaga kebersihan tangan sangatlah penting selama wabah korona ini.

5. Mandi Setelah Sampai Rumah

Tips naik motor saat wabah virus korona yang tiak kalah penting adalah mandi. Sehabis berkendara, segeralah buka semua pakaian dan cuci. Kemudian kamu membersihkan diri dengan cara mandi.

Jangan lupa pakai sabun di seluruh tubuh, termasuk rambut. Mandi sangat penting agar virus korona yang menempel di baju dan tubuh kamu bisa hilang, sehingga potensi orang tercinta terkena virus tersebut bisa minimal.

Baca juga:

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *