by

8 Nama Sirkuit MotoGP untuk Musim Balap 2020

Seharusnya ada 20 nama sirkuit MotoGP yang menyelenggarakan balapan pada musim 2020. Lokasi sirkuit tersebut juga berjauhan, tersebar di Amerika, Eropa, Asia, dan Australia. Paling dekat dengan Indonesia adalah Chang International Circuit (Thailand) dan Sepang International Circuit (Malaysia).

Hanya saja gara-gara pandemi Virus Korona, rencana tersebut batal. Keputusan penyelenggara, MotoGP 2020 fokus untuk balapan di Eropa saja. Hal ini dimaksud mencegah penyebaran Covid-19, sekaligus membuat para pembalap tidak terlalu letih karena jadwal yang padat.

Dari 20 sirkuit, kini dipangkas jadi cuma 8 nama sirkuit MotoGP yang kedapatan balapan tahun ini. Mereka antara lain Circuito de jerez (Spanyol), Automotodrom Brno (Republik Ceko), Red Bull Ring (Austria), Misano World Circuit Marco Simoncelli (Italia), Circuit de Barcelona (Spanyol), Le Mans (Perancis), MotorLand Aragon (Spanyol), dan Circuit Ricardo Tormo (Spanyol).

Walau cuma 8, MotoGP 2020 bakal terselenggara dalam 13 seri balap. Salah satu cara menyiasatinya dengan mengadakan dua kali balapan di beberapa nama sirkuit MotoGP. Mau tahu detailnya? Simak artikel berikut:

1. Sirkuit Jerez – Spanyol

nama sirkuit motogp jerez
Sirkuit Jerez menghelat MotoGP 2020 sebanyak dua kali

Nama sirkuit MotoGP yang pertama adalah Circuito de jerez atau biasa disebut sirkuit Jerez. Berlokasi di Spanyol dan telah dipakai dua kali balapan MotoGP 2020. Laga pertama terjadi pada 19 Juli dengan pemenang Fabio Quatrararo dari Petronas Yamaha SRT. Kemudian laga kedua berlangsung 26 Juli yang juga dijuarai oleh Quatrararo.

Walau kedua balapan itu sama-sama digelar di Sirkuit Jerez, namun MotoGP menamakan seri yang berbeda. Pada balapan pertama disebut sebagai GP Spanyol. Lalu seri kedua diganti jadi GP Andalusia. Ternyata terdapat aturan yang tidak memperbolehkan nama seri motor balap yang sama dalam satu musim.

Soal sejarah, Sirkuit Jerez sudah berdiri sejak 1986 dengan panjang 4,4 Km dan lebar 11 m. Total tikungan yang dipunya ada 13, dengan rincian 5 ke kiri dan 8 ke kanan. Sementara untuk rute lurus terpanjangnya 607 m.

Baca juga  Wacana Penundaan MotoGP Thailand 2020 Mencuat, Hal Ini Penyebabnya

2. Sirkuit Automotodrom Brno – Republik Ceko

sirkuit brno
Ini merupakan sirkuit dengan lintasan terpanjang di MotoGP 2020

Pada 9 Agustus, Sirkuit Automotodrom Brno bakal menyelenggarakan MotoGP 2020 seri ketiga. Ini merupakan salah satu sirkuit terpanjang dengan total 5,4 Km. Terdapat 6 tikungan ke kiri dan 8 ke kanan. Lebarnya mencapai 15 m. Kemudian untuk jalur lurus terpanjang adalah 636 mm.

Rekor kecepatan putaran di sirkuit ini dipegang oleh Dani Pedrosa dengan 1 menit dan 56,027 detik. Kemudian pembalap yang paling sering memenagkan MotoGP di Sirkuit Brno adalah Valentino Rossi dengan 5 juara.

3. Sirkuit Red Bull Ring / Spielberg – Austria

nama sirkuit motogp red bull ring
Layout Sirkuit Spielberg atau Red Bull Ring

Sirkuit Red Bull Ring atau Spielberg sempat absen melaksanakan balap MotoGP selama 18 tahun. Kemudian aktif kembali pada 2016. Salah satu keunggulanya adalah lokasi dengan pemandangan indah di Styria, Austria.

Terkait spesifikasi lintasan, nama sirkuit MotoGP Red Bull Ring memiliki total panjang 4,3 Km dengan 3 belokan ke kiri dan 7 ke kanan. Lebarnya adalah 13 m. Lalu untuk lintasan lurus terpanjang mencapai 626 m.

Pembalap yang paling banyak menang di Sirkuit Red Bull Ring adalah Andrea Dovizioso. Kemudian soal lap tercepat juga dipegang oleh Dovizioso dengan catatan waktu 1 menit 23,827 detik.

Rencananya, Sirkuit Austria ini menyelenggarakan MotoGP 2020 sebanyak dua seri pada 16 dan 23 Agustus.

4. Sirkuit Misano Marco Simoncelli – Italia

nama sirkuit motogp misano
Nama Sirkuit Misano ditambahkan Marco Simoncelli di belakangnya untuk penghormati meninggalnya pembalap Italia tersebut

Nama sirkuit MotoGP ini adalah Misano World Circuit Marco Simoncelli. Dibuat demikian untuk menghormati Marco Simoncelli, pembalap asal Italia yang gugur saat balapan MotoGP.

Sirkuit Misano telah menyelenggarakan balapan dunia sejak 1980. Hanya saja untuk jadi agenda tetap MotoGP baru dimulai sejak 2007, setelah mengalami perombakan. Kini, Misano memiliki panjang lintasan 4,2 Km, dengan 6 tikungan ke kiri, dan 10 tikungan ke kanan. Lintasan lurus terpanjangnya adalah 530 m.

Baca juga  Smith Senang Balik Ke Aprilia, 2020 Targetkan Kursi Pembalap

Pemenang terbanyak di sirkuit ini ada Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi. Masing-masing berhasil menjadi juara tiga kali. Kemudian untuk catatan waktu tercepat untuk satu kali putaran dipegang oleh Andrea Dovizioso dengan 1 menit, 32,678 detik.

Balapan MotoGP 2020 di Sirkuit Misano bakal terselenggara dua kali pada 13 dan 20 September.

5. Sirkuit Barcelona / Catalunya – Spanyol

sirkuit barcelona catalunya
Lintasan ini siap menghelat MotoGP 2020 pada 27 September

Awal Sirkuit Barcelona atau Catalunya menggelar MotoGP pada 1992. Punya total panjang lintasan 4,6 Km, dengan 6 tikungan ke kiri dan 8 tikungan ke kanan. Lalu untuk lebarnya 12 m. Sementara lintasan lurus terpanjang mencapai 1.047 m. Rekor kecepatan putaran di sirkuit ini dipegang oleh Jorge Lorenzo dengan waktu 1 menit, 40,021 detik.

Salah satu yang dikenal dari sirkuit Catalunya adalah tempat meninggalnya pembalap Moto2, Luis Salom pada 2016. Usai kejadian tersebut perubahan rancang sirkuit, supaya lebih selamat untuk pembalap.

Sementara untuk balapan MotoGP 2020 bakal dilangsungkan di sini pada 27 September.

6. Sirkuit Le Mans – Perancis

nama sirkuit motogp le mans
Nama Sirkuit MotoGP Le Mans siap menggelar MotoGP 2020 pada 11 Oktober

Secara permanen, MotoGP menggelar balapan di Sirkuit Le Mans sejak tahun 2000. Tantangan balapan di sini, salah satunya adalah perubahan ketinggian permukaan dan banyak variasi tikungan.

Di atas kertas, Sirkuit Le Mans memiliki total panjang 4,2 Km. Tersedia 14 tikungan dengan 5 belokan ke kiri dan 9 belokan ke kanan. Lalu untuk lebar lintasan adalah 13 m. Sementara untuk panjang lintasan lurus adalah 674 m.

Pembalap yang paling sering menang di sirkuit ini adalah Jorge Lorenzo dengan lima kali juara. Terkait catatan lap tercepat selama balapan dipegang oleh Maverick Vinales dengan 1 menit, 32,309 detik.

Baca juga  Johann Zarco Gabung Ducati, Formasi Pembalap MotoGP 2020 Komplit!

7. Sirkuit MotorLand Aragon – Spanyol

nama sirkuit motogp aragon
Layout sirkuit Aragon

Sirkuit MotorLand Aragon dibuat oleh arsitek asal Jerman, Hermann Tilke. Telah menjadi arena balap MotoGP sejak 2010.

Di atas kertas, Sirkuit Aragon memiliki total panjang 5,1 Km dengan total 17 tikungan. Belokan ke kiri ada 10 kali dan belokan ke kanan 7 kali. Lebar lintasannya adalah 15 m. Kemudian untuk lintasan lurus terpanjang mencapai 968 m.

Berdasar laman MotoGP, pembalap yang paling sering juara di sini adalah Marc Marquez dengan lima kemenangan. Terkait catatan waktu lap tercepat selama balapan, dipegang oleh Jorge Lorenzo lewat 1 menit, 48,120 detik.

Rencananya Sirkuit MotorLand Aragon bakal menghelat MotoGP 2020 sebanyak dua kali yaitu 18 dan 25 Oktober.

8. Sirkuit Ricardo Tormo – Spanyol

sirkuit ricardo tormo
Nama lainnya adalah sirkuit Valencia karena berlokasi di kota tersebut

Nama lain sirkuit Ricardo Tormo adalah Circuito de la Comunitat Valenciana. Selesai dibuat pada 1999 dan langsung menyelenggarakan MotoGP.

Di atas kertas, Sirkuit yang berlokasi di Spanyol ini memiliki total panjang 4 Km. Tikungannya ada 14 dengan 9ke kiri dan 5 ke kanan. Kemudian untuk lebarnya 12 m. Panjang lintasan lurusnya mencapai 876 m.

Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa menjadi raja di sirkuit Ricardo Tormo dengan membungkus masing-masing empat kemenangan. Sementara untuk catatan waktu lap tercepat sepanjang balapn dipengang oleh Marc Marquez dengan 1 menit, 31,116 detik.

Rencananya sirkuit ini bakal menyelenggarakan MotoGP 2020 sebanyak dua seri, pada 8 dan 15 November.

Itulah tadi nama sirkuit MotoGP yang menghelat balapan motor selama musim 2020. Semoga saja pada musim 2021, Virus Korona sudah hilang. Harapannya tentu MotoGP bakal berlangsung bukan cuma di Eropa, tapi keliling dunia lagi seperti musim-musim sebelum pandemi. 

Comment

Leave a Reply

Terbaru