by

Cara Membuat SIM Internasional Terbaru, Cepat dan Murah!

Cara Membuat SIM Internasional – Kamu punya rencana jalan-jalan ke luar negeri setelah pandemi Korona? Untuk menghemat bujet liburan, ada baiknya pertimbangkan untuk menyewa kendaraan sendiri saat pelesiran ke luar negeri.

Selain lebih murah, jalan-jalan bakalan lebih seru karena kamu bisa mendapat pengalaman berbeda. Terlebih kalau pakai campervan. Mobil tersebut bisa sekaligus jadi tempat tinggal selama berwisata.

Penggunaan campervan untuk liburan bukanlah hal baru. Hanya saja cara ini mulai populer dipakai oleh orang Indonesia ketika berlibur di luar negeri, setelah banyak artis yang melakukannya pada 2019. Sebut saja keluarga Ayudia Bing Slamet, Ringgo Agus Rahman, sampai denga Tarra Budiman.

Sebelum bisa menyetir di luar negeri, tentu kamu perlu memiliki SIM Internasional. Bagaimana cara membuat SIM Internasional atau International Driving Permit (IDP)? Berapa biayanya?

Untuk jawaban lengkapnya, kamu bisa simak bahasan berikut ini:

Siapkan Persyaratan Membuat SIM Internasional

Syarat Membuat Sim Intenasional
Membuat sim internasional tidak sulit dan cepat selesai

Sebenarnya SIM yang diterbitkan oleh Kepolisian RI itu bisa diterima oleh beberapa negara lain. Namun, untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya buat SIM Internasional. Tentunya ini akan lebih aman untuk kamu selama berkendara di negeri orang.

Apa saja persyaratan bikin SIM Internasional? Cek tulisan di bawah ini:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) baik itu asli maupun fotokopi
  • Paspor asli dan fotokopi
  • SIM Indonesia yang masih berlaku, baik itu asli maupun fotokopi
  • Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP) bagi WNA, asli maupun fotokopi
  • Materai Rp6 ribu
  • Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 4 (empat) lembar. Ingat ya, latar belakang foto biru dan diwajibkan pakai dasi untuk laki-laki. Sedangkan perempuan harus menggunakan blazer.

Seluruh berkas yang dibutuhkan tersebut, sesuai perintah UU No. 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan.

Baca juga  Dampak Pertalite Dicampur Premium, Jangan Asal!

Baca juga:

Lokasi Pembuatan SIM Internasional

Cara Membuat SIM Internasional Terbaru Pelayanan SIM Internasional
Lokasi pembuatan SIM Internasional di Jalan MT Haryono, Jakarta.

Untuk membuat SIM Internasional, kamu bisa mendatangi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bagian pelayanan SIM internasional. Lokasinya di Jl. Letjen MT haryono Kav 37-38, Jakarta. Inilah satu-satunya tempat pembuatan lisensi berkendara internasional di Tanah Air.

Layanan SIM internasional ini buka dari hari Senin – Jum’at, pukul 08.30 – 15.00 WIB. Seperti membuat SIM dalam negeri, kamu tidak bisa pakai calo, Wajib datang sendiri mengurus semuanya.

Terlebih dibutuhkan tanda tangan kamu untuk validasi beberapa dokumen. Istimewanya lagi, dalam membuat SIM Internasional tidak perlu waktu lama, hanya 15 menit.

Cara Membuat SIM Internasional, Tidak Sampai 15 Menit

Percayalah, cara membuat SIM Internasional sesungguhnya tidak sulit. Hanya butuh mengumpulkan seluruh persyaratan, kemudian prosesnya tidak sampai 15 menit. Kalau pun lebih, paling lama 30 menit.

Tidak percaya? Coba saja bikin sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Isi Formulir dan Pilih Golongan SIM Internasional

Formulir Pembuatan SIM Internasional
Kalau kamu mengemudikan mobil di luar negeri, perlu SIM Internasional

Setibanya di lokasi pembuatan SIM, kamu bisa mengambil nomor antrean dan sabar menanti dipanggil ke loket. Berkas yang kamu persiapkan, seluruhnya wajib dikasih ke petugas loket. Kemudian kamu akan dipersilakan untuk mengisi formulir permohonan SIM internasional.

Jangan lupa pilih golongan SIM yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Terdapat lima golongan SIM yang bisa kamu pilih: A, B, C, D, dan E.

Khusus golongan A, dimaksudkan untuk kamu yang ingin berkendara menggunakan sepeda motor. Touring keliling negara naik kuda besi, tentu butuh SIM ini.

Baca juga  10 Cara Menambal Knalpot Bocor, Bisa Tidak Dilas

Golongan A ini juga berlaku bagi penyandang disabilitas dan menggunakan kendaraan khusus. Contohnya motor roda tiga, asalkan beratnya tidak lebih dari 400 kg.

Bila tujuan kamu ingin menyetir mobil dengan kapasitas penumpang 8 orang, maka ambil golongan B. SIM ini juga bisa diambil oleh kamu yang ingin jalan-jalan menggunakan campervan atau pengangkut barang dengan berat maksimum 3.500 kg.

SIM Golongan diperuntukkan bagi kamu yang ingin mengemudi dengan kendaraan lebih dari 3.500 kg. Misalnya trailer ringan. Lebih tepat, kalau golongan ini diambil oleh para tenaga kerja indonesia (TKI) dengan lokasi kerja di proyek-proyek pembangunan.

Paling cocok SIM golongan D untuk supir bis. Kenapa? Golongan ini ditujukan buat kamu yang mengemudikan kendaraan bermotor berpenumpang lebih dari 8 (delapan) orang.

SIM Internasional Golongan E diperuntukkan bagi kendaraan bermotor yang masuk kategori B, C, dan D. Pemegang SIM golongan ini juga diperbolehkan menarik truk gandengan atau trailer yang cukup berat.

Setelah data formulir terisi dengan lengkap dan jelas, kamu harus membubuhkan tanda tangan di atas materai. Kemudian menyerahkan kembali seluruh berkas kepada petugas loket SIM Internasional.

Baca Juga :

2.  Lakukan Pembayaran, Biayanya Tidak Mahal

Biaya Penerbitan SIM Internasional
Biaya pembuatannya pun murah

Petugas pembuatan SIM Internasional kemudian akan menyerah terimakan slip pembayaran biaya pembuatan SIM Internasional. Biayanya kurang lebih Rp 250 ribu. Tidak mahal kan?

SIM Internasional ini bisa berlaku hingga 3 (tiga) tahun. Apabila kamu ingin melakukan perpanjangan SIM, tarif yang dikenakan hanya Rp225 ribu.

Baca juga  Cara Membersihkan Mesin Mobil di Rumah Saja

3. Cara Membuat SIM Internasional yang Terakhir, Lakukan Legalisasi

Legalisasi pembuatan sim

Foto diri merupakan salah satu prosedur pembuatan sim internasional

Setelah melakukan pembayaran, hal yang terakhir harus dilakukan adalah mengambil foto serta merekam sidik jari. Bila semua prosedur tersebut selesai, petugas kemudian akan mencetak SIM internasional yang kamu idam-idamkan.

Prosesnya keseluruhannya cuma sekitar 15 menit. Mudah dan tidak pakai lama, kan?

Perbedaan Pembuatan SIM Internasional dan SIM Dalam Negeri

cara membuat sim internasional
Ilustrasi sim internasional

Buat kamu yang ingin mengajukan permohonan pembuatan SIM internasional, tidak perlu melakukan tes mengemudi. Inilah perbedaan mendasar antara cara membuat SIM internasional terbaru dengan SIM dalam negeri.

Perbedaan ke dua, sebelum SIM internasional dicetak, kamu diperbolehkan untuk melihat draft SIM. Tujuannya untukmengecek seluruh informasi yang ada di sana sudah betul atau belum.

Itu dia cara membuat SIM Internasional membuat SIM Internasional. Sebelum kamu berlibur ke negara yang dituju, ada baiknya juga mempelajari peraturan lalu lintas yang berlaku di negara tersebut.

Hal ini dikarenakan, setiap negara memiliki peraturan sendiri terkait batas kecepatan maksimum, area tempat parkir, rambu-rambu lalu lintas, hingga auransi kendaraan yang melaju di jalan raya.

Sudah tahu mau pelesiran ke negara mana saja? Tujuan berkendara yang paling menyenangkan dengan Campervan, salah satunya adalah Selandia Baru. Di sana tersedia lokasi khusus Campervan yang sangat banyak, baik itu untuk bermalam atau sekadar toilet umum.

Jangan lupa ajak seluruh keluarga saaat jalan-jalan, biar liburan kamu semakin seru!

Baca Juga :

Terbaru