Cara Merawat Bodi Motor Agar Selalu Kinclong

Cara Merawat Bodi Motor – Motor lama yang sudah dipakai bertahun-tahun identik dengan tampilan bodi yang kusam dan kotor. Namun, kamu bisa juga menjaga tampilan motor lama sehingga terlihat kinclong layaknya motor baru. Hal ini bisa dilakukan kalau kamu mengetahui cara merawat bodi motor yang tepat dan efektif.

Dengan pola perawatan yang tepat, cat pada bodi motor bisa kamu pertahankan dan terlihat kinclong. Ada 7 tips yang dapat kamu terapkan agar bodi motor terlihat seperti baru meski motor sudah digunakan touring ke berbagai kota di Indonesia, yaitu:

Jangan secara langsung mengelap bodi motor yang berdebu

Jangan Langsung Lap bodi ketika berdebu

Debu menjadi salah satu faktor yang kerap membuat tampilan bodi motor terlihat kusam. Oleh karena itu, kamu perlu rajin membersihkan debu yang ada pada bodi motor. Hanya saja, proses pembersihan debu juga harus dilakukan secara tepat. Jangan secara langsung menggunakan lap kain untuk membersihkannya, karena akan menimbulkan bekas berupa goresan pada bodi motor.

Cara yang tepat dalam membersihkan motor dari debu adalah dengan menyiramnya terlebih dahulu dengan air. Tujuan dari penyiraman air adalah untuk menghilangkan debu serta pasir yang menempel pada permukaan bodi motor. Setelah disiram air, kamu dapat mengelapnya dengan kain yang bersih dan lembut.

Jangan terlalu sering memoles bodi motor

jangan sering poles bodi motor

Tips selanjutnya yang perlu kamu perhatikan dalam cara merawat bodi motor biar tetap kinclong adalah dengan tidak terlalu sering memolesnya. Pemolesan memang bagus, karena bisa membuat tampilan motor lebih kinclong. Dalam pelaksanaanya, pemolesan tersebut dilakukan dengan menggunakan cairan pengkilap khusus yang menggunakan bahan kimia tertentu.

Pemakaian zat kimia dalam cairan pengkilap itulah yang menjadi alasan kenapa pemolesan tak boleh dilakukan secara terus-menerus. Bahan kimia yang terkandung di cairan pengkilap dapat  mengikis lapisan pernis yang ada pada permukaan bodi. Nah, kalau hal ini berlangsung dalam jangka panjang, warna motor akan terlihat lebih kusam.

Hindari area parkir yang terpapar sinar matahari secara langsung

hindari parkiran terpapar sinar matahari langsung

Upaya menjaga bodi motor agar terlihat kinclong dan terawat juga bisa dilakukan dengan memperhatikan lokasi parkir. Usahakan untuk menghindari area parkir yang terpapar sinar matahari secara langsung. Kalau kamu terbiasa melakukan hal seperti ini, berakibat warna cat motor mengalami perubahan, terlihat agak menguning dan pudar.

Baca Juga :

 

Cuci motor setelah dipakai berkendara saat hujan

Cuci Motor

Musim hujan menjadi momen yang perlu diwaspadai oleh para pengendara motor. Pada momen ini, kamu perlu mencuci motor lebih sering dibandingkan ketika musim kemarau. Kalau perlu, kamu harus selalu mencuci motor setelah berkendara dalam kondisi hujan.

Kamu perlu tahu bahwa air hujan memiliki sifat yang bisa merusak penampilan bodi motor. Dibandingkan dengan air dari keran, air hujan memiliki kandungan garam lebih tinggi. Ketika motor digunakan dalam kondisi hujan, air bergaram ini berpotensi untuk membuat cat motor mengelupas. Bahkan, air hujan juga bisa menimbulkan korosi.

Gunakan cairan pencuci khusus untuk bodi motor

shampo motor

Ketika mencuci motor, kamu juga perlu memperhatikan jenis cairan pembersih yang dipakai. Jangan sembarangan mencuci motor dengan deterjen atau sabun cuci. Sebagai gantinya, kamu perlu membeli cairan pembersih khusus untuk motor.

Ketika menggunakan sabun atau deterjen, kamu akan berhadapan pada risiko bodi motor yang tergores. Lain halnya dengan shampo khusus motor yang diracik secara khusus mampu membersihkan kotoran dalam bodi motor dan membuatnya mengkilat.

Perhatikan cara pengeringan yang tepat setelah motor dicuci

Perhatikan cara pengeringan

Tidak hanya terkait cara mencuci, kamu juga perlu memperhatikan cara pengeringan setelah motor dicuci. Ketika menggunakan metode yang salah, kamu akan mendapati adanya noda busa bekas serta cairan pembersih yang bakal sulit dihilangkan. Bahkan, tak jarang proses pengeringan yang salah juga membuat warna bodi motor kusam.

Untuk proses pengeringan yang benar dapat dilakukan dengan terlebih dahulu membilas motor dengan air bersih. Setelah itu, kamu dapat mengeringkannya memakai kain lap yang lembut dan kering. Pastikan bahwa bodi benar-benar kering dan kamu tidak perlu menjemur motor.

Manfaatkan jasa cuci motor plus-plus

Jasa cuci motor plus

Tips yang terakhir, kamu dapat menemukan cara merawat bodi motor dengan memanfaatkan jasa cuci motor. Langkah ini bisa kamu jadikan alternatif ketika terlalu sibuk dengan aktivitas pekerjaan sehingga tidak sempat mencuci motor sendiri.

Nah, terkait layanan cuci motor, ada opsi jasa tambahan yang bisa kamu manfaatkan, yakni jasa cuci motor plus-plus. Pada layanan ini, kamu akan menemukan proses pencucian motor yang kompleks. Motor tidak hanya dicuci sampai bersih, tetapi juga disertai dengan polishing dan detailing yang menyeluruh.

Pengerjaan layanan cuci plus-plus juga lebih lama dibandingkan dengan cuci biasa. Untuk motor yang dipakai sehari-hari, biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Sementara itu, motor gede memakan waktu yang lebih lama, mencapai 2 hari. Namun, hasilnya jauh lebih baik dibandingkan dengan mencuci sendiri.

Selamat mencoba, ya!

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *