by

8 Cara Mengganti Oli Mobil yang Mudah dan Cepat

Tak perlu repot ke bengkel, asal kalian mengetahui cara mengganti oli mobil sendiri. Mengingat proses ganti oli sejatinya cukup mudah, Sob!

Terlebih pada kondisi saat ini, yang menuntut masyarakat untuk social distancing. Karena wabah virus korona atau Covid-19 yang melanda dunia.

Maka alangkah baiknya bagi pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan kendaraan secara mandiri di rumah. Seperti diketahui, mesin kendaraan membutuhkan perawatan secara berkala.

Tujuannya tentu tak lepas dari menjaga performa mesin tetap dalam kondisi prima. Salah satu faktor yang menunjang kinerja mesin dalam kondisi terbaik adalah oli dengan kualitas yang terjaga.

Setiap pemilik mobil penting sekali untuk melakukan penggantian oli secara berkala, setidaknya 3 bulan sekali atau sekitar 5 ribu km. Jika tidak ingin repot hanya untuk sekadar mengganti oli ke bengkel, sebaiknya bisa lakukan sendiri dirumah.

Mengingat dan cara mengganti oli mobil sangatlah mudah, serta tidak membutuhkan waktu yang lama. Asalkan kamu mengetahui step by step, proses penggantian oli secara tepat.

Bila kalian terlambat untuk melakukan penggantian oli, dampaknya tentu membuat perfoma kendaraan jadi menurun. Bahkan nahasnya bisa menyebabkan mobil bisa overheating, lho!

Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk rutin melakukan pergantian pelumas secara berkala. Sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Penasaran ingin tahu cara mengganti oli mobil? Berikut ini Moladin akan mengungkap secara lengkap cara mengganti oli mobil dengan mudah dan cepat.

Langkah Mengganti Oli Mobil Secara Mandiri di Rumah

Cara mengganti oli mobil dengan mudah dan cepat
Cara mengganti oli mobil dengan mudah dan cepat

Sebelum lebih jauh melangkah mengenai pembahasan cara mengganti oli mobil. Sebaiknya kalian perlu menyiapkan sejumlah peralatan pendukung untuk menunjang proses penggantian pelumas.

Baca juga  5 Cara Merawat Aki Basah Agar Tidak Cepat Tekor

Adapun yang perlu kamu persiapkan meliputi oli mesin dengan spesifikasi yang sesuai dengan masing-masing mobil, filter oli apabila ingin juga mengganti nya, wadah pembuangan oli, kain lap atau tisu, kunci-kunci, serta dongkrak.

Bila yakin seluruh peralatan sudah siap, kamu bisa memulai proses ganti oli pada mobil kesayanganmu.

1. Perhatikan Kondisi Temperatur Mesin Mobil

cek kondisi mesin mobil
Pastikan mesin mobil jangan dalam kondisi panas

Membahas mengenai cara mengganti oli mobil, langkah kamu pastikan kondisi temperatur mesin mobil. Sebaiknya kamu melakukan penggantian oli ketika mesin hangat atau minimal agak dingin.

Pasalnya jika kamu memaksakan ganti oli saat mesin panas, dapat membahayakan diri sendiri. Tak menutup kemungkinan oli yang panas dapat mengenai tubuh, seperti tangan dan lainnya.

2. Dongkrak Mobil, Sebaiknya Dalam Keadaan Tinggi

Dongkrak mobil
Cara mengganti oli mobil yang tepat, pastikan kondisi mobil lebih tinggi

Selanjutnya, cara mengganti oli mobil yang perlu kamu ketahui. Setelah memastikan kondisi mesin dingin, kamu bisa dongkrak mobil, agar posisi mobil lebih tinggi.

Dengan kondisi mobil yang didongkrak bagian depannya, maka akan memudahkan saat menguras tangki oli yang terletak di bagian kolong mesin. Jangan lupa juga untuk membuka kap mesin beserta dengan tutup pengisian oli pada bagian mesin.

3. Seluruh Perangkat Pendukung Dipastikan Sudah Tersedia

Persiapkan peralatan untuk mengganti oli mobil
Persiapkan peralatan untuk mengganti oli mobil

Langkah selanjutnya mengenai cara mengganti oli mobil dengan tepat. Kamu perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.

Seperti kunci pas, wadah atau baskom untuk menampung oli bekas, dan oli baru yang sesuai dengan jenis mesin kendaraan kalian.

4. Buka Penutup Oli dan Tempat Penggantian Pelumas

Tutup oli mobil
Mengetahui cara mengganti oli mobil dengan benar

Langkah selanjutnya membahas mengenai cara mengganti oli mobil. Kamu perlu membuka kap mesin mobil dan buka juga kenop tempat pengisian oli.

Metode ini perlu dilakukan, jika kamu ingin proses pengurasan oli dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Dilanjutkan kamu perlu mencari baut penguras oli mesin yang biasanya terletak di bawa blok mesin.

Baca juga  5 Penyebab Mobil Matic Tidak Bertenaga dan Cara Mengatasinya

Untuk membukanya, kamu membutuhkan kunci pas. Bila posisi baut penguras sudah ketemu, kamu selanjutnya bisa melepaskan terlebih dahulu gasket atau baut yang tertanam didalamnya.

5. Buka Oli Filter, Lakukan Pergantian Jika Dibutuhkan

Ganti oli filter mobil
Bila filter oli sudah kotor, segera diganti dengan yang baru

Proses selanjutnya masih mengenai pembahasan cara mengganti oli mobil. Kamu bisa membuka filter oli menggunakan kunci pas. Sejatinya membuka filter oli bisa menggunakan kunci biasa, namun sayangnya baut berpotensi slek.

Terpenting yang perlu kalian ingat, untuk tetap memastikan gasket sudah terlepas dari filter oli. Karena jika terlewat, oli bisa bocor.

Apabila filter oli sudah kotor, sebaiknya kalian ganti dengan yang baru. Lumasi filter oli serta gasket dengan oli baru. Filter oli biasanya berbentuk bulat. Namun demikian, ada beberapa mobil Eropa memiliki filter berbentuk cartridge.

6. Kuras Oli, Lalu Tutup Baut Penguras 

Proses kuras pelumas yang lama
Proses kuras pelumas yang lama

Kemudian, langkah selanjutnya kamu hanya perlu menunggu oli terkuras hingga habis. Proses ini memakan waktu yang cukup lama karena oli tidak langsung keluar semuanya.

Setelah proses menguras selesai, ember atau wadah yang kamu sediakan pasti sudah penuh dengan cairan berwarna hitam. Pastikan untuk memasang kembali baut penguras oli dan gasketnya untuk menghindari kebocoran.

Setelah itu, cek sekali lagi untuk memastikan apakah oli masih menetes atau tidak. Pastikan juga cek gasket yang digunakan. Apabila gasket terlihat rusak, gantilah dengan yang baru untuk menghindari kebocoran.

Jika seluruh komponen sudah kalian rasa terpasang, kamu bisa memasang filter oli. Tak lupa kalian wajib mengecek filter dan baut supaya masuk ke dalam ulir di jalur yang benar.

Baca juga  Tips Beli Mobil Kredit yang Aman dan Untung

Hal ini bisa dilakukan dengan cara memutarnya dengan tangan terlebih dahulu. Apabila sudah terasa sulit atau keras, teruskan dengan kunci untuk mengencangkannya.

Catatan penting untuk kalian untuk tidak mengencangkan batu terlalu keras. Karena dapat merusak ulir atau mengakibatkan kebocoran oli.

7. Tuang Oli yang Baru

Pengecekan kondisi kendaraan
Cek kondisi oli secara rutin, untuk menjaga performa kendaraan

Gimana sudah ada gambaran mengenai cara mengganti oli mobil? Langkah selanjutnya, kamu bisa menuangkan oli baru pada mesin.

Tuangkan oli baru yang sudah disiapkan ke lubang yang terletak di bagian atas mesin. Hal utama yang perlu diperhatikan ketika proses ini adalah kalian perlu mengetahui batas maksimal kapasitas oli mesin.

Jangan sampai oli kelebihan apalagi kekurangan. Karena dapat berdampak buruk bagi mesin kendaraan kalian.

Setelah semua sudah selesai dilakukan, tutup kembali knop tempat ganti oli dan kap mobil.

8. Proses Penggantian Oli Selesai Lalu Panaskan Mobil

Setelah oli diganti, jangan lupa panaskan mobil
Setelah oli diganti, jangan lupa panaskan mobil

Proses terakhir mengenai pembahasan cara mengganti oli mobil. Kalian hanya perlu menghidupkan mesin kurang lebih selama 3 sampai 5 menit.

Setelah itu, baru kamu bisa gunakan mobil untuk dapat merasakan performanya. Bila dibandingkan sebelum pergantian oli.

Sekarang sudah tahukan cara mengganti oli mobil yang benar? Semoga informasi ini dapat membantu kalian yang ingin mengganti pelumas kendaraan.

Tidak sulit bukan? Meski terlihat mudah, namun kamu tetap harus selalu berhati-hati dalam menjalani seluruh prosesnya.

Baca juga:

Terbaru