by

Bocoran Harga Toyota Raize 1.2 Liter, Semurah Apa?

Walau produknya belum meluncur secara resmi, tapi bocoran harga Toyota Raize 1.2 liter sudah tersebar. Kemungkinan banderol mobil yang siap dipasarkan pada Semester dua 2021 tersebut, paling murah dibanding varian lain.

Hal ini merujuk lampiran Permendagri No. 1 Tahun 2021. Di sana tampak harga dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor (DP PKB) untuk Raize 1.2 liter mulai Rp 153,3 juta.

Bandingkan dengan Toyota Raize 1.0 liter yang punya DP PKB mulai Rp 169,05 juta (OTR Jakarta). Artinya ada selisih 15 jutaan.

Kalau kini harga Raize 1.0 liter termurah adalah Rp 219,9 juta. Maka prediksi harga Raize 1.2 liter yang paling terjangkau kemungkinan bakal sama. Kok bisa?

Ingat, harga mobil SUV Raize yang dijual saat ini kena relaksasi pajak atau diskon PPnBM 100 persen (berlaku hingga Mei 2021). Nanti ketika Raize 1.2 Liter meluncur pada semester dua 2021, potongan PPnBM untuknya jadi cuma 50 persen (berlaku dari Juni-Agustus 2021). Artinya harga Raize secara keseluruhan bakal naik.

Baca juga  Honda CR-V Facelift 2021 Meluncur April di Indonesia

Jadi bicara prediksi harga Toyota Raize 1.2 liter, maka tidak jauh dari Rp 219 jutaan untuk varian termurah.

Fitur Toyota Raize 1.2 Liter Banyak Disunat

harga toyota raize 1.2 liter - head unit 8 inci
Head unit Raize 1.2 liter pakai ukuran lebih kecil, cuma 8 inci

Harga Toyota Raize 1.2 liter memang kemungkinan jadi yang paling murah dibanding varian lain. Namun fitur-fiturnya juga banyak disunat.

Informasi ini kami dapatkan dari brosur di laman resmi Toyota Indonesia. Tampak jelas bahwa head unit mobil SUV Raize 1.2 liter pakai ukuran lebih kecil yaitu 8 inci. Sementara Raize 1.0 liter menggunakan 9 inci.

Kemudian dari sektor kenyamanan, tidak ada soft pad arm rest di dekat bangku pengemudi. Paddle shift, auto headlight, jok kombinasi kain dan kulit, auto AC, serta Toyota Safety Sense (TSS) yang hadir di Raize 1.0 liter GR Sport juga tidak diturunkan.

Bagian pelek Raize 1.2 liter pun menggunakan ukuran lebih kecil yaitu 16 inci, dengan warna silver. Ban yang dikenakan 205/65-R16. Padahal Raize 1.0 liter pakai ukuran 17 inci, berwarna two tone (varian 1.0 liter G) dan hitam (varian 1.0 liter GR Sport). Kelir bodinya pun, untuk varian 1.2 liter tidak memiliki opsi two tone.

Baca juga  Hyundai Resmi Jual All New Palisade di Indonesia

Dari brosur resmi Toyota, tampak performa mesin Raize 1.2 liter tidak seistimewa Raize 1.0 liter. Meski kapasitasnya lebih besar, namun tidak ada teknologi turbo.

Jika melihat kemampuannya di atas kertas, mesin kembaran Daihatsu Rocky ini cuma bisa melontarkan torsi puncak 113 Nm (-27 Nm) pada 4.500 rpm dan tenaga 88 PS (-10 PS) pada 6.000 rpm. Lalu soal pilihan transmisi tidak beda: 5-percepatan manual dan CVT.

Meski banyak kekurangan dibanding Raize 1.0 liter, bukan berarti versi 1.2 liter tidak menarik untuk dibeli. Pasalnya kalau melihat secara keseluruhan, mobil ini masih banyak dibekali fitur modern. Sebut saja untuk keselamatan ada anti-lock braking system (ABS), vehicle stability control (VSC), hill start assist (HSA), dan airbag.

Kemudian soal kemaanan tersedia alarm dan immobilizer yang mampu mencegah maling. Terkait kenyamanan berkendara, Toyota memberi sensor parkir dan kamera parkir. Ada pula panel instrumen 7 inci TFT yang mampu menampilkan informasi warna-warni, start & stop engine, AC digital, dan lain-lain. Raize 1.2 liter pun masih mengadopsi rangka terbaru TNGA yang diklaim mampu memberi kenyamanan berkendara lebih baik.

Baca juga  Jangan Beli Toyota Innova Bekas, Sebelum Baca Ini!

Setelah tahu bocoran harga Toyota Raize 1.2 liter serta spesifikasinya, apakah kamu tertarik meminangnya? Atau jangan-jangan versi 1.0 liter turbo lebih menjanjikan?

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru