Minggu, September 25, 2022

Test Drive Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022

by Tigor Sihombing
Test Drive Hyundai Ioniq 5

Moladin kemarin sempat ikutan test drive Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022, di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat. Seperti yang diketahui, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memiliki lahan test drive yang terbilang luas.

Lokasinya di belakang booth di Hall D JIExpo. Jika masuk dari dalam booth Hyundai, kamu bisa langsung tembus ke lahan test drive yang disediakan Hyundai.

Begitu juga sebaliknya, jika kamu dari arena test drive kamu juga bisa langsung melalui pintu masuk khusus yang mengarahkan kamu ke dalam booth Hyundai di hall D.

Seperti diketahui pada gelaran IIMS 2022 yang berlangsung hingga tanggal 10 April ini, Hyundai adalah brand yang memiliki arena test drive terbesar, dibanding arena test drive lainnya.

Di arena test drive khusus Hyundai tersebut berjejer 10 mobil yang dapat diuji para pengunjung. Adapun mobil yang bisa ditest adalah Creta, Santa FE, Staria, Palisade dan Ioniq 5. Nah kebetulan yang tim Moladin coba adalah Ioniq 5 yang saat ini sedang banyak dibicarakan orang.

Cara Ikutan Test Drive Hyudai Ioniq 5 di IIMS 2022

Test Drive Hyundai Ioniq 5

Pintu masuk arena test drive Hyundai.

Untuk ikutan Test Drive Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022 mudah caranya. Namun ada beberapa prosedur yang harus dilakukan calon peserta test drive.

Pertama kamu kamu harus mengajukan diri ke meja registrasi yang telah disediakan. Lalu nanti penjaga di meja tersebut akan merekomendasikan kamu ke sales penjual Hyundai untuk mendampingi.

Selanjutnya nanti petugas sales tersebut akan dengan ramah untuk menyuruh kamu masuk ke dalam halaman scan barcode mereka. Disana kamu harus memilih kolom test drive, memasukan biodata diri degan lengkap, dan mengupload SIM A.

Baca juga  GIIAS 2021: Harga Hyundai Creta, Mulai Rp 279 Juta

Selanjutnya kamu akan diberikan nomor antrian dan dipersilahkan menunggu. Tapi sebelumnya kamu akan ditanyakan mengenai mobil apa yang akan ditest.

Oya kamu juga tidak perlu khawatir terkait kebersihan kendaraan. Karena ada petugas kebersihan yang menyemprotkan mobil dengan disinfektan setelah kedaraan digunakan.

Berkendara dengan Ioniq 5  Semakin Nyaman dengan Fitur-Fitur Ini

Test Drive Hyundai Ioniq 5

Pada ioniq 5, meski transmisi sudah di D namun mobil tetap dalam keadaan mengunci, tidak bergerak. Barulah ketika gas mobil diinjak mobil melaju dengan smooth.

Tidak perlu mengantri lama untuk mendapatkan giliran test drive drive Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022. Karena mobilnya banyak yang bisa dicoba. Setelah penumpang sebelumnya selesai menggunakan, mobil pun dibersihkan dengan menyemprotkan carian disinfektan terlebih dahulu.

Oya, mobil yang tim Moladin gunakan adalah type Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range. Dimana mobil ini merupakan varian tertinggi dari 4 varian Ioniq 5 yang tersedia untuk pasar Indonesia.

“Cara mudah  membedakan Ioniq 5 Signature dengan varian lainnya adalah ukuran ban yang lebih besar dan roof panoramic” kata Wawan, sales Hyundai yang menemani Moladin mengetest Ioniq 5.

Seperti yang diketahui, Ioniq 5 Signature Long Range bisa dibedakan dari ukuran kaki-kaki. Dimana diameternya pelek dan ukuran bannya lebih besar dibanding dengan model lainnya yakni 255/45 ring 20.

Selanjutnya tim Moladin coba masuk kedalam kabin. Sebelumnya sempat merasakan handle pintu berdesain unik, dengan konsep cungkil. Handle pintu ini akan rata dengan body setelah semua pintu mobil tertutup. Sementara ketika kunci pintu dibuka, otomatis muncul.

Masuk kedalam kabin, nuansa futuristik sangat terasa. Pengaturan kursi maju mundur dilakukan secara elektrik, hal ini tidak hanya ada di kursi barisan depan. Kursi bagian belakang juga bisa diatur maju mundur menggunakan tombol di samping bangku yang bergerak secara smooth. Mungkin karena pakai mode berkendara eco.

Baca juga  4 Kelebihan Hyundai Ioniq, Jangan Asal Beli!

Pada kemudi, pengaturan posisi setir masih dilakukan secara manual. Namun tidak mengurangi kenyamanan, lantaran sangat mudah untuk menemukan posisi setir terbaik dengan Hyundai Ioniq 5.

Duduk di kursi Ioniq 5 sangat nyaman. Sangat terasa bahan material yang digunakan adalah berkualitas. Pengaturan AC dilakukan secara digital, meski di luar kabin mobil panas terik mendera, kabin tetap sejuk.

Tidak lupa, saat test drive Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022, Moladin coba memutar radio yang kualitas suaranya lumayan terdengar premium, mungkin hal ini berkatpenggunaan speaker BOSE Premium Sound System 8 titik dengan External amplifier.

Sebelum mobil melaju, sales Hyundai pendamping memberikan instruksi agar handle persneling yang berada di sebelah kanan setir diputar ke D. Setelah itu mobil tidak langsung melaju. 

Mobil tetap diam, barulah ketika pedal gas diinjak, mobil melaju dengan smooth. Tidak ketinggalan, khas mobil listrik tentunya yang senyap tanpa suara.

Dalam arena test drive ini terdapat beberapa rintangan. Pertama jalan lurus, tanjakan, dan jejeran polisi tidur untuk mengetes suspensi. Sensasi berkendara Hyundai pada 10 detik pertama adalah mobil terasa sangat ringan dikendarai, terlebih ketika masuk tikungan pertama menuju tanjakan, mobil begitu mudah diajak belok.

Setelah di atas tanjakan, kamera 360 derajat yang terdapat pada Hyundai Ioniq 5 langsung menyala. Memperlihatkan setiap sudut mobil. Jadi meski dalam keadaan menanjak, hidung mobil dan jalan tidak terlihat namun kondisi luar mobil sangat terlihat jelas melalui kamera yang terpampang pada display MID. Mobil pun mudah dikontrol hingga turun dari rintangan pertama tersebut.

Baca juga  9 Arti Logo Mobil di Dunia, Penuh Makna!

Rintangan berikutnya, mobil harus berbelok ke kiri. Terdapat beberapa obstacle yanbg harus dilalui. Membuat mobil harus berjalan yang jalan yang tidak rata. Hasilnya, suspensi terasa sangat nyaman.

Test berikutnya adalah jalan lurus yang hanya berjarak kurang lebih 20 meter. Pada jalur ini, mobil tidak bisa dipacu secara maksimal. Tapi cukup terasa jambakan yang khas mobil listrik apalagi dalam mode berkendara sport. Selanjutnya Moladin kembali ke titik awal, dan mobil pun selesai dicoba.

Kesimpulan Test Drive Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022

Test Drive Hyundai Ioniq 5

Lainnya mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini minim maintenance, karena Hyundai mengatakan kamu hanya memerlukan biaya perawatan Rp 3,5 jutaan untuk melakukan perawatan selama 3 tahun.

Demikian hasil singkat uji coba Moladin terhadap Ioniq 5, selayaknya pengunjung atau calon konsumen Hyundai.

Kesimpulannya, Untuk kamu yang mengidamkan kehidupan dinamis dalam kota mobil ini cocok untuk kamu, apa lagi stasion charging untuk mobil listrik Hyundai sudah mudah ditemui baik di tempat umum seperti mall ataupun dealer resmi. Selain itu dimensinya juga compact dan sangat ramah lingkunga,

Lainnya mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini minim maintenance, karena Hyundai mengatakan kamu hanya memerlukan biaya perawatan Rp 3,5 jutaan untuk melakukan perawatan selama 3 tahun.

Informasi tambahan, Hyundai Ioniq 5 type Signature Long Range yang kami test drive, memilki tenaga sebesar 217 PS yang dicapai pada 350 Nm. Mobil ini bisa melesat dari 0 – 100 km/jam dalam kurun waktu 7,4 detik. Sementara untuk performa baterainya tembus 451 Km untuk jarak tempuh satu kali isi baterai, terjauh dibanding mobil listrik Hyundai lain.

Demikian ulasan pengalaman Moladin selama melakukan test drive Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika