oleh

5 Kelebihan Hyundai Ioniq 5 Indonesia, Bikin Kepingin!

Bicara kelebihan Hyundai Ioniq 5 Indonesia tentu sangat banyak. Mobil listrik ini bukan cuma sudah produksi Tanah Air, tapi juga punya berbagai macam keunggulan.

Salah satunya unggul dalam hal tampilan atau desain yang keren banget. Fitur-fiturnya juga istimewa, bahkan sudah dilengkapi Smart Cruise Control

Ioniq 5 pun punya kabin sangat nyaman dengan pengaturan fleksibel. Ditambah lagi soal jarak tempuh, paling jauh dibanding mobil listrik Hyundai lain.

Mau tahu lebih detail soal kelebihan Hyundai Ioniq 5? Sebelum memutuskan beli mobil dengan kisaran harga Rp 800 jutaa ini, ada baiknya cek bahasan berikut:

1. Desain Futuristik Retro

kelebihan hyundai ioniq 5 indonesia - tampak belakang
Desain Ioniq 5 terinspirasi dari mobil lawas Hyundai Pony

Kelebihan Hyundai Ioniq 5 yang pertama adalah desainnya. Dari segala sisi sulit untuk terlihat jelek. Maklum, pakai kombinasi futuristik dan retro.

Aura retro sengaja dibuat, karena mobil listrik ini mengambil inspirasi desain dari mobil lawas. Tepatnya kendaraan pertama merek H miring era 1970-an, bernama Hyundai Pony.

Kesan retro tampak lewat sudut-sudut bodi yang tegas dan mengotak, alias tidak membulat sepenuhnya. Begitu pula dengan desain lampu depan dan belakang yang juga tampil mengotak

Walau retro namun Ioniq 5 memiliki tampilan yang tidak ketinggalan zaman. Aura futuristik tetap terpancar dengan penggunaan sistem pencahayaan full LED.

Kemudian bodinya dibuat sangat aerodinamis dengan spoiler belakang berlubang, untuk mengurangi hambatan udara. Peleknya juga pakai ukuran 20 inci yang desainnya sangat unik, lagi-lagi bertujuan menjadikan mobil lebih aerodinamis.

Baca juga  Wuling Hong Guang MINI EV, Mobil Listrik Termurah Indonesia?

Walau terlihat mungil, tapi itu hanya ilusi optik belaka. Ioniq 5 sesungguhnya punya bodi bongsor mirip Honda CR-V Turbo. Panjangnya mencapai 4.635 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.605 mm, dan ground Clearance 160 mm.

Lalu yang menarik, jarak sumbu roda Ioniq 5 tembus 3.000 mm. Lebih besar dari Hyundai Palisade yang cuma 2.900 mm

2. Interior Lega dan Nyaman

kelebihan hyundai ioniq 5 indonesia - jok belakang
Seluruh jok Ioniq 5 Indonesia punya pengaturan elektrik, bisa dibuat jadi sangat rileks

Dengan sumbur roda besar, ini menjadikan kabin mobil terasa sangat lega. Alhasil pemilik tinggi 168 cm seperti saya, duduk di jok pengemudi terasa nyaman.

Ditambah lagi, saya bisa mengatur posisi duduk sesuai keinginan secara elektrik. Jadi tinggal tekan atau geser tombol saja, jok bakal bergerak sesuai keinginan.

Plus di bangku pengemudi, ada 2 pilihan memory seat yang bisa mengingat posisi duduk yang diinginkan. Istimewa!

Jok Ioniq 5 juga bisa diatur jadi super rileks. Ini penting, terutama saat menjadi penumpang di baris pertama. Posisi jok bisa sangat nyaman untuk tidur. Ada pula tambahan sandaran betis yang semakin meningkatkan rasa rileks.

Jok baris kedua pun tidak kalah istimewa. Bisa diatur maju mundur secara elektrik. Lalu kemiringan sandarannya pun dapat disesuaikan kebutuhan.

Hyundai juga sudah memberi jok kulit warna hitam. Jadi tidak sulit untuk membersihkannya. Hadir pula fitur pendingin dan penghangat di setiap joknya. Istimewa!

Bagaimana dengan kemampuan mengangkut barang? Bagasinya luas bisa menampung barang hingga 527 liter. Lalu kalau bangku baris keduanya dilipat, bisa menghasilkan ruang lebih lega lagi mencapai 1587 liter.

Baca juga  4 Kelebihan Hyundai Ioniq, Jangan Asal Beli!

Belum lagi di kap depan, ada ruang kosong cukup besar dengan kapasitas 57 liter. Ini bisa dipakai untuk meletakkan barang belanjaan hingga portable charger Ioniq 5.

3. Punya Smart Cruise Control

kelebihan hyundai ioniq 5 indonesia - smart cruise control
Ioniq 5 Indonesia memiliki fitur smart cruise control pertama di mobil Hyundai

Dari sisi teknologi, kelebihan Hyundai Ioniq 5 Indonesia adalah memiliki smart cruise control. Fitur ini pertama kali ada di mobil Hyundai Tanah Air.

Jadi fungsinya bukan sekadar cruise control biasa, melainkan sudah adaptive. Mobil bisa melaju dan mengerem secara otomatis mengikuti kecepatan kendaraan di depan.

Kemudian fitur Hyundai Smartsense lain seperti Forward collision avoidance assist, lane following assist, safe exit assist, blind spot collision-avoidance assist, dan lain-lain juga tersedia di Ioniq 5.

Fitur lain di mobil listrik ini yang tidak kalah modern adalah layar besar warna-warni berukuran 12,3 inci yang sangat informatif. Kemudian ada mode berkendara yang bisa dipilih mulai dari eco, normal, dan sport.

Paddle shift pun hadir, tapi ini fungsinya bukan buat ganti gigi, melainkan pengaturan regeneratife braking. Tidak ketinggalan, ada wireless charger. Varian tertinggi Ioniq 5 pun memiliki total 8 speaker BOSE yang pastinya memanjakan telinga saat mendengar musik.

4. Jarak Tempuh Paling Jauh

kelebihan hyundai ioniq 5 indonesia - jarak tempuh jauh
Ioniq 5 bisa melaju hingga 481 Km

Mobil listrik, tentu jarak tempuh merupakan hal yang paling dikhawatirkan. Istimewanya, Ioniq 5 memiliki jarak tempuh terjauh dibanding produk elektrifikasi Hyundai lain.

Baca juga  3 Kekurangan Nissan Leaf Dibanding Kompetitor

Kapasitas baterainya ada dua opsi. Pertama untuk 58 kW atau dalam bahasa Hyundai disebut standard range, ini bisa untuk berkendara sejauh 384 Km.

Lalu untuk baterai yang paling besar, kapasitasnya tembus 72,6 kW atau disebut varian Long Range. Nah ini bisa membuat mobil melaju 481 Km, alias jadi mobil listrik Hyundai dengan jarak tempuh terjauh.

Tidak percaya? Ambil contoh Ioniq sedan EV yang cuma bisa melaju 373 Km. Sementara Hyundai Kona EV hanya 345 Km. Jadi memang Ioniq 5, tidak perlu diragukan lagi soal kemampuan baterainya.

5. Fitur Vehicle To Load atau Power Bank Berjalan

kelebihan hyundai ioniq 5 indonesia - v2l
Fitur V2L tidak ada di mobil listrik Hyundai lain, cuma Ioniq 5

Ioniq 5 pun punya fitur V2L atau vehicle to load. Ini memungkinkan mobil menjadi power bank berjalan. Total dayanya mencapai 3,6 kW bisa dipakai memberi tenaga berbagai perangkat elektronik, seperti kulkas hingga coffee maker.

Ada dua colokan yang bisa digunakan. Pertama di bawah jok bangku baris kedua. Itu dapat kamu manfaatkan saat mobil sedang berjalan, misalnya mengaktifkan laptop.

Sementara colokan kedua, letaknya di luar mobil, di sisi kanan belakang. Ini cuma bisa diaktifkan saat mobil berhenti. Disebut sebagai kelebihan Ioniq 5, lantaran mobil listrik Hyundai lain tidak memilikinya.

Itulah tadi bahasan soal kelebihan Hyundai Ioniq 5 Indonesia. Tertarik punya? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru