by

Spesifikasi Toyota Corolla Cross, Harga Mulai Rp 457,8 Juta

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Corolla Cross di Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Prosesi peluncuran sport utility vehicle (SUV) berlangsung via digital pada Kamis (6/8/2020).

Produk ini bakal melengkapi segmen SUV Toyota di Indonesia. Terlebih nama besar Corolla di Indonesia sudah cukup dikenal sejak dahulu.

Dengan begitu, diharapkan produk ini mampu diterima dengan cepat oleh konsumen di Indonesia. Untuk pasar Nasional, Toyota Corolla Cross ditawarkan dalam dua varian yakni V dan hybrid.

“Corolla Cross menjadi anggota keluarga baru Corolla, harapan kami konsumen dapat menyambutnya dengan hangat untuk menjadi bagian dari keluarga mereka. Kendaraan ini bisa menjadi teman, saudara hingga teman berkendara sehari-hari,” ungkap Daizo Kameyama, Chief Engineer Toyota.

Corolla Cross diyakini mampu berkontribusi dalam penjualan Toyota di pasar domestik. Hal ini bukan tanpa alasan, bila melihat segmen SUV yang terus berkembang di Indonesia.

Lalu seperti apa detail spesifikasi Toyota Corolla Cross di Indonesia? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Eksterior Toyota Corolla Cross Indonesia

Toyota Corolla Cross akan meluncur di Indonesia di 2020
Toyota Corolla Cross resmi meluncur, harga mulai Rp 457,8 juta

Tampilan Toyota Corolla Cross terlihat menarik, berbekal platform Toyota New Global Architecture C (TNGA-C). Platform TNGA sendiri sudah digunakan oleh sejumlah produk terbaru Toyota, seperti Toyota C-HR, Toyota Corolla Altis, dan produk lainnya.

Kompetitor Mitsubishi Eclipse Cross dan Mazda CX-30 ini, punya desain dan rancang bangun yang menarik. Desain bodi terkesan kalem, namun fascianya terkesan kokoh dan tangguh.

Pada eksterior belakang, terlihat mobil ini punya buritan yang menggambarkan ruang yang lega di dalamnya. Di atas kertas, mobil ini didukung dengan dimensi yang mumpuni.

Berbekal dimensi panjang 4.460mm, lebar 1.825mm, tinggi 1.620mm, dan wheelbase 2.640mm. Mobil ini diklaim menyajikan ruang kabin yang lapang.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Sienna, Alphard Kalah Mewah?

Guna menopang kenyamanan, suspensi sudah menggunakan model macpherson strut di bagian depan, dan torsion-beam di bagian belakang. Mobil ini juga didukung dengan rem cakram di keempat rodanya. Karena hadir dalam dua varian, ukuran pelek antar varian kabarnya akan sedikit berbeda.

Pada tipe V dilengkapi dengan pelek berukuran 17 inci dengan ban berukuran 215/60. Sementara untuk varian hybrid didukung dengan pelek berukuran 18 inci dengan ban berukuran 225/50.

Desain SUV ini terkesan menyerupai sosok RAV4, dengan gril didominasi kelir hitam. Serta didukung dengan desain headlamp tajam, yang dipadukan dengan lampu LED DRL (daytime running lights).

Bumpernya pun didesain senada dengan gril, mengusung warna hitam. Bagian side skirt dan fender juga mengusung warna hitam khas mobil-mobil SUV.

Interior Corolla Cross

Interior Toyota Corolla Cross Indonesia
Desain kabin Toyota Corolla Cross Indonesia

Interior Toyota Corolla Cross punya desain yang modern dan mewah. Mobil ini turut menawarkan ruang bagasi yang besar dengan kapasitas maksimal hingga 487 liter.

Selain itu, ruang kepala yang luas membuat penghuni kabin semakin merasa lega. Untuk mendapat tingkat kenyamanan lebih, Toyota juga telah melengkapinya dengan Power Back Door dengan Activated Kick Sensor yang memungkinkan pengemudi maupun penumpang tidak perlu menyentuh handle pintu belakang ketika ingin membukanya.

Cukup arahkan kaki ke sensor di bawah pintu. Fitur ini memudahkan Anda untuk memasukkan barang bawaan ke bagasi tanpa repot.

Terkait menunjang kenyamanan di dalam kabin. Mobil ini sudah dilengkapi dengan Power Adjustable Driver Seat, Dual-Zone Automatic Climate Control.

Layaknya sebuah SUV yang mumpuni, Toyota Corolla Cross memiliki ruang bagasi yang lebih luas, kursi belakang dapat dilipat rata lantai. Selain itu, tersedia juga sandaran kursi belakang dengan cup holders, port USB, dan AC untuk penumpang di bangku baris belakang.

Baca juga  Komparasi SUV Ringkas: MG ZS Vs Honda HR-V?

Salah satu yang cukup menarik dari produk ini adalah sistem hiburan yang dibenamkan. Di mana Corolla Cross disematkan head unit layar sentuh berdimensi 9 inci. Head unit ini kompatibel dengan Apple CarPlay bersama T-Connect.

Baca juga:

Spesifikasi Mesin Toyota Corolla Cross

Spesifikasi Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu 1.8 liter dan hybrid

Untuk pasar Indonesia, Toyota Corolla Cross ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni mesin bensin dan hybrid. Wah.. menarik juga,  Sob!

Mengacu pada spesifikasi Toyota Corolla Cross, mobil tersedia dalam pilihan mesin bensin 1.8 liter dan versi hybrid. Mesin bensin Toyota Corolla Cross mengandalkan mesin berkode 2ZR-FBE berkapasitas 1.8 liter 4 silinder.

Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 140 Hp dengan torsi 175 Nm. Tenaga dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT ke roda penggerak depan.

Sementara untuk versi hybrid, mengusung mesin berkapasitas 1.789 cc, dengan semburan daya maksimal 96 hp pada 5.200 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.600 rpm.

Untuk motor listriknya mampu menyemburkan daya tambahan sebesar 72 hp dan torsi 163 Nm. Secara total tenaga yang dihasilkan sebesar 120 hp yang disalurkan pada dua roda di depan atau front wheel drive (FWD).

Tenaga yang dihasilkan tersebut disalurkan melalui transmisi Electric Continious Variable Transmission (e-CVT).

Fitur Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross
Di atas kertas, Toyota Corolla Cross didukung fitur berlimpah dan mampu bersaing dengan kompetitor

Berbicara mengenai fitur, Toyota Corolla Cross nampaknya patut jadi pertimbangan bagi kalian yang ingin memiliki sebuah SUV. Di mana mobil ini mendapatkan perlindungan terbaik untuk pengemudi dan penumpang.

Baca juga  Kenalan Singkat Dengan Toyota Kijang Innova Ambulans

Soal fitur keselamatan Corolla Cross memiliki rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbagsHill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

Kemudian untuk fitur kenyamanan tersedia audio steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inchi, dan head unit 9 inchi yang dilengkapi konektivitas radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command. Tidak ketinggalan hadir fitur moonroof, rain sensor, serta pembuka bagasi belakang secara otomatis dengan kaki.

Harga Toyota Corolla Cross 2020

Spesifikasi Toyota Corolla Cross meluncur di Indonesia tahun 2020
Toyota Corolla Cross meluncur di Indonesia tahun 2020

Harga Toyota Corolla Cross ditawarkan dalam dua varian yakni V dan Hybrid. Pada varian V dijual dengan banderol Rp 457,8 juta (OTR Jakarta), sementara Corolla Cross Hybrid dipasarkan Rp 497,8 juta (OTR Jakarta).

Bagi kalian yang berminat untuk membeli Toyota Corolla Cross. Dealer-dealer Toyota saat ini sudah membuka keran pemesanan untuk konsumen.

“Kalau berminat, saat ini sudah bisa melakukan pemesanan, dengan membayar booking fee Rp 10 juta. Lebih cepat pemesanan, unitnya jadi akan lebih cepat juga sampai,” ujar seorang tenaga penjual dealer Toyota di kawasan Jakarta Selatan, ketika dihubungi Moladin beberapa waktu lalu.

Gimana tertarik meminang Toyota Corolla versi SUV tersebut? Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 comments

Terbaru