7 City Car Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan, Ada Wuling Air EV!

by Deni Ferlindungan
city car terbaik 2023

Pilihan untuk city car terbaik untuk tahun 2023 di Indonesia cukup beragam di pasar Nasional. Apalagi sudah ada varian elektrik masuk di segmen ini yaitu Wuling Air EV. Jadi, opsinya tidak lagi cuma produk LCGC seperti Honda Brio dan Toyota Agya. Bahkan, ada merek mobil Eropa yang ikutan, seperti Citroen C3. 

Beragam produk tersebut menawarkan sejumlah keunggulan untuk dapat menarik hati konsumen. Wajar, bila mobil perkotaan memang masih cukup digandrungi oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Alasan kuat mobil ini menjadi pilihan, lantaran punya dimensi yang mungil, dengan pilihan warna yang menarik. Harganya juga tergolong murah, bahkan ada yang di bawah Rp 200 jutaan.

Sebelum membahas mengenai jajaran produk city car terbaik yang dipasarkan di Indonesia. Konsumen juga wajib mengetahui pengertian mengenai city car lebih dulu. City car merupakan sebuah mobil dengan mesin dan dimensinya di desain untuk menaklukkan jalan perkotaan, yang biasanya padat dan macet. Mobil kecil ini memiliki keunggulan dari sisi efisiensi bahan bakar.

Di Indonesia, ada banyak pilihan city car yang bisa jadi pilihan untuk kamu. Bujet pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mengingat pilihannya kini beragam. Bagi kamu yang ingin cari city car terbaik dengan harga murah untuk tahun 2023, pilihannya juga ada dari merek Suzuki seperti Ignis dan S-Presso.

Hanya saja yang perlu diingat, kebanyakan mobil jenis ini hanya mengedepankan fungsionalitas, sehingga fitur keselamatan dan kenyamanan tergolong kurang. Bagi kalian yang ingin  membeli city car, alangkah baiknya juga mengetahui mengenai sejumlah keunggulan dan juga kekurangan dari city car secara umum.

Keunggulan City Car

city car terbaik

Ada sejumlah pilihan city car terbaik di Indonesia

Secara tampilan, city car punya desain yang mungil yang membuat para pengendara lebih mudah untuk melintasi jalan yang macet di kota besar. Hal ini jadi salah satu keunggulan city car.

Mobil City Car juga mempermudah pengemudi saat parkir, karena bodinya yang kecil. Keunggulan selanjutnya adalah mobil ini sangat irit bahan bakar. Karena mesinnya yang tidak terlalu besar, bobotnya juga relatif ringan. Ditambah lagi harga yangmurah jadi keunggulan. Bahkan Daihatsu Ayla saja ada yang dijual di bawah Rp 200 jutaan.

Kelemahan City Car

city car terbaik 2020

Daftar city car terbaik yang bisa jadi pilihan masyarakat

Layaknya sebuah mobil, tentunya tak luput dari kelemahan. Salah satu kelemahan yang sering ditemui pada mobil ini adalah tidak mampu menembus medan-medan yang sulit seperti menanjak, dan juga melewati jalan yang rusak. Penyebabnya tentu mesin yang digunakan adalah kapasitas kecil.

Kemudian bodi yang mungil, juga membuat city car kurang nyaman saat diajak melakoni perjalanan jauh. Kabinnya tidak bisa diisi oleh banyak orang dan barang. Maksimal cuma 4-orang dengan sedikit barang di bagasi. Saat melaju dalam kecepatan tinggi, mobil juga cenderung tidak bisa terlalu cepat.

Bagi kamu yang ingin menggunakan city car untuk membantu mobilitas sehari-hari. Moladin akan memberikan sejumlah rekomendasi city car terbaik yang bisa jadi pilihan untuk menunjang kebutuhanmu. Apa saja pilihan city car terbaik untuk tahun 2023? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Honda Brio, City Car Terlaris Saat Ini

Honda Brio, City Car Terbaik dan terlaris di Indonesia

Honda Brio merupakan salah satu city car terbaik dan terlaris di Indonesia

Berbicara mengenai city car terbaik pertama yang bisa jadi pilihan adalah Honda Brio. City car ini menawarkan desain sporty dengan pilihan warna cerah yang sangat cocok untuk kalian yang berjiwa muda.

Baca juga  Sejarah Daihatsu Ayla: Sudah Generasi Kedua, Masih Murah!

Honda Brio sendiri terbagi ke dalam dua model, RS dan Satya. Untuk varian RS, tentu desainnya lebih sporty, fitur keamanan dan hiburan juga lebih banyak dibanding varian Satya.

Brio RS ditawarkan dengan harga yang lebih mahal. Sedangkan untuk Honda Brio Satya adalah kebalikannya, yang punya harga terjangkau. Keunggulan dari sisi harga itu, membuat Brio Satya menjadi salah satu city car terlaris di Tanah Air saat ini.

2. Toyota Agya, City Car Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

agya ayla facelift 2020

Toyota Agya merupakan kembaran dari Ayla yang saat ini hanya tersedia dengan pilihan mesin 1.2 liter

Toyota Agya mungkin bisa jadi salah satu pilihan bagi kamu yang mencari city car terbaik di Indonesia. Untuk urusan fitur yang ditawarkan juga mobil ini sudah cukup mumpuni.

Apalagi jika kamu membeli varian teratas, GR Sport A/T. Kelebihannya punya berbagai aksesori yang membuat tampilannya semakin sportif. Tidak ketinggalan logo GR Sport juga tersemat di bodinya sebagai identitas, pada gril dan setir.

Desain sporty dan stylish merupakan ciri khas Toyota Agya. Secara keseluruhan, mobil ini menawarkan 6 pilihan warna: kuning, merah, putih, hitam, perak, dan abu-abu gelap.

Interior juga cukup menarik, dengan dominasi kelir hitam yang mampu menciptakan kesan elegan. Sudah tersedia pula pengaturan AC digital, pengaturan kaca spion elektrik, power window, dan central door lock pada bagian samping pengemudi.

Tak lupa, mobil ini juga sudah dilengkapi head unit layar sentuh, serta sudah disematkan start/stop engine button, lho! Gimana menarik bukan?

Agya hanya menawarkan satu pilihan mesin yakni 1.197 cc untuk semuar variannya yang terdiri dari 1.2 G M/T, 1.2 G A/T, GR Sport 1.2 G M/T , dan GR Sport 1.2 G A/T.

Toyota Agya 1.197 cc menggunakan tipe mesin 4 Cylinder in-line 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i yang mampu menghasilkan daya hingga 88 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi sebesar 108 Nm/4.200 rpm. Harga mobil Toyota Agya saat ini mulai dari Rp 159,7 juta hingga Rp 181,5 juta.

3. Daihatsu Ayla, Bisa Jadi Pilihan City Car Murah

Harga Daihatsu Ayla facelift 2020

Secara tampilan Daihatsu Ayla facelift tampil lebih segar

Mau cari city car terbaik dengan banderol murah? Mungkin kamu bisa memilih city car murah lansiran Daihatsu, yakni Ayla. Mengingat harga yang ditawarkan cenderung terjangkau, lho!

Daihatsu Ayla ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp 102,15 juta hingga Rp 159,9 juta. Ayla tersedia dalam 12 varian yakni Daihatsu Ayla 1.0 D MT, 1.0 D+ MT, 1.0 X MT, 1.0 X AT, 1.0 X Deluxe MT, 1.0 X Deluxe AT, 1.2 X MT, 1.2 X AT, 1.2 R MT, 1.2 R AT, 1.2 R Deluxe MT, dan 1.2 R Deluxe AT yang merupakan varian termahal.

Tampilan Daihatsu Ayla versi terbaru pun cukup menarik, dengan tampilan yang lebih modern dan sportif. Perubahan paling mencolok terlihat pada bagian gril yang kini berukuran besar berkelir hitam yang dipadukan dengan bumper dengan desain baru.

Ubahan itu setidaknya mampu mendongkrak tampilan Daihatsu Ayla terbaru jadi semakin modern dan sporty. Selain itu, aerokit bagian depan dan belakang mobil ini juga mendapatkan sentuhan baru, bila dibandingkan dengan model sebelumnya.

Baca juga  Sejarah Suzuki Baleno, dari Sedan ke Hatchback!

Bagian pelek turut mendapat perhatian dari pabrikan. Di mana Daihatsu Ayla facelift dilengkapi dengan pelek baru untuk tipe 1.2 R sudah dual tone. Sementara untuk tipe 1.0 X, 1.0 X DLX, dan 1.2 X menggunakan pelek single tone dengan nuansa abu-abu gelap masih berukuran 14 inci.

Dibandingkan dengan model sebelumnya, Ayla facelift 2020 interiornya juga lebih modern. Sejumlah fitur pun sudah tersedia. Perubahan cukup menarik terlihat pada bagian dasbor yang terlihat lebih menarik dengan dominasi kelir hitam.

Selain itu, pada bagian jok juga telah dilengkapi dengan pola dan warna baru. Namun masih menggunakan bahan fabric, yang lumayan halus. Tak lupa mobil ini sudah dilengkapi AC digital.

Head unit sudah 2-Din berukuran 7 inci. Head unit tersebut punya tampilan yang berbeda dibanding versi lama. Soal konektivitas, dapat terintegrasi MP3, DVD, USB, radio, bluetooth, dan Aux. Mobil ini juga didukung audio switch di kiri setir.

4. Suzuki Ignis, City Car Bergaya SUV

Suzuki Ignis facelift 2020

Suzuki Ignis, City Car ‘rasa’ SUV

Berbeda dari jajaran produk city car terbaik lainnya, untuk mobil ini punya desain ala-ala SUV yang menjadi salah satu daya tariknya. Suzuki Ignis, city car non-LCGC yang mungkin bisa jadi pilihan kamu.

Meski tidak masuk dalam segmen LCGC, namun harga yang ditawarkan masih cenderung terjangkau, Sob! Di mana Suzuki Ignis dibanderol mulai dari Rp 210,5 untuk type GX MT dan Rp 220,5 type GX AT.

Masing-masing tersedia pilihan transmisi manual 5-percepatan dan Auto Gear Shift (AGS). Mesin yang ditawarkan 4-silinder inline 1.197 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 81,8 hp dengan torsi maksimum 113 Nm.

City car rasa SUV ini juga menawarkan sejumlah keunggulan, khususnya pada sisi desain. Secara tampilan Suzuki Ignis terbaru kini tampil lebih modern, dan juga menarik. Produk Urban SUV Suzuki tersebut menggunakan gril dengan desain baru yang dipadukan dengan aksen krom.

Bumper juga kini terlihat lebih modern, ang terlihat dari bagian skid-plate, dan rumah fog lamp kini dibuat terpisah.

Pada bagian samping, tampilan Ignis facelift terbaru semakin tegas berkat hadirnya lekukan yang menyudut dan skid-plate silver, serta reflektor baru.

Bila melihat model yang dijual di India. Sektor interiornya juga mengalami revisi. Sebut saja kain jok baru beraksen kotak-kotak. Ada pula head unit berukuran besar, 7 inci yang menunjang kenyamanan ketika berada di dalam kabin.

5. Wuling Air EV, City Car Electric

city car terbaik

Wuling Air EV dengan velg 14 inci. Foto: Reindy Riupassa

Wuling Air EV juga bisa dikatakan city car terbarik lantaran spesifikasi dan dimensinya cocok untuk perkotaan. Mobil listrik mungil asal Cina ini menggunakan motor listrik dengan daya maksimal 30 kW. Kemudian tenaga yang dihasilkan tersebut dihantarkan melalui transmisi single redcution gear ke roda belakang.

Sebagai jantung dari sumber listrik kendaraan mungil ini, Wuling menggunakan baterai lithium ferro phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh untuk tipe Standard Range dengan jarak tempuh hingga 200 kilometer. Sementara untuk tipe Long Range menggunakan kapasitas baterai 26,7 kWh dan diklaim dapat mencakup jarak tempuh hingga 300 kilometer saat terisi penuh.

Dengan daya jelajah yang sedemikian jauh, jika dihitung rata-rata jarak penggunaan dalam kota 30 km/hari Wuling Air bisa digunakan sekiar 4-5 hari tanpa pengecasan.

Baca juga  Menilik Lebih Dalam Spesifikasi Daihatsu Sirion

Oh ya, untuk varian Long Range, Wuling Air EV menyematkan beberapa tambahan fitur seperti Integrated Floating Widescreen dengan layar meter cluster 10,25 inci dan layar head unit dengan ukuran yang sama, keyless entry, synthetic leather seat, Smart Start System, serta Extended Horizon LED DRL.

Sebagai mobil perkotaan fitur keselamatannya juga lengkap. Wuling Air EV menyuguhkan Airbags untuk penumpang depan dan pengemudi. Selain itu ada pula fitur  rem cakram pada roda depan dan belakang, ABS, EBD, Hill Hold Control (HHC), TPMS, Sound Module for pedestrian Warning serta ISOFIX. Khusus Wuling Air ev Long Range turut ditambahkan dengan Electronic Stability Control (ESC) dan Electric Parking Brake with AVH.

6. Suzuki S-Presso, City Car Paling Irit

city car terbaik - suzuki s-presso

S-Presso merupakan salah satu city car murah di Indonesia

Mungkin satu-satunya yang bisa diandalkan dari mobil city car ini adalah konsumsi BBM nya yang irt. Suzuki S-Presso menggunakan mesin K10B dengan kubikasi 1000 cc 3 silinder DOHC yang dikombinasikan dengan pilihan transmisi AGS (Automatic Gear Shift) dan manual 5-percepatan. Di atas kertas mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 73,7 hp pada 5.500 rpm serta torsi puncak 90 Nm pada putaran mesin 3.500 rpm.

Bagaimana dengan konsumsi BBM-nya? Kelebihan Suzuki S-Presso adalah bisa mengirit bensin hingga 21,1 km/liter dengan metode full to full dengan jarak tempuh perjalanan 77 Km.

Jika dibandingkan dengan Karimun Wagon R penggantinya yang kini sudah tidak, dengan mesin 1.000 cc Karimun hanya mampi mencapai 20,6 km/liter dan Suzuki Ignis dengan mesin 1.200 cc memperoleh catatan 19,5 km/liter. Artinya S-Presso memang jadi mobil teririt Suzuki saat ini.

7. Citroen C3 , City Ear Eropa

city car terbaik

Harga Citroen C3 lebih mahal dari Daihatsu Rocky varian

Citroen C3 merupakan citycar terbaru di Indonesia. Desainnya kompak, khas mobil perkotaan. Walau merek Eropa, tapi mobil ini masuk Indonesia diimpor langsung dari pabrik Citroen di India.

Bicara mesin, Citroen C3 mengusung kubikasi 1.200 cc (Pure Tech 82) tiga silinder tanpa turbo. Mampu mengeluarkan torsi 115 Nm pada 3.750 rpm dan tenaga 82 PS pada 5.750 rpm. Transmisi yang jadi pandanannya manual 5-percepatan, tidak ada pilihan otomatis sama sekali. Performa ini setara dengan mesin Toyota Raize dan Daihatsu Rocky 1.200 cc.

Hanya saja yang paling menggembirakan ada di konsumsi BBM irit. Klaim Citroen, C3 bisa menghemat bensin hingga 19,8 Km/liter. Tentu ini sangat bermanfaat di saat harga BBM sedang naik tinggi di Indonesia.

City Car Bekas Terbaik

City car terbaik

Karimun Wagon R kini tidak lagi dijual dalam model baru

Buat kalian yang menginginkan city car bekas terbaik dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. Mungkin pilihannya bisa jatuh kepada Suzuki Karimun Wagon R.

Berdasarkan catatan Moladin, konsumsi bahan bakar yang bisa diraih oleh Karimun Wagon R bisa menembus 22,8 km/liter. Konsumsi bahan bakar yang dihasilkan dalam kecepatan konstan 80 kpj, sejauh 150 kilometer di tol trans Jawa.

Pencapaian tersebut bisa jadi acuan kamu yang ingin mencari city car paling irit yang tersedia di Indonesia. Di atas kertas Karimun Wagon R dipersenjatai mesin K10B berkubikasi 1.0 liter 3-silinder dengan teknologi injeksi yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 68 ps dengan torsi 90 Nm. Mesin tersebut cukup mumpuni ketika mobil dipacu secara stop and go, terlebih di jalan yang padat seperti Ibukota.

Tampilannya memang tak semanis kompetitor lainnya, seperti Honda Brio, Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan sejumlah city car lainnya. Namun untuk urusan mesin mobil ini cukup bisa diandalkan, lho!

Sekarang sudah tahukan mengenai city car terbaik yang bisa jadi pilihan? Semoga informasi dari Moladin.com ini dapat bermanfaat buat kamu, Sob! Selamat memilih ya. (Ditulis ulang oleh: Tigor Qristovani)

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika