by

Modifikasi Yamaha Fino, Pilih Cafe Racer atau Retro?

Modifikasi Yamaha Fino – Perkembangan skuter matik (skutik) di Indonesia, semakin digemari masyarakat. Populasinya di jalanan pun kini semakin tinggi.

Sebagai gambaran, hampir semua pengendara kendaraan roda dua menggunakan motor dengan transmisi otomatis, dalam berbagai brand. Penggunaan yang cenderung lebih mudah dioperasikan dibanding motor manual, menjadi alasan banyak masyarakat beralih ke motor matik.

Banyak masyarakat menganggap bahwa, menggunakan motor matik lebih nyaman, dan pastinya tidak membuat pengemudi lelah ketika mengendarainya. Dari beragam motor matik yang dijajakan di Indonesia, Yamaha Fino cukup banyak diminati masyarakat.

Hal ini tak lepas dari banderolnya yang cenderung terjangkau, serta menawarkan desain yang klasik. Perawatan skutik ini pun dianggap cukup mudah, dan punya karakter mesin yang bandel.

Tidak hanya tampilannya yang terbilang unik, motor keluaran Yamaha ini memang masih menjadi pilihan andalan hingga kini, terutama untuk wanita.

Meski begitu, modifikasi Yamaha Fino yang terbilang mudah dan tidak mahal inilah yang membuat motor roda dua ini menjadi pilihan banyak orang.

Tips Modifikasi Yamaha Fino

tips modifikasi yamaha fino
Modifikasi pada dasarnya disesuaikan dengan preferensi pribadi, namun tidak boleh lupakan unsur safety

Sebelum jauh melangkah untuk modifikasi Yamaha Fino, kamu setidaknya perlu mempelajari sejumlah hal. Mengingat ada beragam aliran modifikasi yang bisa diaplikasikan pada Fino.

Tips modifikasi motor Fino yang pertama mungkin kamu bisa menentukan dahulu aliran yang tepat pada motor kesayanganmu. Karena jenis modifikasi untuk Yamaha Fino ini cukup beragam, pilihannya kamu bisa mengusung aliran cafe racer atau scrambler.

Bisa juga kamu mengusung Yamaha Fino modifikasi retro, Sob! Untuk ubahan ala retro ini, kamu setidaknya lebih bisa menghemat bujet, mengingat standar pabrikan saja, Fino sudah punya tampilan retro yang khas.

Sebagai gambaran untuk kamu, kali ini Moladi juga akan membeberkan sedikit mengenai modifikasi cafe racer dan scrambler. Keduanya merupakan gaya modifikasi yang umum dipakai oleh motor naked sport. Hanya saja bukan tidak mungkin diterapkan ke skutik seperti Fino.

Yamaha Fino Modifikasi Cafe Racer atau Scrambler?

modifikasi yamaha fino cafe racer
Ilustrasi gaya scrambler yang biasanya pakai ban dual purpose, Bisakah modifikasi Yamaha Fino seperti ini?

Dari banyaknya gaya modifikasi untuk motor, sepertinya konsep klasik atau gaya retro masih jadi pilihan utama. Sudah bisa kamu lihat, tidak sedikit pemilik motor, terutama motor sport dengan tampilan yang perlente disulap habis menjadi motor dengan gaya jadul yang benar-benar klasik.

Tak sampai di situ saja, motor yang tadinya sudah terlihat keren akan tampak lebih mentereng! Pertanyaannya, apakah kamu termasuk orang yang suka dengan modifikasi motor dengan konsep retro?

Baca juga  7 Kelebihan Yamaha XSR 155 yang Tidak Dipunya Kompetitor

Jika iya, kamu harus tahu dulu nih, modifikasi motor bergaya retro punya dua aliran besar, yakni café racer dan scrambler. Lalu, kamu sudah tahu belum apa yang menjadi pembeda di antara kedua aliran modifikasi gaya retro ini? Pasalnya, keduanya tampak nyaris sama, lho!

Perbedaan pertama ada pada setang motor. Aliran cafe racer biasanya pakai setang motor jenis underyoke di bawah segitiga (fork) atau biasa dikenal sebagai setang jepit, sementara aliran scrambler lebih keren dengan tampilan setang biasa atau yang tinggi dan lebar.

Sederhananya, cafe racer bikin pengemudinya menunduk seperti sedang mengendarai motor balap zaman dulu. Jadi, model setang pun harus mendukung posisi membungkuk ini.

Perbedaan kedua, juga bisa kamu lihat pada bagian ban. Untuk motor yang menggunakan aliran cafe racer, model ban yang dipakai tidak perlu dual purpose atau bisa dipakai untuk track on-road maupun off-road.

Ban yang disarankan untuk aliran ini bisa berupa ban sport atau ban klasik. Berbeda dengan aliran scrambler yang memang disarankan untuk menggunakan ban dual purpose.

Daftar Harga Yamaha Fino Terbaru

Produk Kelebihan Harga
Yamaha Fino Premium Harga Terjangkau Cek Promo di Sini!
Yamaha Fino Grande Fitur Lampu LED dan SSS Cek Promo di Sini!

Ingin Modifikasi Yamaha Fino Cafe Racer? Wajib Banyak Sentuhan Baru

 

modifikasi Yamaha Fino cafe racer
Banyak ubahan untuk modifikasi Yamaha Fino model Cafe Racer

Membahas Yamaha Fino modifikasi cafe racer ini, yang biasa diaplikasikan pada motor naked. Kamu perlu mengetahui bahwa aliran cafe racer juga bisa dijadikan pilihan untuk modifikasi Yamaha Fino.

Dalam kondisi standar saja, Yamaha Fino sudah punya tampilan khas retro. Pertanyaan apa saja yang diubah untuk menunjang Yamaha Fino modifikasi cafe racer?

Guna menunjang tampilannya, buntut belakang Yamaha Fino tentunya wajib mendapatkan sentuhan modifikasi. Mengingat bagian belakang ala hornet atau buntut tawon merupakan ciri khas modifikasi cafe racer.

Sayangnya, fitur ini tidak selalu diaplikasikan pada motor. Karena tidak semua pengendara menyukai adanya fitur ini pada motor mereka. Namun, kalau kamu tertarik, bisa coba mengaplikasikannya.

Kemudian, untuk menunjang modifikasi Yamaha Fino cafe racer ini. Kamu perlu mengubah jok motor yang dirancang menjulang dengan buntut yang menukik.

Bagian buritan motor pakai single seat, yang memang banyak digunakan untuk modifikasi motor model cafe racer. Selanjutnya, lepas bagian sepatbor belakang, sehingga tampilan klasik dan retro akan semakin terlihat.

Baca juga  5 Motor Yamaha Maxi Series, Suka yang Mana?

Faktor penting yang perlu kamu perhatikan adalah bagian kaki-kakinya untuk menunjang kesan retro semakin terasa. Pilihannya mungkin kamu bisa memilih pelek mungil dengan ukuran ring 12 inci monoblock.

Biasanya, pelek yang digunakan adalah ukuran 14 inci, tetapi kalau kamu ingin kesan lebih unik dengan kaki-kaki yang terlihat lebih berisi, ukuran ring 12 inci bisa menjadi pilihan terbaik.

Nah, untuk menunjang tampilan serta meningkatkan kenyamanan. Kamu bisa menggunakan suspensi X-Ride di bagian depan dengan ukuran cakram yang lebih besar.

Tidak ada salahnya juga kamu menambahkan footstep pada bagian dek, agar posisi pengendara lebih ergonomis ketika menunggangi ‘belalang tempur’ ini terasa lebih baik.

Ubah Warna Klasik, Mampu Tingkatkan Tampilan Modifikasi Yamaha Fino Cafe Racer

modifikasi motor fino
Gaya cafe racer punya ciri penggunaan setang jepit dan jok single seater

Kamu yang suka dengan modifikasi Yamaha Fino cafe racer. Kamu bisa mengubah tampilannya dengan mengubah warna.

Sejumlah penyesuaian perlu kamu lakukan, untuk menghasilkan gaya klasik semakin terasa. Mungkin saja dengan memainkan warna Yamaha Fino yang kamu bisa sesuaikan.

Melalui perubahan cat atau warna, setidaknya mungkin bisa meningkatkan tampilan skutik kamu jadi semakin ciamik. Alangkah baiknya jika kamu memilih warna-warna klasik, agar modifikasi Yamaha Fino cafe racer ataupun retro semakin kentara.

Hindari untuk menggunakan warna yang terlalu terang atau ngejreng. Mengingat aliran cafe racer kental dengan gaya tempo dulu.

Sehingga ada baiknya pilihan warna yang kamu gunakan menyerupai motor balap era-60an. Modifikasi motor Fino ini tampil beda dan bisa jadi pusat perhatian saat sedang melintas di jalanan.

Walau begitu, tidak menutup kemungkinan untuk kamu menggunakan berbagai warna sesuai keinginan. Terkadang, hal ini dimaksudkan menyesuaikan dengan preferensi pribadi. Jadi, sebenarnya dalam dunia modifikasi, sah-sah saja menggunakan warna yang tidak lazim. Asalkan tetap bisa dinikmati dan memiliki tema yang berkaitan.

Baca juga:

Mau Bangun Yamaha Fino Modifikasi Retro? Ini Refrensinya

Modifikasi Yamaha Fino retro
Contoh modifikasi Yamaha Fino retro

Pilihan modifikasi motor Fino yang bisa kamu lakukan, adalah dengan mengusung konsep Yamaha Fino modifikasi retro, Sob! Untuk modifikasi yang satu ini bisa jadi pilihan selain konsep cafe racer.

Yamaha Fino modifikasi retro ini, tidak banyak sentuhan yang perlu kamu lakukan. Pasalnya secara tampilan standarnya saja, Fino sudah memiliki desain yang klasik.

Baca juga  Honda ADV 150 Versi Batman Hadir di Thailand

Pun begitu, jika kamu ingin melakukan ubahan yang ekstrem, kami akan memberikan sebuah gambaran mengenai Yamaha Fino modifikasi retro yang cukup mencuri perhatian.

Fino Concept Bike Lansiran Thailand

Yamaha Fino modifikasi Retro
Yamaha Fino modifikasi Retro dengan konsep seperti ternyata cukup menarik

Dilihat sekilas tentunya Yamaha Fino yang satu ini akan sulit sekali untuk ditebak basisnya apa. Karena sentuhan modifikasi Yamaha Fino yang satu ini terlihat cukup ciamik.

Mengutip laman Mocyc.com, motor berkelir putih merah ini mengalami rombakan yang cukup signifikan. Seluruh bodinya sudah diganti total, nyaris sama sekali tak terlihat karakter Fino.

Konsep modifikasi motor fino ini, merupakan motor konsep buatan Yamaha Thailand bersama produsen komponen modifikasi Ride It. Motor konsep yang diusung pada skutik berjuluk “Fioracer” ini adalah perpaduan antara sisi futuristis dan gaya retro.

Sekadar gambaran untuk kamu, ubahan-ubahan yang dilakukan terlihat mulai dari tampilan depan yang dirancang dengan rumah lampu besar dengan berisi sebuah lampu projie.

Selain itu, untuk menunjang tampilannya semakin terasa retro, sepatbor depan pun tak kalah dibuat makin gembung untuk menutupi ban gambot. Sedangkan untuk bagian kokpit ada rumah baru untuk panel instrumen.

Mengacu pada racikan Yamaha Thailand ini, terlihat bagian setang turut diubah bergaya “h-shape” ala motor chopper. Bagian bodi belakang menunjukkan bahwa kesan ramping Yamaha Fino seakan-akan dibuat sirna.

Apalagi ditambah dengan jok custom yang terlihat sangat nyaman, untuk berkendara di perkotaan maupun touring. Jok pun dibuat bergaya single seat, sedangkan untuk bagian boncenger kini sudah ditutup dengan bodi tambahan.

Motor berjuluk Fioracer ini juga diciptakan dengan visi sebagai skutik yang nyaman untuk pengendara wanita, lho. Makanya jangan heran kalau kesan garang tak tampak di motor ini, yang ada justru tampilan lebih imut.

Tampilan bodi belakang yang bongsor juga diperkuat lagi dengan sebuah bodi tambahan, yaitu bagian yang menyerupai cover untuk ban belakang sekaligus jadi cover untuk mesin serta knalpot.

Gimana menarik bukan? Semoga informasi mengenai modifikasi Yamaha Fino ini bisa bermanfaat buat kamu yang ingin modifikasi motor Fino cafe racer maupun konsep modifikasi Yamaha Fino retro, Guys!

Sebelum jauh melangkah untuk memutuskan modifikasi skutik kesayanganmu, alangkah baiknya menentukan konsep yang tepat, Ya! Dengan begitu, kamu juga mengetahui kira-kira bujet yang pas sebelum memutuskan untuk modifikasi kendaraanmu.

Terbaru