by

Ini 5 Fungsi WD-40, Minyak Multiguna

Buat kalian yang hobi merawat kendaraan bermotor, tentu tak asing dengan cairan WD-40. Mengingat fungsi WD-40 begitu berguna untuk merawat mobil maupun motor.

WD merupakan kepanjangan dari Water Displacement (penghilang kelembaban), yang formulasi cairannya disempurnakan pada upaya ke-40. Produk asal San Diego, California, Amerika Serikat ini punya 2.000 kegunaan yang diklasifikasikan menjadi lima jenis pemakaian.

Secara garis besar, kebanyakan orang mengetahui fungsi WD-40 sebagai cairan anti karat. Namun sejatinya WD-40 lebih tepat sebagai pembersih dan pelindung karat.

Buat kalian yang tertarik menggunakan WD-40, bisa menemui produk ini dengan banderol yang cukup beragam. Untuk ukuran 300 ml biasanya dijajakan dengan banderol sekitar Rp 50 ribuan atau lebih murah.

Sedangkan untuk ukuran yang lebih kecil, yakni 200 ml, biasanya WD 40 dijajakan sekira Rp 40 ribuan. Harga tidak mengikat, tergantung kalian membelinya.

Kemasan WD40 biasanya berkelir biru yang dipadukan dengan kelir kuning. Kemasannya pun beragam, serta ditawarkan dalam sejumlah varian.

Nah, jika bicara fungsi WD-40 lebih dalam. Sejatinya cairan ini bisa digunakan untuk sejumlah kebutuhan.

Jadi tidak hanya semata-mata sebagai cairan anti karat saja. Karena banyak kegunaan yang bisa kalian petik dari produk yang satu ini.

Baca juga  Jangan Beli Harley Davidson Bekas, Sebelum Baca Ini!

Daripada penasaran, berikut ini Moladin akan memberikan gambaran singkat mengenai fungsi WD-40 yang mungkin bisa kalian gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

1. Fungsi WD-40 yang Utama Mampu Menghilangkan Kelembaban

Mengenal fungsi WD 40
Mengenal fungsi WD-40

Pertama membahas fungsi WD-40 adalah untuk melindungi busi dan rumah busi dari air atau kelembaban. Tujuannya tentu menghindari kendaraan mogok, terlebih ketika menghadapi musim penghujan.

Jadi ketika menghadapi musim hujan, tak ada salahnya jika kalian rutin menyemprotkan WD-40 ke rumah busi. Karena cairan ini juga bisa mencegah karat yang mungkin terjadi di mesin.

2. Berfungsi Untuk Melumasi

WD 40
Penggunaan WD-40

Fungsi WD-40 yang kedua adalah bertugas untuk melumasi bagian engsel motor, mulai dari kopling dan kopling tangan. Tak hanya itu, WD-40 juga bisa membersihkan rantai sebelum dilumasi.

Dengan menggunakan WD-40, jadi bisa memaksimalkan pelumasan. Rotasi rantai pun bisa berjalan secara maksimal.

3. Sebagai Cairan Pembersih

WD40 bisa untuk membersihkan
WD-40 bisa untuk membersihkan

Membahas lebih jauh mengenai fungsi WD-40, cairan ini mampu membersihkan seluruh bagian bodi kendaraan. Contohnya mungkin ketika kendaraan bermotor kotor karena terkena hujan.

Kegunaan lain WD-40 juga dapat membersihkan kotoran yang membandel, seperti debu yang menempel, hingga aspal.

Baca juga  3 Perbedaan Head Unit Single DIN dan Double DIN

4. Penetrasi Untuk Kebutuhan Kendaraan

Pergunakan WD 40 secara tepat
Pergunakan WD-40 secara tepat

Tentu kalian agak bingung dengan penetrasi yang dimaksud. Sebagai gambaran, kini begitu banyak masyarakat yang mengandalkan WD-40 untuk kebutuhan membuka baut ban yang cenderung keras.

Itulah yang dimaksud fungsi penetrasi WD-40. Di mana cairan yang disemprotkan akan menyebar dengan mudah dan masuk hingga ke celah-celah kecil sekalipun.

5. Memberikan Perlindungan

WD 40 bisa untuk melindungan komponen kendaraan
WD-40 bisa untuk melindungan komponen kendaraan

Mengapa disebut melindungi? Fungsi WD-40 umumnya dikenal sebagai cairan anti karat.  Cairan ini begitu berguna bagi mesin kendaraan, khususnya pada komponen berbahan logam.

Terpenting untuk pemilik kendaraan ingat, fungsi WD-40 bukanlah sebagai pelumas. Karena sejatinya sejumlah komponen tetap membutuhkan pelumasan.

Sebagai contoh untuk sebuah rantai sepeda motor. Setelah disemprotkan cairan WD-40, setelah mengering sebaiknya rantai tetap diberikan pelumas.

Jadi jangan pernah menggantikan fungsi pelumas yang sebenarnya dengan cairan WD40.

Sejumlah Barang yang Bisa Disemprotkan WD-40

Penggunaan WD 40 untuk kebutuhan rumah tangga
Penggunaan WD-40 untuk kebutuhan rumah tangga

Ada sejumlah barang yang bisa memanfaatkan fungsi WD-40. Tujuannya tentu untuk menjaga barang tetap dalam kondisi terbaik.

Tak selalu produk-produk kendaraan bermotor, karena cairan ini bisa digunakan untuk perangkat lainnya. Seperti perabotan yang menggunakan bahan besi seperti peralatan kunci, cangkul, kunci gembok, engsel kunci pintu dan lainnya.

Baca juga  Tempat Perpanjang SIM dan Besaran Biayanya

Biar enggak penasaran, berikut fungsi WD-40 lainnya yang bisa digunakan untuk peralatan rumah tangga:

  1. Bisa untuk membersihkan lantai keramik, genteng, serta menghapus noda atau kotoran. Sebelum dibersihkan menggunakan sabun.
  2. Perangkat yang menggunakan bahan stanless steel
  3. Bersihkan permen karet, yang menempel di karpet atau membersihkan permen karet dari rambut
  4. Bersihkan peralatan berbahan kulit, seperti sabuk, lapisan bangku, yang biasanya menajadi kaku. Karena usia pemakaian, bisa mengembalikan bahan kembali lembut.
  5. Mengendurkan plastik lego jika sulit dilepas
  6. Melonggarkan pot yang menempel dan nyangkut, saat sulit dilepaskan.
  7. Memperbaiki resleting yang macet
  8. Menghapus cat logo (bila cat biasa), bekas lem label harga, lakban dan bekas lem stiker.
  9. Menyemprot keramik WC yang kotor, kotoran di kulkas (dalam kondisi kosong untuk dibersihkan)

Well.. Gimana sekarang sudah tahukan fungsi WD-40 untuk kehidupan sehari-hari kalian? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Baca juga:

Terbaru