Rutin Cek Kondisi Busi, Ketahui Juga Cara Menganalisanya

Haloo sobat Moladiners. Busi merupakan komponen yang penting banget buat motor kesayangan, sob. Selain sangat diperlukan untuk siklus pembakaran, parts satu ini juga dapat memberikan informasi tentang performa mesin. Tapi bagaimana jika sewaktu-waktu performa motor kalian semakin loyo? Bisa jadi memang busi inilah penyebabnya. Biar nggak salah faham, begini cara menganalisa busi dengan cepat dan mudah, serta kapan harus menggantinya. Simak di bawah ini sob!

elektroda busi
Setiap Busi Memiliki Elektrode Yang Memiliki Kegunaan Untuk Menghantarkan Tegangan Listrik

 

Untuk menganalisa, kalian hanya perlu mencermati kondisi dan warna elektroda pada ujung busi. Seperti halnya warna cokelat muda di sekitar ujung busi menunjukkan bahwa mesin memiliki kualitas pembakaran yang baik. Berbeda halnya jika ujung elektroda busi berwarna gelap bahkan hitam, itu menunjukkan adanya masalah pada bagian mesin motor kalian, sob. Yuk kepoin gimana cara menganalisa busi motor kalian masih layak atau tidak.

Yamaha Vixion R

*DP mulai dari

Sebelum pemeriksaan, pastikan suhu mesin benar-benar dingin. Selain agar tangan kalian aman, terkadang drat pada silinder blok rawan slek jika asal paksa kendorin part satu ini.

Kondisi 1 : Ujung Elektroda Berwarna Hitam Arang.

kondisi busi
Ujung Busi Berwarna Hitam Gelap

 

Lakukan pengecekan ada tidaknya timbunan karbon yang berwarna kehitaman pada isolator atau bahkan ujung elektroda.

Adanya penumpukan karbon ini menunjukkan bahwa suplai bensin menuju ruang bakar terlalu banyak, sob. Cukup setting karburator agar porsi bahan bakar menjadi lebih ideal saat pembakaran. Untuk motor injeksi standart, hal seperti ini cukup jarang ditemui karena suplai bensin telah diperhitungkan secara otomatis lewat pembacaan sensor.

Kondisi 2 : Adanya Kerak Tebal.

Oli Bocor
Timbul Kerak, Pertanda Ada Rembesan Oli Masuk Ke Ruang Bakar

 

Jika terdapat kerak yang menempel pada bagian ujung busi, biasanya hal seperti ini menunjukkan adanya campuran oli atau bahan adiktif yang terbakar.

Jika ditemui deposit atau kerak berwarna hitam, berarti ada kebocoran oli yang merembes masuk kedalam ruang pembakaran. Komponen yang diduga sebagai penyebabnya bisa saja seal klep yang bocor, ring piston, bahkan dinding silinder yang mengalami baret.

Suzuki GSX 150 Bandit

*DP mulai dari

Baca Juga Artikel ini : 3 Tips Merawat Radiator, Perhatikan Bagian ini!

Kondisi 3 : Elektroda Dan Insulator Tampak Merah Kecoklatan.

busi gosong
Warna Merah Kecoklatan, Suplai Bahan Bakar Terlalu Sedikit (Lean)

 

Kedua bagian ini tampak seperti abis melepuh dan kering, ini mengindikasikan suplai bahan bakar terlalu sedikit, sob.

Coba periksa setelan klep intake (saluran masuk) dan perhatikan celah klep agar tidak terlalu longgar. Setelah itu sesuaikan settingan karburator mulai dari jarum skep, pilot jet dan main jet. Apabila hal ini terjadi pada motor injeksi standart, kalian nggak usah khawatir, sob. Kalian tinggal bawa ke bengkel yang punya alat diagnosa ECU untuk setting ulang CO2.

Kondisi 4 : Bintik – Bintik Hitam Pada Insulator.

Mesin Knocking
Jika Ditemui Kondisi Seperti Ini Menandakan Mesin Mengalami Knocking

 

Bintik-bintik hitam pada bagian insulator menunjukkan mesin mengalami detonasi ringan karena bensin terbakar secara prematur (pre-ignition).

Jika sobat menemui hal yang seperti ini, Jinny sarankan untuk segera mengambil tindakan cepat. Sesuaikan jenis busi dengan rentang panas yang direkomendasikan pabrikan, kode busi bisa kalian jadikan acuan. Jika memang mesin telah mengalami modifikasi (red: bore up), cobalah beralih ke bahan bakar yang mimiliki oktan yang lebih tinggi. Seiring dengan besarnya kompresi mesin, semakin besar juga oktan yang dibutuhkan mesin, seperti yang sudah pernah Jinny bahas disini : Bahan Bakar Ideal Untuk Sang Kuda Besi.

 

Pasang Piggyback di Motor Injeksi, Ubah Bagian Ini Biar Lebih Ngacir!

Ganti Busi Secara Teratur.

Nah, jika motor susah dihidupkan, bisa jadi itu merupakan indikasi untuk segera mengganti busi, sob. Namun, alangkah baiknya bila kalian cek terlebih dahulu agar biang permasalahan sebenarnya dapat diketahui. Elektroda yang sudah aus dapat menyebabkan mesin susah dihidupkan dan pengapian pun bekerja kurang maksimal. Jika kalian ragu untuk menggantinya sendiri, atau tidak yakin busi mana yang digunakan, lebih baik konsultasikan dengan mekanik untuk menentukan tindakan terbaik. Di aplikasi moladin, kalian bisa menemukan bengkel terdekat, loh. Install aplikasinya di Playstore ya!

Yamaha Vixion All New

*DP mulai dari

 

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *