by

Harga Kia Sonet Indonesia Terkuak, SUV Murah Mewah

Akhirnya harga Kia Sonet di Indonesia mulai terkuak. Hal ini tampak lewat bocoran nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) yang ada di laman Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta.

Di sana tertulis, NJKB Kia Sonet cuma Rp 174 juta untuk transmisi manual dan Rp 181 juta untuk transmisi otomatis. Ingat, NJKB bukanlah harga jual resmi. Masih banyak komponen yang harus ditambahkan supaya menjadi banderol ke konsumen.

Tambahannya seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPn), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Ada pula biaya sales, pengiriman, dan lain-lain yang menyertai.

Meski demikian, harga Kia Sonet di Indonesia bukan berarti tidak bisa kita tebak. Setelah melihat NJKB, maka prediksi kami SUV ringkas ini bakal dijual Rp 250 jutaan.

Prediksi ini bukan tanpa alasan, karena melihat produk-produk Kia yang sudah meluncur lebih dulu. Sebut saja Kia Picanto yang punya NJKB mulai Rp 117 juta. Sementara harga jualnya ke konsumen Rp 220 juta. Lalu Kia Rio memiliki NJKB mulai Rp 203 juta, banderol resminya Rp 276 jutaan.

Baca juga  5 Kelebihan Wuling Almaz, Yakin Tidak Mau Beli?

Jadi antara NJKB dan harga asli, ada gap antara Rp 70 juta sampai Rp 100 juta. Gap inilah yang kemudian bisa jadi memprediksi harga Kia Sonet di Indonesia. Kalau ambil gap terkecil, berarti Kia Sonet bakal memiliki harga Rp 250 jutaan. Bila gap terbesar yang jadi patokan, maka harga adik Kia Seltos ini mencapai Rp 280 jutaan.

harga kia sonet indonesia
Bocoran NJKB Kia Sonet yang didapat dari laman resmi Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta.

Spesifikasi Kia Sonet Indonesia

harga kia sonet
Kemungkinan saat masuk Indonesia, Kia Sonet bakal dijual Rp 250 jutaan

Dengan harga Kia Sonet mencapai Rp 250 jutaan, bagaimanakah spesifikasinya? Ada yang menarik dari bocoran NJKB mobil SUV ini. Selain ketahuan harga, spesifikasi mesin juga terungkap.

Kia kemungkinan bakal memakai jantung mekanis yang berbeda untuk pasar Indonesia dibanding India. Di negeri Bollywood, tersedia tiga pilihan mesin: 1.5 Liter Diesel, 1.0 Liter Bensin dengan Turbo, dan 1.2 Liter Bensin.

Hanya saja bila melihat NJKB, Kia Sonet Indonesia pakai mesin 1.5 Liter. Kemungkinan besar bukan diesel, karena kalau pakai diesel di NJKB akan tertulis diesel. Jadi prediksinya soal mesin, Kia Sonet Tanah Air menggunakan mesin 1.5 Liter Bensin atau Smartstream G1.5.

Baca juga  5 Kelebihan Nissan Kicks e-Power, Canggih Banget

Ini sebenarnya bukanlah mesin baru untuk mobil Kia. Pasalnya jantung mekanis tersebut telah digunakan sebagai pilihan di Kia Seltos India.

Di atas kertas, mesin berkubikasi murni 1.497 cc itu bisa melontarkan torsi puncak 144 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 115 PS pada 6.300 rpm.

Fitur Kia Sonet yang Mewah

kia sonet
Interior Kia Sonet varian tertinggi di India sangatlah mewah, ada speaker premium dari BOSE

Kemudian kalau bicara fitur, jika melihat di India, maka varian tertingginya bakal punya head unit layar sentuh 10.25 inci terintegrasi dengan navigasi. Ada pula smart pure air purifier yang bisa membuat udara kabin terus bersih.

Tidak ketinggalan sistem audio premium dari BOSE dengan tujuh speaker dan subwoofer. Kemudian hadir pula wireless charging untuk smartphone. Kia juga menghadirkan remote engine start.

Ditambah lagi, dengan harga Kia Sonet yang cukup terjangkau, ada sistem pencahayaan full LED. Plus panel instrumen layar TFT, sunroof, serta sistem keselamatan lengkap. Semoga saja semua fitur mewah tersebut benar-benar diboyong ke sini.

Kabar baik selanjutnya, Kia Indonesia telah menyebar teaser kehadiran Sonet di Tanah Air. Informasi ini dapat kamu lihat langsung di laman resmi Kia.com/id.

Baca juga  7 Kelebihan MG ZS Indonesia, SUV Tiongkok Rp250 Jutaan!

Bila meluncur di Indonesia, Kia Sonet kemungkinan bakal bersaing ketat dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Kedua mobil kembar tersebut juga belum resmi meluncur, kabarnya pada tahun depan.

Untuk informasi terbaru tentang dunia otomotif, kamu bisa pantau terus Moladin!

Terbaru