by

Honda CBR600RR Vs Kawasaki Ninja ZX-6R, Pilih Mana?

Sama-sama berada di kelas motor sport 600 cc, Honda CBR600RR Vs Kawasaki Ninja ZX-6R menjadi rival kuat di pasar otomotif Indonesia. Lalu dari keduanya, kuda besi apa yang lebih layak dibeli?

Tentu tiap produk punya keungulannya. Honda CBR600RR terbaru yang hadir sebagai penantang punya banyak keunggulan. Salah satunya tampilan khas motor balap, serta fitur-fitur modern.

Kemunculannya di Indonesia juga bisa dikatakan sangat menarik. Pasalnya pada tahun 2017, motor sport ini sempat berhenti produksi.

Sementara Kawasaki Ninja ZX-6R unggul dari sisi performa mesin. Kemudian harga yang lebih terjangkau juga jadi daya tarik untuk konsumen Tanah Air.

Jika kamu bingung memilih antara Honda CBR600RR Vs Kawasaki Ninja ZX-6R, pantasnya kamu menyimak ulasan berikut:

Power Honda CBR600RR Terbaru Kalah dari Kawasaki Ninja ZX-25R

Honda CBR600RR vs kawasaki ninja zx-6r
Di atas kertas, performa mesin Kawasaki Ninja ZX-6R lebih unggul (foto; istimewa)

Komparasi Honda CBR600RR Vs Kawasaki Ninja ZX-6R yang pertama adalah performa mesin. Pabrikan berlogo sayap membekali motornya dengan mesin 4 silinder segaris dengan kapasitas mesin 599 cc, Double Over Head Camshaft (DOHC).

Jantung mekanis ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 119,3 HP pada putaran 14.000 Rpm dan torsi maksimum yang dihasilkan adalah 64 Nm pada putaran 11.500 Rpm.

Baca juga  Yamaha Aerox 155 Vs Honda Vario 150, Mana Lebih Baik?

Sementara pada Kawasaki ZX-6R, mengusung mesin 4 silinder segaris dengan kapasitas mesin 636cc, Double Over Head Camshaft (DOHC). Kubikasi yang lebih besar, membuat performa motor geng hijau lebih istimewa. 

Kuda besi ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 135 HP pada putaran 13.500 Rpm dan torsi maksimum mencapai 70,6 Nm pada putaran 11.500 Rpm.

Fitur dan Desain Lebih Unggul CBR600RR

WhatsApp Image 2021 02 26 at 15.58.53 1
Panel instrumen milik HOnda CBR600RR lebih keren krena sudah TFT full diigital (foto: istimewa)

Dari sisi tampilan, kedua motor bergaya sport ini sama-sama mengusung aura sport kental. Hanya saja kalau melihat secara detail Honda CBR600RR Vs Kawasaki Ninja ZX-6R, maka kuda besi pabrikan berlogo sayap tampak punya aroma balap yang lebih kuat.

Hal tersebut dibuktikan lewat penggunaan knalpot di bawah buntut belakang, layaknya motor MotoGP. Kemudian di sektor paras CBR6000RR ada winglet. Ditambah lagi bodi motor yang didominasi livery tricolor layaknya tunggangan di World Superbike (WSBK).

CBR600RR terbaru juga memiliki bobot motor secara keseluruhan yang ringan, cuma 185 kg. Bandingkan dengan Ninja ZX-6R yang beratnya mencapai 196 Kg alias lebih gemuk 11 Kg.

Baca juga  5 Rekomendasi Ban Scoopy Ring 12 Terbaik 2021

Dari sisi fitur yang ditawarkan, Honda CBR6000RR Vs Kawasaki Ninja ZX-6R bisa dikatakan bertabur teknologi modern. Keduanya punya Assist and Slipper Clutch, mode berkendara, suspensi depan upside down, rem depan double disc brake, quick shifter, kontrol traksi, dan lainnya.

Untuk sistem pengereman, CBR600RR dan ZX-6R sama-sama menggunakan piringan cakram rem berdiameter 310 mm. Untuk memaksimalkan keselamatan, motor Honda punya electronic Combined Anti-lock Braking System (C-ABS). Sedangkan Kawasaki ZX-6R, menggunakan Kawasaki Inteligent anti-lock Braking System (KIBS).

Hanya saja, ada beberapa perbedaan antara keduanya di beberapa bagian. Sebut saja untuk CBR600RR sudah menggunakan layar TFT full digital. Sementara pada Kawasaki ZX-6R, masih mengandalkan layar LCD yang masih berupa gabungan digital dan analog.

Kemudian tangki bahan bakar motor Honda juga lebih besar, mencapai 18 liter. Sementara kuda besi Kawasaki cuma 17 liter.

Beralih ke soal tinggi joknya, Honda CBR600RR memiliki tinggi jok mencapai 820 mm, sehingga lebih ramah untuk orang dengan postur tidak terlalu tinggi. Sedangkan Kawasaki ZX-6R, lebih tinggi dengan 830 mm.

Baca juga  Spesifikasi Motor Jokowi Ketika Blusukan di Kalimantan, W175 Chopper!

Harga Honda CBR600RR Vs Kawasaki Ninja ZX-6R

honda cbr600rr vs kawasaki ninja zx-6r
Harga Honda CBR600RR terbaru mencapai setengah miliar lebih (foto: istimewa)

Bicara soal harga, Honda CBR600RR Vs Kawasaki Ninja ZX-6R ternyata berbeda jauh. Motor pabrikan berlogo sayap jauh lebih mahal dengan banderol mencapai Rp 550 juta (OTR Jakarta).

Kelebihan CBR600RR ada di desainnya yang begitu khas motor balap. Lalu fitur-fitur modern juga tertanam di sana, terutama keunggulannya ada di sisi penggunaan layar TFT warna-warni.

Sementara Kawasaki ZX-6R punya harga yang jauh lebih murah yakni Rp 317 juta (OTR Jakarta). Memang desainnya tidak terlalu istimewa, tapi jantung mekanisnya bisa menghasilkan performa istimewa. 

Itulah tadi komparasi Honda CBR600RR Vs Kawasaki Ninja ZX-6R. Setelah mengetahui perbedaan keduanya secara detail, motor mana yang bakal kamu pilih?

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru