by

4 Kelebihan Honda CBR150R yang Tidak Dipunya Kompetitor

Kelebihan Honda CBR150R – Motor sport berlogo sayap ini merupakan raja di kelas 150cc. Penjualannya paling baik dibanding Suzuki GSX-R150 dan Yamaha R15 selaku kompetitor.

Bukan cuma itu, harga Honda CBR150R juga cukup tinggi, mulai dari Rp35,3 Р40,2 juta (OTR Jakarta). Coba bandingkan dengan harga Suzuki GSX-R150 yang kisarannya Rp30,6 Р34,6 juta dan Yamaha R15 Rp36,08 Р37,685 juta.

Kenapa Honda berani mematok banderol tinggi untuk Honda CBR150R? Tentunya bukan tanpa alasan. Motor ini pasti sejumlah keunggulan dibanding para rival.

Apa saja kelebihan Honda CBR150R dibanding kompetitornya? Untuk jawaban lengkap, cek bahasan di bawah ini:

1. Pengaturan Tingkat Kekerasan Suspensi Jadi Kelebihan Honda CBR150R

suspensi depan cbr150r
Ada lima tingkat kekerasan yang bisa diatur di suspensi depan CBR150R

Memang jenis suspensi depan CBR150R masih teleskopik, kalah hebat dari Yamaha R15 yang sudah upside down. Meski demikian suspensi motor Honda lebih unggul karena bisa diatur kekerasannya secara manual. Alhasil pengendara bisa menyesuaikan kualitas bantingan dengan gaya berkendara.

Terdapat lima tingkat kekerasan di suspensi CBR150R. Tingkat satu paling lembut, sementara tingkat lima merupakan yang paling keras. Honda sendiri mematok tingkat tiga sebagai standarnya.

Baca juga  Test Ride Yamaha MT-15: Motor Sombong! (Bag. 2)

Jika kamu ingin mengaturnya, cukup putar kenop di bagian atas suspensi merek Showa tersebut dengan uang logam. Putar sesuai arah jarum jam untuk menambah kekerasan. Bila ingin lebih empuk, bisa putar berlawanan arah dengan jarum jam.

Ketika melakukan pengaturan, kamu juga harus sesuaikan tingkat kekerasan suspensi kanan dan kiri. Jangan sampai berbeda, lantaran berpengaruh ke laju motor.

Menariknya lagi, bukan cuma suspensi depan Honda CBR150R yang dapat diatur kekerasannya. Peredam belakang jenis Pro-link di motor ini pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan berkendara kamu.

Disebut sebagai kelebihan, lantaran kompetitor seperti Suzuki GSX-R150 dan Yamaha R15 sekalipun belum punya.

Baca juga:

2. Bodi Paling Ringkas

kelebihan honda cbr150r
CBR150R istimewa dengan bodi ringkas yang asik untuk selap-selip di jaan

Kelebihan Honda CBR150R selanjutnya ada di bodi paling ringkas dibanding Suzuki GSX-R150 dan Yamaha R15 selaku kompetitor. Di atas kertas, motor sport berlogo sayap punya dimensi panjang 1.983 mm dan lebar 694 mm.

Baca juga  Harga Vario 150 Rp23 Jutaan, Apa Istimewanya?

Bandingkan dengan Suzuki GSX-R150 yang punya panjang 2.020 mm dan lebar 700 mm. Yamaha R15 apalagi, bodinya paling bongsor dengan panjang 1.990 mm dan lebar 725 mm.

Dengan bodi paling ringkas, saudara Honda CB150R Streetfire ini begitu asik untuk diajak selap-selip di jalan raya. Plus joknya juga tidak terlalu tinggi, cuma 787 mm.

Jadi, kaki pemilik postur 168cm masih bisa menapak ke aspal ketika duduk di jok dalam kondisi motor berhenti. Hal ini menambah rasa percaya diri ketika menunggangi Honda CBR150R, terutama buat pemula.

3. Fitur Keselamatan ABS

kelebihan cbr150r
Rem ABS Dual Channel hadir di Honda CBR150R, sementara Yamaha R15 belum punya

Soal fitur keselamatan, Honda CBR150R juga termasuk yang cukup mumpuni. Motor sport ini sudah melengkapi diri dengan anti-lock braking system (ABS) dual channel. Fitur serupa juga dipunya oleh GSX-R150, namun belum ada di R15.

Kelebihan ABS, mampu mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Alhasil pengendara jadi bisa menghindar dari potensi kecelakaan di depan.

Hadirnya fitur ABS ini cuma ada di varian tertinggi atau CBR150R ABS yang harganya mulai dari Rp39,3 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  4 Motor Sport Eksotis Ini Dijamin Bikin Cewek Luluh

4. Emergency Stop Signal Merupakan Kelebihan Honda CBR150R

ess cbr150r
Fitur ini berguna memberitahukan pengendara di belakang kalau motor kamu melakukan pengereman mendadak

Kelebihan Honda CBR150R berikutnya adalah punya emergency stop signal (ESS). Fitur tersebut tidak dimiliki Yamaha R15 dan Suzuki GSX-R150.

Guna ESS adalah memberikan sinyal lampu hazard secara otomatis saat ABS bekerja. Dengan nyalanya lampu, diharapkan pengendara belakang bisa mendapat peringatan untuk menghindar dari tabrakan.

Fitur ESS mampu mengedipkan lampu hazard sebanyak 4 kali dalam satu detik. Meski begitu, tidak setiap pengereman mendadak akan mengaktifkan fitur ESS. Ada beberapa kondisi yang perlu dipenuhi, salah satunya kecepatan motor lebih dari 50 Kpj.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru