by

5 Motor Sport Paling Irit di 2021

Bila mendengar kata motor sport paling irit, mungkin ada beberapa dari kalian yang merasa janggal. Maklum, kuda besi beraura sporty biasanya yang dicari adalah performa mantap.

Walau demikian, tidak menampik fakta bahwa ada konsumen yang menginginkan keduanya seimbang. Di samping akselerasi terbaik, konsumsi bahan bakarnya juga harus irit. Terutama hal ini banyak diminta oleh para pengguna motor sport untuk mobilitas sehari-hari.

Jika memang begitu, sebaiknya carilah tunggangan dengan kapasitas mesin paling kecil. Khusus motor sport, kubikasi minimalnya yaitu 150 cc.

Di kelas 150 cc, Moladin telah membuatkan 5 rekomendasi motor sport paling irit yang bisa kamu beli pada Tahun 2021. Apa saja daftarnya? Simak bahasan berikut:

1. Honda CB150 Verza – 46,3 Km/liter

motor sport paling irit
Selain irit, harganya juga paling murah dibanding kompetitor

Motor sport paling irit 2021 yang pertama adalah Honda CB150 Verza. Klaim pabrikan berlogo sayap, konsumsi BBM-nya tembus 43,5 Km/liter (Euro 3). Hal tersebut berdasar pada pengujian internal dengan metode ECE R40.

CB150 Verza memang sengaja dibuat irit oleh Honda, lantaran spesifikasinya yang diperuntukkan sebagai motor pekerja. Ciri khasnya penggunaan mesin berteknologi SOHC dengan kompresi rendah, serta tanpa pendingin cairan.

Di atas kertas mesin motor Honda tersebut cuma bisa mengeluarkan torsi 12,73 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 13,04 PS pada 8.500 rpm. Sementara untuk transmisi pakai 5-percepatan manual.

Bobot yang ringan, hanya 129 Kg juga membuat kerja mesinnya tidak terlalu berat. Alhasil konsumsi BBM bisa lebih irit.

Baca juga  5 Perbedaan Ninja ZX-25R Special Edition Vs Standard

Jika kamu tertarik meminangnya, harga Honda CB150 Verza Rp 20,082 juta (OTR Jakarta). Motor naked sport tersebut sudah memiliki berbagai fitur modern seperti rem cakram di roda depan, panel instrumen digital, serta kunci kontak dengan pengaman.

2. Yamaha Vixion R 41,6 Km/liter

motor sport paling irit
Mesin Vixion R pakai kapasitas 155 cc dengan teknologi VVA, seperti R15

Produk pabrikan garputala ini sukses masuk daftar motor sport paling irit, lantaran pakai mesin berteknologi VVA (katup variabel). Jantung mekanis Yamaha Vixion R mampu memberi kompromi antara performa mantap dan hemat BBM.

Bila VVA aktif di 7.400 rpm maka performanya jadi lebih buas. Di atas kertas, mesin 155 cc SOHC itu mampu melontarkan torsi puncak 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 19,3 PS pada 1.000 rpm.

Sementara ketika di bawah putaran mesin tersebut, fokusnya adalah mengirit bahan bakar. Soal konsums BBM rata-rata Vixion R, dari hasil pengujian kami sekitar 41,6 Km/liter.

Kondisi hemat BBM ini juga disumbangkan oleh bobot motor yang ringan. Jika melihat spesifikasi, berat totalnya cuma 131 Kg.

Di samping irit, Yamaha Vixion R juga penuh fitur modern. Ambil contoh panel instrumen digital dengan shift timing light, lampu depan dan belakang LED, serta assist & slipper clutch. Bila tertarik meminang, harga Yamaha Vixion R Rp 31,63 juta (OTR Jakarta).

3. Yamaha R15 – 41 Km/liter

motor sport paling irit
Kelebihan R15, punya banyak fitur modern dan tentunya irit BBM

Rekomendasi selanjutnya untuk motor sport paling irit adalah Yamaha R15. Dari hasil pengujian berbagai media, konsumsi BBM kuda besi ini mencapai 41 Kpl. Catatannya memang tidak beda jauh dari Yamaha Vixion R, lantaran memang basis mesin yang dipakai serupa yaitu 155 cc, VVA, SOHC.

Baca juga  Honda Rebel 1100, Mesin Sama dengan Africa Twin

Meski demikian, di atas kertas bobot R15 sedikit lebih berat yaitu 137 Kg. Hal ini karena penggunaan ban lebih besar, suspensi upside down, serta fairing bodi. Efeknya catatan irit R15 tidak sebaik Vixion R yang bergaya naked.

Dengan berbagai perbedaan tersebut, harga Yamaha R15 pun jauh lebih mahal dari Vixion R. Banderolnya mencapai Rp36,08 juta (OTR Jakarta).

4. Honda CB150R Streetfire – 40,5 Km/liter

motor sport paling irit
Ini merupakan versi telanjang dari Honda CBR150R

Motor naked sport, Honda CB150R Streetfire juga punya konsumsi BBM yang terbilang irit. Klaim pabrikan berlogo sayap setelah melakukan pengujian dengan metode ECE R40, catatan iritnya mencapai 40,5 Km/liter (Euro3).

Salah satu yang menjadikannya hemat BBM, bobot cukup ringan cuma 136 Kg. Meski irit, soal performa juga tidak perlu diragukan.

Jantung mekanis 149,16 cc milik CB150R Streetfire sudah mengadopsi teknologi DOHC dan pendingin cairan. Alhasil di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak hingga 13,8 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 16,9 PS pada 9.000 rpm.

Soal fitur, Honda sudah memberi cakram di kedua roda, panel instrumen digital, hingga sistem pencahayaan full LED. Tidak ketinggalan, bagian suspensi CB150R Streetfire mengadopsi jenis Pro Link yang bisa meredam entakan dengan baik.

Baca juga  Kelahiran Motor Buas, Benelli TNT600i Saat Wabah Korona

Kalau tertarik memiliki motor sport paling irit ini, harganya Rp 28,127 juta (OTR Jakarta).

5. Suzuki GSX-S150 – 40,1 Km/liter

motor naked terbaik
Kelebihan Suzuki GSX-S150 sudah pakai keyless

Rekomendasi motor sport paling irit yang terakhir adalah Suzuki GSX-S150. Sejatinya pabrikan berlogo S memaksimalkan jantung mekanis kuda besi tersebut untuk performa terbaik.

Kalau tidak percaya, mesin berkubikasi 147,3 cc DOHC ini mampu melontarkan torsi 14 Nm pada 9.000 rpm dan tenaga maksimal 19,17 PS pada 10.500 rpm. Dengan kapasitas paling kecil, namun performanya sanggup mendekati Yamaha Vixion R yang pakai 155 cc serta teknologi VVA.

Meski demikian, soal irit juga tidak perlu diragukan. Dari hasil pengujian beberapa media, diperoleh catatan 40,1 Km/liter. Apa yang membuat Suzuki GSX-S150 jadi irit? Salah satunya bobot ringan 131 Kg.

Kelebihan lain dari motor naked sport Suzuki, fitur-fiturnya cukup modern. Varian tertinggi sudah dilengkapi keyless dan immobilizer yang bisa mencegah maling. Lalu lampu depan pakai LED, serta ada panel instrumen full digital dengan gear shift timing light.

Tertarik meminangnya? Harga Suzuki GSX-S150 juga terbilang sangat terjangkau mulai Rp 27,4 juta (OTR Jakarta).

Itulah tadi rekomendasi motor sport paling irit di Indonesia. Dari kelimanya, mana yang paling kamu inginkan? Tulis jawaban di kolom komentar ya!

Terbaru