by

9 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung, Berikut Solusinya

Ketika kendaraan sudah berumur, biasanya kerap muncul suara mesin mobil mendengung. Hal ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, yang tentunya perlu untuk kalian ketahui.

Suara mesin mobil mendengung tentunya dapat mengganggu kenyamanan ketika berkendara. Bahkan tak jarang mengganggu konsentrasi ketika mengemudi.

Biasanya penyebab suara mesin mobil mendengung disebabkan oleh sejumlah komponen kendaraan yang mengalami masalah. Cara mengatasinya pun tidaklah sulit, asalkan kalian rutin melakukan pengecekan kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

Ingin tahu apa saja yang jadi penyebab suara mesin mendengung ketika digunakan? Simak ulasan ini sampai habis:

1. Pompa Power Steering Bermasalah, Menimbulkan Suara Mesin Mobil Mendengung

Pompa power steering terkendala, mengakibatkan suara mesin mobil mendengung
Pompa power steering terkendala, mengakibatkan suara mesin mobil mendengung

Penyebab suara mesin mobil mendengung pertama bisa disebabkan oleh komponen power steering yang mulai mengalami masalah. Biasanya hal ini menimpa mobil-mobil yang masih menggunakan power steering hidrolik.

Jika mobil kalian sudah menggunakan EPS alias electronic power steering tidak perlu khawatir. Karena kendala seperti ini tidak akan menimpa kendaraan kalian.

Mobil yang masih menggunakan power steering hidrolik, biasanya ada komponen yang lengket dengan mesin mobil yang tujuannya memasok energi dan memudahkan beban kemudi. Komponen tersebut memiliki bantalan.

Saat bantalan mulai aus, bunyi dengung akan sering terdengar. Apalagi saat setir membelok, suara ini akan semakin terdengar jelas.

Buat kalian yang memiliki mobil dengan power steering hidrolik, sebaiknya rutin melakukan pengecekan kondisi power steering kendaraan. Terlebih saat mulai terdengar suara dengungan.

2. Ban Benjol atau Bergelombang

Ban benjol atau bergelombang
Ban yang benjol atau bergelombang akan mengeluarkan suara yang tak sedap didengar

Faktor lainnya yang bisa menimbulkan suara mesin mobil mendengung ialah kondisi ban benjol atau bergelombang, yang membuat tapak ban jadi tidak rata. Ketika hal ini terjadi pada kendaraan kalian, biasanya terdengar suara dengung yang seakan keluar dari mesin.

Baca juga  Benarkah Umur Ban Mobil Cuma 3 Tahun?

Suara yang muncul tersebut umumnya terjadi saat kendaraan melaju di atas kecepatan 60 kpj. Namun suara itu tak akan bertahan lama, perlahan akan berkurang saat mobil melaju semakin kencang dengan kecepatan di atas 100 kpj.

Ban yang benjol atau bergelombang biasanya bisa disebabkan oleh kurangnya tekanan udara. Saat kalian menghantam lubang atau jalan bebatuan, biasanya mengakibatkan ban jadi benjol dan bergelombang.

3. Bearing atau Laher As Roda

Bearing AS roda
Bearing AS roda rentan aus, yang berakibat suara mesin mobil mendengung

Mengacu pada sumber suara mesin mobil mendengung selanjutnya, mungkin dikarenakan terjadi masalah pada bearing atau laher roda. Suara itu timbul biasanya saat mobil melaju di atas 40 kpj.

Berbeda dengan ban benjol, untuk kasus satu ini. Ketika mobil dipacu lebih cepat, justru suara dengung di dalam kabin kendaraan akan terus meningkat.

Jangan sampai hal ini mengurangi kenyamanan kalian ketika berkendara. Saat muncul suara dengung, segera lakukan pengecekan, lalu perbaiki komponen yang mengalami kerusakan.

4. Kompresor AC Bermasalah

oli kompresor AC
Kompresor AC yang mengalami kerusakan menimbulkan suara mesin mobil mendengung

Komporesor AC bermasalah jadi salah satu penyebab suara mesin mobil mendengung yang paling dirasakan pemilik kendaraan. Besar kemungkinan hal ini juga mempengaruhi kualitas AC yang tidak sedingin biasanya.

Kalau hal ini terjadi pada mobil kamu, berarti kompresor AC tidak dalam kondisi prima. Kuat dugaan bahwa kompresor AC kamu aus.

Di dalam kompresor AC terdapat metal yang saling bergesekan dan akan mengeluarkan suara mesin yang mendengung. Biasanya, suara dengung hanya akan terdengar saat AC mulai dinyalakan.

Ketika AC dimatikan, suara dengung akan hilang dengan sendirinya. Pun begitu, bukan berarti masalah ini bisa didiamkan begitu saja.

Apalagi jika kondisi Freon AC mengalami sumbatan, maka bisa mengakibatkan kerusakan yang semakin parah dan tentunya kalian bakal mengeluarkan kocek yang lebih besar juga dalam perbaikannya.

Baca juga  Jangan Kaget, Segini Biaya Service Power Steering

Alhasil, ketika kalian mendapati suara mesin mobil mendengung. Segeralah ke bengkel untuk memperbaiki kompresor AC mobil kalian.

5. Joint Kopel Mulai Termakan Usia

Joint kopel
Joint kopel rentan lemah ketika termakan usia

Peranti yang satu ini biasanya ditemui mobil-mobil dengan penggerak roda belakang maupun 4WD. Joint kopel bertugas sebagai penghubung antara tiang kopel dengan gardan. Ketika bermasalah menimbulkan suara mesin mobil mendengung.

Sebagai informasi, joint kopel juga berfungsi sebagai peredam hentakan ketika tenaga dari mesin disalurkan ke arah penggerak roda. Jika peredam sudah mulai melemah, biasanya akan menimbulkan suara dengung saat mobil melaju di kecepatan 60 km/jam.

Selain itu, biasanya menimbulkan getaran yang bisa dirasakan pengemudi. Terlebih ketika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi.

6. Gigi Nanas

Gigi nanas mobil
Gigi nanas mobil

Kendala lainnya yang bisa menimbulkan suara mesin mobil berdengung. Bisa disebabkan oleh crown wheel atau ‘gigi nanas’ yang berada di dalam sistem penggerak gardan.

Masalah ini biasanya timbul karena pemilik kendaraan telat mengganti pelumas gardan, sehingga komponen ini mengalami aus. Padahal, pelumas gardan wajib dilakukan pergantian setiap 40.000 km.

Suara dengung akan jelas terdengar saat kendaraan melaju di atas 60 km/jam. Gejala yang terjadi hampir sama dengan kerusakan yang disebabkan oleh bearing/laher.

Apabila kalian masih ragu, sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk mengetahui penyebab timbulnya suara mesin mobil berdengung.

7. Gardan Mengalami Kerusakan

Gardan mobil
Gardan mobil mempengaruhi kenyamanan ketika berkendara

Gardan yang mulai lemah atau rusak menjadi salah satu faktor lainnya yang bisa menyebabkan suara mesin mobil mendengung. Situasi ini kerap terjadi jika kamu sering memacu mobil dalam kecepatan tinggi.

Awal masalah yang timbul biasanya disebabkan penyetelan pada celah gerigi gardan, dilakukan di luar standar bawaan pabrik.

Baca juga  5 Manfaat Oli Bekas Untuk Digunakan Sehari-Hari

8. Timing Belt

Timming belt
Timming belt

Timing belt juga bisa menimbulkan suara mesin mobil mendengung ketika kualitasnya menurun. Selain itu, pemasangan timing belt yang tidak tepat pun dapat menimbulkan suara tersebut.

Masalah ini lebih sering terjadi, ketika penyetelan timing belt terlalu kencang atau terjadi selip setengah gigi saat pemasangan. Oleh karena itu, ada baiknya kalian lakukan pengecekan komponen-komponen di atas secara detail sebelum mulai mengemudi.

Tujuannya supaya dapat mendeteksi lebih awal sumber kerusakan. Tak kalah penting selalu diingat adalah sebaiknya lakukan perawatan dan pengecekan rutin pada keseluruhan bagian mobil untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen-komponen krusial pada kendaraan kamu.

9. Waterpump Oblak

water pump
Water pump mempengaruhi kinerja mesin mobil kalian

Terakhir yang bisa menjadi penyebab suara mesin mobil mendengung biasanya disebabkan water pump oblak. Waterpump merupakan komponen mesin yang bertugas untuk memompa air pending radiator, agar mesin menghasilkan sirkulasi yang baik.

Waterpump biasanya dilengkapi dengan bearing yang bertugas untuk membantu putaran pompa menjadi lancar. Bearing di dalam waterpump ini juga biasanya rentan aus dan oblak yang akhirnya menimbulkan suara mesin mobil berdengung.

Kalau hal ini terjadi pada mobil kesayangan kalian, segera lakukan perbaikan. Agar kerusakan tidak menyebar ke komponen mesin lainnya.

Itulah 9 penyebab suara mesin mobil mendengung ketika digunakan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Jangan lupa selalu lakukan perawatan berkala pada mesin kendaraan kalian. Tujuannya tak lepas dari menjaga kualitas mobil tetap dalam kondisi yang prima.

Baca juga:

Terbaru