by

5 Rekomendasi Oli Gardan Terbaik untuk Motor Matik

Setiap skuter matik (skutik) dilengkapi dengan dua jenis oli, yakni oli mesin dan oli transmisi atau oli gardan. Memilih oli gardan terbaik, jadi suatu hal wajib yang perlu dilakukan pemilik motor.

Pasalnya oli transmisi sama-sama berperan penting layaknya oli mesin dalam menunjang kenyamanan ketika berkendara. Oli gardan berfungsi untuk melindungi komponen-komponen transmisi yang berada di dalam gear box dan memastikan kinerja transmisi motor matik dalam kondisi optimal.

Sementara oli mesin bertugas untuk melumasi komponen mesin agar tidak bergesekan secara langsung. Sehingga mesin bekerja secara halus. Jika kedua pelumas di atas lalai dalam perawatan, bisa dipastikan kondisi motor kalian tidak bekerja maksimal.

Oleh karena itu, penting dilakukan penggantian oli secara berkala. Baik untuk pelumas mesin maupun oli gardan. Masa penggantian oli gardan pun sedikit lebih lama, dibandingkan oli mesin.

Setiap pabrikan sepeda motor rata-rata merekomendasikan penggantian oli gardan ketika motor menempuh jarak 6.000 kilometer. Sementara oli mesin biasanya diganti setelah menempuh jarak 2.000 km.

Sejalan dengan tingginya penjualan motor matik di Indonesia, mendorong produsen pelumas motor untuk merilis produk oli gardan khusus skutik. Oli gardan punya komposisi dan zat aditif yang berbeda-beda tergantung pabrikan.

Untuk itu, penting untuk kalian perhatikan dalam memilih oli gardan terbaik yang benar-benar sesuai dengan motor matic kesayanganmu. Pasalnya setiap oli transmisi juga punya tingkat kekentalan yang tinggi dan juga zat aditif yang beragam.

Kalau salah menggunakan, ternyata dapat berpotensi dapat menyebabkan kerusakan pada komponen transmisi motor. Dari sejumlah pilihan oli gardan terbaik, berikut ini Moladin akan memberikan sejumlah referensi yang mungkin bisa jadi pilihan.

Berikut daftar lima oli gardan terbaik yang bisa jadi pilihan kamu:

1. Shell Advance Scooter Gear Oil, Jadi Salah Satu Oli Gardan Terbaik

Shell Advance Scooter Gear Oil, jadi pilihan oli gardan terbaik
Shell Advance Scooter Gear Oil, jadi pilihan oli gardan terbaik

Pilihan pertama oli gardan terbaik, kalian bisa memilih Shell Advance Scooter Gear Oil. Kiprah Shell di industri pelumas dunia tentunya tak perlu diragukan lagi.

Baca juga  Merawat Motor Lebih Mudah Bersama Moladin

Shell dikenal sebagai perusahaan minyak global yang memiliki divisi usaha pelumas kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua. Khusus untuk motor matic, Shell punya rangkaian pelumas, termasuk Shell Advance Scooter Gear Oil.

Oli gardan khusus motor matik ini dirancang khusus untuk skutik yang biasa digunakan di lalu lintas yang padat. Shell Advance Scooter Gear Oil dilengkapi teknologi PurePlus Technology.

Di mana pelumas tersebut mampu bekerja pada temperature mesin rendah maupun tinggi. Buat kalian yang ingin menggunakan Shell Advance Scooter Gear Oil dapat menjumpainya dipasaran dengan banderol Rp 20 ribu, dengan ukuran 120 ml.

Pelumas ini ditawarkan dalam viskositas 15W-40. Pelumas ini juga dilengkapi dengan teknologi Active Cleaning Technology yang memiliki kemampuan menjaga kebersihan ruang transmisi dari partikel yang dapat mengganggu kinerja ruang gerak.

Alhasil, ruang transmisi tetap bersih dan suara mesin motor matik kalian bisa lebih halus.

2. Pertamina Enduro

Pertamina Enduro Scooter Gear Oil
Pertamina Enduro Scooter Gear Oil jadi rekomendasi oli gardan terbaik

Rekomendasi oli gardan terbaik yang bisa jadi pilihan kalian adalah Pertamina Enduro Gear Oil. Untuk kualitas, produk ini punya standar internasional, Sob!

Pertamina Enduro Gear Oil biasanya ditawarkan dalam kemasan 120 ml. Banderolnya punya terjangkau, yakni Rp 15 ribuan.

Perjalanan Pertamina Lubricants sebagai produsen pelumas sendiri sudah tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, Pertamina telah menyediakan oli untuk berbagai kebutuhan kendaraan bermotor.

Salah satunya Pertamina mampu menciptakan oli transmisi motor matic yang sesuai dengan kondisi jalan dan iklim di Indonesia. Bicara kualitas, Enduro Gear Oil sudah dilengkapi dengan zat aditif Extreme Pressure, yang bertugas menjaga kestabilan viskositas oli, meski berada dalam temperatur tinggi.

Proses pembuatannya pun menggunakan base oil fuel group III, yang merupakan oli berkualitas tinggi yang belum banyak digunakan produk sejenis di pasaran.

Pertamina Enduro Gear Oil juga dilengkapi dengan zat aditif anti aus yang dapat melindungi komponen transmisi motor dari korosi, terlebih ketika musim penghujan yang membuat gear box rentan kemasukan air.

Baca juga  5 Penyebab Lampu Motor Mati, Berikut Solusinya!

Pelumas Pertamina ini juga sudah melalui proses pengujian pada gelaran Fastron Enduro Touring for Nation. Enduro Gear Oil digunakan untuk ‘melahap’ kota-kota di Sumatera, pulau Jawa dan Bali sejauh 5.300 km.

3. Castrol Scooter Gear Oil

Castrol Scooter Gear Oil
Castrol Scooter Gear Oil

Castrol Scooter Gear Oil juga jadi salah satu pilihan oli gardan terbaik yang bisa kalian gunakan. Kelebihan oli ini ialah menawarkan efisiensi tinggi dan cocok untuk digunakan semua jenis motor matik.

Baik untuk motor kelas bawah maupun kelas atas. Menariknya pelumas ini memiliki viskositas 80W-90 yang menjanjikan mampu memberikan kestabilan gerak komponen transmisi motor kalian, serta meminimalisir gesekan sejak mesin pertama kali dinyalakan.

Bicara harga, Castrol Scooter Gear Oil berukuran 120 ml hanya sekitar Rp 20 ribuan. Dalam proses pembuatannya, Castrol telah melalui proses riset dan pengembangan yang panjang.

Tujuannya tentu tak lepas agar dapat menghasilkan produk pelumas yang memiliki performa yang baik, serta mampu bekerja baik saat membawa beban berat. Meski saat temperatur mesin panas sekalipun.

Castrol Scooter Gear Oil juga dilengkapi dengan tambahan zat aditif, yang memungkinkan memberi perlindungan terhadap komponen gear box. Supaya memiliki usia pakai yang lebih panjang.

4. Yamalube Gear Motor Oil

Yamalube Gear Oil
Yamalube Gear Oil, oli gardan terbaik untuk motor Yamaha

Rekomendasi oli gardan terbaik selanjutnya, kamu bisa menggunakan Yamalube Gear Motor Oil. Khususnya bagi pengguna motor matik lansiran Yamaha.

Sebagai produsen sepeda motor, Yamaha menawarkan beragam layanan purna jual. Mulai dari spare part, hingga pelumas termasuk oli gardan dan oli mesin untuk motor matik mereka.

Menggunakan oli mesin maupun gardan standar pabrikan tentunya sesuai dengan spesifikasi motor yang kalian gunakan. Dengan begitu, baik kualitas mesin maupun gardan dapat bekerja secara maksimal.

Yamalube Gear Motor Oil dibuat setelah melalui proses riset dan pengembangan yang cukup panjang. Tentunya dengan menggunakan standar pabrikan, dapat memenuhi kebutuhan motor matik Yamaha yang kalian pakai.

Baca juga  Tips Merawat Motor Setelah Digunakan Mudik Jarak Jauh

Secara kualitas, oli gardan Yamaha punya komposisi dari base oil terbaik, serta sudah dilengkapi dengan zat aditif serta memiliki komponen anti korosi serta anti busa yang bekerja melindungi komponen transmisi dari keausan saat berkendara.

Harga oli gardan Yamalube juga cenderung terjangkau, serta memiliki ukuran yang cukup lengkap. Tersedia dalam ukuran 100 ml, 140 ml, dan 150 ml. Yamalube SG 20W-40 Jaso MB dibanderol mulai dari Rp 12 ribuan untuk ukuran terkecil, Rp 15 ribu untuk ukuran 140 ml, dan Rp 17 ribu untuk ukuran 150 ml.

5. AHM Scooter Gear Oil

AHM Gear Oil
AHM Scooter Gear Oil, rekomendasi oli gardan terbaik untuk skutik Honda

Honda juga menawarkan produk oli gardan terbaik yang bisa kalian gunakan. Di mana PT Astra Honda Motor (AHM) turut menjajakan AHM Scooter Gear Oil Fully Synthetic untuk produk-produk matic mereka.

Oli transmisi tersebut dibuat dari komposisi base oil synthetic serta komponen aditif lainnya, yang memberikan kemampuan stabilitas oksidasi yang baik.

Kelebihannya, pelumas ini minim penguapan serta menjaga performa transmisi tetap optimal. Baik saat mesin baru dinyalakan ataupun ketika mesin diajak berakselerasi.

Berdasarkan keterangan pabrikan, AHM Scooter Gear Oil menawarkan Viscosity Index atau indeks kekentalan oli yang lebih tinggi. Sehingga memberikan perlindungan komponen pada saat suhu tinggi, Sehingga tingkat keausan komponen dapat ditekan.

Tidak hanya itu saja, pelumas transmisi Honda itu juga dilengkapi teknologi smartfilm yang mampu membentuk lapisan film tipis pada permukaan komponen, untuk meminimalisir gesekan. Zat aditif juga memberikan perpindahan transmisi yang halus dan minim suara gesekan.

Biasanya AHM Scooter Gear Oil ditawarkan dalam kemasan berukuran 120 ml, berbanderol Rp 17 ribuan. Semoga informasi mengenai oli gardan terbaik di atas dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru