Solusi Starter Motor Matic Mati Sendiri, Gini Cara Benerinnya, Gak Perlu Ke Bengkel

Haloo, sobat Moladin di seantero nusantara! Pernah mengalami motor matic mati sendiri saat di jalan dan gak bisa di-starter? Gak perlu panik, sob. Jinny datang bawa solusi untuk mengatasi motor mati saat di gas terutama sering terjadi pada motor matic. Kalau kalian mengalami masalah demikian gak perlu dibawa ke bengkel, jadi bakal hemat di kantong juga.

Sebenarnya ada tiga hal yang menyebabkan motor matic mati mendadak dan tidak bisa di starter, sob. Permasalahan pertama biasanya berhubungan dengan aliran listrik di motor, yang kedua adalah stok bahan bakar yang menipis, sedangkan yang ketiga adalah kompresi yang bocor. Biasanya nih, penyebab motor mati sendiri paling banyak datangnya akibat kompresi yang bocor.

Ini dia beberapa langkah yang harus kalian lakukan saat motor mati saat digas atau tidak mau langsung nyala saat distarter:

1. Tepikan motor matic kalian, sob.

Soalnya kalau kalian parkir di tengah jalan pastinya akan menghalangi lajur lalu lintas kan. Daripada dimaki-maki oleh pengendara lain, mending kalian minggir dulu. Parkir motor kalian menggunakan standar tengah.

2. Pastikan tidak ada masalah dalam sistem injeksi.

Cara paling mudah untuk memastikannya adalah putar stop kontak dalam keadaan on dan dengarkan bunyi “ngiing” pada sistem injeksi di bagian samping kiri jok. Kalau kalian mendengar bunyi mendengung berarti tidak ada masalah dengan sistem injeksi motor kalian, sob.

3. Selanjutnya coba periksa kondisi busi, sob.

Siapa tahu busi kalian basah terkena air, atau terlalu banyak tersiram bahan bakar, bisa juga basah karena terkena tetesan oli. Bersihkan busi dan keringkan, kemudian coba starter motor kalian.

4. Aki motor juga harus di cek.

Kalau motor belum menyala juga, kalian bisa periksa aki motor, karena aki adalah sumber tenaga listrik yang digunakan untuk starter motor. Akinya masih bagus apa enggak. Apabila aki motor tidak menyala, cara selanjutnya adalah menggunakan kick starter alias engkol kaki.

5. Gunakan starter kaki.

Putar stop kontak dan nyalakan motor menggunakankick starter  tanpa menarik gas. Kalau belum menyala juga, kalian coba tarik tuas gas secara penuh selama beberapa saat, kemudian, starter motor dengan mengombinasikan antara kick starter dan electric starter sambil menahan tuas gas. Kalian bisa mengurangi bukaan tuas gas sampai setengah saat melakukan starter secara bersamaan.

6. Tiupkan angin surga ke tangki motor.

Tips yang terakhir yang bisa kalian lakukan apabila motor mati mendadak adalah, buka tutup tangki sebentar, sob. Setelah itu tiup lubang tangkinya agar ada tekanan udara yang bisa melancarkan sumbatan di saluran bahan bakar atau injektor yang kotor. Setelah ditiup beberapa kali, coba starter motor kalian lagi sesuai dengan tips nomor lima. Mudah-mudahan motor kalian langsung menyala setelah ditiup ya.

Nah itu dia tips dari Jinny untuk mengatasi motor yang mati mendadak saat di jalan raya. Semoga bermanfaat, sob. Kalau kalian punya tips lain untuk mengatasi motor yang mati mendadak saat sedang dipakai,share infonya di kolom komentar ya. Jangan lupa baca juga info lainnya seputar motor di blog Moladin.

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *