by

5 Kelebihan Toyota Avanza, Mobil Sejuta Umat

Kelebihan Toyota Avanza – Segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) berkontribusi besar dalam penjualan mobil di Indonesia sejak dahulu. Produk yang cukup mendominasi penjualan di segmen ini adalah Toyota Avanza, bersama kembarannya Daihatsu Xenia.

Meski kini sudah dihadang dengan sejumlah kompetitor yang masuk ke Indonesia. Namun penjualan Toyota Avanza nyatanya masih sangat diminati, dan menduduki pucuk pimpinan.

Toyota Avanza terus bertransformasi sejak kemunculan pertama kali di tahun 2003 silam. Secara tampilan, Toyota Avanza kini semakin modern. Hal ini mungkin yang membuatnya tetap bertahan dengan penjualan terbaik di segmen LMPV.

Sejak awal kemunculannya, Toyota Avanza cukup menyita perhatian. Tak sebatas memiliki harga yang terjangkau, namun mobil keluarga ini dikenal efisien dan ditawarkan dalam sejumlah varian.

Perkembangan Toyota Avanza dari Masa ke Masa

kelebihan toyota avanza
Avanza merupakan kembaran dari Daihatsu Xenia. Keduanya berbagi basis yang sama, namun beda dalam hal desain dan fitur

Daihatsu dan Toyota seakan sukses menghadirkan si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Indonesia. Kedua produk ini nyatanya menjadi salah satu pilihan mobil keluarga yang cukup diminati.

Kedua produk ini dikembangkan dan diproduksi di pabrik milik Daihatsu. Ketika pertama kali dipasarkan di Indonesia, Toyota Avanza kala itu hanya ditawarkan dalam dua pilihan model saja, yakni Avanza 1.3 E dan Avanza 1.3 E bertransmisi manual.

Dalam waktu singkat, mobil ini langsung mendapatkan animo yang besar dari masyarkat di Indonesia. Setahun berselang Toyota Indonesia menambah varian 1.3 S VVT-I bertransmisi otomatis.

Seiring dengan varian yang semakin lengkap, Toyota Avanza semakin diminati dan berhasil meraih kesuksesan dari sisi penjualan. Memasuki tahun 2006, Toyota merilis New Avanza.

Baca juga  7 Rekomendasi MPV Pintu Geser Bekas Rp 100 Jutaan

Beda dari model sebelumnya, New Toyota Avanza hadir dengan pilihan mesin baru berkubikasi 1.500 cc berteknologi VVT-i. Lima tahun berselang, muncul All New Avanza di tahun 2011.

Model ini hanya sebatas minor change saja. Ubahan hanya di sisi interior dan eksterior. Turut hadir pula Toyota Veloz sebagai pilihan kasta teratas dari tipe Avanza terbaru ini.

Memasuki tahun 2014, Toyota menambah opsi varian Avanza Luxury yang tampil lebih mewah. Kemudian berlanjut di tahun 2015, dirilislah Grand New Avanza dan Grand New Veloz hasil facelift dari seri sebelumnya.

Terbaru, Toyota Avanza kembali berstatus facelift tepatnya pada Januari 2019. Produk ini masih dipasarkan hingga sekarang. Pilihan mesin masih sama dengan kubikasi 1.3 liter dan 1.5 liter.

Buat kamu yang ingin punya Toyota Avanza, setidaknya perlu tahu apa saja kelebihan Toyota Avanza facelift model 2019. Penasaran? Simak ulasan ini sampai habis.

1. Kabin dan Bagasi Luas Jadi Kelebihan Toyota Avanza

Kelebihan Toyota Avanza dan veloz
Seiring waktu, LMPV ini terus bertransformasi dari sisi desain. Tampian modern juga jadi salah satu kelebihan Toyota Avanza

Kelebihan Toyota Avanza yang pertama adalah punya kabin dan bagasi yang luas. Mobil multiguna ini kerap menjadi pilihan masyarakat yang mendambakan sebuah kendaraan untuk mengakomodir segala kebutuhan.

Di atas kertas, Toyota Avanza memiliki dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Dimensi tersebut mampu menampung hingga 8 orang penumpang.

Daya tampung yang besar, membuat Avanza tidak hanya sanggup menampung orang. Barang bawaan yang banyak juga bisa dilahapnya dengan mudah. Sejalan dengan itu, bila kursi bagian belakang dilipat ke depan, maka area bagasi menjadi sangat luas yang mampu menambah kapasitas penampungan barangnya jadi semakin meningkat.

Baca juga  5 Rekomendasi Mobil Sedan Murah Bekas Taksi

2. Sudah Dilengkapi AC Digital dan Tombol Start/Stop Engine

Kelebihan Toyota Avanza, interior dilengkapi fitur modern
Avanza sudah pakai electric mirror untuk seluruh varian, dan start/stop engine button pada varian teratas

Tren penggunaan teknologi yang makin modern, juga berdampak pada Toyota Avanza. LMPV ini memiliki kelebihan dari sisi fitur yang ditawarkan, seperti sudah dilengkapi dengan tombol pengaturan AC digital.

Pengemudi maupun penumpang sudah tak perlu repot lagi memutar pengaturan AC, karena pada versi facelift sudah menggunakan model tombol. Avanza facelift 2019 juga sudah dilengkapi dengan tombol start/stop engine.

Menyalakan mesin sudah tak perlu lagi repot menggunakan anak kunci. Penggunaan fitur start/stop engine juga meningkatkan keamanan mobil, lantaran lebih sulit untuk dibobol maling. Fitur ini tidak kalian temui di kompetitornya, yakni Honda Mobilio.

3. AC Double Blower dan Dilengkapi RSE

Rear Seat Entertainment di Toyota Veloz
Rear Seat Entertainment di Toyota Veloz

Dalam menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang ketika berada di dalam kabin, Toyota Avanza memiliki kelebihan sudah dilengkapi dengan AC double blower. Hal ini tentunya memaksimal semburan AC hingga ke baris ketiga.

Khusus pada tipe Veloz, kini sudah dilengkapi dengan fitur rear seat entertainment (RSE). Fitur ini berupa layar monitor yang terletak di bawah blower AC pada row belakang. Layar tersebut dapat merefleksikan video yang diputar di head unit depan.

Tentunya dengan ditunjang RSE mampu meningkatkan kenyamanan penumpang, terlebih ketika melakukan perjalanan jauh. Tidak semua kompetitor sudah menyediakan fitur ini, Sob! Meski kebanyakan sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh.

4. Harga Jual Stabil, Jadi Kelebihan Toyota Avanza

kelebihan toyota avanza
Dalam kondisi bekas, harga Toyota Avanza tetap tinggi

Kelebihan Toyota Avanza berikutnya yang mungkin tidak ditemui pada semua kompetitor adalah harga jual kembali yang cenderung masih stabil. Pemilik tak perlu khawatir di kemudian hari, ketika ingin upgrade kendaraan atau ganti model lain.

Baca juga  Selain Kelebihan, Adakah Kekurangan Toyota Agya Terbaru?

Berdasarkan pengalaman Moladin, yang sempat memiliki sebuah Toyota Avanza lansiran produksi 2008. Di tahun 2019 lalu masih laku Rp 80 jutaan. Padahal mobil tersebut sudah berusia 11 tahun ketika menjual.

Resale value masih jadi pertimbangan kuat banyak konsumen yang ingin membeli mobil di Indonesia. Jadi menjatuhkan pilihan membeli Toyota Avanza, bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Hanya saja memang harga jual kembali yang tinggi ini juga perlu diikuti dengan perawatan kendaraan. Tidak mungkin harganya bisa mahal, kalau kondisi kendaraan jelek.

5. Jaringan Luas, Servis dan Ketersediaan Suku Cadang Berlimpah

kelebihan toyota avanza
Merek Toyota sudah hadir di Indonesia sejak berpuluh-puluh tahun lalu, dengan demikian ketersediaan sparepart dan jaringan aftersales sudah tersebar luas

Nah, kelebihan Toyota Avanza lainnya adalah didukung jaringan servis yang luas, ya maklum Toyota! Ketersediaan layanan purna jual dan suku cadang mudah di dapat, dan harganya pun terjangkau.

Seperti yang diketahui, Toyota merupakan brand otomotif asal Jepang yang memiliki jaringan penjualan terbesar di Indonesia, bahkan hingga di pelosok tanah air. Selain itu, jaringan bengkel dan spart part juga mudah ditemui.

Alasan ketersedian jaringan penjualan serta suku cadang yang tersedia dimana-mana juga jadi pertimbangan orang untuk memiliki mobil ini.

Usai mengetahui lima kelebihan Toyota Avanza di atas, apakah kamu jadi tertarik memilikinya?

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Terbaru