by

Harga Rp 30 Jutaan, Beli Honda CB150R atau Yamaha Vixion R?

Pilih Honda CB150R atau Yamaha Vixion R? Di segmen naked sport 150 cc, memang dua produk tersebut yang digemari konsumen Indonesia. Harganya pun serupa, dikisaran Rp 30 jutaan.

Meski berada di kelas yang sama, keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebut saja Honda CB150R Streetfire yang unggul karena tampilan gagah dengan suspensi upside down. Di sisi lain, Vixion R istimewa lewat kapasitas mesin 155 cc serta teknologi katup variabel.

Lalu dari kedua motor naked sport tersebut, siapa yang paling pas untuk dibeli? Honda CB150R atau Yamaha Vixion R? Untuk jawabannya, simak komparasi spesifikasi berikut ini:

Desain Gagah Vs Elegan

Honda CB150R atau Yamaha Vixion R
Vixion R menggunakan mesin yang sama dengan R15

 

Honda CB150R atau Yamaha Vixion R, kedua motor ini punya tinggi jok yang moderat. Vixion R 795 mm dan CB150R Streetfire 795 mm. Bila kamu memiliki tinggi badan 168 cm seperti saya, maka perlu sedikit jinjit saat menungganginya.

Lalu untuk dimensi, Honda CB150R Streetfire punya desain lebih bongsor. Panjangnya 2.024 mm, lebar 796 mm, dan tinggi 1.083 mm. Ukuran roda motor ini juga lebih besar. Ban depan pakai 100/80-17 dan belakang 130/70-17. Ditambah penggunaan rangka teralis dan suspensi upside down, tampilannya jadi sangat gagah.

Sementara Yamaha Vixion R punya dimensi lebih ringkas. Panjang 1.950 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1.025 mm. Ukuran ban depan motor garputala ini juga sedikit lebih kecil, cuma 90/80-17 inci. Meski demikian yang belakang sama seperti CB150R Streetfire, pakai ukuran 130/70-17 inci.

Baca juga  Kode Kerusakan Motor Yamaha yang Perlu Kamu Tahu

Kelebihan pakai ban kecil di depan, membuat manuver Vixion lebih lincah. Terlebih ketika mau selap-selip melewati jalan padat kendaraan.

Dengan dimensi ringkas, Vixion R juga punya bobot lebih ringan yaitu 131 Kg. Bandingkan dengan Honda CB150R terbaru yang bobotnya mencapai 135 kg. Lebih berat 4 Kg.

Buat yang suka aura elegan lebih kuat, maka motor Yamaha ini lebih pas buat kamu. Penggunaan garis bodinya tidak terlalu tajam, sehingga terlihat manis.

Adu Fitur Honda CB150R atau Yamaha Vixion R?

Honda CB150R vs Yamaha Vixion R
Fitur CB150R Streetfire memang sudah cukup modern, tapi tetap saja Vixion R lebih istimewa

Baik Honda CB150R atau Yamaha Vixion R tidak lagi dilengkapi kick starter. Alhasil, kamu harus selalu pastikan kondisi aki prima supaya motor bisa diaktifkan.

Kesamaan lain keduanya, sudah pakai panel instrumen digital, lampu LED, dan rem cakram di kedua roda. Meski demikian, Vixion R punya kelebihan lain dibanding CB150R Streetfire. Sebut saja di panel instrumen motor garputala sudah dilengkapi gear shift timing light. Guna fitur ini sebagai penanda waktu tepat untuk melakukan perpindahan gigi transmisi. Vixion R pun punya lampu hazard.

Baca juga  Mesin PCX 160 Lebih Bertenaga dari Nmax 155

Tidak ketinggalan, Vixion R memiliki assist & slipper clutch. Assist berguna meringankan tuas kopling saat ditekan. Sementara slipper clutch mencegah roda selip saat pengendara menurunkan gigi transmisi terlalu cepat.

Sementara keunggulan Honda CB150R Streetfire hanya ada di sistem pencahayaan LED di seluruh lini, sampai ke sein. Vixion R, seinnya masih bohlam.

Mesin Vixion R Lebih Bertenaga!

Honda CB150R atau Yamaha Vixion R
Vixon R unggul dari sisi performa mesin dan fitur modern, hanya saja harganya lebih mahal!

Bicara mesin, Yamaha Vixion R lebih unggul dari Honda CB150R Streetfire. Hal ini wajar, karena kapasitasnya dibuat sedikit lebih besar. Pabrikan garputala memberi 155,1 cc berteknologi SOHC. Ada pula fitur katup variabel (VVA) yang menyertainya.

Dengan demikian, mesin Vixion R bisa memuntahkan torsi hingga 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 19,03 hp pada 10.000 rpm. Padanannya adalah sistem transmisi 6-percepatan manual.

Performa mesin Vixion R tersebut membuat kamu tidak perlu ragu dalam melibas berbagai medan jalan. Mau itu tanjakan, hingga menyalip kendaraan lain, mudah saja dengan motor pabrikan garpu tala.

Sementara mesin Honda CB150R Streetfire cuma berkapasitas 149,16 cc berteknologi DOHC. Performa di atas kertas, bisa mengeluarkan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga 16,85 hp pada 9.000 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan manual.

Baca juga  4 Konsep Modifikasi CBR 150, Bisa Jadi Refrensi!

Kalau dibandingkan dengan Vixion, tentu ada gap yang sangat jauh. CB150R sungguh ketinggalan.

Kesimpulannya, Beli Honda CB150R atau Yamaha Vixion R?

honda cb150r streetfire vs yamaha vixion
CB150R Streetfire model 2021 semakin gagah dengan kehadiran suspensi upside down

Yamaha Vixion R sangat cocok buat kamu yang menginginkan motor dengan fitur modern dan mesin berperforma mantap. Hanya saja untuk menebusnya, perlu merogoh kocek dalam. Harga Vixion R adalah Rp 31,88 juta (OTR Jakarta).

Sementara Honda CB150R Streetfire cocok untuk kamu yang punya bujet terbatas. Harganya mulai Rp 29,7 juta (OTR Jakarta). Memang dari sisi performa dan fitur, kalah hebat dari Vixion R.

Dengan membeli CB150R Streetfire, setidaknya kamu mendapat motor dengan tampilan gagah, bahkan lebih gagah dari Vixion R. Honda juga memberi banyak pilihan warna pekat atau tidak mengilap untuknya, mulai dari raptor mat black, fury mat red, dan armored mat grey. Ketiga versi special edition itu bisa ditebus dengan harga Rp 30,7 juta (OTR Jakarta).

Semoga ulasan soal pilih Honda CB150R atau Yamaha Vixion R di atas bisa membuat kamu lebih mudah dalam melakukan pembelian. Jika kamu tertarik memiliki motor naked sport dari Motor Yamaha dan Motor Honda dengan DP ringan langsung saja cek ke Moladin ya!

Terbaru