Ini Dia 6 Rahasia agar Kredit Motor Disetujui

MoladinMotor adalah kendaraan fleksibel dan lebih ekonomis untuk menunjang kebutuhan mobilitas sehari-hari, hal ini berimbas tingginya jumlah permintaan, tidak heran kalau leasing tawarkan pembayaran kredit supaya daya beli masyarakat bertambah.

Tidak semua orang bisa mendapatkan kredit motor. Perusahaan leasing berhak melakukan survei terlebih dahulu untuk menentukan kelayakan. Lantas, apa saja pertimbangan dalam pemberian persetujuan tersebut? Simak enam rahasia berikut ini.

 

1. Memastikan Track Record

Salah satu survei dari pihak leasing adalah memastikan apakah Anda memiliki track record baik atau buruk jika pernah melakukan kredit sebelum ini. Meski sekarang Anda dapat membayar cicilan secara tepat waktu, catatan terdahulu akan sangat berpengaruh terhadap segi kepercayaan.

 

2. Melengkapi Kelengkapan Berkas Kredit

Lengkapi Berkas KreditPastikan melengkapi surat dan berkas yang dibutuhkan saat pengajuan

Sama seperti sebuah lamaran, berkas untuk pengajuan kredit motor haruslah lengkap sebagai persyaratan administrasi. Perusahaan leasing biasa meminta data berupa fotokopi KTP, KK, dan beberapa dokumen penunjang lain seperti surat keterangan kerja serta slip gaji.

 

3. Memiliki Pekerjaan Tetap

Untuk menjamin apakah Anda bisa membayar cicilan secara tepat waktu, pihak leasing menjadikan pekerjaan tetap sebagai patokan. Jika Anda berprofesi sebagai karyawan, lama minimal kerja adalah tiga bulan. Meski belum mencapai batasan tersebut, asalkan total gaji memenuhi, Anda dapat persetujuan.

Lain lagi jika profesi Anda adalah pengusaha atau wiraswasta, maka tidak ada batasan lama kerja. Semua kembali pada total pendapatan Anda per bulan, apakah mencukupi untuk biaya pengeluaran sehari-hari dan pembayaran cicilan.

 

Yamaha Aerox 155

*DP mulai dari

 

Dalam proses survei untuk profesi karyawan, surveyor biasa mengecek apakah perusahaan Anda bekerja sudah terdaftar. Bahkan, tidak jarang akan membuat janji dengan Anda di tempat kerja. Hal ini pun dilakukan untuk memastikan apa pekerjaan Anda di sini melalui penggalian informasi dari resepsionis atau HRD.

Sementara bagi pengusaha atau wiraswasta, surveyor akan mendatangi Anda untuk mengecek kondisi toko. Kemudian, memastikan apakah pelanggan di toko tersebut ramai atau tidak. Stok dagangan pun tidak luput dari penilaian tersebut.

Sekadar saran, ketika Anda mengajukan kredit di kantor leasing, tidak perlu menggambarkan kondisi toko Anda. Biarkanlah mereka melihat secara langsung saat survei, karena patokan kelayakan mendapat kredit mungkin saja berbeda.

 

4. Besaran Uang Muka

Honda VarioUntuk mencicil sebuah motor, hitunglah dengan matang besaran DPnya

Uang muka rendah memang sekilas menguntungkan Anda. Namun, bunga dari cicilan dan lama pembayaran pun semakin besar. Hal ini pun tidak lantas menjadi keuntungan perusahaan leasing. Mengapa demikian?

Jika Anda mengajukan uang muka lebih besar, maka peluang Anda dalam mendapatkan persetujuan kredit akan mengikuti. Sebagai saran, pemerintah telah menetapkan standar, sehingga dapat Anda jadikan acuan.

Standar uang muka dari pemerintah adalah 30% dari harga jual motor. Misalkan, sebuah motor memiliki harga 13.850.000 dengan OTR Jakarta, maka Anda harus membayar uang muka sebesar 4.155.000.

Uang muka sebesar 30% dari harga jual mungkin cukup memberatkan bagi sebagian orang. Selain mengikuti standar pemerintah, Anda bisa mengambil jalan aman lain yaitu uang muka sebesar 15% untuk konvensional dan 10% sesuai sistem syariah.

 

5. Memiliki Kejelasan Tempat Tinggal

Selama proses pembayaran belum selesai, maka komunikasi antara pihak leasing dan pelanggan harus terjalin dengan baik. Selain memberikan informasi dan data diri secara benar, Anda harus memiliki kejelasan tempat tinggal.

Apakah Anda harus memiliki rumah sendiri atau dalam artian tidak menyewa? Belum tentu. Seperti tentang lama kerja di atas, jika Anda menyewa rumah, minimal sudah menempatinya selama tiga bulan.

 

6. Usia Saat Ajukan Kredit

Untuk melihat produktivitas seseorang di mana berhubungan dengan pendapatan, perusahaan leasing memberikan batasan minimal dan maksimal dalam pengajuan kredit. Aplikasi seseorang diterima mulai usia 21 sampai 60.

Jika berumur di atas 60 dan ingin mengajukan kredit, Anda bisa mengganti dengan anak berumur 21 dalam formulir aplikasi. Meski hanya pindah nama, cara ini lebih meyakinkan pihak leasing dalam hal pembayaran cicilan.

 

Kelebihan Kredit Motor di Moladin

Beranda MoladinProsesnya cepat, mudah dan gak pake ribet

Proses pengambilan motor secara kredit memang cukup memakan waktu, apalagi bagi Anda pekerja penuh waktu. Di zaman modern seperti sekarang, Anda pun dapat mengajukan kredit motor secara online.

Moladin adalah situs jual beli kendaraan bermotor baik secara kredit atau kontan. Meski berbasis online, soal kredibilitas tidak perlu diragukan lantaran bekerjasama dengan pihak terkait. Lantas, bagaimana cara pengajuan?

Pertama-tama, bukalah situs Moladin. Ajukan kredit, lalu isi formulir yang tertera. Setelah itu, pihak Moladin akan melakukan survei dan verifikasi jarak jauh. Untuk tahap lanjutan, surveyor setempat pun turut berperan serta. Terakhir, motor dan STNK dikirim ke alamat Anda. Mudah dan cepat, bukan?

Pembelian motor secara kredit sangat memudahkan Anda dalam mendapatkan kendaraan, karena tidak perlu mempersiapkan dana maksimal saat itu. Namun, tidak setiap orang bisa mendapatkan kemudahan tersebut, diperlukan berbagai syarat sebagai jaminan kelancaran pembayaran.

 

Yamaha Mio S

*DP mulai dari

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *