by

10 Daftar Oli Terbaik Harga Mulai Rp 45 Ribu

Moladin – Meski bukan bagian dari bodi motor atau suku cadang, oli berperan penting dalam menentukan apakah nantinya kendaraan bisa berjalan dengan benar atau tidak, soal harganya Oli juga diperhatikan, kayak yang satu ini 10 pilihan dengan harga Rp 45 ribu.

Kalau kita salah menggunakan oli atau jarang menggantinya padahal sudah dipakai sepanjang ribuan kilometer, gangguan seperti overheating bisa saja terjadi.

Selain itu oli juga memaksimalkan kerja dari mesin yang dimiliki motor. Salah memilih oli bisa saja membuat gesekan di mesin semakin tinggi atau menurunkan tenaga dari mesin. Nah, kalau Moladiners ingin membeli oli untuk motor, berikut beberapa rekomendasinya.

 

1.  Pikoli Oli

Pikoli OliPikoli Oli

Sebagai salah satu produsen lokal untuk merek oli, Pikoli menawarkan beberapa varian oli untuk motor matic atau motor bergigi. Untuk jenis Pikoli Gaenwa (10W-40) ini oli bisa digunakan untuk jenis motor bergigi biasa atau berkopling seperti motor sport. Harganya hanya sekitar Rp 45 ribu saja.

Sedikit berbeda dengan oli lain, warna dari Pikoli justru merah. Saat digunakan, motor bisa berjalan dengan lebih lancar hingga ratusan kilometer. Oh ya, penggantian oli jenis ini secara rutin harus dilakukan agar performa kendaraan tidak menurun.

(Baca juga: Oli Motor Terbaik)

 

2.  PTT Oli

Pelumas mesin dengan nama lengkap PTT Lubricant Challenger SAE 10W-40 sangat cocok untuk berbagai jenis motor automatic. Kekentalan oli sekitar 10W-40 berbeda dengan jenis biasa yang ada di pasaran. Pabrikan memformulasikan oli ini untuk melindungi mesin, mencegah munculnya kerak di dalam, dan memperpanjang usia pemakaian kendaraan.

Baca juga  9 Inspirasi Ini Membuat Vario 150 Semakin Memikat

Satu botol oli berisi 0,8 liter dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 49.000 saja. Oli ini sudah memiliki standar JASO, jadi secara kualitas tidak perlu diragukan.

 

3.  Bardahl Oli

Bardahl OliBardahl Oli

Ada beberapa kelebihan dari Bardahl Scooter Moto 4 Plus (5W-30), pertama diciptakan secara khusus untuk motor matic. Mesin jadi lebih halus tarikannya karena gesekan yang terjadi sangat rendah, Peluang terjadi kerak dan kotoran sangat rendah, dan membuat bahan bakar jadi hemat. Harga dari oli Berdahl ini sekitar Rp 70.000 untuk satu liter.

 

4.  Valvoline Oli

Produk barat ini sudah mulai menguasai kawasan Asia termasuk Indonesia. Di pasaran dijual dengan berbagai ukuran meski standarnya tetap 20W-50. Oli ini memiliki manfaat untuk menjaga mesin dan meningkatkan pemakaian hingga ribuan kilometer. Oli juga akan melindungi mesin saat cold start atau awal dinyalakan dan udara yang sangat panas. Harga oli ini sekitar Rp 70.000.

 

5.  Drag Specialties Oli

Drag Specialties OliDrag Specialties Oli

Drag melakukan formulasi secara khusus untuk oli jenis 20W-50 ini. Oli akan membuat mesin bekerja dengan maksimal dari suhu rendah hingga tinggi. Proteksi pada mesin akan ditingkatkan termasuk dalam mencegah kerusakan. Oli ini cocok untuk mesin moge yang Moladiners miliki. Harga dari oli ini sekitar Rp 225.000.

Baca juga  Alex Marquez Fokus Raih Gelar Juara, Belum Putuskan Bakal Kemana

 

6.  Ravenol Oli Mesin Full Synthetic

Ravenol yang merupakan pabrikan oli Eropa menawarkan oli dengan kelebihan dalam hal resistensi gesekan, mengurangi reaksi yang menimbulkan kotoran, membuat kekuatan mesin motor bertambah, baik dengan suhu tinggi karena akan meredamnya, bisa digunakan untuk katalis, dan penguapannya rendah. Dengan kekentalan 5W-40, Harga oli ini sekitar Rp 224.000.

 

7. Petro Canada Oli

Petro Canada menawarkan oli dengan jenis 15W-40 dan bisa diaplikasikan ke berbagai jenis mesin mulai mobil hingga sepeda motor matic. Oli ini tidak akan meninggalkan kerak, menurunkan gesekan, menjaga usia pemakaian, dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Oli ini sudah berstandar API dan JASO.  Harga oli sekitar Rp 160.000.

 

8. Gulf Oli

Gulf OliGulf Oli

Salah satu produk oli terbaik adalah ada di pasaran adalah Gulf Oli. Pelumas dari India ini memiliki cukup banyak kelebihan seperti tahan dengan panas mesin dan meredamnya. Ada molekul yang mencegah terjadinya kerak. Gesekan akan diminimalkan serta komponen dalam mesin akan dijaga. Standar  kekentalan dari oli seharga Rp 75.000 ini adalah 10W-30.

 

Baca juga  Tanya Apa Saja Masalah Motor di Forum Moladin Tampilan Baru!

9.  Aisin Oli Mesin Full Synthetic

Aisin OliAisin Oli Mesin Full Synthetic

Dengan kekentalan 5W-30, oli ini termasuk yang terbaik di kelasnya. Kemampuan dalam meredam suhu panas pada mesin cukup baik. Apalagi oli bisa meningkatkan performa dari mesin dan juga hemat bahan bakar. Harga dari oli dari pabrikan Aisin ini sekitar Rp 150.000.

 

10. Lucas Oli Mesin Full Synthetic

Lucas OliLucas Oli Mesin Full Synthetic

Oli ini diciptakan khusus untuk moge seperti Harley Davidson. Dengan kekentalan sekitar 20W-50, oli akan membuat mesin mengalami penurunan suhu, memperbanyak umur oli dan komponen, serta meminimalkan kebisingan. Oli ini sudah memiliki standar JASO dan direkomendasikan sendiri oleh pabrikan motor. Harga oli ini sekitar Rp175.000.

Inilah beberapa daftar oli terbaik dengan harga mulai dari Rp 45 ribu. Dengan menggunakan oli di atas, mesin motor bisa dimaksimalkan, tarikan jadi lebih halus, dan bertenaga. Oh ya, sebelum pakai pastikan apakah oli itu sesuai untuk motor yang Moladiners pakai baik itu bebek, matic, atau sport yang berkopling.

Baca juga;

Terbaru