by

Gadai Motor di Pegadaian? Ini Cara dan Syaratnya

Gadai Motor di Pegadaian – Dengan menggadaikan kendaraan bermotor, mungkin saja menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan dana mendesak. Namun ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan juga, agar tidak merugikan kamu.

Biasanya kebanyakan orang lebih memilih untuk gadai BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), ketika membutuhkan dana cepat. Namanya hidup, terkadang ada saja kebutuhan yang menuntut harus mengeluarkan uang, karena keperluan mendadak yang harus segera dipenuhi.

Salah satunya mungkin saja untuk kebutuhan anggota keluarga yang sakit, membayar sekolah anak, dan lainnya. Terlebih, jika kamu belum memiliki asuransi kesehatan atau asuransi pendidikan. Sepatutnya memiliki dana tabungan ekstra.

Ketika kondisi mendesak kamu untuk menghasilkan uang secara cepat, biasanya ada dua hal yang langsung terpikirkan. Mungkin dengan meminjam uang ke kerabat atau sanak saudara. Mengajukan pinjaman ke bank, hingga menggadaikan kendaraan bermotor atau surat-suratnya.

Mengajukan pinjaman tentunya membutuhkan proses dan waktu, belum lagi ada kemungkinan pengajuan pinjamanmu ditolak. Sementara meminjam dana ke kerabat atau teman, belum tentu tersedia atau pun dikasih.

Belum lagi, kemungkinan kamu hanya menjadi bahan omongan saja. Tentunya ini tak berdampak baik buat kamu dan keluarga. Untuk itu, salah satu langkah yang bisa kamu lakukan, mungkin dengan menggadaikan barang atau surat berharga yang ada di rumah, seperti gadai surat motor milikmu di Pegadaian.

Pasalnya dengan gadai motor di Pegadaian, setidaknya lebih kredibel dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena dalam memiliki lembaga pendanaan, kamu pastikan lembaga yang kamu pilih sudah terdaftar di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

Sebagai informasi tambahan, Pegadaian merupakan lembaga non bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jadi surat-surat yang kamu ‘sekolahkan’ pastinya lebih aman dan yang pasti tidak menyulitkanmu di kemudian hari.

Lalu seperti apa langkah-langkah gadai motor di Pegadaian? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara dan Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Gadai Motor di Pegadaian
Cara gadai motor di pegadaian

Bila kamu sudah yakin ingin melakukan peminjaman dengan gadai motor di Pegadaian, ada beberapa langkah yang harus ditempuh. Mulai dari datang ke pegadaian secara langsung, isi formulir, sampai dengan menandatangani surat bukti kredit (SBK).

Ada pula syarat gadai BPKB motor di Pegadaian yang perlu dipenuhi. Kamu wajib membawa KTP, KK, BPKB dan STNK asli beserta dengan salinannya. Lalu yang juga perlu kamu tahu, motor yang bisa digadaikan hanya plat hitam dengan usia maksimal 15 tahun.

Baca juga  Kunci Motor Hilang? Simak 6 Hal yang Harus Dilakukan

Untuk lebih jelasnya, simak cara dan syarat gadai motor di pegadaian berikut ini:

  1. Kamu bisa mendatangi langsung kantor Pegadaian terdekat.
  2. Jangan lupa membawa identitas dan dokumen yang dibutuhkan.
  3. Mengisi formulir pengajuan pinjaman.
  4. Menyerahkan formulir pinjaman, BPKB, dan STNK asli kepada petugas Pegadaian bagian penaksir jaminan. Lalu, memperlihatkan kendaraan yang akan dijamin.
  5. Selanjutnya petugas akan menaksir nilai dari kendaraan, lalu hasil dari taksiran tersebut menjadi plafon pinjaman yang bisa kamu terima.
  6. Setelah nasabah setuju dengan plafon tersebut, petugas mengurus proses permohonan pinjaman.
  7. Dilanjutkan petugas akan membuat Surat Bukti Kredit (SBK) selama kurang lebih 15 menit.
  8. Petugas kasir memanggil nasabah dan menjelaskan batas jatuh tempo kredit, serta waktu pelelangan jaminan. Jika utang tidak dilunasi dalam batas waktu yang ditentukan.
  9. Nasabah menandatangani SBK dan membayar biaya administrasi (kurang lebih 10 persen dari plafon pinjaman. Biaya tersebut bisa dibayar tunai maupun lewat pemotongan plafon pinjaman.
  10. Nasabah membawa pulang pinjaman tunai dengan meninggalkan BPKB, STNK asli, atau kendaraaan untuk disimpan di Pegadaian. Tergantung jenis pinjaman yang kamu pilih.

Sebelum kamu memutuskan ingin mengajukan pinjaman, alangkah baiknya mempertimbangkan secara matang dan mempelajari terlebih jenis pinjaman yang akan kamu pilih. Pilih tenor dan jumlah pinjaman yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

Ketahui Untung Rugi Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Pegadaian
Gadai BPKB motor di Pegadaian

Kenapa kamu memilih gadai motor di Pegadaian? Sejatinya ada sejumlah poin-poin penting dan cara yang kamu wajib ketahui. Keunggulan Pegadaian, dari sisi proses pencairan dana tergolong cepat. Biasanya hanya memakan waktu paling tidak 15 menit dari proses pengajuan hingga dana pinjaman cair.

Jadi, memang sangat tepat buat kamu yang benar-benar membutuhkan dana mendesak.

Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian Sangat Mudah

syarat gadai motor di pegadaian
Ada beberapa yang perlu kamu penuhi, sebelum bisa mendapatkan dana tunai dari Pegadaian

Selain prosesnya yang cepat, persyaratan dokumennya pun mudah dan gak ribet. Cukup melampirkan beberapa dokumen berikut:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • KK (Kartu Keluarga)
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)

Dengan gadai motor di Pegadaian, kamu tidak perlu membawa rekening buku tabungan, kartu kredit, maupun slip gaji seperti saat ingin mengajukan pinjaman di bank.

Lalu untuk motor yang akan digadaikan juga perlu dibawa. Kamu harus pastikan dulu usianya tidak boleh lebih dari 15 tahun dan memiliki plat nomor hitam. Kalau untuk roda tiga, maksimal 10 tahun serta wajib memiliki plat warna hitam

Syarat kendaraan yang bisa digadaikan adalah sebagai berikut:

  1. Roda dua (motor) plat hitam dengan masa penggunaan maksimal 15 tahun.
  2. Kendaraan roda tiga plat hitam masa pakai maksimal 10 tahun.
  3. Bagi kendaraan roda empat, enam, delapan, dan sepuluh plat hitam dengan masa pakai maksimal 25 tahun.
  4. Untuk kendaraan roda empat, roda enam, delapan, dan roda sepuluh plat kuning dengan masa pakai maksimal 20 tahun.
Baca juga  11 Penyebab Motor Ngebul Keluar Asap Putih dan Solusinya

Plafon Pinjaman Tinggi dan Jangka Waktu bisa Diperpanjang

syarat gadai bpkb motor di pegadaian 002
Kamu bisa memperpanjang waktu kredit, untuk memperpanjang nafas untuk melunasi kredit

Untuk plafon pinjaman yang diberikan Pegadaian juga terbilang tinggi, yaitu mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 500 juta. Masa tenor pembayaran cicilan juga tidak ada maksimumnya.

Alhasil dengan gadai motor di pegadaian, kamu bisa memperbaharui atau memperpanjang masa cicilan secara berkala. Tujuannya tidak lain untuk memudahkan kamu melunasi cicilan. Menarik bukan?

Produk-Produk Gadai Motor di Pegadaian

Gadai kendaraan bermotor di Pegadaian
Gadai motor di Pegadaian, syarat mudah, dan cicilan ringan

Setelah kamu melengkapi segala dokumen persyaratannya, hal berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah produk Pegadaian apa saja yang cocok untuk gadai kendaraan. Pasalnya, tidak semua produk yang ada di perusahaan BUMN ini, bisa menerima kendaraan sebagai jaminan. Lalu, apa saja produknya?

1. Gadai Fleksi

syarat gadai bpkb motor di pegadaian 002
Gadai fleksi juga membutuhkan motor sebagai jaminan, bukan hanya BPKB

Produk Gadai Fleksi merupakan layanan kredit aman dan cepat dari Pegadaian yang memiliki biaya administrasi minimal. Kamu akan dikenakan 1 persen dari uang pinjaman dan akan dihitung saat pelunasan. Syaratnya kamu perlu menjaminkan barang, salah satu yang diperbolehkan adalah motor.

Menariknya lagi, tarif sewa modal Gadai Fleksi dihitung harian. Kelebihan lain tarifnya tetap 0,5% untuk 5 (lima) hari pertama dan tarif harian selanjutnya 0,1% per hari. Sangat menguntungkan bukan?

2. Kreasi

syarat gadai bpkb motor di pegadaian 004
Lewat program kreasi, kamu tidak perlu menggadaikan motor, hanya BPKB saja

Jika kamu pengusaha mikro atau pedagang kecil, bisa pilih produk Pegadaian bernama Kreasi. Pengajuan kredit hanya dengan jaminan BPKB, jadi motornya tetap bisa dipakai untuk berusaha.

Sewa modal terjangkau dengan angsuran tetap per bulan. Tentu ini jadi pilihan menarik, karena tidak takut angsuran bakal naik di pertengahan tahun. Kamu bisa mendapatkan plafon pinjaman yang ditawarkan mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 400 juta. Dengan jangka waktu yang bisa kamu sesuaikan, mulai dari 12, 18, 24, hingga 36 bulan.

Syarat gadai BPKB motor di Pegadaian dengan produk Kreasi, hampir sama dengan yang sudah disebutkan di awal. Mulai dari KTP, KK, BPKB, dan STNK baik asli serta salinan. Hanya saja ada tambahannya yaitu melampirkan Bukti Pemilik Hak Tempat Berjualan.

3. Kreasi Multi Guna

Syarat gadai bpkb motor di pegadaian
Produk Kreasi Multi Guna cocok untuk pekerja, baik honorer dan non formal

Apa itu Kreasi Multi Guna? Pengajuan kredit dengan jaminan BPKB di Pegadaian, untuk karyawan tetap maupun tidak tetap. Baik itu honorer, professional dan pekerja non formal dijamin bisa diterima. Jaminannya adalah BPKB kendaraan bermotor.

Baca juga  7 Penyebab Motor Brebet Saat Digas

Menariknya lagi, plafon pinjaman yang diberikan oleh pegadaian juga cukup besar. Angkanya mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 100 juta dengan jangka waktu yang bisa kamu sesuaikan, mulai dari 12, 18, 24, hingga 36 bulan.

Walau bisa dipakai oleh pekerja non formal, namun ada beberapa syarat gadai BPKB motor di Pegadaian untuk program Kreasi Multi Guna ini. Kamu perlu mengajukan foto nasabah, foto barang jaminan, dan foto tempat kerja. Lalu diperlukan pula fotokopi izin praktek kerja atau usaha, fotokopi kepemilikan tempat tinggal, serta fotokopi pajak bumi dan bangunan.

Untuk detailnya cek informasi di bawah ini:

  • WNI
  • Berusia min. 21 tahun dan maks. 60 tahun.
  • Untuk karyawan atau non karyawan dengan masa kerja minimal 1 tahun.
  • Menyerahkan dokumen, meliputi:
    1. Foto Nasabah
    2. Fotokopi KTP Nasabah dan Pasangan/Keluarga dalam Satu Kartu Keluarga
    3. Fotokopi Kartu Keluarga
    4. Foto Barang Jaminan (Fisik Kendaraan dan Dokumen Kepemilikan)
    5. Foto Tempat Kerja
    6. Fotokopi Izin Praktek Kerja/Usaha atau Surat Keterangan Kerja/Sejenisnya
    7. Fotokopi Bukti Kepemilikan Tempat Tinggal (khusus pekerja sektor non formal)
    8. Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan dan/atau Rekening Listrik/Telepon/Air (khusus pekerja sektor non formal)

4. Kredit Cepat Aman (KCA)

syarat gadai bpkb motor di pegadaian
KCA merupakan salah satu produk khusus untuk gadai motor di Pegadaian. Kelebihannya adalah dana cair yang jumlahnya besar.

Pegadaian juga punya produk Kredit Cepat Aman (KCA) merupakan jenis produk khusus untuk gadai motor. Jadi motornya akan ditahan. Keunggulan utama yang dimiliki produk Pegadaian ini adalah prosedur pencairannya yang cepat dan mudah. Nominal pinjaman yang bisa kamu dapatkan pun mencapai Rp 500 juta atau lebih.

Jangka waktu pengembalian pinjaman melalui program KCA ini juga terbilang ringan, yaitu selama 4 bulan. Nah, jika kamu masih belum melunasinya hingga mendekati waktu tenggat, periode pelunasan bisa kamu perpanjang hingga lebih dari sekali.

Nah, sekarang sudah jelaskan. Cara dan syarat gadai BPKB motor di Pegadaian. Sekarang, mendapatkan pinjaman sudah lebih mudah tanpa harus melalui proses yang rumit.

Salah satu yang perlu diingat, ketika menggadaikan BPKB motor, kamu perlu pastikan uang yang didapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai utang tersebut disalahgunakan atau justru dihambur-hamburkan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu!

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

Terbaru