Modifikasi Megapro Cafe Racer Low Budget? Ini Caranya

Modifikasi Megapro Cafe Racer – Tak jarang, mengutak-atik motor kesayangan demi mencapai kepuasan yang diinginkan membuat kita rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Bahkan demi gengsi, beberapa part dibuat terlihat berkelas dan nggak cuma ori, tapi juga sengaja dibeli dari luar negeri atau impor. Ada juga yang memilih part terbaik untuk menikmati fungsinya. Belum lagi ongkos untuk bengkel. Bengkel yang terpercaya dan sudah ahli di bidangnya kan, lebih besar bujetnya dibanding bengkel biasa. Hal ini kadang menyebabkan kita ragu untuk berani memulai memodifikasi.

Nah, kali ini Moladin mau kasih kamu tips modifikasi motor hemat dan nggak bikin kantong jebol. Untuk pilihan motor, modifikasi megapro cafe racer dianggap paling pas sebab harga megapro bekas pun nggak mahal-mahal amat, yakni di bawah Rp. 10 juta atau kisaran Rp. 7 juta hingga Rp. 9 juta.

Low budget bisa modif aliran cafe racer? Bisa banget! Nggak percaya? Ada salah satu contoh modifikasi megapro cafe racer murah dari Central Classic Custom, nih! Rumah modifikasi ini mengusung tema ekonomis dan minimalis untuk modifikasi megapro cafe racer ini. Penasaran kenapa bisa ekonomis? Yuk, kita simak!

Salah satu cara modifikasi megapro cafe racer harga ekonomis adalah dengan mengandalkan beberapa part aftermarket. Produk-produk aftermarket sendiri merupakan buatan pabrik lain yang memiliki merek sendiri. Orang-orang menyebutnya barang generik versi murah, namun, berbeda dengan barang-barang kw, produk aftermarket ini telah mendapat izin resmi dari pabrik asli. Oleh karena itu, harga part motor aftermarket lebih murah dibanding produk originalnya dengan kualitas yang lebih baik dibanding produk kw.

Balik lagi ke hasil modifikasi megapro cafe racer keluaran Central Classic Custom, sebelum makin penasaran, yuk, kita ulas!

Bagian Bawah

MegaPro Cafe Racer
Sumber : IG Central Classic Custom

Di bagian bawah, dipilih ukuran ban yang nggak terlalu besar yaitu Swallow 400 ring 17. Sedangkan velg depan Rossi 215 dan belakang 250 dengan jari-jari agar terkesan makin klasik ala cafe racer. Untuk karburator dipilih Keihin PE-28.

Salah satu part yang menggunakan produk aftermarket adalah shockbreaker belakang dan panjangnya diubah, dari shockbreaker semula 32 cm jadi 34 cm. Alasannya, agar selaras dengan lengan ayun. Sedangkan untuk suspensi depan asli bawaan. Mengapa tidak diganti menjadi upside down? Pihak Center Classic Custom, Nolavender atau bisa disapa Bro Nola, mengatakan bahwa pemilihan suspensi bawaan tersebut dikarenakan agar tetap terlihat minimalis.

“Sengaja ini pakai suspensi bawaan karena kalau diganti upside down harganya nggak minimalis lagi dong, makanya ukuran ban juga nggak terlalu gede, main di ukuran velg aja,” katanya.

Selain menggunakan banyak part aftermarket, beberapa komponen pun custom sendiri seperti knalpot, cover aki dan spakbor hingga pijakan kaki Underbone. Semua part dalam bagian bawah modifikasi megapro cafe racer ini berwarna hitam, hanya shockbreaker-nya yang berwarna merah.

Baca Juga :

Bagian Atas dan Body

Modifikasi Bagian Body
Sumber : IG Central Classic Custom

Untuk body dan bagian atas hasil modifikasi megapro cafe racer ini, rangkanya masih sama hanya bagian buritan dibuat rangka yang bertujuan membuat jok lebih datar. Beberapa komponen dibuat custom, seperti spion, lampu, tangki dan speedometer.

Khusus stang, lampu, spion dan speedometer berasal dari produk aftermarket. Spion menggunakan model bar-end yang bergaya dan stang model clubman. Sedangkan speedometer dan lampu LED sendiri termasuk yang paling mahal dari modifikasi ini, speedometer digital seharga Rp. 500 ribu dan lampu LED Daymaker seharga Rp. 300 ribu.

Lalu, karena beraliran cafe racer, tentu identik dengan hornetnya. Central Classic Custom membuatnya “bertopi” untuk menghilangkan kesan monoton dan menjadikannya unik. Selain untuk tampilan, hornet bertopi ini pun berfungsi menahan cipratan air.

Bagian Mesin dan Suku Cadang

Mega Pro
Sumber : IG Central Classic Custom

Modifikasi Megapro cafe racer ini masih mengandalkan mesin bawaan serta suku cadang aftermarket. Untuk mesin, megapro memang cukup mumpuni bahkan merupakan motor favorit para pecinta petualangan. Jadi, nggak perlu diganti sebab bisa menghemat juga, kan!

Biaya Modifikasi Megapro Cafe Racer Ala Central Classic Custom

Mega Pro Lampu
Sumber : IG Central Classic Custom

Bro Nola mengungkapkan bahwa keseluruhan biaya modifikasi ini memakan bujet sebesar Rp. 10 juta – Rp. 11 juta dan bahkan bisa lebih murah dengan catatan harus memilih part aftermarket yang lebih murah dan yang kualitasnya tidak terlalu mumpuni.

Kalau menurut Moladiners, gimana? Harga segitu untuk modifikasi megapro sudah termasuk murah, kan? Kalau masih mau yang murah, kamu bisa kok beli part-part-nya sendiri di Moladin, tinggal bengkel yang kerjain! Tentunya ya, produk-produk di Moladin tuh nggak mengecewakan dan harganya pun nggak bikin kantong kering. Pokoknya, kalau mau modifikasi, ingat Moladin aja! Semoga bermanfaat ya, Moladiners. Selamat mengoprek~

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *