by

Kisah Touring Nmax ke Mekah Siap Dijadikan Film

Touring Nmax ke Mekah – Aksi yang tidak biasa dilakukan oleh Lilik Gunawan, bikers Nmax asal Indonesia. Dia sukses melakukan touring sejauh 20.000 Km dari Indonesia ke Arab Saudi, pada awal 2020.

Dalam menempuh perjalanannya, Lilik tidak sendiri. Melainkan bersama sang anak, Balda yang masih berusia 4 tahun. Lantaran keunikan kisah touring Nmax ke Mekah tersebut, ada rumah produksi asal Jakarta yang siap membuatkannya film.

“Beberapa agenda yang sebenarnya sudah dipersiapkan ditunda dulu seperti pembuatan film dan juga peluncurun buku tapi insyaAllah tahun ini semua rampung dan sudah bisa rilis,” kata Lilik seperti dikutip dari rilis resmi Yamaha yang Moladin terima, Kamis (7/9).

Film tersebut bakal berjudul Jambi to Makkah, ditayangkan dalam dua sesi di bioskop. Sesi pertama pada awal 2021 dan yang kedua pada awal 2022.

Daftar Harga Maxi Yamaha

Produk Kelebihan Harga
Yamaha Nmax Posisi Berkendara Nyaman Cek Promo di Sini!
Yamaha Aerox 155 Desain Sportif Cek Promo di Sini!
Yamaha Lexi 125 Mesin Irit Cek Promo di Sini!

Pakai Tema Touring: Ride For Moms

touring nmax ke mekah
Perjalanan ini melewati 10 negara dan membutuhkan waktu 8 bulan

Kisah touring Nmax ke Mekah, sungguh menyita waktu, perasaan, dan fisik pelakunya. Walau demikian, Lilik mengaku senang saat semua itu bisa benar-benar terwujud.

“Rasa capek hilang dan penat lenyap seketika. kegirangan saya tak tertahan. Air mata bahagia mengalir sepanjang jalanan Makkah. Saya bertakbir sesuka hati dan bersholawat sebebas-bebasnya di jalanan kota Makah. Malam tadi adalah malam terindah yang pernah saya rasakan semasa 38 tahun hidup saya,” ujar pria dengan akun Instagram, @jejakpalmarijambi tersebut.

Wajar kalau Lilik sampai menangis. Dia berkelana delapan bulan di atas motor bersama anaknya yang belum berusia sekolah dasar. Kehujanan dan kepanasan, sudah jadi makanan sehari-hari.

Baca juga  Modifikasi Yamaha Jupiter MX, dari Standar Hingga Trail

Perjalanan yang dilewati, mulai dari Jambi menyusuri Pulau Jawa dan Kalimantan. Dilanjutkan ke Brunei Darussalam, Malaysia, serta Thailand. Lepas itu, Lilik melewati ke berbagai negara lain seperti India, Pakistan, Iran, Dubai, sampai Arab Saudi. Di Mekah, Lilik melanjutkan beribadah umroh bersama sang anak.

Menariknya lagi dalam touring Nmax ke Mekah, Lilik juga membawa misi 1.000 pesan cinta bagi sang ibu dalam touring Nmax ke Mekah. Oleh karenanya, dia memakai slogan Ride for Moms. 

“Saat saya memasuki kota Mekah Al Mukarromah. Bikers Mekah pun memberikan sambutan yang luar biasa. Di Madinah dan Makah, kami diarak keliling dua Kota Suci, dijamu dengan jamuan terbaik dua kota suci,” beber pria yang berdomisili di Jambi tersebut.

Baca juga:

Touring Nmax ke Mekah, Bagaimana Spesifikasi Motornya?

touring nmax ke mekah
Tiga boks besar diletakkan di belakang motor untuk meletakkan berbagai perlengkapan

Liki melakoni touring Nmax ke Mekah dengan motor generasi lama, bukan Nmax baru. Dilihat dari akun Instagram Lilik, tampak ada beberapa modifikasi yang dilakukan agar Yamaha Nmax lama tersebut nyaman untuk dipakai melakoni perjalanan jauh. Sebut saja penambahan fog lamp di kiri dan kanan lampu depan untuk meningkatkan visibilitas berkendara dalam melewati berbagai kondisi cuaca.

Kemudian hadir pula kover tangan dan windshield tinggi, berguna melindungi diri dari terpaan angin depan. Tidak ketinggalan, tiga boks besar melekat di bagian belakang motor. Suspensi belakang juga tampak pakai versi aftermarket supaya bantingan lebih berkualitas dalam melewati jalan bergelombang.

Soal mesin, sepertinya masih mengandalkan spesifikasi pabrik. Jantung mekanis pakai kapasitas 155cc, satu silinder, berpendingin cairan. Mesin tersebut bisa memuntahkan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga 14,8 hp pada 8.000 rpm.

Baca juga  4 Inspirasi Modifikasi Honda Genio Ini Bisa Anda Tiru, Keren!

Warna motor juga tidak beda dari pabrikan. Masih pakai belutan kelir merah dan hitam. Bedanya, kini tubuh motor dipenuhi stiker dari berbagai komunitas motor yang Lilik temui sepanjang perjalanan.

Dia menuturkan bahwa perjalanan yang di tempuh kurang lebih 20.000 km ini bisa terwujud, salah satunya karena keandalan Nmax. Lilik mengklaim sepanjang perjalanan tidak ada kendala yang berarti. Penggantian komponen yang dilakukan, bahkan terbatas hanya kampas rem dan oli saja.

Inilah bukti bahwa Yamaha Nmax yang ditunggangi Lilik dan Balda benar-benar tangguh. Selain itu, cocok pula untuk diajak melalui perjalanan jarak jauh.

Setelah mengetahui kisah touring Nmax ke Mekah, bagaimana pendapat kamu? Apakah tertarik untuk melakukan perjalanan serupa? Tidak ada masalah bila ingin melakukannya, yang terpenting lakukan persiapan secara matang sebelum memulai touring jarak jauh.

Pulang dari Mekah dapat All New Yamaha Nmax

touring nmax ke mekah
Lilik mendapat Nmax terbaru dari diler Yamaha di Jambi sebagai apresiasi atas pencapaiannya berhasil touring ke Mekah

Setelah touring Nmax ke Mekah selesai, Lilik disambut oleh dealer resmi Yamaha Jambi (Sabang Raya Motor). Dia diberi apresiasi berupa satu unit All New Yamaha Nmax 155 Connected/ABS. Pemberian motor tersebut bersamaan dengan launching All New Yamaha Nmax di Jambi, beberapa waktu lalu.

“Kami sangat bangga dengan pak Lilik yang berhasil membuktikan Yamaha Nmax kuat dan tangguh melalui perjalanan dari Jambi ke Mekah. Untuk itu kami berharap apa yang diberikan dapat bermanfaat dan dapat digunakan untuk membantu kegiatannya,” kata Owner Sabang Raya Motor Group, Sukirman Djohan.

Disebut sebagai produk all new, lantaran perbedaannya dengan Nmax lama sangat banyak. All New Nmax 155 Connected/ABS merupakan motor pertama buatan Indonesia yang dapat terkoneksi smartphone melalui aplikasi Y-Connect.

Baca juga  Yamaha WR155R Jadi Motor Polisi Lereng Merapi

Lalu fitur-fitur lain yang tersemat juga sangat beragam. Ada traction control system (TCS) untuk mencegah roda belakang selip saat berakselerasi. Fitur keselamatan anti-lock braking system (ABS) pun tersedia di kedua roda. Guna ABS, memastikan roda tidak terkunci ketika pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan demikian, pengendara masih bisa mengendalikan laju motor dan menghindar dari potensi kecelakaan.

All New Yamaha Nmax mendapatkan pula berbagai fitur kenyamanan anyar. Mulai dari power charger, stop & start system, sistem pencahayaan depan dan belakang LED, serta keyless. Dari semuanya, keyless yang paling menarik. Fitur ini menggantikan kunci konvensional dengan remote dan kenop pintar.

Cara mengaktifkan Nmax dengan keyless, kamu cukup masukkan remote ke saku. Kemudian tekan dan putar kenop pintar. Lalu tekan tombol starter untuk mengaktifkan mesin.

Kelebihan dari sistem keyless juga sulit dibobol maling, lantaran telah terintegrasi dengan fitur immobilizer. Gunanya memastikan cuma remote bawaan pabrik yang bisa dipakai mengaktifkan mesin motor. 

Sektor mesin tidak luput dari revisi, Yamaha memberi Nmax terbaru dengan berbagai komponen anyar. Mulai dari air cleaner box yang lebih besar, kepala silinder baru, dan katup intake lebih besar. Desain ruang bakar juga dibuat lebih kompak, serta pengaplikasian piston R15.

Revisi tersebut berakibat ke performa Nmax terbaru yang kini tenaga maksimalnya meningkat hingga 15.15 hp pada 8.000 rpm. Namun di sisi lain, torsi puncaknya menurun jadi 13.9 Nm pada 6.500 rpm.

Menurut Yamaha, penurunan torsi tersebut disengaja supaya berkendara dengan Nmax semakin nyaman. Akselerasinya lebih mulus dan tidak terlalu mengentak.

Bila kamu tertarik memiliki Yamaha Nmax dengan DP ringan dan berbagai promo menarik lain, langsung klik link ini!

Terbaru